cover
Contact Name
Andi Yusuf Katili
Contact Email
yusuf2801@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
yusuf2801@gmail.com
Editorial Address
Perum Alya Residen 3 Blok A-24, Kelurahan Dolumo Selatan, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas)
ISSN : 31095690     EISSN : 30908353     DOI : 10.69623
Jurnal Pengabdian Masyarakat disingkat J-AbMas adalah jurnal yang mewadahi berbagai kegiatan di bidang pengabdian kepada masyarakat. Semua publikasi di J-AbMas bersifat akses terbuka yang memungkinkan akses tersedia secara bebas online tanpa berlangganan apapun. J-AbMas terbit tiga kali setahun yaitu: April, Agustus dan Desember.
Articles 10 Documents
Pemberdayaan UMKM Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Daya Saing di Era Industri 4.0 di Kelurahan Dulomo Selatan, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo Laiya, Nurul Putri
Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas) Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas)
Publisher : CV. Dalle’ Deceng Abeeayla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69623/j-abmas.v1i1.52

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, namun masih menghadapi berbagai tantangan dalam meningkatkan daya saing, terutama di era Industri 4.0. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah pemanfaatan digital marketing sebagai strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan dalam penggunaan digital marketing guna meningkatkan daya saing usaha mereka. Metode yang digunakan meliputi pelatihan, workshop, serta pendampingan intensif kepada pelaku UMKM dalam memanfaatkan platform digital seperti media sosial, marketplace, dan website. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa UMKM yang menerapkan digital marketing mengalami peningkatan dalam jangkauan pasar, jumlah pelanggan, serta omzet penjualan. Dengan demikian, digital marketing dapat menjadi solusi yang efektif dalam meningkatkan daya saing UMKM di era digital saat ini.
Sosialisasi Penanggulangan Banjir di Lingkungan Sekolah Al-Huda Kota Gorontalo Katili, Andi Ayla Azzorayya
Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas) Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas)
Publisher : CV. Dalle’ Deceng Abeeayla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69623/j-abmas.v1i1.57

Abstract

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat, termasuk di lingkungan sekolah. Sekolah Al-Huda Kota Gorontalo menghadapi risiko banjir akibat curah hujan tinggi dan sistem drainase yang kurang optimal. Oleh karena itu, diperlukan sosialisasi tentang penanggulangan banjir guna meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan seluruh warga sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas sosialisasi dalam meningkatkan pemahaman siswa, guru, dan staf sekolah terkait upaya mitigasi dan respons terhadap banjir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, serta penyebaran kuesioner kepada warga sekolah sebelum dan sesudah sosialisasi. Kegiatan sosialisasi mencakup pemaparan materi mengenai penyebab banjir, dampaknya terhadap kegiatan belajar mengajar, serta langkah-langkah mitigasi seperti perbaikan drainase, pembuatan resapan air, dan pembuangan sampah yang benar. Selain itu, dilakukan simulasi evakuasi agar seluruh warga sekolah memahami prosedur penyelamatan saat terjadi banjir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman warga sekolah terhadap penanggulangan banjir meningkat setelah sosialisasi dilakukan. Mayoritas responden menyatakan lebih siap dalam menghadapi kemungkinan banjir dan memahami pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk mengurangi risiko bencana. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan sekolah dapat lebih tanggap dalam menghadapi banjir serta menjadi contoh bagi masyarakat sekitar dalam menerapkan langkah-langkah mitigasi bencana.
Pemberdayaan Masyarakat Dalam Kebijakan Pemerintah Berbasis Komunitas Untuk Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Kota Parepare Saputra, Darmawan
Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas) Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas)
Publisher : CV. Dalle’ Deceng Abeeayla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69623/j-abmas.v1i1.59

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pemerintah dalam kebijakan berbasis komunitas, mengukur tingkat partisipasi masyarakat, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, serta merumuskan strategi optimal dalam pengelolaan sampah rumah tangga di Kota Parepare. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus di Kota Parepare. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan studi dokumentasi. Pengelolaan sampah rumah tangga menjadi tantangan utama dalam pembangunan perkotaan. Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dan urbanisasi, produksi sampah terus bertambah, sehingga menuntut adanya kebijakan yang efektif dan berbasis komunitas. Pemberdayaan masyarakat menjadi pendekatan strategis dalam upaya pengelolaan sampah yang berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pengelolaan sampah berbasis komunitas telah diterapkan melalui berbagai program, seperti bank sampah, pelatihan daur ulang, dan sosialisasi pengurangan sampah. Namun, masih terdapat kendala seperti rendahnya kesadaran masyarakat, keterbatasan infrastruktur, serta kurangnya koordinasi antara pemangku kepentingan. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan edukasi lingkungan, penyediaan fasilitas pendukung, serta optimalisasi kerja sama antara pemerintah, komunitas, dan sektor swasta. Penelitian ini menegaskan bahwa pemberdayaan masyarakat dalam kebijakan pengelolaan sampah rumah tangga berperan penting dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Dengan adanya sinergi yang baik, pengelolaan sampah berbasis komunitas dapat menjadi solusi yang berkelanjutan bagi Kota Parepare.
Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Interaksi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Usman, Idewi
Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas) Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas)
Publisher : CV. Dalle’ Deceng Abeeayla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69623/j-abmas.v1i1.61

Abstract

Media sosial saat ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan pelajar. Pemanfaatan media sosial yang awalnya hanya sebatas untuk hiburan, kini mulai diarahkan pada kegiatan yang lebih positif, termasuk dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan sosialisasi mengenai pemanfaatan media sosial sebagai sarana interaksi belajar siswa di sekolah. Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan siswa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana menggunakan media sosial secara bijak, produktif, dan mendukung proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan partisipatif. Sosialisasi dilakukan dalam bentuk penyampaian materi, diskusi interaktif, dan praktik langsung dalam penggunaan media sosial untuk kegiatan belajar, seperti pembuatan grup diskusi, berbagi materi, serta pemanfaatan platform media sosial untuk presentasi dan tugas kelompok. Kegiatan ini melibatkan siswa sebagai peserta aktif dan guru sebagai fasilitator. Hasil dari kegiatan sosialisasi ini menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih termotivasi dan memahami pentingnya menggunakan media sosial secara positif dalam mendukung proses belajar. Selain itu, siswa juga mulai mampu berinteraksi secara efektif dengan guru dan teman-teman sekelas melalui platform media sosial yang telah disepakati. Kendala yang ditemukan dalam kegiatan ini antara lain kurangnya literasi digital siswa dan masih adanya potensi penyalahgunaan media sosial. Oleh karena itu, diperlukan bimbingan dan pengawasan berkelanjutan dari guru dan pihak sekolah agar media sosial dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai sarana interaksi belajar siswa.
Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Dasar bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Metode Fun Learning di Desa Wekke’e Ibrahim, Muhaiminah
Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas) Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas)
Publisher : CV. Dalle’ Deceng Abeeayla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69623/j-abmas.v1i1.63

Abstract

Bahasa Inggris merupakan keterampilan esensial yang perlu dikuasai sejak dini untuk menghadapi tantangan global di masa depan. Namun, pembelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar, khususnya di wilayah pedesaan seperti Desa Wekke’e, masih menghadapi berbagai kendala, antara lain keterbatasan sumber daya pengajar, metode yang monoton, serta rendahnya motivasi belajar siswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dasar siswa sekolah dasar melalui penerapan metode fun learning, yaitu pendekatan pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual, dan interaktif. Metode ini mengintegrasikan berbagai aktivitas kreatif seperti permainan edukatif, lagu, cerita bergambar, dan role play dalam proses pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan di salah satu sekolah dasar di Desa Wekke’e melalui serangkaian sesi pembelajaran langsung, pelatihan guru, serta evaluasi hasil belajar siswa. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata dasar, kemampuan mendengar dan berbicara dalam bahasa Inggris, serta meningkatnya antusiasme dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, guru-guru lokal juga memperoleh wawasan dan keterampilan baru dalam menyampaikan materi bahasa Inggris dengan cara yang lebih menarik. Dengan demikian, pendekatan fun learning terbukti efektif sebagai strategi pembelajaran bahasa Inggris dasar yang tidak hanya meningkatkan kompetensi linguistik siswa, tetapi juga membangun suasana belajar yang positif dan bermakna di lingkungan sekolah dasar. Kegiatan ini diharapkan dapat direplikasi di sekolah lain dengan karakteristik serupa.
Pengolahan Tahu Skala Menengah Dengan Teknologi Semi Modern Purnawan, Indah; Afrianto, Wino; Rizkiyansah, Fazril; Afifudin, Rahmat
Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas) Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas)
Publisher : CV. Dalle’ Deceng Abeeayla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69623/j-abmas.v1i2.72

Abstract

Tahu merupakan produk olahan dari bahan dasar kedelai melalui proses pengendapan atau penggumpalan protein dengan bantuan bahan penggumpal seperti cuka, air kapur sirih, atau batu tahu. Kedelai dipilih sebagai bahan baku karena memiliki kandungan protein tinggi, harganya relatif murah, mudah diperoleh, serta praktis dalam pengolahan. Kegiatan ini menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi langsung terhadap proses pembuatan tahu dan wawancara tidak terstruktur. Observasi dilakukan dengan mengamati pekerja saat membuat tahu, sedangkan proses dokumentasi dilakukan menggunakan kamera ponsel, buku catatan, dan pena. Berikut adalah tahapan dan penjelasannya. Proses pembuatan tahu meliputi beberapa tahapan utama, yaitu pemilihan bahan baku, perendaman, pencucian, penggilingan, pemasakan, penyaringan, penggumpalan, pencetakan, pemotongan, dan pengemasan. Setiap tahapan sangat berpengaruh terhadap kualitas tahu yang dihasilkan, seperti tekstur, rasa, dan daya simpan. Pengawasan mutu dilakukan terhadap bahan baku, proses produksi, dan produk akhir untuk memastikan tahu yang dihasilkan aman dan berkualitas. Sanitasi dan penerapan produksi bersih juga penting untuk menjaga keamanan produk serta efisiensi produksi
Penguatan Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dan Manajemen SDM: Program Sosialisasi Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat di Perusahaan Swasta Defitri, Siska Yulia
Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas) Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas)
Publisher : CV. Dalle’ Deceng Abeeayla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69623/j-abmas.v1i2.136

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bentuk implementasi nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berfokus pada pemberdayaan dan peningkatan kompetensi masyarakat atau institusi. Kegiatan ini dilaksanakan di PT Yude Jaya Sentosa yang berlokasi di Kota Solok dengan tujuan memberikan sosialisasi terkait penerapan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) untuk mendukung proses penggajian dan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Permasalahan yang ditemukan pada perusahaan adalah keterbatasan kemampuan karyawan dalam mengelola administrasi penggajian secara efektif, yang berdampak pada keterlambatan pembayaran gaji, kesalahan pencatatan data, dan kurang optimalnya manajemen SDM. Kelompok sasaran bersama mahasiswa PKM melakukan kegiatan PKM pada mata kuliah Sistem Infomasi akuntansi mengenai Sistem Akuntansi Penggajian dan SDM. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi berkelanjutan bagi perusahaan dalam meningkatkan kualitas manajemen keuangan dan SDM, serta sebagai bentuk sinergi antara perguruan tinggi dan dunia industri untuk mendukung pengembangan kapasitas SDM di tingkat lokal
Penerapan Sistem Pengelolaan Biaya Tenaga Kerja untuk Meningkatkan Efisiensi Produksi di Pabrik Tahu CNG Azizah Charnain, Nada; Dwi Putri, Rita; Putri, Aisyah; Rahmatullah, Jabil; Nurul Faisa, Sabila; Yulia Defitri, Siska
Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas) Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas)
Publisher : CV. Dalle’ Deceng Abeeayla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69623/j-abmas.v1i2.142

Abstract

Pengabdian ini dilakukan di Pabrik Tahu CNG Kota Solok yang menghadapi masalah tingginya biaya tenaga kerja tanpa peningkatan output yang seimbang. Solusi yang diberikan adalah penerapan sistem pengelolaan biaya tenaga kerja yang lebih terstruktur untuk meningkatkan efisiensi produksi. Metode yang digunakan berupa pendekatan deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara dengan pemilik dan karyawan, serta analisis dokumen keuangan terkait. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem baru dengan pembagian tugas jelas, pencatatan jam kerja produktif, dan insentif mampu mengurangi pemborosan tenaga kerja, meningkatkan produktivitas, serta memudahkan manajemen dalam mengendalikan biaya dan merencanakan anggaran. Sistem ini juga mendorong motivasi karyawan dan kualitas produksi. Pengelolaan biaya tenaga kerja yang efektif penting diterapkan, termasuk pada industri kecil seperti Pabrik Tahu CNG.  
Pelatihan Keamanan Akun Digital sebagai Upaya Preventif Gangguan Mental pada Siswa SMK Yadika 13 Simorangkir, Melda Rumia Rosemary
Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas) Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas)
Publisher : CV. Dalle’ Deceng Abeeayla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69623/j-abmas.v1i2.146

Abstract

In the context of vocational secondary education, digital literacy and account security have become crucial aspects that demand serious attention. As digital natives, vocational high school students are vulnerable to various cyber threats, including data breaches, identity misuse, and cyberbullying, all of which can negatively impact their mental health. This Community Service Program was designed as a concrete response to these issues through a digital account security training conducted at SMK Yadika 13 Tambun. The program targeted all 11th and 12th-grade students, aiming to equip them with knowledge and preventive skills to safeguard their digital identities responsibly and ethically. The implementation involved material presentation, interactive discussions, and simulations facilitated by lecturers and students from various study programs at the Christian University of Indonesia. The training resulted in high levels of participant enthusiasm, an educational and inclusive atmosphere, and the emergence of initial awareness about the importance of digital security. This activity is expected to be replicated in more schools as part of a collective effort to create a digital ecosystem that is safe, mentally healthy, and supportive of the holistic development of Indonesia’s younger generation.
Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah Bagi Remaja Masjid Arafah Kelurahan Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang Wahyuni, Deni; Rinaldi, Rinaldi
Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas) Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas)
Publisher : CV. Dalle’ Deceng Abeeayla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69623/j-abmas.v1i2.156

Abstract

Pelaksanaan penyelenggaraan jenazah bagi remaja Masid Arafah Kelurahan Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang. Merupakan kegiatan pengabdian yang dilakukan dengan tujuan memberikan bimbingan dan pelatihan terhadap para remaja masjid untuk meningkatkan keilmuan remaja dalam penyelenggaraan jenazah. Melalui remaja sebagai generasi penerus kita bisa memberikan pemahaman bagi masyarakat bahwa menyelenggarakan jenazah bukanlah tugas ulama atau ustadz, tetapi tanggung jawab dari ahli waris orang yang meninggal. Karena belakangan banyak orang yang apabila keluarganya meninggal mereka sibuk untuk mencari ustad untuk penyelenggaraan jenazah keluarganya tersebut. Sehingga penting sekali kegiatan pelatihan ini dilaksanakan sebagai pepanjangan transfer ilmu kepada masayarakat. Kegiatan dilakukan dengan penyampaian teori serta praktek dengan melaksanakan seluruh rangkaian proses penyelenggaraan jenazah, dan juga menyesuaikan dengan kearifan lokal (adat). Dimana kita ketahui bahwa Minangkabau dikenal dengan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, sehingga kegiatan ini bisa sangat bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat dan terkhusus remaja Masjid Arafah yang merupakan generasi penerus di tempat tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 10