cover
Contact Name
Restu A Suryaman
Contact Email
restu.suryaman@unpas.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaldbpbk@gmail.com
Editorial Address
STIE Bina Karya Jl. Diponegoro No.5, 20631 Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kota tebing tinggi,
Sumatera utara
INDONESIA
Digital Business Progress
ISSN : -     EISSN : 29632463     DOI : https://doi.org/10.70021/dbp
Core Subject : Economy, Science,
Digital Business Progress mencakup ide atau pemikiran hasil penelitian, penemuan dan inovasi baru yang berkaitan dengan Bisnis Digital dengan ruang lingkup pada bidang tertentu yaitu : Digital Marketing E-Commerce Technopreneur Business Science
Articles 35 Documents
PENGARUH APLIKASI SHOPEE TERHADAP PERUBAHAN POLA KONSUMSI MASYARAKAT: Studi Kasus Masyarakat di Kelurahan Tanjung Marulak, Kota Tebing Tinggi Rizki Wulanita; Salomo Sitanggang
Digital Business Progress Vol. 1 No. 1 (2022): Digital Business Progress Edisi Juni 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/dbp.v1i1.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari aplikasi Shopee terhadap perubahan pola konsumsi masyarakat di kelurahan Tanjung Marulak, kota Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, lalu penelitian ini bersifat asosiatif kausal. Sampel yang dipilih sebanyak 96 responden dengan menggunakan teknik Snowball Sampling. Alat uji yang digunakan menggunakan software SPSS 25. Hasil pengujian ini menyimpulkan bahwa Aplikasi Shopee berpengaruh signifikan terhadap perubahan Pola Konsumsi yang diperoleh dari nilai t hitung (6,352) > ttabel (1,985), demikian pula dengan nilai signifikansinya 0,00 < 0,05. Lalu nilai koefisien determinasi (R2) dengan nilai R square sebesar 0,300. Artinya kontribusi variabel Aplikasi Shopee dalam mempengaruhi variabel Pola Konsumsi sebesar 30,0%.
PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL FACEBOOK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERIPIK ZACK KREZZ : Studi Kasus di Kecamatan Sei Rampah Eka Mayastika; Tasya Nabila
Digital Business Progress Vol. 1 No. 1 (2022): Digital Business Progress Edisi Juni 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/dbp.v1i1.15

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan menganalisis Promosi Media Sosial Facebook, Kualitas Produk dan Harga pengaruhnya dengan Keputusan Pembelian Pelanggan Keripik Zack Krezz Kecamatan Sei Rampah. Explanatory research merupakan jenis penelitian yang dipilih yang berguna untuk menjelaskan hubungan kausal diantara variabel melalui suatu pengujian hipotesis. Sampel pada penelitian in iberjumlah 72 orang. Data yang dikumpulkan melalui pembagian kuesioner dan di analisis dengan software SPSS 25. Hasil pengujian ini menyimpulkan Promosi Media Sosial Facebook berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel kualitas produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dan variabel harga berpengaruh secara terhadap Keputusan Pembelian.
ANALISIS KOMPARASI KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA MARKETPLACE TOKOPEDIA DAN SHOPPE: Studi Kasus Pada Ibu Rumah Tangga Kompleks Perumahan InalumTanjung Gading Dedy Dwi Arseto; Pantas Sipahutar
Digital Business Progress Vol. 1 No. 1 (2022): Digital Business Progress Edisi Juni 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/dbp.v1i1.23

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk menganalisis komparas kepuasan konsumen pengguna marketplace tokopedia dan shopee (Studi Kasus Pada Ibu Rumah Tangga Kompleks Perumahan Inalum Tanjung Gading). Populasi yang dipilih sebanyak 48 orang .Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.hasil Data yang digunakan dianalisis melaluisoftwareSPSS versi 25. Penelitian memperoleh hasil bahwa tidak terdapat perbedaan kualitas pelayanan pad apengguna marketplace Shopee denganTokopedia dan selanjutnya pada hipotesis dua dinyatakan tidak terdapat perbedaan kepuasan konsumen pada pengguna marketplace Shopee dengan Tokopedia.
ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF DITINJAU DARI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN STATUS SOSIAL EKONOMI Muhammad Alang Khairun Nizar; Ramadhan Adi Pengestu
Digital Business Progress Vol. 1 No. 1 (2022): Digital Business Progress Edisi Juni 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/dbp.v1i1.24

Abstract

This study aims to determine how the influence of E-Servicescape and Completeness of Information on Online Shopping decisions at Shopee. The sample in this study were housewives in the Tambangan village, Tebing Tinggi city who used the shopee application with a total of 96 people. Regression analysis method used is multiple linear regression and to test the hypothesis used t test and f test. The research data were analyzed or processed using the SPSS version 25 program. The results showed that e-servicescape had an effect on the purchasing decision variables. The information quality variable has an effect on the purchasing decision variable and the trust factor has no effect on the shopping decision at shopee.
Analisis Keputusan Ibu Rumah Tangga Berbelanja Online Di Shopee Ditinjau Dari E-Servicescape dan Kualitas Informasi Fitrianingsih Fitrianingsih; Muhammad Hilalul Hamdi
Digital Business Progress Vol. 1 No. 1 (2022): Digital Business Progress Edisi Juni 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/dbp.v1i1.26

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana pengaruhE-Servicescape dan Kualitas Informasi terhadap keputusan Berbelanja Online di Shopee. Sampel pada penelitian ini adalah ibu rumah tangga di kelurahan Tambangan kota Tebing Tinggi yang menggunakan aplikasi shopee dengan jumlah 96 orang. Metode analisis regresi linear berganda diggunakan dalam penelitian dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan uji f. Data hasil penelitian dianalisis atau diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-servicescape berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian dengan nilai thitung (3.583) > ttabel (1.986). Variabelkualitas informasi berpengaruh terhadap keputusan berlanja di shopee dengan nilai thitung (2.577) >ttabel (1.986).
PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SARANG KOPI DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAIVARIABEL MEDIASI: Studi Kasus Followers Akun Instagram @KopiSarang Natasya Aprilia
Digital Business Progress Vol. 1 No. 2 (2022): Digital Business Progress Edisi Desember 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/dbp.v1i2.33

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sarang Kopi Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Followers Akun Instagram @Kopisarang). Pengaruh yang ingin diketahui adalah pengaruh langsung maupun pengaruh tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 93 orang responden pelanggan coffeshop Sarang kopi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan bantuan software SmartPLS versi 3.0. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji Hipotesis (Uji t) dan Inderect Effect (Pengaruh Tidak Langsung) untuk menguji variabel Intervening, peneliti menggunakan Path Coefficients  untuk pengujian hipotesis secara langsung dengan menghasilkan kesimpulan bahwa hipotesis 1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Electronic Word Of Mouth (X1) terhadap Kepercayaan Merek (Z), hipotesis 2 ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Kualitas Produk (X2) terhadap Kepercayaan Merek (Z), hipotesis 3 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Electronic Word Of Mouth (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y), hipotesis 4 ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh antara Kualitas Produk (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y), hipotesis 5 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Kepercayaan Merek (Z) terhadap Keputusan Pembelian (Y), kemudian uji Inderect Effect (Pengaruh Tidak Langsung)  dimana hipotesis 6 diterima, artinya terdapat pengaruh tidak langsung dan signifikan Electronic Word Of Mouth (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y) melalui Kepercayaan Merek (Z) Produk Sarang kopi, hipotesis 7 ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh tidak langsung dan signifikan Kualitas Produk (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) melalui Kepercayaan Merek (Z) Produk Sarang kopi.
PENGARUH DAYA TARIK ENDORSER, MEDIA IKLAN, DAN POTONGAN HARGA TERHADAP MINAT BELI DI SHOPEE: Studi Kasus Pada Mahasiswa/I Stie Bina Karya Tebing Tinggi Yula Anggi Kristiani
Digital Business Progress Vol. 1 No. 2 (2022): Digital Business Progress Edisi Desember 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/dbp.v1i2.34

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk menjawab tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui bagaimana daya tarik endorser, media iklan, dan potongan harga terhadap minat beli di shopee. Y = a + b1X1 + b2X2 +b3X3+ɛ , sehingga diperoleh persamaan : Y = 3.533+ 0,318X1 + 0,112X2+0,301X3 Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan tiga variabel independen dan satu variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Hipotesis pertama yang diajukan menyatakan bahwa : daya tarik endorser berpengaruh terhadap minat beli, dari tabel 4.12 diperoleh nilai thitung sebesar 3,340 dengan α = 5% ttabel (5%; 65-3 = 62) diperoleh nilai ttabel sebesar 1,999. Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa thitung (3,340) < ttabel (1,999), demikian pula dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis pertama diterima, artinya Variabel daya tarik endorser (X1) berpengaruh terhadap Variabel minat beli (Y). Hipotesis kedua yang diajukan menyatakan bahwa : media iklan tidak berpengaruh terhadap minat beli, dari tabel 4.12 diperoleh nilai thitung sebesar 1,235 dengan α = 5% ttabel (5%; 65-3 = 62) diperoleh nilai ttabel sebesar 1,235. Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa thitung (1,235) < ttabel (1,999), demikian pula dengan nilai signifikan sebesar 0,221 > 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis kedua ditolak, artinya Variabel media iklan (X2) tidak berpengaruh minat beli (Y). Hipotesis ketiga yang diajukan menyatakan bahwa : potongan harga berpengaruh terhadap minat beli, dari tabel 4.12 diperoleh nilai thitung 4,091 sebesar dengan α = 5% ttabel (5%; 65-3 = 62) diperoleh nilai ttabel sebesar1,999. Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa thitung (4,091) > ttabel (1,999), demikian pula dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis ketiga diterima, artinya Variabel potongan harga (X3) berpengaruh terhadap minat beli (Y). Maka dapat disimpulkan Variabel potongan Harga (X3) yang paling dominan berpengaruh oleh konsumen sebagai alasan dalam memilih shopee dengan diperoleh nilai thitung sebesar 4,091 Dengan α = 5%, ttabel (5%; 65-3 = 62) diperoleh nilai ttabel sebesar 1,999 Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa thitung (4,091) > ttabel (1,999), dan nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05.
PENGARUH BRAND ATTITUDE DAN E-WOM DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA BRAND SMARTPHONE OPPO Suwadi Suwadi; Dwi Rahman Saputra
Digital Business Progress Vol. 1 No. 2 (2022): Digital Business Progress Edisi Desember 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/dbp.v1i2.36

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Brand Attitude dan Electronic word of mouth (E-WOM) di media sosial Youtube terhadap purchase intention padaBrand SmartphoneOppo. Sampel pada penelitian ini adalah pengguna Smartphone di Kecamatan Padang Hilir Tebing Tinggi yang menggunakan media sosial Youtube. dengan jumlah 96 orang. Metode Analisis Regresi linier Berganda digunakan dalam penelitian dan untuk menguji hipotesis digunakan Uji t dan Ujif. Data hasil penelitian dianalisis atau diolah dengan menggunakan bantuan Program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : adanya Pengaruh (1) Brand Attitude terhadap Purchase Intentiondenganthitung (4,464) > ttabel (1.985, (2) Electronic Word of Mouth (E-WOM) berpengaruh terhadap PurchaseIntention denganthitung (2,949) > ttabel (1.985), (3) Brand Attitude dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) berpengaruh secara simultan terhadap Purchase Intention pada Brand Smartphone Oppo dengan fhitung (28,027) >ftabel (3.09),.
PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SHOPEE PAY LATER DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING: Studi Kasus di Perumahan Cemara Indah Tebing Tinggi Fitrianingsih Fitrianingsih; Miftahul Rohma Hasibuan; Suwadi Suwadi
Digital Business Progress Vol. 1 No. 2 (2022): Digital Business Progress Edisi Desember 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/dbp.v1i2.37

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Kepercayaan dan Kemudahan Berpengaruh Terhadap Loyalitas Pelangan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Sampel pada penelitian ini adalah masyarakat Perumahan Cemara Indah Kota Tebing Tinggi yang menggunakan Aplikasi Shopee Paylater dengan jumlah 46 orang. Metode Analisis Regresi linear Berganda digunakan dalam penelitian dan untuk menguji hipotesis digunakan Uji t dan Uji Jalur. Data hasil penelitian dianalisis atau diolah dengan menggunakan bantuan Program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kepercayaan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan. dengan nilaithitung(1,323)< ttabel (2,015).2)Kemudahan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai thitung (4,982) > ttabel (2,015),3) Kepercayaan berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan dengan nilaithitung (3,225) > ttabel (2,016),4) Kemudahan berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan dengan nilai thitung (2,148) > ttabel (2,016), 5) Kepuasan tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan dengan nilai thitung (0,578) < ttabel (2,016), 6) Kepercayaan tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai variabel intervening sebab Pengaruh langsung Variabel Kepercayaan (X1) terhadap Variabel Loyalitas Pelanggan (Y) sebesar 0,404. Sementara pengaruh tidak langsung melalui Variabel Kepuasan (Z) yaitu 0,157 x 0,091 = 0,014. 7) Kemudahan tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai variabel intervening sebab pengaruh langsung Variabel Kemudahan (X2) terhadapVariabel Loyalitas Pelanggan (Y) sebesar 0,332. Sementara pengaruh tidak langsung melalui Variabel Kepuasan (Z) yaitu 0,539 x 0,091 = 0,049.
PENGARUH LIFESTYLE DAN BIAYA ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA ONLINE PADA MASYARAKAT DESA FIRDAUS Sri Winda Hardiyanti Damanik; Suci Ananda
Digital Business Progress Vol. 1 No. 2 (2022): Digital Business Progress Edisi Desember 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/dbp.v1i2.38

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis bagaimana pengaruh antara lifestyle dan biaya ongkos kirim dengan keputusan Berbelanja Online. Sampel yang diilih adalah masyarakat Desa Firdus yang telah belanja online di Shopee minimal sebnayak 5 kali yang berjumlah 96 orang. Metode analisis dengan regresi dan dilakukan uji parsial dan uji f pda pengujian hipotesis. Data yang terkumpul dari penyebaran kesioner diolah dengan SPSS dan hasil penelitian menyatakan variabel lifestyle tidak signifikan terhadap keputusan belanja online, biaya ongkos kirim signifikan pengaruhnya pada keputusan berbelanja online dan lifestyle dan biaya ongkos kirim berpengaruh secara simultan terhadap keputusan Berbelanja Online pada masyarakat Desa Firdaus

Page 1 of 4 | Total Record : 35