cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.pedagogik@unmuha.ac.id
Editorial Address
Jalan Muhammadiyah No 91 Batoh Lueng Bata Banda Aceh 23245
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Unversitas Muhammadiyah Aceh
ISSN : 23377364     EISSN : 26229005     DOI : -
Core Subject : Education,
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh is an open-access based on journal that contributes to improve the scientific treasures. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan and pembelajaran for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies and new technologies in education.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2, Oktober (2016)" : 10 Documents clear
Bayi Tabung dan Inseminasi Buatan pada Manusia menurut Perspektif Hukum Islam Saiful Saiful
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 3, No 2, Oktober (2016)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/pjpp.v3i2.448

Abstract

Praktik bayi tabung dan inseminasi buatan pada manusia menjadi topik yang hangat dibicarakan diera globalisasi dan teknologi saat ini. Aplikasinya dalam masyarakat banyak menimbulkan permasalahan dan penafsiran yang berbeda-beda. Permasalahan yang muncul adalah apakah bayi tabung dan inseminasi buatan pada manusia dibolehkan atau diharamkannya. Menurut hukum Islam bayi tabung apabila dilakukan dengan sel sperma dan ovum suami istri yang sah maka Islam membolehkannya, baik dengan cara mengambil sperma suami, kemudian disuntikan ke dalam vagina istri, maupun dengan cara pembuahan dilakukan diluar rahim. Terkait dengan inseminasi buatan pada manusia, Islam membolehkan dengan persyaratan apabila dilakukan dengan sel sperma dan ovom suami istri yang sah, dan sebalik inseminasi buatan yang tidak berasal dari ovum dan sperma suami isteri yang sah diharamkan dan dianggap sama dengan zina (prostitusi) meskipun dengan secara tidak langsung, dan sebagai akibat hukumnya anak hasil inseminasi tersebut tidak sah dan nasabnya hanya berhubungan dengan ibu yang melahirkannya.
MURABAHAH DALAM EKONOMI ISLAM Muzakir Sulaiman
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 3, No 2, Oktober (2016)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/pjpp.v3i2.459

Abstract

Dasar ekonomi yang dibangun oleh Islam adalah untuk mencapai Ridha Allah SWT, bukan keuntungan semata, sebagaimana yang dipraktekan kalangan luar Islam khusunya dalam perbankan. Dengan dasar ini apapun bentuk ekonomi yang dilaksanakan tidak menjadi masalah, namun harus dalam koridor tidak terjadi kezaliman di dalamya. Para ulama membolehkan kredit dan penggunaan kartu kredit selama tidak terjadi bunga (nilai tambah) dari aqad, namun sulit dihindari oleh bank-bank konvensional. Sementara bank-bank Islam mengaturnya sangat ketat, sehingga  tidak ada bunga atau nilai tambah.  Kredit dalam Islam tidak haram dan penggunaan kartu kredit juga tidak haram, karena di dalamnya ada unsur Murabahah atau unsur bagi hasil.
KOMPETENSI GURU FIQIH DI MIN SUNGAI LIMPAH ACEH BESAR Cut Nyak Dhin
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 3, No 2, Oktober (2016)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/pjpp.v3i2.456

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kompetensi guru fiqh di MIN Sungai Limpah Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar dalam hal pelaksanaan Proses Pembelajaran. Pembahasan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah guru-guru Fiqh di MIN Sungai Limpah telah mengetahui kompetensi guru dengan baik serta untuk mengetahui sejauh mana penguasaan terhadap kompetensi yang telah dimiliki oleh Guru Fiqh di MIN Sungai Limpah. Kompetensi guru merupakan kemampuan, keahlian dan keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran sampai kepada pengevaluasian. Dalam hal proses belajar mengajar, seorang guru dikatakan berkompeten apabila memahami teknik dan prosedur proses belajar mengajar, serta mampu melaksanakan dengan baik sehingga didapat hasil yang maksimal dan bermanfaat untuk memperbaiki proses belajar mengajar. Pelaksanaan proses tersebut dimulai dari perencanaan proses pembelajaran, pembuatan/penyusunan soal tes,menganalisis hasil tes hingga menginterpretasi dan menindak lanjuti hasil evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan ini (library research). Dan setelah dilakukan penelitian di MIN Sungai Limpah memiliki kompetensi yang tinggi dan sedang dalam pelaksanaan proses pembelajaran.
EVALUATION OF THE STAFF DEVELOPMENT PROGRAM AMONG HIGH SCHOOL TEACHERS IN BANDA ACEH siti safura
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 3, No 2, Oktober (2016)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/pjpp.v3i2.460

Abstract

This paper aimed at examining the impact of staff development program on teaching performance. The questionnaire was administered to 100 high school teachers in Banda Aceh, Indonesia. Descriptive analysis was utilized in this study. This study found that the majority of high school teachers in Banda Aceh perceived that the staff development program has impact on teaching performance. Meanwhile, in terms of genders, duration and the areas focused on this program, this study found inconclusive results regarding the impact of the staff development program. In terms of gender, it was indicated that each respondent had contrasting views on the impact of the staff development program. Two variables of teaching performance indicated no significant difference among teachers. However, four variables revealed significant difference among teachers. With regards to the duration of staff development program attended, each respondent also had different views on the impact of staff development program. Four variables of teaching performance indicated no significant difference among teachers, while, two variables indicated the significant difference among teachers. Regarding the most areas which are focused on staff development program, it was found that there was no significant difference among teachers in perceiving the impact of staff development program.
MERETAS PENDIDIKAN DALAM DUNIA KERJA Hamdi Yusliani
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 3, No 2, Oktober (2016)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/pjpp.v3i2.455

Abstract

Mengenyam pendidikan sesuai dengan spesifikasi adalah impian setiap orang. Semua orang bercita-cita bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dengan latar belakang pendidikannya itu. Namun timbul satu persepsi yang sangat lemah dari para lulusan dimana mereka hanya berpikir bisa bekerja pada orang lain kelak setelah lulus dari studinya. Hal ini menjadi titik awal terhadap lemahnya pola pikir para lulusan dalam menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Setiap kali pemerintah membuka pendaftaran calon Pegawai Negeri Sipil, maka akan ditemukan pendaftarnya begitu banyak. Kendatipun masyarakat dan para lulusan itu sendiri tahu dan sadar bahwa lowongan yang tersedia tidak sesuai dengan ijazah yang mereka miliki, namun hal tersebut bukan menjadi penghalang. Niat dan tujuan awal tidak pernah surut untuk mengadu nasib dalam meraih mimpi dan memperoleh gaji yang serba tetap. Fenomena ini patut direview kembali oleh masyarakat khususnya para pelaku pendidikan. Dimana perlu menciptakan suatu upaya dalam membentuk pola pikir para mahasiswa sejak menempuh jenjang pendidikan tingkat pertamanya. Demikian halnya dengan perguruan-perguruan tinggi yang ada, diharapkan mampu menciptakan sarjana atau diploma yang siap bekerja atau siap menciptakan pekerjaan. Karena itu, mengubah pola pikir masyarakat terhadap lapangan pekerjaan dirasa perlu untuk melahirkan calon-calon wirausahawan sejati.
PENGARUH PEMBELAJARAN LUAR RUANG (OUTDOOR EDUCATION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP N 3 BANDA ACEH PADA MATERI EKOSISTEM Tahara Dilla Santi
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 3, No 2, Oktober (2016)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/pjpp.v3i2.449

Abstract

Pembelajaran IPA dengan metode konvensional masih belum efektif, siswa tidak aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga perlu dilakukan pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa salah satunya dengan pembelajaran luar ruang (outdoor education). Pembelajaran luar ruang  memberikan kesempatan siswa langsung belajar dari alam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran luar ruang terhadap prestasi belajar siswa SMP N 3 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu perencanaan berupa pretest, pelaksanaan pembelajaran luar ruang dan tahap akhir berupa post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Banda Aceh. Sampel penelitian adalah kelas VII1 dan VII2 yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Analisis data dilakukan dengan uji T. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap awal (pretest) diperoleh thitung = 0,98 lebih besar dari 0,05 sehingga tidak ada perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimental. Setelah pelaksanaan pembelajaran luar ruang, hasil post-test diperoleh thitung = 0,015 lebih kecil dari 0,05 sehingga ada perbedaan antara kedua kelas. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat pada kelas eksperimen dengan nilai post-test yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dan pencapaian KKM≥ 70 sebanyak 20 siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pembelajaran  luar ruang (outdoor education) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP N 3 Banda Aceh, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran IPA materi ekosistem.
THE STUDENTS’ ABILITY IN MASTERING LISTENING TEXT (A Study Between the Using of Native Speaker’s and Non-Native Speaker’s Voice of The TOEFL Class Students at NEC Banda Aceh) Cut Mawar Helmanda
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 3, No 2, Oktober (2016)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/pjpp.v3i2.453

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari suara pembicara native (pembicara yang bahasa ibunya adalah Bahasa Inggris) dan non-native daam teks listening yang diberikan kepada siswa-siswa dikelas TOEFL di NAD Education Consultant, Banda Aceh. Tes digunakan sebagai instrumen agar mendapatkan data tentang kemampuan para siswa dalam menguasai teks listening yang dipengaruhi oleh suara native dan non-native. Sampel dari peneltian ini adalah 10 orang siswa tahun ajaran 2013-2014. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil dari tes yang diberikan kepada para siswa jika teks dari tes tersebut dibacakan oleh native (Amerika). Dengan kata lain, para siswa mudah untuk mengerti atau memahami tes jika teks dari tes tersebut dibacakan oleh orang Indonesia (non-native). Dapat disimpulkan bahwa para siswa lebih dekat dengan suara orang non-native. Hasil dari angket juga mempekuat kesimpulan ini, para siswa lebih mudah untuk memahami non-native (Indonesia) dari pada native. Siswa-siswa ini terbiasa mendengarkan aksen dan suara orang Indonesia. Mereka menghadapi beberapa masalah dalam memahami teks listening yang menggunakan suara native, yaitu: sulit untuk mengikuti aksen natural dan kecepatan kata yang dibaca dari native. Dari hasil ini disarankan agar para siswa dilatih untuk mendengar suara native, baik Amerika atau Inggris. Ini akan membantu mereka untuk memahami percakapan diantara para native.
PENGARUH SOSIALISASI MODEL PROJECT CITIZEN UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA PENGEMBANGAN SIKAP NASIONALISME Hafidh Maksum
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 3, No 2, Oktober (2016)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/pjpp.v3i2.457

Abstract

Pebahasan ini menjelaskan pengaruh sosialisasi Model Project Citizen Untuk Meningkatkan Kecakapan Pendidikan Kewarganegaraan pada Pengembangan Sikap Nasionalisme. Permasalahan yang dirumuskan, Apakah ada pengaruh kecakapan kewarganegaraan kecakapan intelektual, Kecakapan partisipantoris mahasiswa yang menggunakan model project citizen setelah dilakukan sosialisasi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Seberapa jauh pengaruh sosialisasi model  project citizent terhadap sikap nasionalisme mahaiswa PGSD Se-Kota Banda Aceh? Penelitian tahap dua ini menggunakan pendekatan kualitatatif, jenis penelitian yang digunakan adalah  deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Hasil yang diharapkan nantinya  adanya pengaruh senifikan pada kecakapan intelektual,  kecakapan kewarganegaraan dan kecakapan patisipatoris, pada setiap kelompok sosialisasi. Dan diharapkan Analisis data dapat menunjukkan bahwa mahasiswa merespon positif pembelajaran PKn dengan menggunakan model project citizen.Nantinya yang merekomendasi penelitian ini ditujukan kepada Dosen Pengajar PKn agar mempraktekkan pembelajaran PKn dengan model project citizen di seluruh Perguruan Tinggi di Kota Banda Aceh dalam mengembangkan sikap Nasionalisme, yang sangat mendesak untuk dilakukan demi menjaga keutuhan Negara kesatuan republik Indonesia.
A CONTENT ANALYSIS: DISCOVERING FIGURATIVE LANGUAGES ON ZAIN’s RELIGIOUS SONGS (Songs ofOne Big Family, Palestine will be free, Hold My Hand, Open your eyes, For the rest of my life, and Freedom Yuniarti Yuni
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 3, No 2, Oktober (2016)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/pjpp.v3i2.452

Abstract

Lagu merupakan salah satu sastra mengandung majas yang digunakan untuk mengeksplorasi pikiran dan perasaan.  Majas yang digunakan dapat menjadi ciri lagu yang diwakili oleh lirik sebagai bentuk ujaran.Saat ini, lagu dan lirik dari penyanyi Maher Zain yang sedang diminati diseluruh dunia.  Oleh karena itu, penulis ingin menganalisa majas dari lagu atau lirik yang popular.  Enam lagu Maher Zain yang akan dianalisa adalah One Big Family, Palestine will be Free, Hold my Hand, Freedom, Open your Eyes, and The Rest of My Life. Tujuan penelitian ini adalah menemukan jenis majas yang terdapat dalam lirik lagu, fungsi majas dan majas yang paling dominan muncul ada lirik lagu tersebut.  Penulis menggunakan kualitatis desain dengan menganalisa isi lirik lagu.  Lirik-lirik dari enam lagu tersebut sebagai alat instrumen yang diteliti.  Hasil penelitian menunjukan bahwa ada sembilan jenis majas seperti personification, simile, hyperbole, paradox, synecdoche, ellipsis, repetition, rhetoric, and pleonasm.Namun, empat majas yang sering munculpada lirik tersebut adalah personifikasi, ellipsis, retorika dan repetition. Masing-masing memiliki fungsinya pada lirikyaitu personafikasi untuk membuat lagu lebih menarik dan indah, ellipsis membuat lirik lagu lebih estetika, retorik digunakan agar penyanyi seolah-olah beinteraksi langsung dengan memberikan pertanyaan kepada pendengar, dan repetisi untuk menyampaikan pesan moral dengan pengulangan kata-kata yang sederhana namun penuh makna.Majas yang paling dominan ada pada lirik lagu tersebut adalah Repetisi atau Repetition. 
INTEGRASI KURIKULUM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Sebuah Solusi Untuk Pembelajaran Efektif Di Pesantren Emawati Emawati
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 3, No 2, Oktober (2016)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/pjpp.v3i2.458

Abstract

Pesantren modern merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang memadukan isi kurikulum, antara kurikulum yang diterapkan di madrasah dengan kurikulum hasil modifikasi pesantren itu sendiri. Kurikulum terpadu tersebut dianggap lebih efektif di dalam pengembangan para santriwan/wati. Penelitian ini dilakukan untuk memahami proses penerapan kurikulum terpadu di sebuah pesantren moderen di Aceh Besar. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu pesantren moderen di Aceh Besar melakukan beberapa strategi di dalam pemaduan kurikulum:

Page 1 of 1 | Total Record : 10