cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
ISSN : 23550163     EISSN : 25023845     DOI : 10.21043/thufula
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2021): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal" : 20 Documents clear
Alat Permainan Edukatif dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Al Mubarok, Ahmad Aly Syukron Aziz
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 9, No 1 (2021): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v9i1.10103

Abstract

EDUCATIONAL PLAY TOOLS IN INSTILLING RELIGIOUS AND MORAL VALUES IN EARLY CHILDHOOD. This research was conducted to provide support for improving educational game tools in instilling religious and moral values. This research method uses Classroom Action Research (CAR) which aims to instill religious and moral values at the early childhood level. This research was conducted at an early childhood education institution, namely RA. Al Musthofa Bangsal. The results of the research through observation from cycles I and II experienced classical learning completeness, namely in the first cycle of meeting 1 the average score of children was 52 completeness 25%. Meeting 2 the average score of the child was 61 completeness 42%. Meeting 3 the mean score of children is 63 completeness 50%. cycle II meeting 1 the average value of the child 67 completeness 58%. Meeting 2 the mean score of children 75 completeness 75%. While meeting 3 the average score of children is 88 completeness 91% means very well developed.
Stimulasi Perkembangan Anak dengan Memanfaatkan Barang Bekas di Era New Normal Yuniatari, Yuniatari; Suyadi, Suyadi
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 9, No 1 (2021): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v9i1.9221

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan permainan puzzle jam yang dibuat dari barang bekas dapat menstimulasi perkembangan anak di era new normal. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi partisipan pada warga yang tinggal di Perumahan Graha Kencana Blok RR no. 12 dengan subjek penelitian ada 3 anak yang berusia 5-6 Tahun dan 2 orang tua yang mendampingi anak bermain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan puzzle jam yang terbuat dari barang bekas dapat menstimulasi perkembangan anak di era new normal, baik perkembangan kognitif, fisik motorik, sosial emosional, bahasa, moral agama, seni dan kreativitas anak. Permainan ini mudah dimainkan oleh anak, baik dengan pendampingan maupun dilakukan secara mandiri.
Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kognitif Pengenalan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini Humaida, Rifka Toyba; Abidin, Muhammad Zainal
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 9, No 1 (2021): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v9i1.10293

Abstract

Kemampuan kognitif adalah kemampuan yang lebih menekankan pada kemampuan intelektual manusia. Perkembangan kognitif anak usia dini dalam mengenaliKonsep bilangan yaitu: 1) menghitung dan memanggil urutan 1-10. 2) menghitung 1-10 dengan menunjukkan objek. 3) menunjukkan urutan angka 1-10 dengan objek. 4)hubungkan atau pasangkan simbol angka 1-10 dengan objek. 5) menunjukkan dua set yang sama, tidak sama, lebih banyak, dan lebih sedikit. Media pembelajaran buku sibuk adalah buku yang terbuat dari kain dan berisi aktivitas permainan sederhana yang dirancang secara kreatif sebagai alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep di TK Thoyyibah kemampuan anak dalam berhitung menggingat kemampuan anak di TK Thoyyiban belum berkembang sesuai STTPA (Setandar Tingkat Perkembangan Anak).  penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu: Sekelompok  anak di Tk Thoyyibah. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam meningkatkan kemampuan mengenali kognitif. Konsep bilangan melalui media pembelajaran buku sibuk menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini dalam mengenal konsep angka di TK Thoyyibah  setelah belajar mengenal konsep bilangan mengunakan media busy book untuk media pembelajaran.  
Implementasi Layanan Kesehatan, Gizi, dan Perawatan dalam Menanamkan Disiplin Hidup Sehat Ulfadhilah, Khairunnisa; Nurhayati, Eti; Ulfah, Maulidya
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 9, No 1 (2021): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v9i1.10288

Abstract

Early childhood health services, have routine activities of washing hands, maintaining personal health and protecting the environment. Nutritional services have routine activities, namely the provision of balanced nutritional meals in schools. Care services have first aid management and control the child's physical condition (body temperature and injuries). However, in reality there is no balance between school and home, while schools implement health, nutrition and care services. This research was conducted to familiarize yourself with health, nutrition and care services at An-Nur Cirebon PAUD; early childhood healthy life discipline; and the results of instilling the discipline of healthy life in early childhood. This research uses qualitative descriptive research, this research was chosen because it wanted to reveal more detail and clearly about health services, nutrition, care in instilling the discipline of a healthy life at PAUD An-Nur Cirebon. This research data collection technique is divided into 3 parts, namely observation, interviews, and documentation. The data analysis technique of this research is divided into 2, namely data reduction and triangulation.    Keywords: Health Services, Nutrition, Nursing, and Healthy Living Disciplines.
Pengaruh Keterampilan Motorik di Sekolah dan Rumah terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Indriasih, Aini; Sumaji, Sumaji
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 9, No 1 (2021): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v9i1.9827

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketrampilan motorik di rumah dan sekolah terhadap kreatifitas anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi Prambatan Lor Kabupaten Kudus. Subjek penelitiannya  siswa  kelompok A yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data tes dan oobservasi. Sebelum dilakukan analis data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Analis data dalam penelitian ini dilakukan pengujian signifikansi Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)  berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung sebesar 29,529 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Niali signifikansi F hitung lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Motorik di Sekolah (X1), Motorik dirumah (X2) berpengaruh terhadap kreatifitas siswa, (2) pengaruh Motorik di Sekolah terhadap kreatifitas siswa. Pengujian hipotesis pertama (H1) memiliki nilai X1= 0,850 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (sig<0,05), sehingga H1 diterima. Jadi variabel Motorik di Sekolah berpengaruh positif pada kreatifitas siswa. (3) pengaruh Motorik di rumah terhadap kreatifitas siswa. Pengujian hipotesis pertama (H1) memiliki nilai X2= 0,110 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (sig<0,05), sehingga H1 diterima. Jadi variabel Motorik di siswa berpengaruh positif pada kreatifitas siswa.
Perbedaan Sikap dan Pengalaman Terhadap Kepedulian Lingkungan Sesuai dengan Pendidikan pada Anak Pusat Kota dan Anak Pedesaan Fitriyah, Qonitah Faizatul; Hasibuan, Nur Sa'adah
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 9, No 1 (2021): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v9i1.9586

Abstract

The problem of natural damage in the territory of Indonesia is getting worse, various human acts in exploiting excessive natural resources have caused natural disasters that damage the environment. Prevention and mitigation of damage to the natural environment requires cooperation between communitties, on of which is to install a sense of caring attitude towards early childhood both in city centre and village. The purpose of this research to see what is related to environmental awareness in accordance with the education givent to children in city centre and village. The research method used by researchers is a qualitative research method with a type of case study. The data techniques used were observation, interviews, and documentation. The subjects of this study were five students of Kindergarten Ceria Demangan and five students Al Fatih. The result of this research is the attitude of caring for ehe enviroment in city centre children who have a higher sensitivity than rural children, but the environmental experience of rural children has a higher experiencecompared to children in the city centre.
IMPROVING CHILDREN VERBAL LANGUAGE COMPETENCE THROUGH STORY TELLING USED VISUAL AUDIO MEDIA Ratno, Ratno
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 9, No 1 (2021): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v9i1.8781

Abstract

The Goal is to describe storytelling method through visual audio to improve verbal language competence and to know the result of using storytelling method through visual audio media. This study applied an action research with two variables, verbal language competence and storytelling with audio-visual media. The steps used were: Planning. Acting, Observing, and Reflecting. The subject was children of PAUD Alam Jungle School Consisted of 13 girls and 7 boys. The result showed that storytelling through visual audio media contributes significantly to the children’ verbal communication improvement. It can be seen from the cycle I reach 50 % (10 children) in category undeveloped, starting develop is 40 % (8 children), and 10 % (2 children) in category undeveloped. The cycle II showed that children on category developed properly are 85 % (17 children) and category starting develops is 15 % (3 children). 
Melibatkan Anak dengan Gangguan Pendengaran di Kelas: Pengalaman Guru Siron, Yubaedi; Hayati, Miratul; Faeruz, Ratna; Maghfiroh, Elvani; Oktaviani, Zakiyah
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 9, No 1 (2021): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v9i1.9918

Abstract

Studi ini mengeksplorasi pengalaman guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang melibatkan anak tunarungu di kelas. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dan partisipan diambil melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara terstruktur. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa stimulasi yang cukup dari guru dapat membuat anak tunarungu mengalami prestasi perkembangan yang luar biasa di kelas reguler. Bakat potensial anak tunarungu juga disalurkan dan didukung dengan penyediaan program pengembangan bakat anak dan permainan edukatif. Pembelajaran melalui metode bermain, pengembangan metode MMR, dan penerapan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sangat relevan untuk anak usia dini tunarungu. 
Kreativitas Guru dalam Mengajarkan Kecakapan Hidup pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19 Ali, Musyafa; Munastiwi, Erni
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 9, No 1 (2021): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v9i1.9476

Abstract

Kecakapan hidup sebagai basik dasar dalam kehidupan hendaklah di ajarkan pada anak mulai sedini mungkin, agar kelak anak dapat tumbuh mandiri dan berdikari. Namun semenjak kemunculan COVID-19 di awal tahun 2020 hingga saat ini telah merubah tatanan kehidupan termasuk lingkup pendidikan. Hal ini menuntut guru untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran, termasuk pembelajaran kecakapan hidup pada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaiana kreativitas guru PAUD Wadas Kelir dalam mengajarkan kecakapan hidup pada anak usia dini di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yakni penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan tiga tahap, yakni reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat diketahui bahwa kreativitas guru dalam mengajarkan kecakapan hidup pada anak usia dini di masa pandemi covid-19 yakni, cooking day, aku pahlawan ibuku, cinta lingkungan, bercocok tanam aku anak pintar dan mandiri, senangnya berbagi, games kreatif dan aku anak sholeh. Pembelajaran kecakapan hidup yang diajarkan oleh guru PAUD Wadas Kelir berdampak pada sikap kemandirian dan kepedulian anak, hal ini dapat dilihat dari sikap yang di tunjukan anak dalam kehidupan sehari-hari.
Pengembangan Website Penilaian Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini Wardani, Isnaini Kusuma; Ismanto, Bambang; Sulasmono, Bambang Suteng
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 9, No 1 (2021): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v9i1.10329

Abstract

Penerapan website dalam penilaian kinerja guru dilakukan untuk meningkatkan obyektivitas, validitas, realibilitas, efisiensi dan efektivitas manajemen sumber daya manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun  aplikasi website penilaian kinerja guru Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD IGABA (Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal) Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development dengan model penelitian pengembangan Sugiyono, meliputi tujuh langkah penelitian, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Sebagai model pengembangan produk menggunakan System Development Life Cycle Waterfall Model. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumen, dan kuesioner. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dan validasi data menggunakan triangulasi data.  Hasil dari penelitian ini adalah berupa aplikasi PKG PAUD berbasis website dimana berdasarkan hasil validasi ahli, aplikasi PKG PAUD berbasis website ini layak digunakan. Sedangkan kuesioner hasil uji coba produk di lapangan oleh lima orang kepala sekolah PAUD IGABA, produk mendapatkan skor 4,6 yang berari bahwa produk tersebut sangat baik dan bermanfaat serta meningkatkat efektifitas kinerja kepala sekolah dalam pelaksanaan PKG.  

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2024): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 11, No 2 (2023): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 11, No 1 (2023): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 10, No 2 (2022): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 10, No 1 (2022): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 9, No 2 (2021): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 9, No 1 (2021): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 8, No 2 (2020): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 8, No 1 (2020): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 7, No 2 (2019): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 7, No 1 (2019): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 6, No 2 (2018): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 6, No 1 (2018): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 5, No 2 (2017): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 5, No 1 (2017): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 5, No 1 (2017): THUFULA Vol 4, No 2 (2016): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 4, No 1 (2016): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 3, No 2 (2015): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 3, No 2 (2015): ThufuLA Vol 3, No 1 (2015): ThufuLA Vol 3, No 1 (2015): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 2, No 2 (2014): ThufuLA Vol 2, No 2 (2014): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 2, No 1 (2014): THUFULA Vol 2, No 1 (2014): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 1, No 1 (2013): THUFULA Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Thufula Vol 1, No 1 (2013): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal More Issue