cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian dan memberikan kontribusi yang berarti untuk meningkatkan sumber daya penelitian dalam Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 8 (2023): Agustus 2023" : 10 Documents clear
Pengembangan Aplikasi Home Nursing menggunakan Geocoding berbasis Mobile dengan Metode Prototyping Hernawan, Zildan Isrezkinurahman; Fanani, Lutfi; Brata, Komang Candra
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 7 No 8 (2023): Agustus 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Layanan kesehatan saat ini tidak hanya terbatas pada layanan di tempat seperti rumah sakit, klinik, dan intansi kesehatan lainnya. Terdapat alternatif kesehatan lain yang disebut dengan layanan kesehatan rumah atau home care. Layanan home care menyediakan layanan yang lebih fleksibel dengan melakukan kunjungan rumah oleh tenaga kesehatan seperti dokter atau perawat, dengan begitu pasien dapat lebih menghemat waktu dan tidak perlu pergi ke rumah sakit. Saat ini masih banyak pasien yang kesulitan untuk mancari jasa layanan home care di sekitarnya secara personal, dan perawat tidak punya wadah lain selain intansi kesehatan jika ingin membuka layanan home care pribadi. Dengan begitu dikembangkanlah aplikasi Home Nursing menggunakan geocoding berbasis mobile dengan metode prototyping. Tujuan utama penggunakan geocoding adalah untuk dapat menemukan lokasi perawat di sekitar dengan bantuan layanan peta, sedangkan penggunaan metode prototyping bertujuan agar menciptakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan mudah untuk digunakan oleh pengguna. Berdasarkan hasil pengujian, untuk pengujian unit dan validasi mendapatkan hasil 100% valid di seluruh fungsional, sedangkan untuk pengujian usability mendapatkan hasil 96,2% untuk efektivitas, 0,203 untuk waktu efisiensi, dan 86% untuk nilai kepuasan menggunakan SUS. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi sudah memenuhi kebutuhan pengguna dan mudah untuk dipelajari dan diterima oleh pengguna.
Pengembangan Gim Edukasi Konsep Algoritma pada Mata Pelajaran Informatika Sekolah Menengah Pertama menggunakan Mechanics Dynamics Aesthetics (MDA) Framework Manik, Jhon Michael; Jonemaru, Eriq Muhammad Adams; Afirianto, Tri
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 7 No 8 (2023): Agustus 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Algoritma adalah satu satu materi dalam mata pelajaran Informatika di SMP Negeri 1 Pematangsiantar kelas IX. Metode konvensional yang digunakan dalam proses pembelajaran, seperti ceramah dan praktikum, menunjukkan kelemahan, yaitu siswa bosan dan kesulitan dalam memahami materi. Untuk mengatasi permasalahan ini, dikembangkan gim edukasi bernama AlgoLadder, yang mengadopsi konsep permainan ular tangga. Fokus penelitian ini adalah pada aspek edukasi, kemudahan penggunaan, dan kegembiraan dalam bermain gim. Validasi pertanyaan dilakukan sebelum digunakan dalam gim untuk memastikan aspek edukasi tersampaikan kepada pemain. Pengembangan gim edukasi menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dengan memanfaatkan MDA Framework. Pengujian dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap internal (alpha) dan eksternal (beta). Metode pengujian yang digunakan meliputi blackbox testing untuk menguji fungsionalitas gim, System Usability Scale (SUS) untuk mengukur tingkat kemudahan penggunaan gim, dan smileyometer untuk menilai tingkat kesenangan bermain gim. Hasil blackbox testing menunjukkan fungsionalitas gim yang baik. Pengujian beta dengan melibatkan 5 siswa-siswi SMP Negeri 1 Pematangsiantar kelas IX menghasilkan skor SUS sebesar 79,5 dan smileyometer sebesar 4,4. Skor SUS tersebut menunjukkan bahwa gim tersebut memperoleh penilaian yang baik dalam hal kemudahan penggunaan, sementara skor smileyometer menunjukkan bahwa gim memberikan kesenangan kepada pemain.
Analisis Penerimaan Pengguna dalam melakukan Pembayaran Terintegrasi Spotify dengan DANA menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Termodifikasi Darama, Muhammad Daffa Syahdilla; Hanggara, Buce Trias; Saputra, Mochamad Chandra
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 7 No 8 (2023): Agustus 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam era digital saat ini, banyak platform musik daring, seperti Spotify, telah memperkenalkan solusi pembayaran terintegrasi dengan aplikasi dompet digital, seperti DANA. Studi ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan pengguna terhadap fitur pembayaran terintegrasi Spotify-DANA menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang telah dimodifikasi, serta melakukan analisis Statistik Deskriptif untuk menguji hubungan antar variabel yang relevan. Metode penelitian yang digunakan melibatkan pengumpulan data primer melalui survey online kepada pengguna Spotify yang telah menggunakan fitur pembayaran terintegrasi Spotify-DANA. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi persepsi kegunaan (perceived usefulness), persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use), Social Influence (SI), Promotion (PR), dan Perceived Security (PS). Penemuan ini menunjukkan bahwa faktor yang mendukung pelanggan Spotify Premium berminat menggunakan fitur pembayaran terintegrasi dengan DANA karena penggunaan dipengaruhi ketika pengguna secara langsung melihat efek penggunaan DANA sebagai metode pembayaran Spotify Premium. temuan ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan pengguna terhadap fitur pembayaran terintegrasi dalam konteks aplikasi musik daring. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa pengembang platform musik daring perlu memastikan bahwa fitur pembayaran terintegrasi mereka dianggap bermanfaat dan mudah digunakan oleh pengguna, serta membangun sikap positif terhadap fitur tersebut untuk meningkatkan adopsi dan penggunaan yang lebih luas.
Pengembangan Aplikasi Manajemen Pembayaran Biaya Pendidikan Siswa pada SMK Muhammadiyah Cilegon Oktasena, Audima; Arwani, Issa; Putra, Widhy Hayuhardhika Nugraha
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 7 No 8 (2023): Agustus 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMK Muhammadiyah Cilegon merupakan sekolah yang memiliki fokus pada keuangan digital. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, dapat dilakukan dengan memperbaiki layanan keuangan. Berdasarkan hasil wawancara dengan bendahara, terdapat kendala dalam proses manajemen keuangan biaya pendidikan siswa, antara lain seperti dalam proses penagihan dan pencatatan pembayaran biaya pendidikan sekolah masih dilakukan secara manual, sehingga dalam menjalankan proses tersebut menjadi panjang dan dirasa kurang efisien. Selain itu, dikarenakan siswa masih melakukan pembayaran secara offline, menyebabkan sering terjadinya kepadatan antrian. Maka, solusi dari permasalahan tersebut yaitu dilakukan penelitian yang menghasilkan aplikasi untuk memudahkan dalam manajemen pembayaran biaya pendidikan siswa. Proses penelitian dilakukan menggunakan metode prototyping. Hasil implementasi penelitian ini berupa aplikasi website untuk bendahara sekolah yang dibangun menggunakan React.JS dan aplikasi mobile untuk siswa yang dibangun menggunakan React Native, serta memanfaatkan integrasi API Midtrans untuk memfasilitasi pembayaran siswa. Adapun hasil pengujian aplikasi yaitu, pengujian fungsional sistem dilakukan menggunakan black-box testing dengan hasil 100% valid. Kemudian pengujian compatibility dilakukan pada 5 browser dan 9 perangkat smartphone yang berbeda, hasil pengujian menunjukan bahwa aplikasi memiliki kompatibilitas yang baik. Kemudian pengujian User Acceptance Testing dilakukan ke 2 responden admin dan 21 responden siswa, hasil pengujian menunjukan bahwa aplikasi yang dikembangkan dapat diterima oleh pengguna.
Evaluasi Usability pada Situs Web Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya menggunakan Metode Heuristic Evaluation Arrazzaq, Andrio A.; Az-Zahra, Hanifah Muslimah; Al Huda, Fais
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 7 No 8 (2023): Agustus 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di era digital saat ini, website berperan penting dalam menyampaikan informasi dan memberikan layanan publik. Sebagai ibu kota Provinsi Jawa Timur, Kota Surabaya memanfaatkan website (disdukcapil.surabaya.go.id) untuk menawarkan layanan kependudukan dan berkomunikasi dengan warganya. Namun, sejak diluncurkan, website tersebut belum mendapatkan evaluasi. Evaluasi tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi masalah usability dan memberikan rekomendasi peningkatan kualitas website untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Wawancara dengan pengelola website mengungkapkan tantangan yang dihadapi pengguna lanjut usia dalam mengakses layanan kependudukan dan kesulitan mencari informasi di saluran media sosial. Evaluasi tersebut mengidentifikasi 19 masalah yang dikategorikan sebagai masalah kosmetik, minor, mayor, dan katastropik. Prinsip heuristik dengan temuan terbanyak adalah "Fleksibilitas dan Efisiensi Penggunaan". Rekomendasi untuk peningkatan diberikan, termasuk membuat desain visual untuk antarmuka pengguna. Temuan ini dapat menjadi pedoman bagi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya dalam mendesain ulang website, meningkatkan usability, dan memenuhi harapan pengguna. Dengan meningkatkan kegunaan web, situs web dapat secara efektif melayani publik, membangun kepercayaan pada pemerintah kota, dan meningkatkan citra Surabaya sebagai kota modern dan berkembang. Pengguna akan mendapatkan keuntungan dari pengalaman pengguna yang ditingkatkan, memungkinkan mereka untuk mengakses informasi dengan cepat dan efisien.
Perancangan User Experience Sistem Informasi Olimpiade Ganesha SMAN 1 Ponorogo dengan menggunakan Metode Human Centered-Design Nugroho, Prakash Adi; Tolle, Herman
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 7 No 8 (2023): Agustus 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat di era digital terlihat dari pemanfaatan internet sebagai alternatif baru untuk memudahkan berbagai aktivitas manusia. Pendidikan juga telah memanfaatkan internet dengan menggunakan website untuk memperkenalkan sekolah, e-learning sebagai pembelajaran jarak jauh atau online, serta mempromosikan acara dan kompetisi sekolah. Salah satu acara tersebut adalah Olimpiade Ganesha, sebuah kompetisi tahunan akademik dan non-akademik bagi siswa SMP/MTs di SMAN 1 Ponorogo. Kompetisi ini mencakup empat bidang akademik, yaitu matematika, IPA, IPS, dan bahasa Inggris, serta dua bidang non-akademik, yaitu seni dan olahraga. Saat ini, seluruh proses Olimpiade Ganesha, mulai dari pendaftaran hingga penerbitan sertifikat, masih dilakukan secara manual. Siswa harus datang ke SMAN 1 Ponorogo untuk mendaftar dan menunggu sertifikat dicetak sebelum diambil. Selain itu, informasi mengenai Olimpiade Ganesha masih terbatas dan disebarkan melalui poster dan pamflet di sekolah-sekolah. Untuk mengatasi masalah tersebut, pengembangan sistem informasi dapat menjadi solusi. Dalam pengembangan sistem informasi, user experience (UX) menjadi penting karena merupakan gambaran pengalaman pengguna saat menggunakan website, aplikasi, atau sistem. Oleh karena itu, penting untuk merancang website dengan baik agar efektif dan efisien dalam mengatasi permasalahan antarmuka dan fungsionalitas. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam merancang UX adalah human centered design (HCD), yang melibatkan pengguna sebagai fokus dalam proses desain. Metode HCD melibatkan manusia sebagai pemikiran utama dalam pengembangan perangkat lunak. Terdapat empat langkah dalam penerapan metode HCD, yaitu memahami dan menentukan konteks penggunaan, menspesifikasikan kebutuhan pengguna, merancang solusi, dan mengevaluasi desain berdasarkan keinginan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan referensi bagi tim pengembang dalam mengembangkan Sistem Informasi Olimpiade Ganesha SMAN 1 Ponorogo dalam bentuk website.
Purwarupa Sistem Monitoring Klasifikasi Mutu Air Sumur menggunakan Fuzzy Mamdani (Studi Kasus: Al-Maahira IIBS) Zarkasyi, Muhammad Rifky Irfan; Ichsan , Mochammad Hannats Hanafi; Putri, Rekyan Regasari Mardi
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 7 No 8 (2023): Agustus 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Air adalah unsur yang penting bagi keberlangsungan hidup di Bumi. Air memegang peran penting dalam ekosistem. Pada umumnya terdapat dua sumber air yang dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia yaitu air sumur dan air PDAM. Air sumur sangat penting bagi masyarakat karena menyediakan alternatif sumber air bersih dan terjangkau bagi kebutuhan sehari-hari. Peraturan Menteri Kesehatan RI 492/MENKS/PER/IV/2017 tentang ketentuan dalam kualitas air bersih yang sehat dengan cara menghindari penurunan mutu air yang bisa membahayakan kesehatan. Air. Pada penelitian ini dirancang sebuah sistem yang dapat me-monitoring kualitas air dengan parameter dari sensor pH, turbidity, mq135, dan TDS. Penelitian ini juga membuat sistem klasifikasi untuk menentukan kondisi air tersebut. Klasifikasi pada sistem ini menggunakan metode Fuzzy Logic Mamdani. Pengujian alat ini digunakan langsung pada air sumur pada sebuah pondok pesantren di Kota Malang yang bernama Al-Maahira IIBS. Pengujian pertama adalah akurasi sensor. Sensor pH mendapatkan nilai akurasi 95,68%, sensor turbidity sebesar 95,33%, sensor MQ135 sebesar 95,66% dan sensor TDS sebesar 98,75%. Pengujian kedua adalah akurasi output sistem dengan Matlab dan mendapatkan nilai 98,7%. Pengujian terakhir adalah Pengujian waktu Thingspeak dan mendapatkan hasil rata-rata sebesar 4s.
Implementasi Algoritma MTCNN dalam Mekanisme Autentikasi berbasis Pengenalan Wajah Anggara, Krisna Dwi; Kartikasari, Dany Primanita; Bakhtiar, Fariz Andri
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 7 No 8 (2023): Agustus 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk saat ini masih banyak aplikasi yang menggunakan metode autentikasi berupa Single Factor Authentication atau SFA yaitu penggunaan password. Penggunaan metode autentikasi berupa password dinilai memliki banyak celah pada keamanannya seperti dapat dilakukan hacking atau peretasan oleh hacker untuk mendapatkan data yang diinginkan oleh hacker. Maka dari itu, diperlukannya metode autentikasi tambahan dengan menggunakan autentikasi biometrik. Salah satu contoh dari autentikasi biometrik adalah penggunaan pengenalan wajah dari pengguna. Salah satu dari algoritma yang menggunakan pengenalan wajah adalah MTCNN. MTCNN atau Multi-Task Cascaded Convolutional Network adalah perombakan dari gabungan model CNN dengan 3 lapisan jaringan yaitu P-Net, R-Net, O-Net yang menggunakan pengelompokan kandidat dan klasifikasi untuk mendapatkan hasil deteksi wajah yang efisien dan cepat. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan 10 orang dengan 5 kali percobaan pada 2 kondisi yaitu kondisi didalam ruangan dengan nilai lux antara 100 - 200 dan kondisi di luar ruangan dengan nilai lux diatas 160x10. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap sepuluh orang dengan lima kali percobaan maka dapat ditarik kesimpulan mengenai penerapan MTCNN untuk deteksi wajah adalah algoritma mtcnn memiliki tingkat akurasi sebesar 76% untuk keadaan di dalam ruangan dan 84% untuk keadaan di luar ruangan yang dipengaruhi oleh faktor pencahayaan yang dideteksi oleh lux meter, jarak kamera dengan pengguna, dan kemiringan dari wajah pengguna. Dan dari percobaan yang sama yang dilakukan terhadap sepuluh orang yang sama dengan lima kali percobaan, algoritma MTCNN memerlukan waktu 3.78224 detik untuk melakukan proses autentikasi di dalam ruangan dan 3.56268 detik untuk melakukan proses autentikasi di luar ruangan. Waktu proses pendeteksian dipengaruhi oleh faktor dari performa virtual machine yang digunakan.
Pengembangan Sistem Informasi Akademik Multiplatform pada SMA Islam Sabilurrosyad Malang Setiawan, Dimas; Ananta, Mahardeka Tri; Al Huda, Fais
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 7 No 8 (2023): Agustus 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMA Islam Sabilurrosyad atau biasa disebut Smaisga merupakan salah satu SMA yang ada di Kota Malang, tepatnya Jalan Raya Candi VI C No. 303, Kota Malang. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan Moh. Afif Amrullah, S.H.I selaku Kepala Sekolah. Ada beberapa kendala dalam pengelolaan administrasi akademik sehingga proses belajar mengajar kurang maksimal. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka dikembangkan sistem informasi akademik di sekolah tersebut. Sistem informasi akademik adalah suatu sistem yang dibangun untuk mengelola data-data sehingga memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik secara online. Sistem akademik tersebut akan dikembangkan menggunakan platform Android dan Web untuk mengakomodasi kebutuhan yang berbeda antara pihak sekolah dan orang tua. Sistem informasi akademik ini dikembangkan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Agile dengan menggunakan kerangka kerja Prototyping. Implementasi sistem ini menggunakan arsitektur client-server dengan Flutter sebagai client dan ExpressJS sebagai server. Hasil implementasi sistem ini diuji menggunakan Black Box dan System Usability Scale. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa sistem informasi yang dikembangkan dapat membantu pengelolaan akademik di SMA Islam Sabilurrosyad.
Analisis Sentimen Mengenai Kepuasan Pengguna terhadap Pelayanan Transportasi Minibus PT Mahkota Tria Wisata dengan menggunakan Metode Support Vector Machine Satria, Faisal; Putra, Widhy Hayuhardika Nugraha; Hanggara, Buce Trias
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 7 No 8 (2023): Agustus 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Transportasi menjadi salah satu potensi ekonomi dengan menyediakan jasa angkutan umum bagi pengguna dengan imbalan materi bagi penyedia jasa. Angkutan umum yaitu transportasi yang dapat dimanfaatkan penggunanya dan dipungut sejumlah bayaran sewa serta memiliki izin operasional. Angkutan umum terdiri dari: 1) Angkutan antar kota dari satu kota ke kota lain, yaitu Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP). Berkembangnya perusahaan penyedia jasa transportasi di Sumatera Barat, akan membuat masyarakat yang ingin menggunakan jasa transportasi tersebut membandingkan kualitas dan pelayanan yang akan diterima dari masing masing perusahaan. PT Mahkota Tria Wisata merupakan salah satu penyedia jasa transportasi antar provisi di Sumatera Barat. Untuk peningkatan pelayanan, PT Mahkota Tria Wisata melakukan survey kepuasan pada para penggunanya. Hasil survey tersebut dijadikan objek untuk analisis sentimen terhadap penelitian terkait. Proses analisis sentimen ini dilakukan dengan menerapkan algoritma Support Vector Machine untuk melakukan pengelompokan respon positif dan negatif. Penelitian ini menggunakan 100 respon yang terdiri dari 51 respon positif dan 49 respon negatif. Nilai accuracy, precision, recall, dan f1-score pada model machine learning ini secara berturut-turut adalah 67.5%, 66.21%, 71.36%, dan 67.87%. Nilai ini didapatkan dengan menggunakan parameter C sebesar 10, dan parameter max_iter sebesar 150.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 13 (2025): Publikasi Khusus Tahun 2025 Vol 9 No 11 (2025): November 2025 Vol 9 No 10 (2025): Oktober 2025 Vol 9 No 9 (2025): September 2025 Vol 9 No 8 (2025): Agustus 2025 Vol 9 No 7 (2025): Juli 2025 Vol 9 No 6 (2025): Juni 2025 Vol 9 No 5 (2025): Mei 2025 Vol 9 No 4 (2025): April 2025 Vol 9 No 3 (2025): Maret 2025 Vol 9 No 2 (2025): Februari 2025 Vol 9 No 1 (2025): Januari 2025 Vol 8 No 13 (2024): Publikasi Khusus Tahun 2024 Vol 8 No 10 (2024): Oktober 2024 Vol 8 No 9 (2024): September 2024 Vol 8 No 8 (2024): Agustus 2024 Vol 8 No 7 (2024): Juli 2024 Vol 8 No 6 (2024): Juni 2024 Vol 8 No 5 (2024): Mei 2024 Vol 8 No 4 (2024): April 2024 Vol 8 No 3 (2024): Maret 2024 Vol 8 No 2 (2024): Februari 2024 Vol 8 No 1 (2024): Januari 2024 Vol 7 No 13 (2023): Publikasi Khusus Tahun 2023 Vol 7 No 9 (2023): September 2023 Vol 7 No 8 (2023): Agustus 2023 Vol 7 No 7 (2023): Juli 2023 Vol 7 No 6 (2023): Juni 2023 Vol 7 No 5 (2023): Mei 2023 Vol 7 No 4 (2023): April 2023 Vol 7 No 3 (2023): Maret 2023 Vol 7 No 2 (2023): Februari 2023 Vol 7 No 1 (2023): Januari 2023 Vol 7 No 14 (2023): Antrian Publikasi Vol 6 No 13 (2022): Publikasi Khusus Tahun 2022 Vol 6 No 12 (2022): Desember 2022 Vol 6 No 11 (2022): November 2022 Vol 6 No 10 (2022): Oktober 2022 Vol 6 No 9 (2022): September 2022 Vol 6 No 8 (2022): Agustus 2022 Vol 6 No 7 (2022): Juli 2022 Vol 6 No 6 (2022): Juni 2022 Vol 6 No 5 (2022): Mei 2022 Vol 6 No 4 (2022): April 2022 Vol 6 No 3 (2022): Mei 2022 Vol 6 No 2 (2022): Februari 2022 Vol 6 No 1 (2022): Januari 2022 Vol 5 No 13 (2021): Publikasi Khusus Tahun 2021 Vol 5 No 12 (2021): Desember 2021 Vol 5 No 11 (2021): November 2021 Vol 5 No 10 (2021): Oktober 2021 Vol 5 No 9 (2021): September 2021 Vol 5 No 8 (2021): Agustus 2021 Vol 5 No 7 (2021): Juli 2021 Vol 5 No 6 (2021): Juni 2021 Vol 5 No 5 (2021): Mei 2021 Vol 5 No 4 (2021): April 2021 Vol 5 No 3 (2021): Maret 2021 Vol 5 No 2 (2021): Februari 2021 Vol 5 No 1 (2021): Januari 2021 Vol 5 No 13 (2021) Vol 4 No 13 (2020): Publikasi Khusus Tahun 2020 Vol 4 No 12 (2020): Desember 2020 Vol 4 No 11 (2020): November 2020 Vol 4 No 10 (2020): Oktober 2020 Vol 4 No 9 (2020): September 2020 Vol 4 No 8 (2020): Agustus 2020 Vol 4 No 7 (2020): Juli 2020 Vol 4 No 6 (2020): Juni 2020 Vol 4 No 5 (2020): Mei 2020 Vol 4 No 4 (2020): April 2020 Vol 4 No 3 (2020): Maret 2020 Vol 4 No 2 (2020): Februari 2020 Vol 4 No 1 (2020): Januari 2020 Vol 3 No 12 (2019): Desember 2019 Vol 3 No 11 (2019): November 2019 Vol 3 No 10 (2019): Oktober 2019 Vol 3 No 9 (2019): September 2019 Vol 3 No 8 (2019): Agustus 2019 Vol 3 No 7 (2019): Juli 2019 Vol 3 No 6 (2019): Juni 2019 Vol 3 No 5 (2019): Mei 2019 Vol 3 No 4 (2019): April 2019 Vol 3 No 3 (2019): Maret 2019 Vol 3 No 2 (2019): Februari 2019 Vol 3 No 1 (2019): Januari 2019 Vol 2 No 12 (2018): Desember 2018 Vol 2 No 11 (2018): November 2018 Vol 2 No 10 (2018): Oktober 2018 Vol 2 No 9 (2018): September 2018 Vol 2 No 8 (2018): Agustus 2018 Vol 2 No 7 (2018): Juli 2018 Vol 2 No 6 (2018): Juni 2018 Vol 2 No 5 (2018): Mei 2018 Vol 2 No 4 (2018): April 2018 Vol 2 No 3 (2018): Maret 2018 Vol 2 No 2 (2018): Februari 2018 Vol 2 No 1 (2018): Januari 2018 Vol 2 No 8 (2018) Vol 2 No 6 (2018) Vol 1 No 12 (2017): Desember 2017 Vol 1 No 11 (2017): November 2017 Vol 1 No 10 (2017): Oktober 2017 Vol 1 No 9 (2017): September 2017 Vol 1 No 8 (2017): Agustus 2017 Vol 1 No 7 (2017): Juli 2017 Vol 1 No 6 (2017): Juni 2017 Vol 1 No 5 (2017): Mei 2017 Vol 1 No 4 (2017): April 2017 Vol 1 No 3 (2017): Maret 2017 Vol 1 No 2 (2017): Februari 2017 Vol 1 No 1 (2017): Januari 2017 More Issue