cover
Contact Name
Alfian Qomaruddin
Contact Email
eic.journal@nuris.ac.id
Phone
+6285335339697
Journal Mail Official
alfian@nuris.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Islam Mojokerto Tunggal Pager - Pungging - Mojokerto Postal Code 61384 Website : https://nuris.ac.id e-mail : admin@nuris.ac.id
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Linguistics and Social Studies
ISSN : -     EISSN : 30319439     DOI : https://doi.org/10.52620/jls
Core Subject : Education, Social,
Journal of Linguistics and Social Studies JLS, published by STAI Nurul Islam Mojokerto. Its a biannual refereed journal concerned with the practice and processes of linguistics, social studies and humanities. It provides a forum for academics, practitioners and community representatives to explore issues and reflect on practices relating to the full range of engaged activity. This journal is a peer-reviewed online journal dedicated to the publication of high-quality research focused on research and best pratices.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1: 2024" : 5 Documents clear
Dampak Media Visual terhadap Motivasi dan Pemahaman Bahasa Inggris Murid SDN Gili Barat Wahda, Hanifatul; Laili, Ma’rifatul; Arifiyanti, Nurul
Journal of Linguistics and Social Studies Vol 1, No 1: 2024
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52620/jls.v1i1.15

Abstract

Peningkatan keterampilan Bahasa Inggris dilakukan karena tidak adanya mata pelajaran Bahasa Inggris yang merata di SDN Gili Barat. Mata pelajaran ini ada hanya di kelas 2 dan 4 yang dijadikan sebagai muatan lokal. Fokus kegiatan ini adalah peningkatan keterampilan Bahasa Inggris murid SDN Gili Barat menggunakan metode media visual yang berisi 4 amplop berisikan gambar-gambar kata benda. Pengabdian ini bertujuan agar peserta didik mampu memahami dan mengetahui dasar Bahasa Inggris sebagai bekal sebelum diajarkan di tingkat pendidikan beri-kutnya serta sebagai bekal siswa/siswi dalam mengikuti perkembangan teknologi. Metode menggunakan media visual ini memberikan hasil naiknya grafik pertanyaan yang diajukan oleh peserta pengajar kepada siswa/siswi di SDN Gili Barat. Selain itu, hasil yang didapatkan yakni siswa/siswi menjadi lebih tertarik belajar menggunakan media tersebut.
Pemahaman Dialek dan Variasi Bahasa di Indonesia melalui Kajian Literatur Islamiyah, Diyani; Herwanto, Herwanto; Anggrayni, Okta Diana; Choiri, Muttaqin
Journal of Linguistics and Social Studies Vol 1, No 1: 2024
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52620/jls.v1i1.16

Abstract

Bahasa sangat lekat dengan dialek dan logat, semua itu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lingkungan, kemampuan berbahasa dan lain sebagainya. Setiap bahasa memiliki keunikan tersendiri. Pemakaian bahasa dalam masyarakat tergantung pada komunitas masyarakat tersebut. Hal ini nantinya akan menimbulkan variasi bahasa. Variasi bahasa adalah penggunaan bahasa setiap orang yang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Review artikel penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran variasi bahasa di Indonesia dengan melakukan analisis-analisis yang dipublikasikan dari tahun 2010-2020. Data diperoleh melalui database penyedia artikel melalui pencarian di google. Penulis menuliskan kata kunci “dialektologi” dan dipilih artikel yang full text pdf. Muncul 20 temuan, kemudian dipersempit dengan memilih variasi dialek yang terdapat di beberapa daerah di Indonesia dan ditemukan 10 temuan artikel. Berdasarkan hasil review dari 10 artikel ditemukan bahwa variasi bahasa yang paling sering muncul di Indonesia adalah dialek. Selain itu, ditemukan juga variasi bahasa secara fonetis, inovasi variasi leksikon, variasi bahasa formal dan non formal, kekerabatan isolek, dan variasi bahasa yang digunakan oleh dua etnik. Hal tersebut dipengaruhi oleh tiga faktor yakni faktor geografi, faktor sejarah, status sosial, situasi berbahasa, waktu, budaya, individual, dan perilaku masyarakat setempat.
Tinjauan Efektivitas Program English Course dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris Siswa: Sebuah Studi Kasus Nur, Achmad Zain; Hisan, Anti Khoirotun; Maha, Hizratus Sania; Mayastah, Mayastah; Fajriyani, Nurul
Journal of Linguistics and Social Studies Vol 1, No 1: 2024
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52620/jls.v1i1.17

Abstract

Dalam rangka kegiatan pentingnya bahasa inggris di Desa, Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa asing yang digunakan sebagai bahasa komunikasi seluruh dunia yang dikenal sebagai bahasa internasional. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melatih siswa-siswi dalam menggunakan bahasa inggris,  untuk membangun kepercayaan diri berbicara bahasa inggris, dan untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa inggris. Selain itu, memberikan pemahaman dan motivasi terhadap peningkatan belajar bahasa inggris. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyampaian materi dan praktik mengenai cara agar bisa belajar berbahasa inggris dengan cepat dan mudah agar lebih percaya diri.  Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dan memberikan solusi dengan praktik secara langsung dalam melatih berbicara bahasa inggris dengan membuat grup antara siswa-siswi MA Darul Hasan. Oleh karena itu, kegiatan ini dapat membantu siswa-siswi dalam meningkatkan potensi kemampuan bahasa inggris
Tinjauan terhadap Efektivitas Kegiatan Kelas Belajar sebagai Sarana Pelatihan Bahasa Asing: Studi Kasus di Desa Blumbungan Rima, Rima; Haryono, Aura Hilda; Rif’at, Muhammad Rifqi; Arisandi, Apri
Journal of Linguistics and Social Studies Vol 1, No 1: 2024
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52620/jls.v1i1.13

Abstract

Pelatihan kelas belajar mengajar bahasa asing ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui program kerja mahasiswa-mahasiswi yang berdomisili di Desa Blumbungan. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi program kerja ini. Alasan yang pertama adalah untuk mempermudah peluang mendapat pekerjaan yang baik. Adapun alasan yang kedua adalah mempermudah peluang diterimanya pendidikan di luar negeri. Alasan ketiga yaitu untuk mengikuti perkembangan zaman di era globalisasi. Oleh karena itu belajar bahasa asing sangat diperlukan dalam mengikuti perkembangan zaman. Belajar bahasa asing disini adalah bahasa Inggris, Jepang, Arab. Kegiatan ini dilakukan dari tanggal 23 Januari 2022 sampai 19 Januari 2023 mulai dari pukul 16.00 sampai pukul 17.00. Sasaran dari kegiatan adalah siswa SD atau MI. Ada beberapa tahap dalam kegiatan program kerja mengajar bahasa asing. Tim belajar membimbing para siswa dalam belajar bahasa Arab, Jepang, Inggris. Kana card adalah salah satu media belajar yang digunakan tim belajar dalam menjalankan kegiatan tersebut. Pendekatan yang dilakukan tim belajar adalah dengan survei SD atau MI, menonton video animasi, penggunaan Kana card. Respon dari orang tua wali adalah sangat puas dan senang.
Efektivitas Program Bimbingan Bahasa Inggris untuk Anak Sekolah Dasar di Desa Banraas Rahmah, Mamluatur; Ning, Agil Putri; Faidal, Faidal
Journal of Linguistics and Social Studies Vol 1, No 1: 2024
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52620/jls.v1i1.14

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa bimbingan belajar Bahasa Inggris di pulau gili iyang desa Banraas. Tujuannya adalah untuk mengetahui cara yang tepat untuk menyediakan Bimbingan bahasa inggris untuk anak usia sekolah dasar di desa Banraas dan mengenalkan bahwa les bahasa inggris efektif untuk anak usia sekolah dasar. Kegiatan ini menggunakan 3 (tiga) metode, yaitu menyanyi, quiz, dan tanya jawab. Hasil bimbingan belajar ini adalah diketahui bahwa anak usia sekolah dasar (6-12 tahun) adalah lebih antusias dan mampu mengikuti serta memahami materi saat berkelompok mengajari mereka menggunakan metode permainan khususnya dengan menyanyikan lagu-lagu yang berhubungan dengan materi.Mereka menjadi lebih percaya diri untuk memperkenalkan diri menggunakan bahasa Inggris di depan teman mereka. bimbingan belajar cukup efektif untuk membantu anak usia sekolah dasar Desa Banraas  untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bahasa Inggris mereka pelajaran, serta meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam menggunakan bahasa Inggris.

Page 1 of 1 | Total Record : 5