UNM Journal of Biological Education
UNM Journal of Biological Education with p-ISSN 2581-1959 and e-ISSN 2581-1967 publishes the latest research into the biology teaching and learning, assessment of biology learning, development of biology teaching and learning strategy, development of biology teaching media. The journal aims to bridge the gap between research and practice, providing information, ideas and opinion, in addition to critical examinations of advances in biology teaching and learning research. Special emphasis is placed on research relevant to educational practices, guided by educational realities in systems, schools, colleges and universities. Articles that are theoretically informed and methodologically rigorous are welcomed. It is owned by The Graduate School of Universitas Negeri Makassar. It is published twice a year, March and September.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 7, No 2 (2024): Vol 7 No 2 Maret 2024"
:
10 Documents
clear
Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Kecamatan Manggala Kota Makassar
Puspitasari, Andi Ririn;
Daud, Firdaus;
Palennari, Muhiddin
UNM Journal of Biological Education Vol 7, No 2 (2024): Vol 7 No 2 Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35580/ujbe.v7i2.62980
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis ex-post facto yang bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri Kecamatan Manggala Kota makassar yang terdiri dari 4 sekolah. Sampel dari penelitian ini diambil dari populasi siswa dengan menggunakan simple random sampling sebanyak 160 orang dari jumlah populasi yang akan diteliti. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket kecerdasan emosional, motivasi belajar dan dokumentasi hasil belajar peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS Versi 25.0 for Windows. Berdasarkan pengujian hipotesis, hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan motivasi belajar berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri Kecamatan Manggala Kota Makassar.
Perbedaan Pemahaman Konsep Siswa melalui Pendekatan Saintifik dan STEM pada Topik Rekayasa Genetika
Latif, Rahmawati;
Muis, Abd.;
Azis, Andi Asmawati
UNM Journal of Biological Education Vol 7, No 2 (2024): Vol 7 No 2 Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35580/ujbe.v7i1.46858
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) yang bertujuan (i) mendeskripsikan pemahaman konsep melalui pendekatan saintifik pada topik rekayasa genetika; (ii) mendskripsikan pemahaman konsep melalui STEM pada topik rekayasa genetika; (iii) menganalisis perbedaan pemahaman konsep siswa melalui pendekatan saintifik dan STEM pada topik rekayasa genetika;. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII MIPA yang terdiri atas 7 rombongan belajar dan sampel yaitu kelas XII MIPA 1 dan kelas XII MIPA 4, pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes pilihan ganda untuk pemahaman konsep. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Pemahaman Konsep melalui Pendekatan Saintifik berada pada kategori sedan; (ii) Pemahaman Konsep melalui Pendekatan STEM berada pada kategori sedang; (iii) tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa melalui pendekatan saintifik dan STEM.
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan
Yusuf, Andi Yuni Kurnia;
Daud, Firdaus;
Bahri, Arsad;
Nahirah, Nahirah
UNM Journal of Biological Education Vol 7, No 2 (2024): Vol 7 No 2 Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35580/ujbe.v7i1.46999
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar materi perubahan lingkungan siswa kelas X SMA Negeri 2 Bone yang dibelajarkan dengan model Problem Besed Learning (PBL) dan Model Direct Instruction. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model PBL dan model DI. Sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Bone sebanyak 10 kelas dan sampel yang terpilih melalui teknik porposive sampling adalah siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 orang dan siswa kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar tes hasil belajar biologi berupa pretest dan postest. Data yang diperolah dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan perangkat SPSS. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis covariat (anacova) Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh taraf signifikasi 0,000 ≤ α = 0,05 sehinggga H1 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan.
Pengaruh Pengetahuan dan Sikap terhadap Sanitasi Lingkungan Peserta Didik SMPN di Kecamatan Liukang Tangaya Kabupaten Pangkep
Hayati, Nur;
Daud, Firdaus;
Bahri, Arsad;
Afni, Andi Nur
UNM Journal of Biological Education Vol 7, No 2 (2024): Vol 7 No 2 Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35580/ujbe.v7i1.47084
Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap sanitasi lingkungan peserta didik SMPN di Kecamatan Liukang Tangaya Kabupaten Pangkep. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMPN di Kecamatan Liukang Tangaya. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 168 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pengetahuan, angket sikap dan angket sanitasi lingkungan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pengetahuan (X1) dan sikap (X2) dan variabel terikatnya adalah sanitasi lingkungan (Y). Dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi pada pengetahuan 0,002 < α = 0,05, hal ini berarti terdapat pengaruh pengetahuan terhadap sanitasi lingkungan. Sama halnya dengan sikap, berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikasinya sebesar 0,007 < α = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengetahuan dan sikap berpengaruh terhadap sanitasi lingkungan.
Pengaruh Sikap Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA
Martiani, Andi;
Daud, Firdaus;
Palennari, Muhiddin
UNM Journal of Biological Education Vol 7, No 2 (2024): Vol 7 No 2 Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35580/ujbe.v7i2.62966
Penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung sikap belajar dan kemandirian belajar terhadap motivasi belajar, pengaruh langsung sikap belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar, serta menganalisis pengaruh tidak langsung sikap belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Sampel penelitian diambil sebanyak 114 siswa dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian adalah angket dan soal evaluasi untuk memperoleh skor sikap belajar, kemandirian belajar dan motivasi belajar. Sedangkan soal evaluasi digunakan untuk memperoleh nilai hasil belajar IPA. Data yang digunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan pengujian hipotesis hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap belajar dan kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, sikap belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap hasil belajar, kemandirian belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, serta sikap belajar dan kemandirian belajar berpengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Hal ini disebabkan karena, sikap belajar dan kemandirian belajar mempengaruhi motivasi belajar siswa untuk memperoleh hasil belajar yang baik secara langsung maupun tidak langsung.
Pengaruh Media Interaktif 3D terhadap Minat Belajar, Kemandirian Belajar, dan Pemahaman Konsep IPA Biologi Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 6 Bulukumba
Misrah, Misrah;
Palennari, Muhiddin;
Bahri, Arsad
UNM Journal of Biological Education Vol 7, No 2 (2024): Vol 7 No 2 Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35580/ujbe.v7i2.62978
This study is a quasi-experimental research that aims to examine the influence of 3D interactive media on learning interest, independent learning, and conceptual understanding of grade VIII at SMPN 6 Bulukumba. The research population were grade VIII students at SMPN 6 Bulukumba for the 2022/2023 academic year with a total of 50 students. Samples were taken by employing purposive sampling technique. Data collecting employed questionnaire and test techniques. Data on learning interest and independent learning were collected by using a questionnaire and understanding the material was collected by using multiple choice test. Data were analyzed by using descriptive analysis and inferential analysis. The results of the hypothesis test using the ANACOVA test (Analysis of Covariance) show that the significance value of learning interest is sig < α = 0.05 or 0.001 < α = 0.05, which means H1 is accepted. Likewise, the learning independence sig < α = 0.05 or 0.001 < α = 0.05, which means H1 is accepted. As well as material understanding sig < α = 0.05 or 0.001 < α = 0.05, which means H1 is accepted. Based on these test criteria, it can be concluded that there is an influence of 3D interactive media on learning interest, independent learning, and conceptual understanding of grade VIII at SMPN 6 Bulukumba.
Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan Makanan
Tonji, Aswarini;
Azis, Andi Asmawati;
Arsyad, Muhammad;
Bahri, Arsad
UNM Journal of Biological Education Vol 7, No 2 (2024): Vol 7 No 2 Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35580/ujbe.v7i1.47943
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar biologi peserta didik pada materi sistem pencernaan makanan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran berdiferensiasi sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar biologi peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI yang belajar mata pelajaran biologi sebanyak 9 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas XI Alfred Nobel sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 30 orang dan kelas XI Aristoteles sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 30 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Analisis of Covarian (Ancova). Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial untuk data hasil belajar diperoleh nilai signifikansi 0,029 lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Takalar pada materi sistem pencernaan makanan.
Pengaruh Model Pembelajaran Peer Mediated Instruction and Intervention Tipe Class Wide Peer Tutoring (CWPT) terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IX di MTSN 1 Bone
Surianty, Surianty;
Azis, Andi Asmawati;
Arsyad, Muhammad
UNM Journal of Biological Education Vol 7, No 2 (2024): Vol 7 No 2 Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35580/ujbe.v7i1.46973
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran CWPT kelas VIII di MTsN 1 Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik dengan pembelajaran CWPT dan pembelajaran STAD serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CWPT terhadap motivasi belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 1 Bone tahun pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan angket motivasi belajar. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil pengujian Hipotesis dengan menggunakan uji ANCOVA (Analysis of Covariance) bahwa nilai Signifikansi pada kelas CWPT dan kelas STAD menunjukkan motivasi belajar sig 0,001, dengan besar pengaruh 57,9%. Berdasarkan kriteria pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran CWPT peserta didik di MTsN 1 Bone.
Pengaruh Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 8 Pangkep
Jufri, Muhammad;
Bahri, Arsad;
Palennari, Muhiddin
UNM Journal of Biological Education Vol 7, No 2 (2024): Vol 7 No 2 Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35580/ujbe.v7i2.62969
Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan esmosional, efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMAN 8 Pangkep pada tahun pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa jurusan IPA SMAN 8 pangkep yang terdiri dari 124 orang siswa. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu sampel total dengan jumlah sampel sebanyak 124 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner (angket) dan tes. Kuesioner (angket) digunakan untuk memperoleh data kecerdasan emosional, data efikasi diri dan data motivasi belajar, sedangkan Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar biologi siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar biologi siswa dengan kontribusi 13,2%, (ii) Terdapat pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar biologi siswa dengan kontribusi 7%, (iii) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa dengan kontribusi 9,7%, (iv) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional, efikasi diri dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa dengan kontibusi 14,4%.
Pengaruh Pembelajaran Biologi Berorientasi Science, Technology, Enginering, Mathematics (STEM) terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Persepsi Siswa Kelas XII MIPA SMAN 6 Takalar
Halfainah, Sitti;
Muis, Abd.;
Arsyad, Muhammad
UNM Journal of Biological Education Vol 7, No 2 (2024): Vol 7 No 2 Maret 2024
Publisher : Universitas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35580/ujbe.v7i2.62973
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan kolaborasi siswa mengenai pembelajaran Biologi berorientasi STEM kelas XII MIPA di SMAN 6 Takalar, (2) mendeskripsikan persepsi siswa mengenai pembelajaran Biologi berorientasi STEM kelas XII MIPA di SMAN 6 Takalar (3) menganalisis pengaruh pembelajaran Biologi berorientasi STEM terhadap keterampilan kolaborasi siswa kelas XII di SMAN 6 Takalar, (4) menganalisis pengaruh pembelajaran Biologi berorientasi STEM terhadap persepsi siswa kelas XII MIPA di SMAN 6 Takalar. Desain penelitian ini berupa Non-equivalent Control Group Design dengan populasi terdiri dari siswa kelas XII MIPA 1 dan XII MIPA 2 semester 2 SMAN 6 Takalar Tahun Ajaran 2022-2023 pada materi Bioteknologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keterampilan kolaborasi siswa dengan skor rata-rata 113,61 berada pada kategori sedang, (2) persepsi siswa ada 125,27 berada di kategori sedang, (3) uji Independent Sample t-Test dan hasilnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran Biologi berorientasi STEM terhadap keterampilan kolaborasi dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 dan (4) uji Independent Sample t-Test dan hasilnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran Biologi berorientasi STEM terhadap persepsi siswa dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Biologi berorientasi STEM terhadap keterampilan kolaborasi dan persepsi siswa. Berdasarkan hasil tersebut, maka pembelajaran Biologi berorientasi STEM dapat digunakan dalam rangka meningkatkan keterampilan kolaborasi dan memberikan persepsi positif pada siswa.