cover
Contact Name
Firdaus Syah
Contact Email
jurnalazkia@gmail.com
Phone
+6282367771980
Journal Mail Official
jurnalazkia@gmail.com
Editorial Address
Gedung A Kampus Al-Hilal Sigli. Jalan Lingkar Keniree, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, Aceh. Kode Pos. 24151
Location
Kab. pidie,
Aceh
INDONESIA
Azkia : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam
Core Subject : Religion, Education,
Azkia : jurnal aktualisasi Pendidikan Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli, Aceh. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Pendidikan Agama Islam. Artikel yang dimuat dalam jurnal Azkia adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi pendidikan. Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk penulisan artikel tersedia di dalam setiap terbitan. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Juli dan Desember.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 18 No. 2 (2023): Desember" : 13 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Make a Macth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dahniar
AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam Vol. 18 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Aceh- Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58645/jurnalazkia.v19i2.408

Abstract

Seorang guru harus terampil dalam memilih model yang akan digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dapat menimbulkan kebosanan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, materi kurang dipahami, dan menjadikan pembelajaran yang monoton sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Model pembelajaran make a match merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat membantu guru dalam menciptakan suasana proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Penggunaaan model pembelajaran make a match diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa dan siswa dapat termotivasi untuk belajar lebih giat serta mendapatkan hasil belajar yang maksimal.
KORELASI KONSEP MANUSIA DAN PENDIDIKAN ISLAM Hadini
AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam Vol. 18 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Aceh- Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58645/jurnalazkia.v19i2.421

Abstract

Pemahaman konsep manusia dalam al-Qur’an berperan penting untuk memberikan gambaran tentang konsep hakikat manusia secara utuh. Pada akhirnya, penemuan hakikat manusia akan dapat dijadikan sebagai landasan untuk menemukan dan merancang system Pendidikan Islam yang ideal pula. Dalam kajian ini peneliti menggunakan metode library research (penelitian pustaka). Di mana peneliti melakukan penelusuran terhadap literatur-literatur berupa buku-buku, hasil penelitian, serta jurnal-jurnal, baik nasional maupun internasional untuk selanjutnya dianalisis secara mendalam untuk menemukan kesimpula. Dari hasil kajian yang dilakukan ditemukan bahwa Pertama, asal usul manusia berasal dari Adam. Selanjutnya bereproduksi secara terus menerus untuk menghasilkan generasi yang baru..Kedua, dalam al-Qur’an menyebut manusia dengan istilah al basyar, al Insan dan bani Adam, yang terdiri dari unsur fisik dan non fisik. Unsur fisik direpresntasikan dalam istilah al basyar, dan unsur non fisik direpresentasikan dalam al Insan. Pada aspek non fisik dianugerahi potensi berupa’aql, qalb, fithrah, nafs, dan ruh. Ketiga, kedudukan manusia di atas bumi berperan sebagai ’Abdullah (hamba Allah) dan sebagai khalifatullah (pemakmur bumi)..Keempat. Konsep manusia tersebut berImplikasi pada adanya peran Pendidikan Islam dituntut harus berperan dalam mendesain system Pendidikan Islam yang ideal dalam mengoptimalkan seluruh potensi yang ada pada manusia, sehingga ia bisa menjalankan perann dan tujuan utamanya sebagai ‘abdullah dan khalifatullah.
PENERAPAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU Junaidah; Nasri Diana; Nurul A'liyah
AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam Vol. 18 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Aceh- Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58645/jurnalazkia.v19i2.422

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan media monopoli untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keragaman suku bangsa dan agama di negeriku kelas IV SD Negeri 4 Sigli.Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan serta menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata individu pada siklus I pelajaran IPS yaitu 59,42 dengan persentase ketuntasan 42,85% dan pelajaran PPKN yaitu 55,90 dengan persentase ketuntasan 57,15%. Pada siklus II pelajaran IPS yaitu72,85 dengan persentase ketuntasan 71,42%, dan pelajaran PPKN yaitu 71 dengan persentase ketuntasan 71,42%. Serta pada siklus III pelajaran IPS mencapai 93,76 dan pelajaran PPKN 94,71 dengan persentase ketuntasan mencapai 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media monopoli untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
KEDUDUKAN KOMPONEN- KOMPONEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEBERHASILAN PENDIDIKAN ISLAM M. Bisri; Ratu Sita Lailatul Ula; Sri Damyanti; Muhajir
AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam Vol. 18 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Aceh- Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58645/jurnalazkia.v19i2.423

Abstract

Komponen Pendidikan merupakan bagian dari suatu sistem yang memiliki peran penting dalam keberhasilan Pendidikan, bahkan dapat dikatakan bahwa untuk berlangsungnya proses kerja Pendidikan diperlukan keberadaan komponen-komponen tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (Library research) yang memperoleh data dari jurnal, laporan penelitian, buku, dan sumber bacaan lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan Pendidikan Islam bergantung pada komponen-komponen Pendidikan Islam. Komponen-komponen tersebut disebutkan diantaranya tujuan Pendidikan, penididik, peserta didik, materi pembelajaran, metode pembelajaran, evaluasi Pendidikan dan kurikulum atau sistem pembelajaran. Ketujuh komponen tersebut saling berkaitan karena dalam pendidikantentunya ada yang Namanya tujuan sebagai capaian pembelajaran, keberhasilan Pendidikan juga bergantung pada siapa yang memberikan pembelajaran atau pendidik, peran pendidik sangat penting sebagai orang yang bertanggung jawab dalam memberikan materi kepada peserta didik, peserta didik juga sangat penting karena sebagai objek dari tujuan Pendidikan tersebut, karena peserta didik adalah orang yang akan di ubah sikap dan dikembangkan intelektual dan keterampilannya. Materi atau bahan pembelajaran sangat penting sebagai bahan ajar yang akan diberikan pendidik kepada peserta didik, selain itu kurikulum juga sangat penting sebagai satu kesatuan sistem agar tujuan dari Pendidikan tersebut dapat tersampaikan kepada peserta didik secara terstruktur. Kesimpulannya dari penelitian ini bahwa komponen-komponen Pendidikan islam sangat mempengaruhi dalam keberhasilan pendidikan Islam
INOVASI BAHAN AJAR AUDIO BERBENTUK COMPACT DISC DALAM PEMBELAJARAN PAI Nia Wardhani; Nurainiah; Fitriani; Murniati
AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam Vol. 18 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Aceh- Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58645/jurnalazkia.v19i2.424

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak inovasi penggunaan bahan ajar audio berbentuk compact disk (CD) dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Melalui tinjauan literatur, penelitian ini merinci manfaat utama dari penerapan teknologi audio dalam meningkatkan pengalaman dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan CD dalam pembelajaran PAI meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pembelajaran mandiri, dan menyediakan pendekatan multisensori. Materi audio memberikan dimensi tambahan pada pembelajaran, memudahkan pemahaman konsep, dan meningkatkan motivasi belajar. Kemudahan aksesibilitas CD juga memberikan solusi praktis, sementara fleksibilitas penggunaannya memungkinkan integrasi dalam berbagai metode pembelajaran. Kesimpulannya, inovasi ini dapat dianggap sebagai langkah progresif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran PAI yang lebih dinamis dan efektif. Implikasi praktis dari temuan ini dapat memberikan panduan bagi pendidik dalam memanfaatkan teknologi audio untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI
Hadits dan Sunnah (Naqd ‘Ulum AL-Hadits) Nurlisma
AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam Vol. 18 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Aceh- Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58645/jurnalazkia.v19i2.425

Abstract

Hadits adalah segala sesuatu yang disandarkan kepada nabi saw baik itu ucapan, perbuatan, persetujuan, sifat maupun kepribadiannya, sedangkan sunnah ialah segala sesuatu yang dinukilkan dari nabi saw meliputi ucapan, perbuatan, sifat, kepribadian, maupun perjalanan hidup nabi baik itu sebelum diutus maupun sesudah di utus menjadi nabi. Perbedaan keduanya menurut ahli hadits, hadits adalah sesuatu yang diriwayatkan dari nabi saw setelah kenabiannya, sedangkan sunnah lebih menyeluruh dan umum meliputi perjalanan hidup nabi saw sebelum dan setelah kenabiannya. Khabar ialah segala sesuatu yang disandarkan kepada nabi saw dan juga kepada selain nabi, hadis adalah khabar akan tetapi tidak semua khabar adalah hadis. Atsar adalah segala sesuatu yang disandarkan pada sahabat atau tabi’in. Hadis dapat dibagi menjadi beberapa bentuk yaitu hadits qauli, fi’li, taqriri, dan hammi. Hadis qauli adalah segala sesuatu yang disandarkan kepadan Nabi saw berupa perkataan atau ucapan yang memuat berbagai maksud syara, peristiwa dan keadaan baik berkaitan dengan aqidah, syariah, akhlak dan lainnya. Hadis fi’li adalah semua yang disandarkan kepada Nabi saw berupa perbuatan, hadis taqriri yaitu ketetapan nabi saw, sedangkan hadis hammi adalah keinginan nabi saw yang belum terealisasikan karena wafat sebelum menunaikan hasrat tersebut.
PENGGUNAAN MEDIA DARING DALAM PEMBELAJARAN PAI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA Okita Maya Asiyah; Muh. Wasith Achadi
AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam Vol. 18 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Aceh- Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58645/jurnalazkia.v19i2.426

Abstract

Kemajuan perkembangan teknologi dan informasi mempengaruhi media yang digunakan dalam pembelajaran PAI. Pasca pandemi Covid-19 penggunaan media daring dalam pembelajaran memberikan suasana baru dalam dunia pendidikan. Meskipun pandemi Covid-19 sudah berlalu dan pembelajaran sudah kembali tatap muka, namun media daring masih digunakan dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini dibuat dengan tujuan menganalisis penggunaan media daring dalam pembelajaran PAI di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing media daring yang digunakan memiliki fungsi yang berbeda pada saat pembelajaran sehingga menghasilkan manfaat yang beragam meskipun memiliki kelemahan dalam penggunaannya
PERAN GURU PAI TERHADAP ETIKA SISWA DALAM BERBUSANA ISLAMI Rusnawati
AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam Vol. 18 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Aceh- Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58645/jurnalazkia.v19i2.429

Abstract

Pada zaman sekarang model pakaian telah berkembang sangat pesat. Ada berbagai macam ragam model. Ada model berpakain yang Islami dan kurang Islami, seperti seperti berpakaian yang menampakan rambut, lekukan, tranparan, ketat dan sebagainya. Masih ada beberapa siswa atau remaja yang kurang menunjukkan sikap Islami dalam berpakaian, maka di sini dibutuhkan peran guru secara umum dan guru PAI secara khusus dalam menghadapi tantangan permasalahan tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana etika berbusana secara Islami dan bagaimana peran guru PAI dalam membentuk etika berbusana Islami pada siswa. Untuk dapat menjawab permasalahan yang telah dirumuskan maka penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwasannya Sebagai umat Islam, baik laki-laki dan perempuan sudah seharusnya dapat memiliki etika ketika memakai pakaian sesuai dengan ajaran Islam. Pakaian yang dapat menutup aurat sehingga dari demikian akan melindungi umat Islam dari hal-hal yang dapat membawa kepada kemudharatan, di sinilah peran guru PAI sangat dibutuhkan untuk membimbing siswa-siswinya untuk dapat mengamalkan ajaran Islam. Adapun peran guru PAI dalam membentuk etika berbusana Islami pada siswa yaitu dengan cara memberi contoh atau teladan, memberi motivasi, memberi teguran, memberikan bimbingan.
Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar Optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)) SITI HAWA
AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam Vol. 18 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Aceh- Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58645/jurnalazkia.v19i2.430

Abstract

Artikel ini bertujuan mengungkap secara teoritis kajian akademik dalam konteks sumber belajar sebagai epicentrum informasi yang berharga bagi setiap manusia yang belajar. Penulisan ini menggunakan metode deskriptif analitis. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa sumber belajar sangat berperan dalam menyediakan berbagai informasi dan pengetahuan yang diperlukan dalam mengembangkan berbagai kompetensi yang diinginkan. Adapun cara mengembangkan sumber belajar Pendidikan Agama Islam agar optimal dilakukan dengan 1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik belajar siswa, 2) merumuskan tujuan pembelajaran, 3) pengembangan materi pembelajaran, 4) mengembangkan alat ukur keberhasilan, 5) pemilihan jenis sumber belajar dan 6) mengadakan evaluasi
KAJIAN TENTANG KOSMOLOGI DAN IMPLIKASI DASAR TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM Yassir Lana Amrona; Abid Nurhuda; Dewi Sinta; Anggi Ariska Putri; Anas Assajad
AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam Vol. 18 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli Aceh- Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58645/jurnalazkia.v19i2.431

Abstract

Penelitian ini mengkaji kosmologi dalam Al-Qur'an, dengan fokus pada ayat 3-4 Surah Al-Mulk [67] dan ayat 2 Surah Al-Furqan [25]. Tujuan utama adalah menganalisis implikasi dasar dari pemahaman kosmologi dalam Al-Qur'an terhadap pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan model pendekatan studi pustaka yakni mengumpulkan berbagai sumber yang relevan untuk dianalisis pada bagian isinya sehingga membentuk sebuah pola yang dapat dipertanggung jawabkan saat nanti disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kajian kosmologi dalam Al-qur’an termuat pada surat al-Mulk ayat 3-4 dan surat al-Furqon ayat 2 yang menjelaskan terkait penciptaan tujuh lapis langit yang mana hakikat dari tujuh lapis langit tersebut berbeda pendapat namun memiliki kesaaman inti yakni mengungkap kesempurnaan ciptaan Allah dalam melindungi bumi. Selain itu kedua ayat tersebut secara garis besar, juga memiliki pokok kajian tentang ketauhidan dan kependidikan yang saling berkaitan. kedua ayat tersebut berbicara mengenai materi menjaga dan merawat alam dari kerusakan. Maka berimplikasi pada maksud untuk dapat mengalola dan memanfaatkan alam semesta dan sumber dayanya dengan bijaksana, sekaligus menghindari terjadinya bencana alam dan kekacauan serta ketidakteraturan alam semesta.

Page 1 of 2 | Total Record : 13