cover
Contact Name
Syahid
Contact Email
jurnalherodotus@gmail.com
Phone
+628561525053
Journal Mail Official
jurnalherodotus@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nangka No. 58 C, Tanjung Barat
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
ISSN : 26154919     EISSN : 26154927     DOI : https://doi.org/10.30998/herodotus
Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, dll.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS" : 12 Documents clear
Intensitas Komunikasi Dan Motivasi Belajar Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar IPS pada Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor Sholahuddin Al Ayubi; Sumaryoto Sumaryoto; Mamik Suendarti
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 2 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v6i2.16237

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas komunikasi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 siswa dan metode yang digunakan dalam penelitian metode survey dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan intensitas komunikasi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 45,206. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan intensitas komunikasi terhadap terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,007 < 0,05 dan thitung = 2,781. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,004 < 0,05 dan thitung = 2,947.
Sejarah Sekolah Kartini Dari Gagasan Hingga Pendidikan Kaum Perempuan Di Semarang (1912-1928) Citra Nur Hikmah; Heru Sriyono; Taufik Taufik
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 2 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v6i2.17025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1)Untuk mengetahui kondisi sosial-ekonomi dan pendidikan di Semarang pada masa Kolonial Belanda. 2)Untuk mengetahui sejarah lahirnya Sekolah Kartini di Semarang (1912). 3)Untuk mengetahui perkembangan dari Sekolah Kartini (1912-1928). 4)Untuk mengetahui dampak dari berdirinya Sekolah Kartini di Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis/sejarah dengan bertumpu pada empat kegiatan pokok yaitu heuristik,verifikasi, interpretasi, historiografi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Bahwa kondisi sosial-ekonomi dan pendidikan di Semarang pada masa kolonial cukup memprihatinkan karena adanya deskriminasi dimasyarakat. 2) Bahwa Sekolah Kartini adalah sekolah perempuan pribumi pertama yang lahir di Semarang yang cukup berperan untuk kemajuan perempuan Indonesia. 3) Perkembangan Sekolah Kartini berkembang cukup pesat dari masa kolonial hingga eksis hari ini yang turut mewarnai pendidikan di Indonesia. 4) Sejarah Sekolah Kartini berdampak pada lahirnya semangat kebangsaan dan kemerdekaan.
Peranan Gedung Agung Sebagai Ibu Kota NKRI Pada Tahun 1946-1949 Stephanus Tri Hartono; Mamiek Suendarti; Taufik Taufik
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 2 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v6i2.14523

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui Untuk mengetahui sejarah dibangunya Gedung Agung; Untuk mengetahui situasi kemanan kota Jakarta setelah proklamasi; Untuk mengetahui alasan Soekarno Yogyakarta sebagai Ibu Kota NKRI; Untuk mengetahui Bagaimana Peran Gedung Agung Yogyakarta sebagai ibu kota (Istana Negara) masa revolusi tahun 1946 sampai dengan tahun 1949; Untuk mengetahui proses kembalinya Ibu Kota NKRI ke Jakarta. Sejarah suatu Gedung atau bangunan sangat erat sekali dengan siapa penguni atau orang yang menempati bangunan itu, fungsi dari pada bangunan itu sangat berpengaruh terhadap sejarah daripada gedung tersebut. Sejarah suatu gedung tidak akan bermakna jika hanya berbicara mengenai kapan gedung itu dibuat, siapa pembuatnya, dan berapa biaya pembangunan gedung tersebut. Dengan demikian maka sejarah gedung tersebut akan mem bawa rentetan sejarah yang panjang. Bertolak dari pengertian ini penulisan Peran Gedung Agung Sebagai Ibu Kota NKRI pada tahun 1946-1949 (Tinjauan Historis)  hanya membatasi peranan Peran Gedung Agung dan serta tokoh-tokoh yang menghuni bangunan tersebut yang terjadi pada tahun 1946 sampai dengan tahun 1949 yang berkaitan erat dengan pemindahan ibu kota RI ke Yogyakarta Gedung Agung sebagai Istana Kepresidenan.
Persepsi Atas Lingkungan Sekolah Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sosiologi Pada SMA Negeri Di Kota Bekasi Rani Yuliawati; Mamik Suendarti; Soeparlan Kasyadi
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 2 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v6i2.16750

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas lingkungan sekolah dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa SMA Negeri di Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 75 siswa. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan sekolah dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa SMA Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 29,997. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa SMA Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,819. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa SMA Negeri di Kota Bekasi.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,866.
Refleksi Teologi Perjuangan Kaum Muslim Bima Melawan Imperialisme Kolonial Belanda Dalam Perang Ngali (1908 – 1909) Alan Ksatrya Bhuana; Sumaryoto Sumaryoto
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 2 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v6i2.14580

Abstract

Penelitian ini membahas tentang awal mula masuknya Islam di Bima, mengetahui proses masuknya Islam sebagai identitas masyarakat Bima, terjadinya peristiwa perang Ngali sehingga umat Islam Bima pun ikut terlibat dalam Perang Ngali yang terjadi pada tahun (1908 – 1909). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang terdiri dari beberapa tahapan antara lain heuristik yaitu teknik pengumpulan dan pengklasifikasian sumber, verifikasi yaitu teknik mengkritisi sumber dalam memperoleh kebenaran dan keabsahan sumber, Interpretasi yaitu suatu teknik analisis dan sintesis sejumlah fakta dari sumber yang ditemukan. Hasil penelitian yang diperoleh penulis menemukan beberapa fakta sejarah mengenai penjajahan kolonialisme Belanda terhadap masyarakat Bima dan alasan masyarakat Ngali menolak kehadiran kolonialisme Belanda. Perlawanan ini terjadi karena masyarakat Desa Ngali menolak adanya pungutan pajak yang sangat memberatkan masyarakat pada umumnya, sedangkan alasan lainnya adalah pandangan masyarakat Desa Ngali. Sehingga masyarakat desa Ngali menolak dan melakukan perlawanan demi menjaga harkat dan martabat umat Islam serta menjaga kesucian agama Islam. Oleh karena itu, oleh penulis perang Ngali dapat juga dianggap sebagai perang sabil sebagaimana terminologi agama.
Perilaku Prososial Dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Dewi Aprillia; Heru Sriyono; Mamik Suendarti
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 2 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v6i2.16809

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui: 1) pengaruh perilaku prososial  dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Tangerang, 2) pengaruh perilaku prososial terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Tangerang, dan 3) pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Tngerang . Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan teknik regresi, yaitu regresi berganda. Dengan jumlah sampel 91 responden. Hasil penelitian menunjukan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan perilaku prososial dan kedisiplinan  secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 <  0,05 dan Fhitung = 5. 799. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan perilaku prososial terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan t hitung = 2. 111 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan  terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa SMP Negeri Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan t hitung = 2.836.
Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Alin Arlina
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 2 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v6i2.14671

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan rasa percaya diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. 2) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. 3) Pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional, regresi linier berganda dengan jumlah sampel 85 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran belajar dan rasa percaya diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 23,379. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,023 < 0,05 dan thitung = 2,325. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,019 < 0,05 dan thitung = 2,391.
Pengaruh Persepsi Atas Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Edi Purwanta; Mamik Suendarti; Soeparlan Kasyadi
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 2 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v6i2.16879

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi adalah Guru SMP Swasta di Kota Bekasi berjumlah 51 guru dengan besar Sampel diambil sebanyak 34 guru dengan teknik simple random sampling dan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dengan uji signifikansi koefisien korelasi melalui uji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000<0,05 dan Fhitung 81,655. Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000<0,05 dan thitung (9,148). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan dengan nilai sig 0,043<0,05 dan thitung (3,859).
Gaya Kepemimpinan Kaporli dan Nilai Karakter Pada Masa Kemerdekaan Sampai Orde Baru (Tahun 1945-1998) Sutrisno Sutrisno
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 2 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v6i2.14480

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Gaya kepemimpinan, nilai karakter, prrestasi kerja dan kebijakaan yang diterapkan oleh ke 5 (lima) Kapolri pada masa kemerdeakaan hingga Orde Baru. Metode yang digunakan adalah metoda deskriptif kualitatif yaitu mengevaluasi pendapat, sikap, dan perspektif para ahli dan tokoh yang terkait dengan variabel penelitian. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Gaya kepemimpinan dan nilai karakter ke lima mantan Kapolri di atas adalah keteladanan, menerapkan semangat korps. disiplin, tegas, berani, gigih, pantang menyerah, komit terhadap profesinya, dan dengan jiwa nasionalisme tinggi. Hasil serta prestasi kerja meliputi fundamen institusi Polri, serta pembentukan organisasi Polri Perubahan organisasi di tingkat Mabes, dan kebijaksanaan ikut berperan dalam Polisi Internasional Pembentukan Samsat, pemberantasan peredaran narkotika, serta mengungkap kasus korupsi  memantapkan kedudukan dan tugas satuan Brigade Mobil dan sikap melayani, mengayomi, dan melindungi masyarakat; pembentukan Satuan Unit Reaksi Cepat, Pemekaran kelembagaan Polri sesuai dengan jumlah propinsi yang ada. Warisan sistem dan kebijakan meliputi: Semangat korps, Sekolah kepolisian, “Bhayangkara”, semboyan Tri Brata, Satuan Polisi Perairan, Polisi Udara, Polisi Lalu Lintas, laboratorium kriminal NCB Intepol dan Polisi Wanita., Struktur organisasi Mabes, pemberantasan berbagai tindakan kejahatan, sikap melayani masyarakat, Samsat, pola pemberantasan korupsi, slogan Kepolisian, serta pelaksanaan Satuan Unit Reaksi Cepat.
Pengaruh Persepsi Atas Model Pembelajaran Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Asep Aang Mulyono
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 2 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v6i2.15280

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas model pembelajaran dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kabupaten Cianjur. Sampel yang digunakan 85 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan sebagai berikut : 1).Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas model pembelajaran dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di kabupaten Cianjur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 16,928, 2).Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas model pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di kabupaten Cianjur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,014 < 0,05 dan thitung = 2,508, 3).Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di kabupaten Cianjur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan  thitung = 4,135

Page 1 of 2 | Total Record : 12