cover
Contact Name
Akhyar Anshori
Contact Email
akhyaransori@umsu.ac.id
Phone
+6282277000285
Journal Mail Official
jurnalinteraksi@umsu.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSU Gedung C Jalan Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
urnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 25806955     DOI : https://doi.org/10.30596/interaksi
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APIK PTM) yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli. Terbit pertama kali pada bulan Januari 2017.
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi" : 24 Documents clear
Media Baru dan Kreatifitas dalam Dunia Digital (Sebuah Analisis Wacana) Suherman, Ansar; Hasrullah, Hasrullah; Cangara, Hafied; Karnay, Sudirman
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 2 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v8i2.19313

Abstract

Proses kemajuan dalam teknologi komunikasi dan digitalisasi pengiriman ulang telah muncul sebagai dua prinsip dasar yang mendominasi di "era informasi". Kemunculan teknologi digital telah mengubah prosedur pelaporan secara signifikan dengan memungkinkan konversi dan penyebaran berbagai bentuk informasi. Email, forum diskusi online, blog, dan situs jejaring sosial telah menjadi alat yang sangat diperlukan oleh para jurnalis di Internet dalam melaporkan dan menyebarkan berita. Selain itu, media berita juga telah memanfaatkan teknologi haptic, wearable, dan pencitraan digital 3D. Penelitian ini mengeksplorasi konsep jurnalisme inovasi dan penerapannya pada metodologi pelaporan digital. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses transformasi digital dalam industri media. Jurnalis sering kali mendapatkan keuntungan dari adopsi alat teknologi baru dan canggih karena perubahan signifikan dalam metode pembuatan dan penyebaran berita belakangan ini. Kemajuan teknologi komunikasi dan seluler telah mempercepat evolusi pelaporan. Hal ini menyebabkan munculnya bentuk-bentuk pelaporan baru, seperti jurnalisme inovasi, yang disesuaikan dengan era media baru.
Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Human Relations Studi Kasus PT Mumtaz Ceria Edukasi Nazila, Meli Firdausi
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 2 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v8i2.18751

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi penerapan prinsip-prinsip human relations pada PT Mumtaz Ceria Edukasi, Brebes, Jawa Tengah. Hal ini dapat mencerminkan bagaimana komunikasi organisasi terjalin pada perusahaan tersebut. Pendekatan penelitian secara kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam pada key informan yaitu pemimpin sekaligus pemilik perusahaan dan HRD Generalist. Teori yang digunakan adalah teori hubungan antar manusia oleh Elton Mayo dan prinsip-prinsip human relations oleh Keith Devis. Hasilnya dari delapan prinsip human relations terdapat satu prinsip yang belum optimal. Pada prinsip identitas lokal (local identity), pegawai belum sepenuhnya mendapatkan kepuasan kerja karena tidak mencapai target pekerjaan. Hal ini disebabkan individu kurang mendalami peran pekerjaannya. Tujuh prinsip lain yang terlaksana dengan baik adalah kepentingan individu,  saling menerima, kepentingan bersama, keterbukaan komunikasi, partisipasi pegawai, keputusan lokal , dan standar moral yang tinggi. Simpulan dari penelitian adalah pelaksanaan komunikasi organisasi yang tercermin dalam penerapan prinsip-prinsip human relations tersebut menjadi langkah utama untuk pimpinan dan HRD untuk membangun hubungan yang baik antar individu perusahaan.Kata kunci: Prinsip-Prinsip Human Relations, Komunikasi, Organisasi
Representasi Bullying Dalam Film Animasi Jepang ‘A Silent Voice’ Ramadhani, Fathanah Tri; Alfando, Johantan; Sary, Kezia Arum; Rifayanti, Rina; Nurliah, Nurliah
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 2 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v8i2.17300

Abstract

Penelitian ini meneliti representasi bullying dalam film animasi Jepang 'A Silent Voice.' Penelitian yang dilakukan menggunakan analisis semiotika, khususnya pendekatan Roland Barthes, untuk mengkaji representasi film tentang bullying. Pendahuluan memfokuskan prevalensi penindasan di masyarakat kontemporer, menekankan dampaknya terhadap kesehatan fisik dan mental korban. Studi ini mengacu pada penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa film dapat menjadi media yang efektif dalam mengatasi dan mengurangi perilaku bullying. Bagian metodologi menguraikan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis datanya meliputi analisis semiotika dengan menggunakan kerangka Roland Barthes, dengan fokus pada aspek denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil dan pembahasan memperlihatkan adegan-adegan dari film, menganalisis representasi bullying secara verbal, fisik, dan mental. Setiap adegan didekonstruksi melalui lensa denotatif dan konotatif, mengungkap lapisan makna dan mitos yang mendasari perilaku tersebut. Kesimpulannya mengumpulkan temuan-temuan, menekankan potensi film untuk merepresentasikan bullying melalui pendekatan representasi reflektif, intensional, dan konstruksionis, sesuai dengan teori representasi Stuart Hall. Studi ini membantu untuk memahami bagaimana film, seperti 'A Silent Voice,' dapat menggambarkan dan mengatasi masalah sosial seperti bullying.
Komunikasi Pemasaran melalui Storytelling Media Sosial Instagram Live Klinik Kopi Yogyakarta Putri, Nabila Cahyani; Christin, Maylanny
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 2 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v8i2.19747

Abstract

Dengan perkembangan dunia bisnis yang semakin meningkat, fenomena coffee shop menjadi salah satu industri bisnis yang menuai banyak pesaing. Dengan berbagai teknik melalui adanya storytelling menjadi suatu  pendekatan  dalam  pemasaran.  Salah  satu  industri  bisnis  pada  bidang  coffee  shop  yang  menuai konsep storytelling yaitu Klinik Kopi. Hal ini dapat digunakan sebagai pemasaran digital dengan bantuan media sosial Instagram live yang menjadi tolak ukur guna mampu  membantu penjualan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi bagaimana komunikasi pemasaran berbasis storytelling yang digunakan oleh  Klinik  Kopi  dalam  mengembangkan  bisnisnya  melalui  media  sosial  Instagram  live.  Penelitian  ini dilakukan  dengan  menggunakan  metode  kualitatif  di  mana  informasi  dikumpulkan  melalui  wawancara, observasi  dan  dokumentasi  kepada  informan  yang  dipilih.  Hasil  penelitian ini memaparkan  komunikasi pemasaran  yang  dilakukan  melalui  teknik  storytelling  menggunakan  media  Instagram  live  oleh  Klinik Kopi yang dikaitkan dengan teori yang digunakan.
Pemanfaatan Akun TikTok @pemkabbantul dalam Penyebaran Informasi Publik Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul Nurrochman, Humam; Urfan, Noveri Faikar
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 2 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

TikTok telah berkembang menjadi platform media sosial yang tidak hanya digunakan untuk hiburan, tetapi juga dapat digunakan untuk menyebarkan informasi kepada publik. Salah satu instansi pemerintah yaitu Diskominfo Kabupaten Bantul memanfaatkan media sosial TikTok sebagai platform untuk menyebarkan informasi publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial TikTok yang digunakan Diskominfo kabupaten Bantul dalam menyebarkan informasi publik melalui akun TikTok @pemkabbantul. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif dengan mengunakan teori pendekatan (uses and gratifications), teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data ini mengunakan teori Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tersebut terbagi menjadi dua diantaranya, motif hiburan dan motif informasi. Hasil penelitian menunjukan media sosial TikTok dapat menjadi alat yang efektif dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dengan cara yang lebih modern dan menarik. Hal ini pengguna sudah mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan melalui akun TikTok @pemkabbantul, meliputi berita lokal dari pemerintah Kabupaten Bantul. Pemanfaatan dilakukan dengan mengoptimalkan penggunaan media sosial TikTok sebagai bentuk strategi komunikasi diantaranya dengan mengikuti tren yang ada di TikTok dan memastikan konten tidak mengandung unsur SARA. Mengunakan konten yang menarik. Memanfaatkan iklan TikTok atau TikTok Ads, Hal tersebut memungkinkan dapat mencapai jangkauan luas termasuk di kabupaten Bantul dan wilayah lainnya.
Kestabilan Identitas Komunikasi Pekerja Seks Komersial (PSK) Waria Jakarta Fadilha, Art Zahra Tzendra Semesta; Ramadhana, Maulana Rezi; Priastuty, Chairunnisa Widya
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 2 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v8i2.20488

Abstract

Waria atau wanita-pria adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk merujuk kepada transgender atau transpuan. Indonesia memiliki populasi waria yang cukup signifikan, dengan salah satu konsentrasi tertinggi di Kawasan Duri Selatan, Jakarta Barat, terutama di Kampung Duri. Penelitian ini menginvestigasi bagaimana Pekerja Seks Komersial (PSK) waria menggunakan identitas dalam kehidupan sosial dan pribadinya, melibatkan proses negosiasi identitas yang mempengaruhi cara mereka berkomunikasi dan membentuk identitas sosial mereka. Studi ini mengadopsi teori Negotiation Identity oleh Stella Ting Toomey. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana PSK waria di Jakarta mengelola identitas mereka sebagai suatu proses negosiasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, melibatkan wawancara mendalam dan observasi terhadap 4 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PSK di Kampung Duri melakukan berbagai strategi negosiasi identitas seperti perubahan nama, pakaian, dan penampilan untuk mencerminkan identitas mereka yang sesungguhnya. PSK waria sering menghadapi diskriminasi dan kekerasan verbal serta non-verbal yang membatasi interaksi informan dengan masyarakat. Terkadang, eksistensi informan bahkan dapat menyebabkan pengusiran paksa dari komunitas. Para informan juga mengalami kesulitan akses terhadap layanan masyarakat dan medis serta sering mengalami stigma dalam upaya mencari bantuan.
Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Wonosobo melalui Instagram @disparbudwonosobo dalam Mempromosikan Pariwisata Aditia, Trisna; Urfan, Noveri Faikar
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 2 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v8i2.19688

Abstract

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo adalah institusi pemerintah yang mempunyai tugas dan tanggung jawab memperkenalkan destinasi pariwisata daerah Wonosobo. Salah satu paya yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo menggunakan platform media sosial Instagram dengan akun @disparbudwonosobo. Strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan adalah bauran komunikasi pemasaran menggunakan Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami cara strategi komunikasi Instagram diimplementasikan melalui platform Peneliti menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui wawancara dan pengamatan. Proses analisis data mengadopsi metode analisis data versi Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, analisis data dan verifikasi data. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan melalui Instagram melibatkan unsur-unsur berupa bauran komunikasi pemasaran. Dalam menerapkan strategi komunikasi pemasaran untuk memperoleh data, menentukan promosi, dan publikasi dengan memanfaatkan media sosial Instagram.
Pengaruh Celebrity Endorser JKT48 Terhadap Interaksi Hiperpersonal Pengikut Instagram Erigo Viadi, Crista; Aji, Imanuel Deny Krisna
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 2 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v8i2.18968

Abstract

Erigo is a fashion item brand that originates and is produced by local entrepreneurs. With advances in marketing communications in Indonesia, Erigo uses a marketing communications strategy by collaborating with JKT48 as a celebrity endorser. In this practice, business owners invite celebrities to use their products and publicize the experience on social media. This practice succeeded in attracting the attention of consumers so that it became a trend among society to use celebrity endorsers. This research aims to determine the influence of JKT48 celebrity endorsers on the hyperpersonal interactions of Erigo Instagram followers. This research was carried out using a descriptive quantitative method based on a causality hypothesis (cause and effect relationship). Overall 100 respondents participated as samples in this research. The results of this research show that JKT48 celebrity endorsers are able to influence the hyperpersonal interactions of followers of the @erigostore account
Pengaruh Media Sosial Instagram @Mokagarut terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pariwisata Kabupaten Garut Chodijah, Ica Siti; Putri, Yuliani Rachma
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 2 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v8i2.20018

Abstract

Pemenuhan kebutuhan informasi adalah suatu kebutuhan yang diperlukan oleh manusia yang dapat diperoleh dengan mudah menggunakan media sosial Instagram, hal tersebut yang digunakan oleh paguyuban mojang jajaka sebuah organisasi sebagai media informasi untuk memenuhi kebutuhan khalayak. Mojang jajaka sebagai mempresentasikan orang garut atau generasi muda panutan untuk menginformasikan pariwisata yang ada pada Kabupaten Garut. Kabupaten Garut disebut sebagai “Swiss of Java” dengan wilayah yang masih asri dengan pegunungan sehingga suasana alam masih melekat pada kota ini. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial instagram @mokagarut dalam pemenuhan kebutuhan informasi pariwisata Kabupaten Garut. Penelitian ini memiliki tujuan bahwa media sosial @mokagarut yang merupakan representasi dari informasi pariwisata di Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan berupa kuantitatif, dengan melakukan penyebaran kuesioner menggunakan google form dan observasi melalui Instagram @mokagarut. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi analisis deskriptif, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji regresi sederhana, uji koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis yang dalam proses analisis datanya dilakukan melalui SPSS IBM versi 29. Berdasarkan hasil analisis data, maka media sosial Instagram (X) memiliki pengaruh secara signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi (Y) sebesar 86,7% sedangkan 13,3% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.Kata Kunci: komunikasi pariwisata, media sosial Instagram, pemenuhan kebutuhan informasi 
Nilai Perjuangan Seorang Ibu dalam Film ‘Air Mata di Ujung Sajadah’ Karya Key Mangunsong Hasan, Teuku Muhammad Farras Ardiansyah; Hariyati, Farida; Tiara, Andys
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8, No 2 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v8i2.19518

Abstract

Film merupakan salah satu media yang dapat menyampaikan berbagai informasi dan pesan di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk perjuangan seorang Ibu yang terdapat pada film ‘Air Mata di Ujung Sajadah’ yang menjadi film box office. Penelitian ini menggunakan teori perjuangan oleh Joyomartono yang mencakup sebanyak enam poin nilai-nilai perjuangan; nilai rela berkorban, persatuan, menghargai, sabar, semangat pantang menyerah dan kerja sama dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta metode penelitian analisis isi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa indikator nilai perjuangan yang dominan pada film ini yaitu nilai persatuan.

Page 1 of 3 | Total Record : 24