cover
Contact Name
Peny Husna Handayani
Contact Email
jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Phone
+6282216797714
Journal Mail Official
jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Editorial Address
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Usia Dini
ISSN : 2301914X     EISSN : 25027239     DOI : https://doi.org/10.24114/jud.v7i1
Core Subject : Education,
Ruang lingkup Jurnal Usia Dini, yaitu: 1. Penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (tumbuh kembang anak usia dini, pola asuh anak usia dini, gizi anak usia dini) 2. Inovasi pembelajaran di bidang Pendidikan Anak Usia Dini 3. Pengembangan perangkat pembelajaran di bidang Anak Usia Dini 4. Evaluasi dan asesmen di bidang Pendidikan Anak Usia Dini 5. Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini 6. Tren Pendidikan Anak Usia Dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2023): Oktober 2023" : 30 Documents clear
Level Agreement Persepsi Guru dan Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Anak Usia Dini di Tapanuli Utara Sinaga, Endang Junita; Situngkir, Ledyana Dwi Mei Dwi Mei; Simanungkalit, Siska; Lubis, Sri Rejeki
Jurnal Usia Dini Vol 9, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v9i2.52404

Abstract

Keberhasilan pendidikan anak usia dini dipersiapkan dengan perkembangan fisik, emosional dan intelektual anak dengan baik sehingga menciptakan generasi yang berhasil. Ketercapaian ini diperoleh dari layanan pendidikan anak usia dini yang berkualitas yang mampu merangsang otak dan stimulasi psikososial. Salah satu layanan pendidikan anak usia dini untuk mencapai tujuan itu adalah dengan adanya layanan bimbingan konseling. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif untuk mendapatkan data yang terukur dan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.penelitian ini melibatkan 35 responden yang terdiri dari 12 orang guru TK dan 23 orang mahasiswa.Hasil penelitian ini ini ialah ditemukan 100% level Agreement antara guru dan juga mahasiswa  dengan derajat kesepakatan 100 atau almost perfect.
Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Usman, Usman; Hasmawaty, Hasmawaty; Sadaruddin, Sadaruddin; Syamsuardi, Syamsuardi; Nasarudin, Nasaruddin
Jurnal Usia Dini Vol 9, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v9i2.52621

Abstract

Anak didik yang memiliki kemampuan motorik yang baik akan memiliki kepercayaan diri dalam interakasi sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningatkan kemampuan motorik kasar anak didik dengan kegiatan senam irama. Sampel menggunakan sampel jenuh yaitu mengambil seluruh populasi anak didik di kelompok B TK Taman Paud Doa Ibu yang berjumlah 30 anak didik. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriftif dan inferensial parametrik dengan uji indepent sampel t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan senam irama dapat meningkatkan  keterampilan  motorik kasar anak usia 5-6 tahun pada indikator kemampuan anak dalam melakukan melakukan gerakan kepala, badan, tangan dan kaki, yang dilakukan secara terkoordinasi  dalam menirukan berbagai gerakan. gerakan serta melenturkan sendi dan ototnya, mengkoordinasikan lengan dan kaki.
Kelayakan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal Jawa Timur “Besut” Untuk Mengenalkan Seni Tradisional Pada Anak Usia Dini Hasibuan, Rachma; Meidhavani, Sefina
Jurnal Usia Dini Vol 9, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v9i2.52444

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan video animasi berbasis kearifan lokal Jawa Timur “Besut” untuk mengenalkan seni tradisional pada anak usia dini. Pengembangan media video animasi ini memfokuskan pada materi mengenalkan tokoh besut kepada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development atau (R&D) dengan desain pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze,, Design, Development, Implementation, and Development). Subjek penelitian ini sebanyak 11 anak. Instrumen uji coba yang digunakan adalah lembar validasi oleh ahli materi, ahli media dan angket respon pengguna media yaitu guru. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ahli materi diperoleh dengan persentase 86,66%,  ahli  media  dengan  persentase  85,71%,  respon  pengguna  dengan  persentase 96,66%. Dapat di simpulkan bahwa dari hasil penilaian kelayakan Video Animasi Mengenal Kearifan Lokal “Besut” Seni Tradisional Jawa Timur dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran pengetahuan baru dengan mengenalkan seni tradisional pada anak usia dini. 
“Hapi Klak-Klik” Interactive Multimedia for Children Hadits Recogizing Kurniawati, Eny; Rohmadheny, Prima Suci; Sofyan, Iyan; Nuraini, Febritesna
Jurnal Usia Dini Vol 9, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v9i2.52426

Abstract

Pendidik di TK ABA Tahfidz Al-Ashr selama ini menggunakan metode talqin dalam mengenalkan dan muroja’ah hadits, belum pernah menggunakan media pembelajaran apapun, sehingga peserta didik kurang memperhatikan, mood dan konsentrasi tidak stabil. Berbagai hasil penelitian menyebutkan bahwa media pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan minat belajar anak adalah multimedia interaktif. Pendidik di TK ABA Tahfidz memiliki perangkat laptop yang terinstall aplikasi powerpoint, namun belum memanfaatkannya sebagai media pembelajaran. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan prototype multimedia interaktif berbasis Powerpoint di TK ABA Tahfidz Al-Ashr Kabupaten Temanggung dalam mengenal dan murojaah hadits pilihan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) Borg and Gall namun dibatasi pada 6 langkah prosedur pengembangan, yaitu (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, dan (6) uji coba produk. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prototype multimedia interaktif HaPi klak-klik berbasis PowerPoint memenuhi kriteria sangat layak berdasarkan penilaian ahli media 80,43% (sangat layak digunakan), penilaian ahli materi 88,28% (sangat layak digunakan), dan hasil uji coba terbatas dengan perolehan jawaban “ya” pada seluruh indikator dengan persentase 100% (sangat layak). Disimpulkan bahwa prototype multimedia interaktif HaPi klak-klik berbasis PowerPoint yang dikembangkan sangat layak dan efektif untuk meningkatkan minat anak dalam kegiatan mengenal dan murojaah hadits pilihan, sehingga dapat direkomendasikan untuk digunakan dalam uji coba skala lebih luas.
Identifikasi Penggunaan Pakaian Adat Melalui Pembelajaran Muatan Lokal di PAUD Kecamtan Sekarbela Kota Mataram Astini, Baik Nilawati; Rachmayani, Ika; Saleh, Sagita Utari
Jurnal Usia Dini Vol 9, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v9i2.52400

Abstract

Pakaian adat adalah kostum yang menandakan identitas suatu daerah yang dibuat dan diwariskan untuk dikenakan secara turun temurun. Dengan adanya program penggunaan pakaian adat melalui pembelajaran muatan lokal di PAUD maka anak memiliki kesempatan sejak dini untuk mengenal pakaian adat yang ada di daerahnya dan daerah lain yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pakaian adat dan program pelaksanaan dari penggunaan pakaian adat melalui pembelajaran muatan lokal di PAUD Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan populasi 76 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program penggunaan pakaian adat dilaksanakan dalam rangka program pemerintah dengan mengenalkan pakaian adat lokal dan pakaian adat nusantara, pakaian adat lokal biasanya digunakan secara rutin atau berkala tergantung pada kebijakan setiap sekolah sedangkan ragam pakaian adat nusantara digunakan pada saat perayaan hari besar nasional seperti hari kartini, hari sumpah pemuda, hari guru, perayaan 17 agustus dan lain sebagainya.
Penerapan STEAM Untuk Mengembangkan Kemampuan Kolaborasi Anak Usia Dini Sudarti, Sudarti; Diana, Diana
Jurnal Usia Dini Vol 9, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v9i2.52533

Abstract

Keterampilan abad 21 penting dimiliki anak usia dini, salah satunya keterampilan kolaborasi. Mengembangkan kemampuan kolaborasi pada anak usia dini dapat dilakukan dengan menerapkan pembelajaran STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematic) yang dapat menstimulus anak berpartisipati, berkontribusi aktif, mencocokan pekerjaan berdasarkan kemampuan anggota kelompok, menghargai kontribusi anggota kelompok, bertanggung jawab bersama untuk menyelesaikan pekerjaan, menghasikan ide- ide produk baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penerapan pembelajaran STEAM pada pembelajaran PAUD terhadap kemampuan kolaborasi anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain kuantitatif eksperimen. Hasil penilitian terdapat perbedaan atau peningkatan kemampuan kolaborasi penerapan STEAM pada pembelajaran PAUD yang signifikan bagi anak antara sebelum dan sesudah penerapan STEAM pada pembelajaran PAUD. Berdasarkan hasil analisis deskriptif N-gain kemampuan kolaborasi anak usia dini penerapan STEAM pada pembelajaran PAUD, didapatkan data dengan rata-rata nilai N- gain yaitu 0,84 yang berarti kesimpulan dari data analisis N-gain ini, terdapat peningkatan pada kategori tinggi, yang berarti kemampuan kolaborasi anak dengan penerapan STEAM pada pembelajaran PAUD ini sangat berhasil.
Penerapan Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Di TK B Nurul Iman Banda Aceh Nessa, Rahmatun; Yeniningsih, Taat Kurnita; Wahyuni, Vivi; Rizka, Sitti Muliya; Rahmi, Rahmi
Jurnal Usia Dini Vol 9, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v9i2.52435

Abstract

Kemampuan mengenal huruf merupakan salah satu perkembangan yang penting pada anak yang harus dikembangakn sejak dini. Kemampuan mengenal huruf yang dimaksud pada penelitian ini adalah menyebutkan simbol-simbol huruf, menyebutkan suara huruf awal dari nama kartu kata bergambar, menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan unjuk kerja serta dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian siklus I, siklus II, sampai siklus III meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui penerapan media papan pintar dapat dilakukan dengan cara guru memperkenalkan media papan pintar pada anak, memperaktekkan secara langsung kegiatan yang akan dilakukan, permainan dilakukan secara bergantian, guru meminta anak untuk menyebutkan simbol-simbol huruf, menyebutkan huruf awal dari kartu kata bergambar dan menyebutkan kelompok bunyi/huruf awal yang sama pada kartu kata bergambar sesuai intruksi. Kemampuan menganal huruf anak setalah dilakukan tindakan menunjukan hasil yang meningkatan yaitu dari 10 subjek anak terdapat 7 subjek berkembang sesuai harapan (BSH) atau mendapat bintang (***) dan 2 subjek berkembang sangat baik (BSB) atau mendapatkan bintang (****).
Problem Merdeka Belajar dalam Konteks Pembelajaran Anak Usia Dini Di Pusat Kegiataan Gugus Satar Mese Utara De Gomes, Fransiskus
Jurnal Usia Dini Vol 9, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v9i2.52405

Abstract

Merdeka belajar dalam pembelajaran anak usia dini merupakan merdeka bermain. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi problem merdeka belajar dalam konteks pembelajaran anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan subyek guru PAUD di Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Satar Mese Utara yang berjumlah 10 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan Teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik cenderung hanya menyiapkan satu jenis main berupa main sensori motor dalam satu kali pembelajaran. Selain itu, anak tidak diberi kebebasan untuk menentukan sendiri jenis main yang ingin dilakukannya. Media yang disiapkan guru lebih mengarah pada Lembar Kerja Siswa yang bukan merupakan media main anak. Bentuk dukungan yang diberikan guru ketika anak melakukan kegiatan main adalah memberikan pujian dan penghargaan seperti memberikan bintang. Guru melakukan penilaian klasikal. Temuan ini menunjukkan bahwa Lembaga PAUD di PKG Satar Mese Utara belum mengakomodasi merdeka belajar bagi anak usia dini. 
Pola Asuh Demokratis dan Kreativitas Anak Usia Dini Wibiarani, Sara; Wati, Dewi Eko
Jurnal Usia Dini Vol 9, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v9i2.52446

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kreativitas anak usia dini yaitu ketakutan orang tua terhadap aktivitas bermain anak di luar rumah serta batasan yang diberikan orang tua kepada anak dalam berpendapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dengan kreativitas anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian korelasional kuantitaif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunak an pada penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan uji korelasi. Penelitian dilakukan di TK Manaratul Islam Jakarta Selatan dengan mengambil responden sejumlah 70 orang tua yang memiliki anak usia 4-6 tahun. Hasil penelitian didapatkan dengan uji korelasi Pearson Correlation Product Moment dengan nilai signifikansi 0,340 dan nilai koefisien sebesar 0,004. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang lemah dengan arah hubungan positif. Artinya jika variabel pola asuh demokratis pada taraf tinggi, maka variabel kreativitas akan tinggi juga.
Kelayakan Modul Digital Berbasis Project Pada Mata Kuliah Metodologi Pengembangan Motorik Anak Usia Dini Ramadhani, Rizki; Sinaga, Roni; Asih, Santa Murni
Jurnal Usia Dini Vol 9, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jud.v9i2.52428

Abstract

Seiring perkembangan tekhnologi yang semakin masiv. Tidak dapat mengenyampingkan tekhnologi yang harus mengintegrasi teknologi pada pembelajaran, hal ini sering disebut dengan e-learning, dampak perubahan ini pada pembelajaran adalah meningkatnya kualitas dan nilai pembelajaran mahasiswa karena akses yang lebih besar pada konten pembelajaran dan pendukungnya, dan adanya kolaborasi dan interaksi belajar, meningkatnya jankauan dan fleksibilitas yang memungkinkan pembelajaran kapan saja dan dimana saja, disisi lain teknologi mendukung penurunan biaya dalam pembelajaran, serta perubahan sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan dunia kerja (Luppicini & Haghi, 2012), dalam perkembangan tersebut budaya mengajar juga mengalami perubahan dimana budaya mengajar saat ini adalah learned to learn. Namun berdasarkan hasil pengamatan ternyata pada pembelajaran mata kuliah metodologi pengembangan motorik aud belum ada bahan ajar berupa buku yang    sesuai dengan kebutuhan perkuliahan, disisi lain pembelajaran berbasis project menjadi metode perkuliahan untuk mempertajam kemampuan analisis, memberikan solusi atas suatu masalah, serta ketelitian mahasiswa, berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin melakukan pengembangan bahan ajar digital berbasis project pada mata kuliah metodologi pengembangan motorik aud, dengan menguji validitas dan reabilitas produk yang dikembangkan dan menguji kepraktisan penggunaan bahan ajar tersebut. pengembangan bahan ajar tersebut akan dilaksanakan menggunakan metode pengembangan oleh Borg & Gall. Hasil penelitian ini menunjukkan kelayakan pada produk e-modul untuk dilakukan uji coba.

Page 1 of 3 | Total Record : 30