cover
Contact Name
Abu Bakar
Contact Email
taushiah@fai.uisu.ac.id
Phone
+6281397173257
Journal Mail Official
taushiah@fai.uisu.ac.id
Editorial Address
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan
ISSN : -     EISSN : 25991353     DOI : https://doi.org/10.30743/taushiah
Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan, aims to promote scientific publications on Law, Education, and Society in its broadest sense covering textual, Historical, and Empirical. The journal contains original research articles based on literature and/or empirical research in the fields of Law, Education, and Society particularly, but not limited to, six main topics, namely (1) Islamic Law and Legislation, (2) Islamic Law in Classical and Modern Social Life, (3) Islamic Education Philosophy, Curriculum, and Methodology, (4) Islamic Education Management, Policy, and Innovation, (5) Islamic Sociology and anthropology, (6) Islamic Community Empowerment. The journal encourages articles that take a multidisciplinary approach to these topics. Scholars with interest in law, education and society from Indonesia and other countries are welcome to submit their articles to Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan and use this open access journal as a valuable resource in this field.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 2 (2024): Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan" : 9 Documents clear
PENERAPAN METODE JIGSAW DAN RESITASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP SWASTA TEUKU UMAR MEDAN AREA Fauziah, Fauziah
Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan Vol 14, No 2 (2024): Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/taushiah.v14i2.10702

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode pembelajaran jigsaw di SMP Swasta Teuku Umar Medan Area. Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran resitasi di SMP Swasta Teuku Umar Medan Area. Bagaimana pengaruh penerapan metode pembelajaran jigsaw dan resitasi terhadap meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Swasta Teuku Umar Medan Area. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan sampel 50 orang teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisa data menggunakan analisa statistk. Hasil penelitian ini adalah Terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode Jigsaw terhadap motivasi belajar siswa SMP Swasta Teuku Umar sebagaimana hasil uji-t (3.687>0,05). Dan nilai t hitung 3. 349 lebih besar dari t tabel 2.00 (3,687 >2.00 ) dengan kearah positif. Maka H0 di terima dan Ha di tolak sehingga dapat disimpulkan bahwa Variabel Metode Jigsaw secara parsial berpengaruh signifikan dengan nilai positif terhadap motivasi .Terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode resitasi terhadap keungulan bersaing do,ama t-hitung > t-tabel (11.195 2.00 ). Maka Ho di tolak dan Ha di terima sehingga dapat di simpulkan bahwa metode resitasi secara parsial berpengaruh signifikan dengan nilai positif terhadap motivasi belajar siswa.Terdapat Pengaruh metode jigsaw dan resitasi terhadap motivasi belajar siswa di SMP Swasta Teuku Umar Medan, hal ini terlihat dari uji F bahwa Fhitung sebesar 4798.774 > dari Ftabel 3,150 dengan tingkat signifikan 0,000. Oleh karena Fhitung lebih besar dari Ftabel dan probabilitas 0,000 jauh lebih kecil dari 0,05, maka Tolak Ho (Terima H1) maka disimpulkan bahwa Metode Jigsaw dan metode resitasi secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kunggulan bersaing dan uji determinan maka 99,6 %.
EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN METODE DRIL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN DI MTs AL-IKHLAS RIMBAYA LABUHANBATU UTARA Ritonga, Nitari Sapna
Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan Vol 14, No 2 (2024): Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/taushiah.v14i2.10690

Abstract

Pendidikan agama merupakan system pendidikan yang mencangkup seluruh aspek yang dibutuhkan oleh manusia dalam rangka meningkatkan penghayatan dan pengalaman agama dalam kehidupan bermasyarakat, beragama, berbangsa dan bernegara. Untuk mendapatkan jawaban dari hipotesis yang dibuat, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa Observasi, Koesioner, Wawancara dan Dokumentasi dengan mengumpulkan jawaban dari responden sebanyak 30 siswa MTs Al-Ikhlas Rimbaya Desa Batu Tunggal. Berdasarkan data yang diperoleh dan data yang telah diperhitungkan dari hasil penyebaran koesioner terdapat beberapa hasil diantaranya: Hasil dari perhitungan nilai rxy yang telah diperoleh terdapat sebesar -120,86 dan dengan perbandingan r tabel yaitu 0,3610 dikarenakan r hitung mendekati angka -1 maka korelasi antara variabel X dengan Variabel Y kuat dengan nilai perbandingan -120,86 0,3610, sedangkan nilai t hitung yang diperoleh sebesar 4378 dengan perbandingan t tabel sebesar 1,703 nilai ini menunjukkan bahwa benar terdapat adanya pengaruh strategi pembelajaran metode drill terhadap kualitas membaca siswa, dengan uji t yaitu 4378 1,703 dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak, serta uji determinasi sebesar 24,17%.
TRADISI NASI HADAP-HADAPAN MENURUT PANDANGAN HUKUM ISLAM DI DESA PANTAI CERMIN KANAN SERDANG BEDAGAI Imamsyah, Imamsyah; Saputra, Edriagus
Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan Vol 14, No 2 (2024): Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/taushiah.v14i2.10704

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terjadinya hukum pernikahan dalam syari’at islam, untyk mengetahui hukum yang terkandung dalam syari’at islam terhadap tradisi nasi hadap-hadapan dan untuk mengetahui nilai-nilai islam pada rangkaian pernikahan adat melayu desa Pantai Cermin Kanan Kecamatan Pantai Cermin. Untuk mengumpulkan data- data, penulis menggunakan beberapa metode: observasi, interview, dan dokumentasi. Temuan menjelaskan bahwa fungsi tradisi nasi hadap-hadapan di Desa Pantai Cermkin Kanan Kecamatan Pantai Cermin memiliki pengaruh. Pengaruh ini merupakan kepercayaan dan fungsi tradisi nasi hadap-hadapan ini sebagai penguat norma- norma dan lembaga adat yang ada dalam masyarakat. Adapun fungsi tradisi nasi hdaphadapan bagi masyarakat Desa Pantai Cermkin Kanan Kecamatan Pantai Cermin adalah sebagai Interaksi social, pewaris norma social, pelestarian adat dan hiburan, pengajaran ilmu dan nilai Pendidikan ketuhanan.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP AKHLAK SISWA DI MTs ALI IMRON MEDAN TEMBUNG Situmorang, Puja Marito; Lubis, Masruroh
Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan Vol 14, No 2 (2024): Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/taushiah.v14i2.10691

Abstract

Pada penelitian ini adapun beberapa tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui seberapa besar kecerdasan emosional mempengaruhi akhlak siswa di MTs Ali Imron, maka untuk mendapatkan jawaban dari rumusan masalah dan hipotesis yang telah yang susun maka pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, koesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa sebesar 5406 dan dengan perolehan nilai besarnya pengaruh variabel x terhadap y, yaitu pengaruh kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa sebesar 10,81% mempengaruhi akhlak siswa menjadi lebih baik dikarenakan siswa sudah memahami dan sudah dapat mengendalikan dirinya menuju arah yang baik, selain itu berdasarkan dengan hasil hipotesis yang diperoleh yaitu Ha diterima bahwa benar adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa MTs Ali Imron kecamatan Medan Tembung sebesar 62,416 yang mempengaruhi akhlak siswa.
PERAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH TPI MEDAN Sihotang, Syarifah Atmalia
Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan Vol 14, No 2 (2024): Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/taushiah.v14i2.10705

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru kelas dalam pembentukan karakter nilai dan moral siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian regresi yang berdasarkan data diperoleh dan data yang yang telah diperhitungkan dari hasil penyebaran angket terdapat beberapa hasil diantaranya: Uji t (t-test)hasil perhitungan ini dibandingkan dengan t tabel dengan menggunakan tingkat kesalahan 0,05 (5 %), diperoleh nilai t hitung variabel aspek kognitif sebesar -3.846. Kemudian, t tabel menggunakan df n-2 dengan n adalah jumlah populasi, sehungga hasilnya yaitu 32 -2 = 30 dan dapat diperoleh T tabel 1.67655. Jadi diperoleh Thitung ,Ttabel atau -3.846 167655 maka dapat diartikan bahwa H0 diterima. Artinya, Terdapat peran guru SKI (X) terhadap pembentukan karakter nilai dan moral (Y). Selanjutnya diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel yaitu 14.794 2,07 (F tabel didapat dari F (k;n-k)= F (1;32) = 2,07) dan dengan tingkat signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan cara pengambilan keputusan uji simultan bahwa variabel peran guru (X) signifikan terhadap pembentukan karakter nilai dan moral siswa (Y). Sedangkan nilai koefisien determinasi (R square) seberapa 0,338 berarti dapat disimpulkan bahwa sebesar 33,8 % pembentukan karakter nilai dan moral siswa ditentukan oleh peran guru.
PENGARUH STRATEGI ASPEK KOGNITIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMAN 1 BAGAN SINEMBAH, KAB. ROKAN HILIR, RIAU Eriyani, Siti Eka
Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan Vol 14, No 2 (2024): Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/taushiah.v14i2.10700

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi aspek kognitif terhadap motivasi belajar siswa kelas IX mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMAN 1 Bagan Sinembah Kab. Rokan Hilir, Riau. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitaif yang dilakukan pada bulan januari. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI khusus bagi siswa yang beragama islam saja, sehingga pengumpulan data dilakukan menggunakan penyebaran angket (pernyataan) menggunakan purposive sampling yaitu sample sebanyak 51 responden. Dan hasil penelitian yang diperoleh pengaruh strategi aspek kognitif terhadap motivasi belajar siswa kelas IX mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMAN 1 Bagan Sinembah yang berkontribusi nilai koefisien determinasi R Square (R2) sebesar 0.704 atau 70,4% dan sisanya (100%-70,4%) = 29,6% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kemudian Thitung Ttabel atau -10.787 1.67655 maka dapat diartika bahwa H0 diterima. Artinya, terdapat pengaruh aspek kognitif (X) terhadap motivasi belajar (Y). Terdapat signifikan nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel yaitu 116.356 4,03 (F tabel didapat dari F (k ; n-k) = F (1 ; 50) = 4,03) dan dengan tingkat signifikan di bawah 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan cara pengambilan keputusan uji simultan bahwa variabel aspek kognitif (X) berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar (Y). Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh signifikan aspek kognitif terhadap motivasi belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
KONSEP TA’DIB DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS Anggraini, Ulfa; Dzaky, Muhammad
Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan Vol 14, No 2 (2024): Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/taushiah.v14i2.10706

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini ada dua yaitu untuk mengetahui bagaimana konsep ta‟dib dalam konsep pendidikan Islam menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas, dan untuk mengetahui apakah konsep ta‟dib Syed Muhammad Naquib Al-Attas sesuai dengan yang diterapkan di SMP Perguruan Islam Amalia Kecamatan Denai. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan: 1). Konsep ta‟dib menururt Syed Muhammad Naquib Al-Attas yaitu mencakup ilmu dan amal dalam pendidikan serta adanya praktik untuk menjamin ilmu dapat dipergunakan dengan baik dalam kehidupan masyarakat. Istilah ta‟dib ini tidak hanya terbatas pada aspek kognitif, tetapi juga meliputi pendidikan spiritual, moral, dan sosial. Syed Muhammad Naquib juga menghendaki agar pendidikan Islam mampu mewujudkan insan kamil yang bercirikan universalis dalam wawasan dan otoritatif dalam ilmu pengetahuan, dengan kata lain manusia yang mencerminkan pribadi Nabi SAW. 2). Penerapan konsep ta‟dib di SMP Perguruan Islam Amalia Kecamatan Denai sudah dimulai sejak siswa mulai bersekolah di sana, selain itu konsep adab yang diterapkan sudah sesuai dengan konsep adab (ta‟dib) menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Hal ini dapat dilihat dari kebiasaan-kebiasaan yang diterapkan seperti dilarang ribut dan menyela penjelasan guru saat proses mengajar, wajib bertutur kata yang baik dan sopan kepada siapapun, konsep adab ini dilakukan agar sejalan dengan tujuan dari SMP Islam tersebut dengan harapan dapat menciptakan generasi penerus yang paham akan ilmu agama, ilmu dunia (ilmu pasti), yang dilengkapi dengan adab yang baik.
KADAR RADHA’AH YANG MENGHARAMKAN PERNIKAHAN MENURUT MAZHAB SYAFI’I Mudzkarini, Wasilah
Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan Vol 14, No 2 (2024): Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/taushiah.v14i2.10701

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan ini sering tidak disadari oleh sebagian masyarakat bahwa bayi yang telah disusukan kepada wanita lain menyebabkan terjadinya hubungan mahram antara bayi tersebut dengan ibu yang menyusuinya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Kemudian aktivitas dalam analisis data yaitu data reduction, data display dan verificaton. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan adalah kadar susuan yang mengharamkan pernikahan menurut Imam Syafi’i adalah lima kali susuan yang berpisah-pisah. Dari penjelasan ukuran air susu diatas bahwa dapat dihubungkan dengan pendapat Imam Syafi’i dikatakan satu kali penyusuan adalah ketika bayi menyusui sampai kenyang karena apabila kenyang sibayi akan menolak untuk menyusui kembali. Faktor yang berhubungan dengan hukum mahram berupa keadaan susu dan cara penyampaian air susu sampai pada perut bayi. Mensyaratkan dalam penyampaian air susu harus sampai pada perut atau pada otak dengan perantara mulut dan penuangan kedalam tenggorokan, atau penuangan air susu lewat hidung, begitu juga penuangan lewat lubang yang tembus sampai pada otak, maka hal ini dapat mengakibatkan hukum mahram.
PERAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK DI SMP YAYASAN PERGURUAN INDONESIA MEMBANGUN NAMORAMBE BR. Bukit, Santi Hartati
Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan Vol 14, No 2 (2024): Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/taushiah.v14i2.10707

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi tentang bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam melakukan dan menerapkan Pembinaan Akhlak yang berada di SMP Yayasan Perguruan Indonesia Membangun Namorambe. Sekarang ini banyak ditemukan penyimpan yang dilakukan beberapa peserta didik baik itu di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah seperti melawan guru, bolos saat di jam sekolah, berkata yang tidak sopan, dan masih banyak penympangan-penyimpangan yang terjadi. Jenis penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini adalah analisis kualitatif, proses pengumpulan data didapatkan dengan melakukan beberapa metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah Peran Guru Pendidkan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik SMP Yayasan Perguruan Indonesia Membangun Namorambe. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa peran guru agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik SMP Yayasan Perguruan Indonesia Membangun Namorambe sudah dilakukan dengan baik dan guru sudah menjalankan tugas dengan prosedur atau kurikulum yang berlaku. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik adalah dengan cara menerapkan pembiasaan di sekolah membiasakan peserta didik mengucap salam, berperilaku yang baik, bertutur kata yang lembut, rapi dalam berpakaian, disiplin belajar, menghormati guru dan sesama teman. Peran guru dalam pembinaan akhlak juga sudah banyak memberikan pengaruh terhadap peserta didik yakni peserta didik memiliki akhlak yang lebih baik lagi, walaupun memang sedikit berat dalam pembinaan ini, dikarenakan berada di mayoritas non-muslim dan minim pengetahuan terhadap Islam.

Page 1 of 1 | Total Record : 9