cover
Contact Name
Muhammad Nasir
Contact Email
nasirmuning@gmail.com
Phone
+6285251613000
Journal Mail Official
adminjurnal@globalpustakailmiah.com
Editorial Address
Jl. Norman Umar No. 117 Rt. 7 Kelurahan Kebun Sari Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara Kode Pos 71415
Location
Kab. hulu sungai utara,
Kalimantan selatan
INDONESIA
INTEGRASI : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
ISSN : -     EISSN : 30256941     DOI : https://dx.doi.org/10.61590/int
Core Subject : Religion, Social,
NTEGRASI Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan is an open access and peer-reviewed journal of Islamic Studies published by the Yayasan Maslahatul Ummah Ilal Jannah South Kalimantan. It contains writings from lecturers, education staff, education observers, and others. This journal is published biannually June and December in print and online. The journal focuses on publishing research results related to Islamic issues in connection with social matters such as the study of the Quran and Hadith Islamic philosophy education social studies local wisdom politics economics urbanism multiculturalism and more through interdisciplinary studies.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3, No. 1 : INTEGRASI (JANUARI-JUNI 2025)" : 5 Documents clear
Makna Spiritualitas dalam Adzan Perspektif Ahmed Hulusi Azhari, M. Haikal
INTEGRASI : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Vol. 3, No. 1 : INTEGRASI (JANUARI-JUNI 2025)
Publisher : Yayasan Maslahatul Ummah Ilal Jannah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61590/int.v3i01.156

Abstract

Penelitian ini menyoroti keunikan pandangan Ahmed Hulusi tentang makna spiritual adzan, yang ia tafsirkan bukan hanya sebagai panggilan ritual, melainkan sebagai sarana introspeksi untuk menyadari kehadiran ilahi yang menyatu dalam diri setiap individu Muslim. Hulusi mengajukan pemaknaan adzan sebagai panggilan menuju kesadaran tauhid non-dualistik, yaitu bahwa Allah tidak dipandang sebagai entitas yang terpisah atau jauh, melainkan esensi yang ada dalam dan meliputi seluruh ciptaan. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi pandangan Hulusi yang mengaitkan adzan dengan prinsip-prinsip sufistik, mengungkap bahwa inti dari tauhid adalah menghilangkan sekat-sekat antara Allah dan makhluk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis teks pada karya-karya utama Hulusi, serta beberapa literatur pendukung yang membahas adzan dalam konteks sufisme dan teologi Islam modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hulusi melihat penyebutan Muhammad sebagai Rasul dalam adzan sebagai simbol teladan sifat-sifat ilahi yang dapat dicerminkan dalam kehidupan Muslim. Dengan demikian, menurut Hulusi, setiap Muslim dipanggil untuk meneladani Rasulullah sebagai manifestasi sifat-sifat Allah, seperti kasih sayang, kebijaksanaan, dan keadilan.
Fiqh Rumahtangga Perspektif AbdulHamid AbuSulayman Amir, Ahmad Nabil; Rahman, Tasnim Abdul
INTEGRASI : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Vol. 3, No. 1 : INTEGRASI (JANUARI-JUNI 2025)
Publisher : Yayasan Maslahatul Ummah Ilal Jannah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61590/int.v3i01.186

Abstract

Kajian ini membincangkan epistemologi pendidikan AbdulHamid AbuSulayman (1936-2021) khususnya dalam konteks kerohanian dan instruksi dalaman tentang hubungan rumah tangga. Ia bertujuan memahami persoalan kekeluargaan dan rumah tangga ini dari konteks penafsirannya yang meluas terhadap maksud ayat mengikut semangat dan kehendak asal syariat. Metode kajian bersifat kualitatif berdasarkan penelitian pustaka dan tinjauan isi. Bahan kajian diperoleh daripada sumber primer dan sekunder yang terkait. Data dianalisis berasaskan pendekatan hermeneutik dan konteksual Abdullah Saeed dan Fazlur Rahman. Dapatan kajian menunjukkan pembaharuan epistemologis dan struktural yang diperkenalkan AbdulHamid AbuSulayman dalam karyanya “Marital Discord Recapturing Human Dignity through the Higher Objectives of Islamic Law” dalam proses pendidikan rumah tangga, yang dirumuskan berteraskan pendekatan dan pemahaman teks al-Qur’an dan hadith yang syumul yang meraikan kemaslahatan dan kebajikan kaum wanita dan kanak-kanak, serta pembelaan hak dan tanggungjawab mereka yang dijamin oleh hukum dan selari dengan fatwa-fatwa syariah yang mutakhir.
Ushûl Fikih: Karya Masterpiece Prof. Dr. Muhammad Abu Zahrah (1898–1974) (Kandungan Isi Kitab Secara Garis Besar) Nafi, Muhammad; Ulayya, Muhammad Sholah; Budiman, Muh. Arief; Ali, Mohammad Sahli; Alsayd, Abdulnasir
INTEGRASI : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Vol. 3, No. 1 : INTEGRASI (JANUARI-JUNI 2025)
Publisher : Yayasan Maslahatul Ummah Ilal Jannah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61590/int.v3i01.187

Abstract

Penelitian ini membahas kandungan kitab Ushûl al-Fiqh karya Prof. Dr. Muhammad Abu Zahrah, salah satu karya monumental dalam bidang hukum Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap isi kandungan kitab tersebut secara garis besar serta menggambarkan kontribusi intelektual Abu Zahrah dalam pengembangan metodologi hukum Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan, menelaah isi kitab dan literatur terkait lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Ushûl al-Fiqh karya Abu Zahrah memuat pembahasan sistematis mulai dari konsep dasar ushul fikih, hukum syar’i, sumber-sumber hukum, hingga prinsip ijtihad. Abu Zahrah tidak menawarkan teori baru, namun menyajikan sintesis pemikiran para ulama dari berbagai mazhab dengan gaya penulisan yang ringkas, kritis, dan mudah dipahami. Kitab ini dirancang sebagai pengantar ushul fikih yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin memahami dinamika perbedaan metodologis dalam istinbath hukum. Dengan demikian, karya ini berperan penting dalam pelestarian dan pengembangan khazanah keilmuan Islam
Gharar, Barang Haram dan Zhalim dalam Muamalah (Studi Hadis Al-Ahkām) Fajeri, Samsul; Nafi, Muhammad; Aziz, Abdul Rashid bin Abdul; Ayad, Nahid
INTEGRASI : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Vol. 3, No. 1 : INTEGRASI (JANUARI-JUNI 2025)
Publisher : Yayasan Maslahatul Ummah Ilal Jannah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61590/int.v3i01.188

Abstract

Ilmu ushul fikih memiliki peran fundamental dalam pengembangan hukum Islam karena menjadi landasan metodologis dalam menggali hukum-hukum syariah dari sumber-sumber utama. Salah satu tokoh yang memberikan kontribusi besar dalam bidang ini adalah Prof. Dr. Muhammad Abu Zahrah (1898–1974), ulama asal Mesir yang dikenal luas melalui berbagai karya ilmiahnya. Artikel ini bertujuan mengkaji kandungan isi kitab tersebut secara garis besar untuk mengungkap struktur pembahasan, pendekatan metodologis, serta corak pemikiran Abu Zahrah dalam bidang ushul fikih. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Data diperoleh melalui kajian mendalam terhadap teks primer dan sekunder, lalu dianalisis secara deskriptif-analitis. Hasil kajian menunjukkan bahwa Abu Zahrah menggabungkan pendekatan tradisional dan rasional secara harmonis, serta memiliki orientasi reformis dalam menyusun kerangka metodologis hukum Islam. Kajian ini diharapkan dapat memperkaya pemahaman terhadap khazanah intelektual Islam dan menjadi referensi dalam pengembangan metodologi ushul fikih yang relevan dengan konteks kontemporer.
Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Madrasah Nurul Hikmah Desa Telaga Mas Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara Padlan, Muhammad; Rabi'ah, Rabi'ah; Ali, Munadi Sutera
INTEGRASI : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Vol. 3, No. 1 : INTEGRASI (JANUARI-JUNI 2025)
Publisher : Yayasan Maslahatul Ummah Ilal Jannah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61590/int.v3i01.182

Abstract

Keterlibatan masyarakat merupakan salah satu faktor yang menentukan mutu pendidikan. Tanggung jawab pendidikan Islam tidak hanya terletak pada sekolah atau lembaga formal, tetapi juga melibatkan keterlibatan aktif masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk keterlibatan yang diberikan masyarakat desa Telaga Mas Kecamatan Danau Panggang dalam penyelenggaraan pendidikan di Madrasah Nurul Hikmah. Lokasi penelitian di desa Telaga Mas Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi partisipatif dan dokumenter. Subjek terdiri dari tokoh masyarakat, masyarakat desa dan pimpinan madrasah serta guru madrasah. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik serta perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterlibatan masyarakat Desa Telaga Mas dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi usaha pendidikan di Madrasah Nurul Hikmah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap perkembangan pendidikan di lingkungan mereka. Pada tahap perencanaan, masyarakat diikutsertakan melalui rapat yang melibatkan tokoh-tokoh lokal, memberikan ruang bagi mereka untuk menyampaikan masukan dan saran. Meskipun tidak semua warga dapat hadir, perwakilan yang ditunjuk memastikan suara mereka tetap terdengar. Selama pelaksanaan, masyarakat tidak hanya hadir, tetapi juga aktif berkontribusi melalui kegiatan keagamaan, sumbangan tenaga dan dana, serta penyediaan sarana pendidikan. Keterlibatan ini mencerminkan dukungan mereka terhadap pendidikan anak-anak dan meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Nurul Hikmah. Dalam evaluasi, masyarakat diundang untuk memberikan umpan balik melalui forum diskusi dan survei. Hal ini memberikan kesempatan bagi madrasah untuk mendengarkan dan mempertimbangkan rekomendasi dari masyarakat demi perbaikan program pendidikan di masa depan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5