cover
Contact Name
Akhyar Anshori
Contact Email
akhyaransori@umsu.ac.id
Phone
+6282277000285
Journal Mail Official
jurnalinteraksi@umsu.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSU Gedung C Jalan Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
urnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 25806955     DOI : https://doi.org/10.30596/interaksi
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APIK PTM) yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli. Terbit pertama kali pada bulan Januari 2017.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi" : 15 Documents clear
Komunikasi Kelompok dalam Pemberdayaan Pelaku Sapi Sonok di Kabupaten Pamekasan Virdaus, Safira Uzma Putri; Kurniawan, Rio
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v8i1.17027

Abstract

Sapi sonok yang bisa diartikan sebagai kegiatan merias sapi hingga secantik mungkin dan sapi yang digunakan tentunya sapi berjenis kelamin betina. Budaya ini sudah berjalan selama puluhan tahun di berbagai daerah madura salah satunya adalah Kab. Pamekasan namun sekitar tahun 1997  terjadi kericuhan yang mengakibatkan sapi sonok di ilegalkan oleh pemerintah Kab. Pamekasan. Dengan demikian, munculah seseorang yang menjadi inisator untuk merubah sapi sonok yang awalnya dilombakan menjadi kontes yang akhirnya terbentuk suatu paguyuban sapi sonok yang diketuai sang motivator dengan visi menjaga kearifan lokal, menjalin silaturahmi dan kepentingan bisnis. Penelitian ini dilakukan melalui metode penelitian kualitatif dengan teknik studi kasus, dimana fokus kepada informasi yang sesuai dengan kondisi yang dialami oleh narasumber selaku subjek penelitian. Teori yang digunakan adalah teori mengenai komunikasi kelompok kerja dalam suatu kelompok budaya yang diusung oleh oetzel yaitu Effective Intercurtural Workgroup Communication dengan paradigma teori sistem. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bagaimana  pemberdayaan masyarakat dapat menghasilkan output yang bermanfaat untuk mempermudah paguyuban sapi sonok se Madura, dalam kajian komunikasi kelompok maka kelompok tersebut dapat memenuhi kebutuhan anggotanya.
Analisis Resepsi Penonton Terhadap Makna Normalisasi Pelecehan Seksual pada Film Dear David Octavia, Rhesma; Yuwono, Andri Prasetyo
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v8i1.14608

Abstract

Film merupakan bagian dalam komunikasi massa yang tugasnya mengirim dan menerima pesan dan biasanya berisi gambaran realitas sosial. Penelitian ini terkait khalayak aktif dalam memaknai media (film) sehingga tentunya masing-masing khalayak akan mempunyai makna dan persepsi yang berbeda-beda. Film Dear David merupakan film drama fantasi romantis remaja yang mengusung tema isu anak remaja salah satunya berupa pelecehan seksual, terjadi kontroversional sejak rilisnya film ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui resepsi penonton terhadap makna normalisasi pelecehan seksual. Pemahaman bagaimana khalayak menafsirkan isi teks media. Penelitian ini memilih analisis resepsi milik S. Hall model encoding dan decoding dengan teori pendukung uses and effect. Hasil penelitian menunjukan dari lima scene dalam film Dear David yang mengarah kepada seksualitas, empat scene didominasi oleh dominant hegemonic position, sedangkan satu scene terakhir didominasi oleh opposition position. Penelitian ini menghasilkan dua sisi pada khalayak, pertama sisi positif berupa ajaran untuk bertanggung jawab atas diri sendiri, dapat bersikap berani atas keadilan, jujur, peran orang tua dalam menghadapi masalah anak, menjaga privasi dan meminta maaf apabila salah. Sedangkan sisi negatif dari film ini dapat memunculkan sikap normalisasi terhadap pelecehan seksual untuk generasi muda dengan catatan jika penonton tersebut tidak dapat menangkap pesan baiknya.
Peran Humas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton dalam Mengkampanyekan Slogan “Moderasi Beragama” Pangibi, Abdul Azis; Suherman, Ansar; Hidayatullah, Muhammad
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v8i1.15596

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki pluralitas keagamaan. Oleh karena itu Perlu adanya elemen yang dapat mengkampanyekan slogan moderasi beragama agar kerukunan keberagaman agama dapat terjalin dengan baik. Dalam hal ini Indonesia memiliki Kementerian Agama yang menaungi urusan-urusan keagamaan. Dalam mengkampanyekan slogan moderasi beragama, perlu adanya peran humas Kantor Kementerian Agama agar kampanye moderasi beragama dapat terencana dengan baik. Kantor Kementerian Agama juga ikut serta dalam mengkampanyekan slogan moderasi beragama. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran humas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton dalam mengkampanyekan slogan moderasi beragama. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengkampanyekan slogan moderasi beragama, Humas Kantor Kementerian Agama menggunakan dua peran utama, yakni sebagai manajer dan teknisi. Dengan menggunakan dua peran tersebut, Humas Kantor Kementerian Agama dapat mengkampanyekan slogan moderasi beragama dengan baik. Namun terdapat beberapa hambatan yakni kurangnya koordinasi antara humas dengan bagian lain dan tersuspendnya website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton. Namun hambatan tersebut dapat diatasi dengan saling berkoordinasi dengan kolaborasi. 
Pengaruh Konten Media Sosial Instagram @Internship_ddbtelkom Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa di Kota Bandung Ilhami, Hana; Sudradjat, Ratih Hasanah
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v8i1.13704

Abstract

Media sosial Instagram saat ini bukan hanya digunakan untuk membagikan foto dan video. Saat ini Instagram dapat digunakan sebagai media untuk membagikan informasi. Melalui Instagram khalayak tidak perlu membuka portallberita melalui website karena semua berita bisa di dapatkan melalui satu platform yakni Instagram.dengan begitu instagram memudahkan para penggunanya untuk saling berbagi informasi kepada pengguna lainnnya, salah satu perusahaan BUMN yaitu Telkom Indonesia khususnya departemen Direktorat Digital Business memanfaatkan sosial media sebagai platform informasi seputar magang. Dilakukannya penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten media sosial Instagram @internship_ddbtelkom terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa di kota Bandung. jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuisioner melalui instastory dan WAG. Mahasiswa aktif di kota Bandung adalah populasi pada penelitian ini. Pada penelitian ini teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji normalitas, ujiiheterokedastisitas, uji regresiisederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis T. berdasarkan hasil penelitian yang telah di uji memperoleh hasil bahwa variabel x yaitu konten media sosial diperolehhhasil yang signifikan positif terhadap variabel y yaitu kebutuhan informasi, variabel konten media sosial memberikan pengaruh sebesar 85,6% terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa di kota Bandung, sementara itu sisanya sebesar 14,4% merupakan faktor yang tidak diteliti oleh peneliti padaapenelitian ini.Kata Kunci: Konten, Media Sosial, Instagram, Kebutuhan Informasi
Pemanfaatan Instagram @halal.indonesia dalam Meningkatkan Brand Awareness Lembaga Sertifikasi Halal maghfiroh, deva fahira; Ekantoro, Julyanto; Fadeli, Muhammad
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v8i1.16914

Abstract

AbstractSince the mandate of Law No. 33 of 2014 concerning Halal Product Assurance indicates that the Halal Product Assurance Organizing Agency (BPJPH) has a new role as the Halal Certification Organizing Agency, previously this authority was held by the Indonesian Ulema Council (MUI). In the process of implementing this information on the transfer of authority, the whole community did not understand this. As a public relations officer, BPJPH must make efforts to increase BPJPH's brand awareness as a halal certification body, one of which is to use Instagram media. The research method used is using a qualitative descriptive research method. The results of this study state that BPJPH's public relations efforts through Instagram are through logos, content, and collaboration. In addition, Instagram features have been utilized including Reels, Comments, Captions, Feeds, Hastags, Instagram Stories, Highlight Stories, Live Instagram, Pin Feeds, and also Instagram Ads. However, there are still a number of features that have not been utilized optimally, such as the live feature and also comments, which have not been explored extensively in their use, so that misinformation often occurs in the field.Keywords: public relations, brand awareness, Instagram, Halal CertificationAbstrakSejak diamanatkanya UU No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal mengisyaratkan bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) memegang peran baru sebagai Lembaga penyelenggara sertifikasi halal yang sebelumnya wewenang ini dipegang oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam proses penyelenggaraanya informasi pemindahan kewenangan ini tidak dipahami oleh seluruh masyarakat, hal ini sebagai humas dari BPJPH harus berupaya dalam meningkatkan brand awareness BPJPH sebagai Lembaga sertifikasi halal, salah satunya memanfaatkan media instagram. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan upaya humas BPJPH melalui instagram adalah melalui logo, konten, dan juga kolaborasi, selain itu Fitur-fitur instagram telah dimanfaatkan diantaranya Reels, Komentar, caption, Feed, Hastag, Instagram stories, Highlight Stories, Live Instagram, Pin Feed, dan juga Instagram Ads. Namun, masih ada beberapa fitur yang belum dimanfaatkan secara optimal seperti halnya fitur live dan juga komentar yang masih belum banyak dieksplore secara dalam pengunaanya sehingga masih sering terjadi miss informasi dilapangan.Kata kunci : humas, brand awareness, instagram, Sertifikasi Halal
Strategi Cyber Public Relations KPw Bank Indonesia Provinsi NTT Dalam Mensosialisasikan Tagline Cinta, Bangga dan Paham Rupiah Edon, Joan Imanuel; Daga, Lukas Lebi; Tuhana, Veki Edizon
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v8i1.14718

Abstract

Strategi cyber public relations menjadi bagian dari tuntutan praktisi PR menyesuaikan diri dengan perkembangan digitalisasi dan memanfaatkan new media. Dalam mensosialisasikan tagline Cinta, Bangga dan Paham Rupiah KPw Bank Indonesia Provinsi NTT memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi cyber public relations KPw Bank Indonesia Provinsi NTT dalam mensosialisasikan tagline Cinta, Bangga dan Paham Rupiah melalui 4 tahapan strategi public relations menurut Cutlip dan Center yakni dari tahap penemuan masalah (defining public relations problems), tahap perencanaan dan pemograman (planning and programming), tahap pelaksanaan program dan pengkomunikasian (action and communicating) hingga tahap evalusasi (evaluating), kemudian tujuan lainnya untuk mengetahui motif penggunaan strategi tersebut dan  ditemukan ada 3 motif utama yakni membuat konten sosialisasi secara berkelanjutan, menjangkau lebih banyak masyarakat dan menyesuaikan diri dengan digitalisasi. Penelitian ini menggunakan analisis media siber pada akun Instagram @bank_indonesia_ntt yang terdiri dari ruang media, dokumen media, objek media, serta yang terakhir pengalaman.
Motif Pembelian dan Word of Mouth pada Konsumen Produk Skincare Lokal Organik Saphira, Annisa Putri; mayangsari, ira dwi
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v8i1.14443

Abstract

Tren meningkatnya kepedulian konsumen terhadap lingkungan dan kesadaran untuk meningkatkan kualitas kesehatan memunculkan banyak produk kecantikan berbahan dasar organik dari berbagai merek. Konsumen mempertimbangkan motif rasional dan motif emosional dalam menggunakan skincare organik. Studi ini menggunakan metode mix method untuk mengeksplorasi motif rasional dan emosional dalam memilih produk skincare organic melalui online survey terhadap 101 responden dan wawancara dengan 10 informan.  Hasil penelitian memperlihatkan  responden memberi perhatian pada variabel motif rasional sebesar 84,57% dan 81,14% pada motif emosional. Selain itu, hasil wawancara mengungkap word of mouth melalui kerabat, influencers, iklan, sosial media, dan juga kampanye sosial menjadi perhatian konsumen.
Representasi Sosio Nasionalisme Indonesia di Film The East Ardiansyah, Adam; Kusuma, Arif Surya
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v8i1.15297

Abstract

jurnal berisi tentang analisa semiotika rolandbarthes tentang bagaimana representasi sosio nasionalisme indonesia di dalam film the east
Pengaruh Media Sosial Instagram @jaklingkoindonesia terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pengguna Jaklingko Azzahra, Cut Afra; Dianita, Indria Angga
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v8i1.14819

Abstract

Media sosial instagram merupakan aplikasi yang digunakan untuk memberikan informasi dan melakukan komunikasi dua arah dengan sesama pengguna. Terdapat fitur-fitur yang dapat digunakan pada media sosial Instagram diantaranya adalah hashtag, geotag, follow, share, like, komentar dan mention. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur berapa besar pengaruh penggunaan media sosial Instagram @Jaklingkoindonesia terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pengguna Jaklingko di DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji koefisien korelasi, uji koefiesien determinasi dan analisis regresi linear sederhana. Hasil uji koefisien korelasi sebesar 0,884 sehingga dapat disimpulkan variabel media sosial Instagram dan variabel kebutuhan informasi memiliki hubungan yang sangat kuat. Selain itu ditemukan adanya besaran pengaruh variabel media sosial Instagram @jaklingkoindonesia terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pengguna Jaklingko adalah 78,2% sedangkan 21,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Analisis regresi linear sederhana memberikan hasil yaitu setiap kenaikan satu satuan pada variabel Instagram @jaklingkoindonesia akan memberikan pengaruh kenaikan sebesar 0.486 pada variabel kebutuhan informasi pengguna Jaklingko. Dibuktikan melalui penelitian ini bahwa variabel X yaitu media sosial Instagram @jaklingkoindonesia memperoleh hasil signifikan positif terhadap variabel Y yaitu kebutuhan informasi pengguna Jaklingko. 
Komunikasi Verbal Non-Verbal Guru dan Orang Tua Pada Anak Tunarungu di SLB Negeri Semarang Arlisya, Fatihah Adinda; Putri, Puri Kusuma Dwi
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v8i1.14986

Abstract

Anak tunarungu merupakan bagian dari anak berkebutuhan khusus (ABK) yang dalam perkembangannya mengalami hambatan berkomunikasi dalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini dilakukan di SLB Negeri Semarang dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru menggunakan komunikasi secara verbal dan non-verbal pada anak tunarungu saat melakukan proses pembelajaran di sekolah. Komunikasi verbal non-verbal guru dan orang tua pada anak tunarungu di SLB Negeri Semarang ini dikaji melalui analisis kualitatif deskriptif dan menggunakan teori komunikasi verbal dan non-verbal. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan turun langsung ke lapangan dan melakukan Teknik wawancara dan observasi di SLB Negeri Semarang. Informan dalam penelitian berjumlah 6 orang, yang terdiri dari 3 guru anak tunarungu dan 3 orang tua anak tunarungu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan oleh guru dan orang tua pada anak tunarungu pada saat proses pembelajaran adalah komunikasi verbal dan non-verbal. Karena saat berkomunikasi dengan anak tunarungu, komunikasi verbal dan non-verbal sangat dibutuhkan. Anak tunarungu memiliki hambatan dalam berlisan, maka dari itu jika hanya menggunakan komunikasi verbal saja tidak cukup bagi anak tunarungu untuk langsung memahami apa yang lawan bicaranya katakan. Anak tunarungu akan cenderung lebih sering menggunakan gestur tubuh diiringi dengan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan guru dan orang tua.

Page 1 of 2 | Total Record : 15