Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 2 No. 1 (2024): Januari"
:
12 Documents
clear
PEMANFAATAN CAPCUT UNTUK VIDEO EDUKASI BANK SAMPAH DESA TRUKO KENDAL
Zaman, Badroe;
Pungkasanti, Prind Triajeng;
Handayani, Sri
Jurnal DIMASTIK Vol. 2 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26623/dimastik.v2i1.7284
Kebijakan Pemerintah Kendal yang hanya mengelola sampah 30 % dari total sampah yang dihasilkan di kabupaten Kendal membuat seluruh wilayah desa di kabupaten Kendal harus mampu mengelola 70 % sampah yang ada. Desa Truko Kendal termasuk desa yang sudah memiliki bank sampah yang dikelola oleh BUMdes (Badan Usaha milik Desa) Berkah Amanah yang dalam pemilahan jenis sampah rumah tangga masih menemui berbagai kendala karena keterbatasan kemampuan di dalam membuat media edukasi kreatif untuk masyarakat dan belum memiliki kemampuan yang cukup untuk memanfaatkan beragam platform digital salah satunya video digital. Edukasi melalui video merupakan cara yang paling strategis sehingga masyarakat dapat memahami jenis-jenis sampah rumah tangga. Hal terpenting yang perlu ditingkatkan di dalam pembuatan video adalah bagaimana melakukan editing video edukasi yang berisi pesan supaya dapat tersampaikan ke masyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini dalam bentuk ceramah dan praktek mengenai pembuatan video edukasi bank sampah menggunakan aplikasi CapCut melalui ponsel pintar. Hasil yang dicapai dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini diperoleh melalui pre-test dan post-test tentang pengalaman peserta yang memiliki pengalaman membuat video editing, sebelum kegiatan pengabdian kepada masyarakat terdapat 2 peserta yang mempunyai pengalaman tentang video editing dan setelah kegiatan meningkat menjadi 13 peserta. Terjadi peningkatan sebelum dan sesudah dilaksanakan kegiatan tentang pengetahuan fitur-fitur yang disediakan aplikasi CapCut untuk mendukung video editing. Hasil pre-test didapat 8% peserta yang sudah mengetahui dan setelah kegiatan terjadi peningkatan sebesar 69% peserta mengetahui fitur-fitur di aplikasi CapCut.Kata Kunci: capcut, desa Truko, sampah, video edukasi
PENINGKATAN KEMAMPUAN DIGITAL MARKETING UNTUK PENGEMBANGAN KOMPETENSI ANGGOTA HASTANA DPW JAWA TENGAH BERBASIS TEKNOLOGI
E. B., Gita Aprinta;
S. W., Errika Dwi;
Setyowati, Retno Manuhoro
Jurnal DIMASTIK Vol. 2 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26623/dimastik.v2i1.7327
Hastana DPW Jawa Tengah selama ini memang telah menggunakan website dan sosial Instagram untuk memasarkan produk jasa penata pernikahan atau Wedding Organizer (WO). Meski demikian, strategi komunikasi pemasaran digitalnya masih sekedar menunggah konten di social media dan kurang mendapat respon dari masyarakat, Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan mitra dalam bidang komunikasi pemasaran khususnya peningkatan kemampuan digital marketing dan analisis konten pemasaran berbasis digital sesuai segmen pasar mitra. Metode pengabdian ini menggunakan partisipatif dengan langkah awal pre test, untuk mengukur pemahaman awal dari para peserta tentang digital marketing. Selanjutnya pemberian materi sesuai bidang kepakaran dalam bidang digital marketing. Dalam sesi diskusi, peserta sekaligus diberikan kesempatan tanya jawab dilanjutkan dengan praktik langsung pengelolaan media sosial didampingi tim pengabdian. Post test diberikan pada akhir acara untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dari peserta.Hasil pengabdian ini peserta mendapatkan peningkatan pemahaman dan penyadaran tentang pentingnya digital marketing. Pengetahuan baru ini menjadi bekal untuk mengoptimasikan digital marketing sehingga bisa eksis dan mendongkrak pemasaran jasa WO bagi anggota Hastana DPW Jawa Tengah.
PENINGKATAN KEMAMPUAN PRODUKSI KONTEN DIGITAL PEMASARAN UMKM BAGI BUMDES “BERKAH AMANAH” DESA TRUKO KABUPATEN KENDAL
Julianto, Edi Nurwahyu;
Saptiyono, Ami;
Indainanto, Yofiendi Indah
Jurnal DIMASTIK Vol. 2 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26623/dimastik.v2i1.7759
Perkembangan industri digital, mendorong pelaku UMKM untuk berinovasi menyasar pemasaran digital. Bumdes Berkah Amanah memiliki potensi besar dalam mengembangkan potensi pemasaran digital. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mitra dalam pembuatan konten digital marketing khususnya konten digital di media sosial seperti Instagram. Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan di Bumdes ”Berkah Amanah” Desa Truko Kabupaten Kendal. Metode pelaksanaannya dilakukan melalui dua pendekatan. Metode Teoritis yang dituangkan dalam bentuk modul pengabdian yang berisi tentang ‘Materi Produksi Konten Digital Marketing” dan metode praktik yang dilakukan dengan pembuatan materi konten pemasaran digital untuk dipublikasi dimedia sosial. Keinginan tinggi dalam mengembangan pemasaran digital terlihat metode praktik yang dilakukan sejalan dengan hasil yang diharapkan. Pelatihan tersebut berdampak positif bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan pemasaran digital melalui praktik produksi konten digital marketing
PENINGKATAN KEMAMPUAN KONFIGURASI KAMERA KEAMANAN INTERNET OF THINGS UNTUK PARA GURU SMK WALISONGO SEMARANG
Hirzan, Alauddin Maulana;
Christioko, Bernadus Very;
Nugroho, Atmoko
Jurnal DIMASTIK Vol. 2 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26623/dimastik.v2i1.8142
Teknologi sensor keamanan yang diimplementasikan dengan perangkat Internet of Things merupakan solusi keamanan yang dapat digunakan untuk mengamankan aset-aset berharga yang dimiliki sebuah perusahaan maupun sekolah. Teknologi ini sering digunakan oleh perusahaan untuk mengamankan asetnya. Oleh karena itu perusahaan sangat memerlukan teknisi yang ahli di bidang ini. SMK Walisongo Semarang merupakan sekolah kejuruan yang menghasilkan lulusan-lulusan yang ahli bidang komputer dan jaringan. Namun dalam realitanya, teknologi Internet of Things belum diperkenalkan secara mendalam di kurikulumnya. Oleh karena itu, tim pengabdian ini menyelesaikan permsalahan dari mitra dengan membuat sebuah pelatihan mengenai sensor keamanan Internet of Things. Dari hasil evaluasi yang didapatkan, tim pengabdi mendapatkan skor kueisoner pra pelatihan mencapai 71% dan paska pelatihan mencapai 91%. Berdasarkan hal ini, tim pengabdi telah sukses menaikkan pemahaman sebanyak 20%
PENINGKATAN PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE DALAM PENGELOLAAN KOMUNITAS UMKM RW. 15 TANJUNG MAS SEMARANG UTARA
Vydia, Vensy;
Hendrawan, Aria;
Huizen, Lenny Margaretta
Jurnal DIMASTIK Vol. 2 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26623/dimastik.v2i1.8204
Pertumbuhan dan keberlanjutan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Tanjungmas, Semarang menjadi fokus utama dalam memajukan perekonomian wilayah tersebut. UMKM Srikandi Cipta Bahari, salah satu pelaku bisnis di Tanjungmas, sering menghadapi tantangan dalam mengelola keuangan secara efisien dan akurat, yang dapat mempengaruhi kinerja dan perkembangan bisnis mereka. Pengelolaan keuangan yang efisien menjadi faktor kunci dalam meningkatkan pertumbuhan UMKM. Namun, sebagian UMKM masih menghadapi kendala dalam pencatatan dan pengelolaan keuangan secara manual, menghambat perkembangan bisnis mereka. Tujuan dari pelatihan ini untuk memberikan kontribusi melalui kegiatan pengabdian masyarakat dengan memperkenalkan inovasi aplikasi keuangan sebagai pendukung pertumbuhan UMKM Srikandi Cipta Bahari di Tanjungmas. Melalui pelatihan dan pendampingan intensif, berhasil dalam meningkatkan efisiensi, akurasi, dan aksesibilitas informasi keuangan. Terjadi peningkatan literasi digital dan kemampuan adaptasi teknologi bagi para pelaku UMKM. Hasil Tim PkM menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi keuangan ini secara signifikan meningkatkan kinerja UMKM Srikandi Cipta Bahari, menciptakan dampak positif terhadap efisiensi operasional dan pertumbuhan bisnis. Peningkatan literasi digital juga memperkuat kapasitas adaptasi UMKM terhadap teknologi, memberikan kontribusi positif terhadap ekosistem bisnis lokal. Studi ini memberikan wawasan berharga untuk mendukung pengembangan UMKM Srikandi Cipta Bahari dan pemulihan ekonomi di Tanjungmas, Semarang.
PELATIHAN PRODUKSI CONTENT DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HARD SKILL BAGI PELAJAR SMK JAYA WISATA SEMARANG
Cinta, Aisha Karmelita;
Maharani, Citra Dyah Ayu;
Azifa, Alifa Nur;
Pratama, Nevis Ari;
Diviari, Lathifah Noni;
Watie, Errika Dwi Setya
Jurnal DIMASTIK Vol. 2 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26623/dimastik.v2i1.8250
Cepatnya perkembangan teknologi komunikasi, menuntut ketersediaan sumber daya manusia yang menguasai keterampilan dan kemampuan dalam bidang ini. Konten digital adalah segala bentuk konten yang ada dalam dunia digital. Konten digital dianggap sebagai bagian dari sebuah informasi yang dipublikasikan secara online. Tujuan utama Konten digital adalah untuk menghasilkan hal baru dan informasi tambahan, guna mengubah dan memperbaiki masa depan yang lebih maju. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan Siswa-Siswi SMK Jaya Wisata Semarang pengetahuan, keterampilan dan pengalaman terkait produksi konten digital, diawali dengan penyampaian materi dasar konten digital, memberitahukan semangat dalam pembuatan kontent, dan bagaimana memproduksi konten dengan benar, selanjutnya diikuti post test dengan praktik langsung produksi konten digital melalui salah satu media online yakni Tiktok, secara langsung di SMK Jaya Wisata Semarang. Untuk mengukur tingkat pemahaman peserta, pengelola melakukan pre test di awal kegiatan. Setelah kegiatan pengabdian ini, diharapkan agar peserta memiliki pengetahuan pengalaman dan kemampuan yang cukup di bidang ini.
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PUBLIKASI PADA GURU HIMPAUDI KECAMATAN UNGARAN BARAT
Watie, Errika Dwi Setya;
Setyowati, Retno Manuhoro;
Indainanto, Yofiendi Indah
Jurnal DIMASTIK Vol. 2 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26623/dimastik.v2i1.8347
Perkembangan teknologi informasi yang cepat, menuntut semua orang yang terlibat di dalamnya untuk bisa mengikuti perkembangan tersebut. Namun demikian realitanya, dengan segala keterbatasan yang ada baik secara internal maupun eksternal, kecepatan dalam mengikuti perkembangan teknologi pun juga beragam. Kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan perkembangan teknologi informasi ini juga dirasakan oleh guru – guru Himpaudi Kecamatan Ungaran Barat. Perangkat telepon pintar yang dimiliki bisa dioptimalkan guna menunjang tugasnya sebagai guru dan sebagai bagian dari sekolah tempatnya bekerja serta organisasi Himpaudi yang menaunginya. Guru Paud saat ini bukan hanya dituntut untuk mampu mengajar, namun juga bisa membuat media pembelajaran yang menarik sekaligus media publikasi, baik untuk kepentingannya sendiri, PAUD/TK tempat bekerjanya, hingga organisasi himpaudi yang menaunginya. Kebutuhan akan pembuatan media pembelajaran dan publikasi yang cepat dan menarik inilah yang coba difasilitasi oleh tim pengabdian dari USM, melalui pengenalan penggunaan aplikasi canva sekaligus meningkatkan literasi guru pada etika dan hak cipta yang mengikuti penggunaan aplikasi ini.
PELATIHAN APLIKASI CAPCUT BAGI SISWA SMA KESATRIAN 1 SEMARANG UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN EDITING VIDEO
Handayani, Sri;
Susanto, Susanto;
Wakhidah, Nur
Jurnal DIMASTIK Vol. 2 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26623/dimastik.v2i1.8351
Variasi media pembelajaran perlu didukung dengan penyajian materi yang menarik, sehingga memberikan pembelajaran yang tidak monoton. Salah satu bentuk dari pemanfaatan teknologi informasi yaitu menjadikan smartphone sebagai media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa (Suryaman, 2022). Salah satu aplikasi yang saat ini sedang tren dalam editing video adalah aplikasi CapCut. Pembelajaran desain grafis yang diberikan pada siswa masih menggunakan Corel Draw dan Adobe Photoshop. Permasalahan yang muncul adalah ketrampilan siswa dirasa masih kurang untuk membuat video yang interaktif dan menarik. Sehingga perlu adanya keterampilan editing video yang memiliki ilustrasi atau visual yang lebih kompleks menggunakan aplikasi CapCut (Wijaya et al., 2023). Metode pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan pra test, kemudian pemaparan materi yang dilanjutkan praktik langsung di Laboratorium Komputer M.2.3 dan diakhiri dengan evaluasi hasil berupa posttest. Setelah mengikuti kegiatan pelatihan terdapat peningkatan kemampuan seluruh peserta yang ditunjukkan dari hasil kuesioner responden sebesar 87.9% dimana peserta telah mengikuti dengan baik terhadap materi yang diberikan saat kegiatan dilaksanakan.Kata Kunci: capcut, editing video, video promosi
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMBUATAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BAGI SISWA SMA KESATRIAN 1 SEMARANG
Utomo, Victor Gayuh;
Ardima, Muhammad Basyier;
Pungkasanti, Prind Triajeng
Jurnal DIMASTIK Vol. 2 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26623/dimastik.v2i1.8445
SMA Kesatrian 1 Semarang adalah salah satu sekolah favorit yang menjadi dambaan warga masyarakat Semarang dan Jawa Tengah khususnya serta Indonesia pada umumnya. SMA Kesatrian 1 Semarang memiliki keunggulan lokasi strategis tapi membatasi pada hal tersebut tidak cukup. SMA Kesatrian 1 Semarang juga berharap mampu menjaring pasar dengan mengenalkan kegiatan siswa di sekolah. Membuat konten promosi melalui media sosial Instagram dapat menjadi salah satu cara yang ditempuh. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat kali ini berusaha memperkenalkan cara agar kegiatan promosi melalui media Instagram ini dapat lebih optimal. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, analisa masalah, perumusan metode pelaksanaan, evaluasi pra kegiatan, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi pasca kegiatan. Pelaksanaan pelatihan sendiri terdiri dari ceramah, peragaan dan praktek. Dari perbandingan hasil evaluasi pra kegiatan dan pasca kegiatan, didapatkan bahwa peserta kegiatan, siswa anggota organisasi sekolah, mendapatkan pemahaman tentang media promosi sebesar 73%, meningkat 34% dibandingkan sebelum mendapatkan pelatihan. Peningkatan pemahaman terutama terkait faktor untuk komunikasi dua arah dari pembuat konten dengan follower di media sosial dan struktur membuat konten yang benar.
STRATEGI PROMOSI PRODUK UMKM DI APLIKASI TOKOPEDIA UNTUK MENJANGKAU TARGET PASAR YANG LEBIH LUAS DI KELOMPOK UMKM KECAMATAN SEMARANG SELATAN
Rachmawati, Eka Putri;
Cholil, Saifur Rohman;
Rifa'i, Ahmad
Jurnal DIMASTIK Vol. 2 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26623/dimastik.v2i1.8520
Pada era globalisasi ekonomi, UMKM dihadapkan pada tantangan untuk beradaptasi dengan transformasi digital dan bersaing di pasar yang semakin terbuka. Marketplace online seperti Tokopedia menawarkan peluang baru bagi UMKM untuk memperluas pasar dan meningkatkan efisiensi operasional. Namun, banyak UMKM yang belum melek digital dan menghadapi kendala dalam mengadopsi teknologi digital. Dalam konteks ini, program pengabdian masyarakat bertujuan untuk menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan tentang penggunaan Tokopedia sebagai media promosi yang inovatif bagi pelaku UMKM di Gerai Kopimi Semarang Selatan. Tujuan program ini adalah meningkatkan pemahaman dan kemampuan peserta dalam mengadopsi teknologi dan meningkatkan kinerja bisnis mereka di era digital. Target luaran program mencakup peningkatan pengetahuan peserta tentang fitur-fitur Tokopedia dan teknologi digital, efisiensi operasional UMKM dalam pemasaran online, serta peningkatan keahlian teknis peserta dalam menggunakan platform Tokopedia Seller. Pelaksanaan kegiatan melibatkan ceramah dan praktikum selama 1 hari dengan dukungan penggunaan smartphone. Evaluasi dilakukan melalui kuesioner sebelum dan setelah acara. Hasil evaluasi kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman mitra tentang bagaimana memperomosikan produk UMKM menggunakan aplikasi Tokopedia Seller. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat membantu UMKM dalam mengatasi kendala teknologi dan meningkatkan kehadiran bisnis mereka di pasar online.