cover
Contact Name
Ade Kurniawan
Contact Email
mandalikapermata@gmail.com
Phone
+6282340701519
Journal Mail Official
mandalikapermata@gmail.com
Editorial Address
JL. KH. Mansyur VI No 9 Dasan Sari Kota Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mandalika Education
ISSN : -     EISSN : 29873614     DOI : 10.36312/madu
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga PKBM Tunas Harapan Varoso.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2025): APRIL" : 7 Documents clear
EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH Juliangkary, Eliska; Sri Yuliyanti; Pujilestari
Jurnal Ilmiah Mandalika Education (MADU) Vol. 3 No. 1 (2025): APRIL
Publisher : Lembaga PKBM Tunas Harapan Varoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/madu.v3i1.225

Abstract

Abstrak: Literasi matematis merupakan kompetensi dasar yang memungkinkan siswa untuk menafsirkan, merumuskan, dan menerapkan konsep-konsep matematika dalam menyelesaikan permasalahan dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan literasi matematis siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Lingsar. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif deskriptif yang difokuskan pada evaluasi validitas, kepraktisan, dan efektivitas LKPD. Subjek penelitian terdiri dari 35 siswa dan pelaksanaan dilakukan dalam dua kali pertemuan pada materi polinomial. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, angket respon siswa dan guru, serta lembar observasi. Validitas LKPD dinilai oleh ahli materi dan media dengan hasil rata-rata sebesar 98%, yang termasuk dalam kategori "sangat valid." Kepraktisan diukur melalui angket pengguna dan menunjukkan tingkat kesesuaian sebesar 84%, sehingga dikategorikan "sangat praktis." Efektivitas LKPD diukur melalui tes kemampuan literasi matematis, dengan 86% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), menunjukkan bahwa LKPD ini "sangat efektif." Selain itu, respon siswa menunjukkan peningkatan keterlibatan, pemahaman yang lebih mendalam, dan motivasi belajar yang lebih tinggi karena penyajian masalah yang kontekstual dan berorientasi pada pemecahan masalah. Hasil penelitian ini mendukung integrasi strategi PBL dalam pembelajaran matematika sebagai pendekatan yang relevan untuk meningkatkan literasi matematis siswa. Dengan demikian, LKPD berbasis PBL layak direkomendasikan sebagai media pembelajaran inovatif dalam pendidikan matematika tingkat menengah.
PENERAPAN PBL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: STUDI KUALITATIF PADA SISWA SMPN 6 KOPANG Nurrasyid, Aldi; I Ketut Sukarma; Sanapiah
Jurnal Ilmiah Mandalika Education (MADU) Vol. 3 No. 1 (2025): APRIL
Publisher : Lembaga PKBM Tunas Harapan Varoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/madu.v3i1.226

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika serta dampaknya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII A SMPN 6 Kopang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa (14 laki-laki dan 12 perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket motivasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil observasi menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 73,21%. Angket motivasi menunjukkan respons positif dengan skor 78,5% untuk pernyataan positif dan 75% untuk pernyataan negatif. Hasil tes menunjukkan seluruh siswa mencapai KKTP dengan rata-rata skor 3,32 untuk menjelaskan sifat dan perbedaan persegi, serta 3,28 untuk menghitung keliling dan luas persegi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, terutama dalam pembelajaran matematika kontekstual
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DALAM UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR Buulolo, Deliana; Janes Jainurakhma
Jurnal Ilmiah Mandalika Education (MADU) Vol. 3 No. 1 (2025): APRIL
Publisher : Lembaga PKBM Tunas Harapan Varoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/madu.v3i1.227

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas IV SD Negeri No. 078553 Orlin. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek sebanyak 21 siswa kelas V, terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Materi kebugaran jasmani yang diterapkan adalah circuit training, yang melibatkan latihan kekuatan otot, kelincahan, dan daya tahan secara berkelompok. Instrumen pengumpulan data meliputi tes kebugaran jasmani, lembar observasi partisipasi aktif, dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata tes kebugaran jasmani siswa dari 62 pada pre-test menjadi 80 pada post-test siklus kedua, atau mengalami peningkatan sebesar 29%. Partisipasi aktif siswa dalam kegiatan kelompok juga meningkat dari 76% pada siklus pertama menjadi 90% pada siklus kedua. Selain itu, hasil angket motivasi belajar menunjukkan bahwa siswa yang menyatakan sangat termotivasi mengikuti pelajaran PJOK naik dari 47% sebelum tindakan menjadi 81% setelah penerapan model Jigsaw. Temuan ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan aspek kebugaran jasmani, motivasi belajar, dan keterlibatan aktif siswa sekolah dasar. Disarankan agar guru PJOK mengimplementasikan model ini secara rutin untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih optimal.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA METAMORFOSIS MENGGUNAKAN GAME EDUKASI Alvin Zebua
Jurnal Ilmiah Mandalika Education (MADU) Vol. 3 No. 1 (2025): APRIL
Publisher : Lembaga PKBM Tunas Harapan Varoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/madu.v3i1.228

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi metamorfosis melalui penerapan game edukasi di kelas IV SD Negeri 074053 Duria Hilisebua pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa, terdiri atas 8 laki-laki dan 12 perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam ketuntasan belajar siswa, dari 20% pada tahap pra tindakan menjadi 65% pada siklus I dan mencapai 90% pada siklus II. Rata-rata nilai siswa juga mengalami peningkatan, dari 61,15 menjadi 73,25 dan 83,75. Penerapan game edukasi terbukti efektif dalam meningkatkan minat, partisipasi aktif, serta pemahaman konsep siswa terhadap materi metamorfosis. Dengan demikian, penggunaan game edukasi disarankan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna di sekolah dasar
PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD 071071 SOMOLOMOLO Juniaman Lawolo; Muslih; Sri Ramadhani
Jurnal Ilmiah Mandalika Education (MADU) Vol. 3 No. 1 (2025): APRIL
Publisher : Lembaga PKBM Tunas Harapan Varoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/madu.v3i1.229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan metode role playing yang dikombinasikan dengan media buku cerita bergambar pada siswa kelas IV SD 071071 Somolomolo. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keaktifan siswa yang terlihat dari data observasi, kuesioner, dan hasil tes belajar. Pada siklus I, sekitar 60% siswa mencapai standar kelulusan, sedangkan pada siklus II angkanya melambung menjadi 85%. Melalui integrasi metode pembelajaran yang interaktif ini, siswa tidak hanya lebih aktif, tetapi juga lebih menikmati proses belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di sekolah.
UPAYA PENINGKATAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS CERITA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 076087 TETEHOSI Pinta Wilianis Hura
Jurnal Ilmiah Mandalika Education (MADU) Vol. 3 No. 1 (2025): APRIL
Publisher : Lembaga PKBM Tunas Harapan Varoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/madu.v3i1.232

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan metode pembelajaran berbasis cerita terhadap kemampuan membaca siswa kelas IV di SD Negeri 076087 Tetehosi. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diterapkan dalam dua siklus, di mana setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 21 siswa, dengan komposisi 7 laki-laki dan 14 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca siswa, di mana nilai rata-rata meningkat dari 62 pada siklus pertama menjadi 78 pada siklus kedua. Selain itu, penelitian ini juga mengungkap adanya perbedaan kontribusi dalam keberhasilan antara siswa laki-laki dan perempuan, di mana hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa perempuan lebih tinggi dalam hal minat baca dan kemampuan membaca dibandingkan siswa laki-laki. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran berbasis cerita efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa dan memberikan saran untuk implementasi lebih lanjut di kelas lainnya
PENGARUH LATIHAN SEPAK BOLA EMPAT GAWANG TERHADAP KETERAMPILAN PASSING STOPPING PADA SSB TARUNA POTU DOMPU Susi Yundarwati; Soemardiawan; Ismail Marzuki
Jurnal Ilmiah Mandalika Education (MADU) Vol. 3 No. 1 (2025): APRIL
Publisher : Lembaga PKBM Tunas Harapan Varoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/madu.v3i1.236

Abstract

Berdasarkan Observasi yang dilakukan peneliti pada saat berlangsungnya Latihan di SSB Taruna Potu Dompu masih kurang baik dalam melakukan teknik khusunya passing-stopping. Tujuan untuk mengetahui Pengaruh latihan sepak bola empat gawang terhadap keterampilan passing stopping pada SSB Taruna Potu Dompu Tahun 2025. Adapun rancangan penelitiannya adalah menggunakan One group pretest–posttest design ,dengan desain dengan metode eksperimen. Sampel yang digunakan adalah adalah SSB Taruna Potu Dompu Tahun yang berjumlah 22 pemain,. Teknik pengambilan sampel menggunakan studi populasi. Instrument tes menggunakan tes passing Modifikasi instrumen tes passing-stopping Vernon A. Crew oleh Jam. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: Berdasarkan hasil output dengan menggunakan SPSS 16 bahwa nilai rata-rata hasil sebelum diberikan latihan sepak bola empat gawang adalah 7.3182 dan setelah diberikan perlakuan dengan latihan 9.1364 artinya bahwa nilai rata-rata ada Pengaruh latihan sepak bola empat gawang terhadap keterampilan passing stopping pada SSB Taruna Potu Dompu Tahun 2025, adanya peningkatan signifikan

Page 1 of 1 | Total Record : 7