AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics education.
Articles
20 Documents
Search results for
, issue
"Vol 7, No 2: Desember 2017"
:
20 Documents
clear
PENGEMBANGAN INDIKATOR 4CS YANG SELARAS DENGAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA/MA KELAS X SEMESTER 1
Sunardi, Sunardi;
Kurniati, Dian;
Sugiarti, Titik;
Yudianto, Erfan;
Nurmaharani, Rika
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 2: Desember 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (586.992 KB)
|
DOI: 10.12928/admathedu.v7i2.9159
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan indikator 4Câs yang selaras dengan kurikulum SMA/MA yang digunakan di Indonesia yaitu kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika SMA kelas X semester 1 yang terdiri dari 3 bab yaitu: sistem persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel yang memuat nilai mutlak, SPLTV, dan fungsi. Kegiatan penelitian dimulai dari analisis masalah kurikulum di Indonesia dan menganalisis literatur kemampuan 4Câs menurut Partnership 21th Century Learning (P21). Kegiatan selanjutnya adalah merancang Indikator 4C,s yang selaras dengan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika SMA/MA kelas X semester 1. Produk yang dihasilkan yaitu Indikator 4Câs yang selaras dengan kurikulum 2013 disajikan dalam vorum diskusi (kolokium). Kemudian produk tersebut direvisi berdasarkan saran dari peserta kolokium. Kegiatan terakhir yaitu membagikan produk yang valid kepada peserta kolokium sebagai panduan penyusunan rencana pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan indikator 4Câs yang selaras dengan kurikulum di Indonesia yaitu kurikulum 2013.
PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS ANTARA SISWA YANG BELAJARNYA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI DENGAN SETING KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BIASA
Roesdiana, Lessa
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 2: Desember 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (445.889 KB)
|
DOI: 10.12928/admathedu.v7i2.9155
Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika merupakan aspek yang sangat penting dalam belajar matematika. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa diperlukan suatu strategi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran agar hasil belajar siswa lebih optimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan menggunakan pendekatan inkuiri dengan tipe jigsaw.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Karawang . Dimana instrumen pengujiannya berupa soal uraian yang memenuhi uji validitas dan reliabilitas yang baik dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari keseluruhan proses dapat disimpulkan bahwa menggunaan tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran biasa.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA EKONOMI DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PADA MAHASISWA
Wahyuddin, Wahyuddin
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 2: Desember 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (680.979 KB)
|
DOI: 10.12928/admathedu.v7i2.9160
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir logis, kemampuan penyelesaian masalah matematika ekonomi, dan pengaruh kemampuan berpikir logis terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika ekonomi pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Makassar. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas dengan populasi 245 orang dari 8 kelas yang berbeda. Sampel diambil sebanyak 58 orang mahasiswa yang terdiri dari 2 kelas, teknik pengambilan sampel yaitu pengambilan sampel secara acak berkelompok. Instrumen penelitian terdiri atas tes kemampuan berpikir logis sebanyak 30 butir soal dan tes kemampuan pemecahan masalah sebanyak 5 butir soal yang dinyatakan valid dan reliabel sebelum digunakan. Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan analisis inferensial (Analisis korelasi dan regresi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kemampuan berpikir logis masiswa berada pada kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 69,13; (2) Tingkat kemampuan penyelesaian masalah matematika ekonomi bagi masiswa berada pada kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 74,03; (3) Tingkat kemampuan berpikir logis masiswa memiliki korelasi dengan kemampuan penyelesaian masalah matematika ekonomi dengan besar hubungan 94,5% dimana hal tersebut berada pada baik sekali; dan (5) Kemampuan berpikir logis berpengaruh positif terhadap kemampuan penyelesaian masalah dengan pengaruh sebesar 89,1% sedangkan sisanya sebesar 10,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Kemampuan berpikir logis berpengaruh positif terhadap kemampuan kemampuan penyelesaian, hal tersebut dapat diartikan bahwa semakin baik atau semakin tinggi kemampuan berpikir logis yang dimiliki oleh mahasiswa maka kemampuan penyelesaian masalah mahasiswa tersebut akan semakin baik atau semakin tinggi.
PENGEMBANGAN MODUL ANALISIS BUTIR SOAL DENGAN MENGGUNAKAN ITEM AND TEST ANALYSIS
Prabowo, Anggit;
Sunaryo, Sunaryo;
Rahmawati, Uki
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 2: Desember 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (845.765 KB)
|
DOI: 10.12928/admathedu.v7i2.9146
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul analisis butir soal dengan menggunakan software Item and Test Analysis (ITEMAN). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Four D yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate. Modul yang dikembangkan telah dianalisis oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media.Setelah dinyatakan valid oleh para ahli, modul diujicobakan kepada 19 guru dan 45 mahasiswa calon guru. Modul yang telah diperbaiki berdasar hasil uji coba, didiseminasikan kepada 31 guru dan 45 mahasiswa calon guru. Penelitian telah berhasil mengembangkan produk berupa modul analisis butir soal dengan menggunakan ITEMAN yang terkategori valid, efektif, dan praktis.Kata Kunci : pengembangan, modul, analisis butir soal, item and test analysis.
PENERAPAN MATRIKS PERSEGI PANJANG SEBAGAI KUNCI PUBLIK DAN KUNCI PRIVAT PADA MODIFIKASI CIPHER HILL
Maxrizal, Maxrizal;
Prayanti, Baiq Desy Aniska
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 2: Desember 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (523.207 KB)
|
DOI: 10.12928/admathedu.v7i2.9156
Matriks nonsingular memiliki peranan penting dalam kehidupan. Sedangkan, penerapan matriks persegi panjang masih belum banyak ditemukan. Salah satu penerapan matriks nonsingular dalam kriftografi adalah Cipher Hill. Cipher Hill menggunakan kunci bersifat simetris. Selain itu, pada kriftografi dikenal juga kunci asimetris yang diklaim lebih aman dari pada kunci simetris. Pada makalah ini diperkenalkan modifikasi Cipher Hill menggunakan kunci asimetris. Kunci-kunci asimetris dibentuk dari matriks-matriks persegi panjang.
PENGARUH IKLIM KELAS, SIKAP SISWA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KOTA PALU
Hajerina, Hajerina
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 2: Desember 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (344.614 KB)
|
DOI: 10.12928/admathedu.v7i2.9148
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh iklim kelas matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di kota Palu.Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Palu tahun pelajaran 2013/2014 yang diambil dengan menggunakan tehnik two-stage proporsional stratified random sampling yang berjumlah 198 siswa. Instrumen yang digunakan: (1) skala iklim kelas matematika, (2) skala sikap terhadap matematika, (3) skala motivasi belajar matematika, (4) tes hasil belajar matematika kelas VIII. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis jalur (path anlysis). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Iklim kelas matematika berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sikap siswa dan motivasi belajar siswa dengan besar pengaruh masing â masing 0,16 dan 0,20. Â
PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA
Hidayah, Nur;
Satrianawati, Satrianawati
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 2: Desember 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (818.935 KB)
|
DOI: 10.12928/admathedu.v7i2.9157
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan pendidikan (educational research and development) dengan tujuan yang diharapkan adalah adanya produk dari penelitian yang dilakukan berupa pengembangan model project based learning pada pembelajaran matematika yang dapat digunakan oleh guru-guru yang mengajar di sekolah dasar inklusi. Sasaran penelitian pengembangan ini adalah meningkatnya aktivitas dan motivasi belajar matematika siswa di sekolah dasar inklusi. Hasil Penelitian menunjukkan langkah-langkah yang paling efektif dalam mengembangkan model project based adalah menganalisis kebutuhan, mendesain pengembangan, memproduksi/ mengembangkan model project based learning, melakukan evaluasi pengembangan, dan melakukan uji coba lapangan dan kualitas pengembangan model project based learning yang dikembangkan menurut penilaian ahli pengembangan model termasuk kriteria âsangat baikâ dengan rerata skor 5, menurut ahli pembelajaran termasuk kriteria âbaikâ dengan rerata skor 4,3.
PENGARUH MATHEMATICS SELF-EFFICACY (MSE) TERHADAP HASIL DARI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SISWA
Sukoco, Heru;
Khuzaini, Nanang;
Wismono, Arief
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 2: Desember 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (558.525 KB)
|
DOI: 10.12928/admathedu.v7i2.9153
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Mathematics self-efficacy (MSE) terhadap hasil UN Matematika siswa tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian ex-postfacto dengan desain kausal komparatif yang melibatkan 1 grup eksperimen dan 1 grup kontrol. Total sampel adalah 110 siswa, yaitu 55 siswa jurusan IPA dan 55 siswa jurusan IPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala MSE. Data penelitian dianalisis menggunakan regresi sederhana dan Analysis of Covariance (ANCOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan besarnya pengaruh MSE terhadap hasil UN Matematika adalah sebesar  untuk jurusan IPA. Sedangkan untuk jurusan IPS, besarnya pengaruh MSE terhadap hasil UN Matematika adalah sebesar . Hasil pengujian lebih lanjut, ANCOVA, menunjukkan terdapat perbedaan hasil UN Matematika siswa antar kategori MSE dengan melakukan kontrol terhadap hasil TO UN Matematika. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa Mathematics self-efficacy (MSE) berpengaruh terhadap hasil UN Matematika siswa tahun 2015.
PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR UNTUK MATA KULIAH LOGIKA MATEMATIKA DAN HIMPUNAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
Fahmi, Syariful;
Priwantoro, Soffi Widyanesti
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 2: Desember 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (562.46 KB)
|
DOI: 10.12928/admathedu.v7i2.9158
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran untuk mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah Logika Matematika dan Himpunan, serta bagaimana kualitas media pembelajaran yang dihasilkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall yang meliputi: (1) analisis standar isi, (2) pengumpulan referensi media interaktif, (3) penyusunan rancangan media interaktif, dan (4) pembuatan media interaktif berupa cakram digital (CD). Media pembelajaran dilakukan validasi kepada ahli media, ahli materi dan mahasiswa peserta mata kuliah Logika Matematika dan Himpunan kelas D tahun ajaran 2017/2018. Penggunaan media pembelajaran dalam belajar Logika Matematika dan Himpunan memegang peranan penting sebagai salah satu alat untuk membantu mahasiswa mengembangkan daya logikanya serta mempertinggi mutu belajar-mengajar.
ALGORITMA MODIFIED ARTIFICIAL BEE COLONY UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH OPTIMASI MIXED-VARIABLE
Badriyah, Jamaliatul
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 7, No 2: Desember 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (521.18 KB)
|
DOI: 10.12928/admathedu.v7i2.9154
Pada penelitian ini, akan dibahas tentang modifikasi algoritma Artificial Bee Colony (algoritma ABC). Pada dasarnya algoritma ABC ini merupakan algoritma yang dibangun untuk masalah optimasi dengan variabel kontinu. Sehingga untuk masalah optimasi yang melibatkan variabel bilangan bulat, diskrit, ataupun bulat 0-1 diselesaikan dengan cara membulatkan hasil ke bilangan terdekat. Terkadang, hasil dari pembulatan ini justru jauh dari optimal. Sehingga disini akan dikembangkan suatu algoritma yang merupakan modifikasi dari algoritma ABC yang mampu menangani masalah optimasi dengan variabel campuran yang selanjutnya akan diberi nama M-ABC. Kemudian algoritma M-ABC ini akan diuji cobakan pada masalah teknik yang sudah terkenal seperti Pressure Vessel Design, Speed Reducer Design Optimization, dan Tension/Compression Spring Design. Hasil dari penerapan kami mengindikasikan bahwa algoritma M-ABC ini merupakan algoritma yang menjanjikan untuk menyelesaikan masalah optimasi dengan variabel campuran.Â