cover
Contact Name
Syarifatul Mafulah
Contact Email
syarifatul.m@gmail.com
Phone
+6282228467724
Journal Mail Official
syarifatul.m@gmail.com
Editorial Address
https://jpmas.upjb.ac.id/index.php/JP-MAS/about/editorialTeam
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JP-MAS)
Published by STKIP PGRI Jombang
ISSN : -     EISSN : 30265991     DOI : https://doi.org/10.32682/jp-mas
Jurnal Pengabdian ditujukan bagi dosen, peneliti, mahasiswa, praktisi, dan masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini menjadi wadah publikasi karya ilmiah hasil implementasi penelitian, penerapan iptek, pemberdayaan masyarakat, pelatihan, maupun program pengembangan lain yang memberikan dampak nyata bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat. Adapun scope JP-MAS adalah pendidikan, ekonomi, humaniora, kesehatan masyarakat, dan ilmu sosial.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2024): JP-MAS: Volume 6 Nomor 1 Mei 2024" : 12 Documents clear
PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) BAGI GURU PGRI DI KABUPATEN JOMBANG -, Masruchan; Masruchan, Masruchan; Nurmilah, Rifa; Febriyanti, Ririn; -, Muslimin
JP-MAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 6 No 1 (2024): JP-MAS: Volume 6 Nomor 1 Mei 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Jombang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan pengabdian berfokus pada penerapan teknologi Augmented Reality (AR) di bidang pendidikan khusunya dalam media pembelajaran. Melalui penerapan AR pada bidang pendidikan diharapkan akan lebih mudah dalam penyampaian dan pemahaman materi pelajaran yang di sampaikan oleh guru pada siswa. Guru semakin mudah untuk menunjukkan bentuk materi yang abstrak kedalam bentuk dimensi ruang dalam menyusun modul ajar atau lembar kerja. Pelatihan ini diberikan pada guru-guru PGRI di kabupaten Jombang pada jenjang SD/MI dan SMP/MTs. Metode pelaksaanaan pengabdian dilakukan secara ceramah, diskusi, praktik dan pendampingan teknis, serta penugasan. Sebelum pelaksanan kegiatan peserta diberi angket untuk mengetahui pengetahuan dan pemahaman awal, sedangkan di akhir kegitan di berikan penugasan untuk menghasilkan produk pelatihan. Hasil pelaksanaan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran secara variatif dan inovatif. Dan sebagian besar peserta dapat mengerti dan menerima materi pelatihan dengan baik meskipun dalam praktiknya ada beberapa yang masih kurang dan mengalami kendala. 
PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA WORDWALL UNTUK GURU DAN SISWA DI SDN CURAHMALANG III HARTININGRUM, ESTY SARAWATI NUR; Boediono, Slamet; Rahman, Fatchiyah; Shokhifatul Lail, Tutik; Nur Fahmi, Vicky Mahendra
JP-MAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 6 No 1 (2024): JP-MAS: Volume 6 Nomor 1 Mei 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Jombang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SDN CURAHMALANG III is one of the schools owned by the village of Kurahmalang with adifferent location, which is located at the corner of the rice fields and the border to Mojoagung, thereare 52 students from grades 1-6 with a limited number due to the small number of local residents. Thenumber of teachers is 12 teachers including the principal. The use of virtual media at SDNCurahmalang is still not maximized, so the purpose of this service is to provide training on one mediathat can help teachers to be able to use technology-based interactive media. The Wordwall applicationhelps teachers create a form of learning media, one of which is an interesting quiz, the matchmakingmethod. Word search etc. This application has many benefits, one of which can be downloaded andprinted so that it can be used as an attachment to learning devices. For students this application isinteresting so that students do not feel bored in learning, because students do not feel like doing quizzesbut like playing games. The method used is training and mentoring. The result of this service is thatthe teacher can create interactive media and students can operate the results of the wordwall mediathat has been made by the teacher. This wordwall media is suitable for elementary school studentsbecause the templates are diverse and attractive
SOSIALISASI PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASISOPEN ENDED LEARNING DI SMP AT TAUFIQIYAH BATOKABANKONANG BANGKALAN Ivayana Sari, Dwi; Rosyid, Abdur; Marzemah, Marzemah; Ratnasari, Andaru
JP-MAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 6 No 1 (2024): JP-MAS: Volume 6 Nomor 1 Mei 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Jombang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat berpengaruh terhadap perkembangan pendidikan, terutama dalam implementasi pembelajaran khususnya pembelajaran matematika. Namun demikian, guru-guru SMP At Taufiqiyah desa Batokaban, Konang, Bangkalan dalam mendapatkan informasi terkait pembelajaran matematika berbasis TIK adalah karena letak sekolah SMP At Taufiqiyah berada di daerah 3T yaitu tertinggal, terdepan dan terluar. Perlu adanya solusi untuk mengatasi masalah yang dialami oleh guru-guru SMP At Taufiqiyah dengan mengadakan sosialisasi berkaitan dengan pembelajaran matematika berbasis TIK. Salah satunya sosialisasi pengembangan e-modul berbasis open ended learning sebagai lanjutan kegiatan penelitian.Tujuan dari pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk mengetahui respon guru terhadap kegiatan sosialisasi, sekaligus terhadap e-modul berbasis open ended learning yang telah dikembangkan. Metode PkM yang digunakan adalah pendidikan masyarakat. Pendidikan masyarakat yang dilakukan berupa sosialisasi yang bertujuan memberikan informasi kepada guru. Tahapan yang dilakukan adalah tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi. Angket respon diberikan untuk mengetahui respon guru. Hasil yang diperoleh adalah guru di SMP At Taufiqiyah desa Batokaban, Konang, Bangkalan memberikan respon positif terhadap kegiatan sosialisasi yang dilakukan dan terhadap e-modul berbasis open ended learning yang telah dikembangkan. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah melaksanakan sosialisasi kembali pada guru SMP di sekolah lain, bahkan pelatihan untuk membuat e-modul lain kepada guru-guru.
PENDAMPINGAN PROGRAM PENGUATAN LITERASI DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH DASAR Ndiung, Sabina; Menggo, Sebastianus; Eliterius Sennen, Eliterius
JP-MAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 6 No 1 (2024): JP-MAS: Volume 6 Nomor 1 Mei 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Jombang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Literasi di sekolah dikembangkan dengan mendasarkan diri pada pendekatan penguatan literasi untuk dapat memcahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam tiga kegiatan, yaitu pembiasaan, program kegiatan, dan pendampingan. Kegiatan pendampingan ini atas kolaborasi satuan Pendidikan SDN Watu Mundung, orang tua murid dengan tim pengabdian Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Adapun tahapan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini menggunakan pendekatan sosial, yang melibatkan secara aktif semua pemangku kepentingan dan penerima manfaat. Metode yang diterapkan yaitu Asset-Based Community Development. Hasil dari kegiatan pendampingan ini menunjukkan bahwa siswa SD memiliki kecakapan dalam hal berliterasi. Hal ini ditunjukkan oleh antusiasme siswa untuk mengikuti kegiatan yang merupakan bagian program literasi sekolah yang berkolaborasi dengan orang tua dan bermitra dengan perguruan tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan penguatan literasi sangat penting untuk dilakukan untuk menumbuhkan sikap pembiasaan pada peserta didik berliterasi yang berdampak pada kecakapan literasi sehingga menambah wawasan keilmuan bagi siswa dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari untuk hasil belajar yang optimal.
TAMAN EDUKASI BATIK TYE DIE BERBASIS KEARIFAN LOKALSEBAGAI STIMULASI KREATIVITAS ANAK FEBRIYANTI, RIRIN; Boediono, Slamet; Nurmilah, Rifa
JP-MAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 6 No 1 (2024): JP-MAS: Volume 6 Nomor 1 Mei 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Jombang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Pengabdian Pada Masyarakat sebagai stimulasi kreativitas pada anak-anak ini merupakan bentuk kemitraan dari Sekolah SDTQ AN-Nafiiyah Kenongo Tulangan dengan Universitas PGRI Jombang.Kegiatan ini mempunyai maksud dan tujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi anak dalam melestarikan batik, memberikan pemahaman tentang cara membatik berdasarkan kearifan lokal, serta memberikan metode yang tepat kepada anak dalam membatik. Hasil observasi di lapangan didapatkan beberapa permasalahan yang dihadapi mitraantara lain masih minimnya Sumber Daya Manusia atau tenaga terampil perajin batik di Kenongo Tulangan khususnya generasi muda,  mencari metode atau tehnik yang tepat untuk mengajarkan kepada anak- anak sekitar daerah Kenongo Tulangan dalam  meningkatkan kearifan lokal melalui batik, dan  minimnya pengetahuan tentang membatik bagi generasi muda. Berdasarkan permasalahan mitra tersebut, maka Pengabdi menawarkan pelatihan batik dengan menggunakan teknikTie Dye atau tehnik celup ikat dalam  menstimulasi kreativitas, minat dan wawasan  membatik pada generasi muda khususnya pada anak Sekolah Dasar. Pendekatan yang kami terapkan dalam program ini antara lain Community Development, Pendampingan, Pesuasif, Partisipatif. Metode pelaksanaan yaitu koordinasi pihak terkait, sosialisasi program, pelatihan batik,  pembuatan serta upload video, monitoring dan evaluasi.Hasil menunjukan bahwa kegiatan ini terlaksana dengan baik, terjadi peningkatan pengetahuan tentang pembuatan batik meskipun secara sederhana menggunakan batik Tye Die
PENDIDIKAN PUBERTAS BAGI PESERTA DIDIK SDN DUKUHMOJO 1 UNTUK MENGHADAPI PERUBAHAN FISIK DAN PSIKIS REMAJA Siwi Satiti, Wisnu; Assakina, Nashiha; Fitri Latifah, Lailatul; Firmansyah, M. Rizal; Abdillah, Afif
JP-MAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 6 No 1 (2024): JP-MAS: Volume 6 Nomor 1 Mei 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Jombang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pubertas atau masa remaja merupakan masa transisi dari masa anak-anak ke dewasa. Masa ini ditandai dengan berbagai perubahan yang terjadi baik secara fisik dan psikis. Adakalanya perubahan ini menimbukankan kebingungan bahkan masalah bagi remaja yang bersangkutan. Oleh karena itu, setoap remaja perlu memiliki wawasan dan pengetahuan yang baik dan benar terhadap pubertas agar mereka mampu menyikapi masa ini secara postif. Selain itu, pendidikan pubertas masih menjadi kajian yang tabu untuk dibicarakan di kalangan masyarakat, terutama masyarakat desa. Oleh karena itu, dalam kegiatan penagbdian kepada masyarakat kali ini tim mengadakan kegiatan sosialisasi dan Pendidikan puberta bagi peserta didik tingkat sekolah dasar (SD). Mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu SDN Dukuhmojo 1, khususnya peserta didik kelas 5 dan kelas 6. SDN Dukuhmojo 1 terletak di desa Dukuhmojo, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Jawa Timur. Kegiatan dilaksanakan dengan mengadopsi metode Service Learning (SL). Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa: 1) kegiatan sosialisasi dan pendidikan pubertas ini efektif memberikan pengetahuan dan wawasan peserta didik kelas 5 dan 6 SDN Dukuhmojo 1 tentang pubertas, 2) kegiatan ini mampu membuat peserta didik mengetahui tindakan yang perlu dilakukan guna menghadapi masa pubertas secara positif. Selain itu, dengan adanya kegiatan sosialisasi dan pendidikan ini membuat peserta didik antusias mengetahui dan mempelajari masa pubertas serta dampak bagi perubahan fisik dan psikis mereka.
PELATIHAN PEMBUATAN ABON JANTUNG PISANG SEBAGAI MAKANAN ALTERNATIF PADA KELOMPOK PKK DI DUSUN GAMBAR DESA WONODADI KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR Wahyuni, Dwi; Puspitaningsari, Mecca
JP-MAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 6 No 1 (2024): JP-MAS: Volume 6 Nomor 1 Mei 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Jombang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pisang (Musa Paradisiaca) adalah salah satu jenis buah-buahan yang komoditasnya paling banyak dijumpai pada lingkungan sekitar rumah di Desa Wonodadi. Tanaman pisang dapat dimanfaatkan mulai dari buah, pelepah, daun, akar dan jantung pisang. Jantung pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena memiliki banyak zat alami seperti karbohidrat, protein, mineral, kalsium, fosfor, vitamin B1, vitamin C, dan serat. Bunga pisang atau jantung pisang jika diolah lebih lanjut dapat menghasilkan produk yang bernilai jual, salah satunya yaitu abon jantung pisang. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan tujuan antara lain (1) menambah wawasan dan pengetahuan ibu-ibu PKK untuk membuat olahan jantung pisang sebagai abon, (2) meningkatkan kreativitas ibu-ibu PKK untuk memanfaatkan dan membuat olahan jantung pisang sebagai makanan alternatif lauk pendamping nasi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa 90% ibu-ibu PKK di Dusun Gambar merasa sangat puas dengan kegiatan yang diadakan oleh tim, bahkan selama kegiatan pelatihan berlangsung ibu-ibu PKK tersebut sangat antusias dan tidak pasif. Selain itu dalam kegiatan pelatihan ada juga kendala yang dihadapi oleh tim pelaksana yaitu harus menyamakan waktu pelaksanaan sesuai dengan permintaan peserta dikarenakan mayoritas ibu-ibu PKK di desa ini mempunyai pekerjaan bercocoktanam (petani).
TRANSFORMASI KESENIAN JARANAN DOR SEBAGAI NILAI KEARIFAN LOKAL BERBASIS DIGITALISASI Puspitaningsari, Mecca; Nur Hayati Maghfiroh, Putri; Herdiana Kusumawardhani, Intan
JP-MAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 6 No 1 (2024): JP-MAS: Volume 6 Nomor 1 Mei 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Jombang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat, sehingga memunculkan perubahan-perubahan yang terjadi dalam berbagai bidang, termasuk budaya. Ketersediaan website desa Wonomerto namun dengan pengelolaan yang kurang maksimal menyebabkan terhambatnya transformasi budaya Jaranan Dor melalui website sebagai bentuk dari digitalisasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu memberikan pre-test dan post-test mengenai pengetahuan dan pemahaman peserta pelatihan tentang website dan cara pengelolaannya. Berdasarkan hasil dari pre-test dan post-test yang dilakukan sebelum dan sesudah pelatihan menunjukkan adanya peningkatakan pemahaman tentang website. Hasil pre-test menunjukkan 56.6% mengenai pemahaman peserta pelatihan dan 85% pemahaman peserta setelah diadakannya pelatihan.
PENERAPAN GAME EDUKASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 JOGOROTO Masruroh, Faridatul; Rifqi, Adinia
JP-MAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 6 No 1 (2024): JP-MAS: Volume 6 Nomor 1 Mei 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Jombang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil studi pendahuluan di SMPN 1 Jogoroto menunjukkan bahwa kebanyakan dari siswa lebih suka bermain game melalui smarphone daripada belajar matematika, karena menurut sebagian besar siswa game lebih menyenangkan daripada belajar matematika yang rumit dan sulit. Untuk mengatasi hal tersebut maka diciptakkan media pembelajaran matematika berupa game edukasi. Game edukasi berisi konten pendidikan dan memiliki tujuan sebagai pemancing semangat belajar siswa dalam menyerap materi pembelajaran dan menyelesaikan masalah matematika sambil bermain. Sehingga diharapkan siswa menjadi lebih mudah memahami materi dan menyelesaikan masalah matematika. Metode pelaksanaannya yaitu tahapan yang disusun secara sistematis dari persiapan, implementasi, evaluasi refleksi dan pelaporan. Berdasarkan data hasil pre-test dan post-test didapat bahwa hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan game edukasi menunjukkan perbedaan cukup signifikan yaitu mengalami peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 33,75%. Pencapaian pengetahuan siswa juga menunjukkan perbedaan dibuktikan dari capaian komulatif pre-test sebesar 39,29% dan post-test sebesar 78,57%, siswa mampu mengembangkan kemampuan mengerjakan soal-soal dengan memahami konsep matematika dengan tepat melalui latihan soal-soal dari game edukasi. Selain itu dari data angket respon siswa didapat juga bahwa respon menyatakan sangatlah baik, sebesar 90,52% ini berarti bahwa siswa sangat senang belajar matematika dengan penerapan game edukasi.
STUDI INKULKASI ALAM PIKIR SAINTIFIK SISWAMELALUI EKSPERIMEN SAINS ROKET CUKA Asmaniar; Khalawi, Hasan; Hari Wibawa, Saptanto
JP-MAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 6 No 1 (2024): JP-MAS: Volume 6 Nomor 1 Mei 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Jombang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menanamkan nilai karakter melalui mata pelajaran yang tidak terkait langsung dengan pendidikan karakter, yaitu melalui pelajaran IPAS dengan memprioritaskan karakter mandiri dan integritas. Dengan mengambil tema gaya, energi dan perubahannya, dan teknologi terkini, diterapkan metode eksperimen sains guna melakukan percobaan pembuatan dan peluncuran roket cuka oleh siswa. Hasil dari eksperimen ini adalah terwujudnya alam pikir dan karakter siswa yang ditunjukkan dengan sikap rasa ingin tahu, lebih berani berinisiatif dan mencoba, berani mengulang eksperimen dan menerima kegagalan, sikap tanggungjawab, sabar, dan mandiri

Page 1 of 2 | Total Record : 12