cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara
Published by Universitas Galuh
ISSN : 23562269     EISSN : 26142945     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmiah Dinamika merupakan media publikasi Karya Tulis Ilmiah di bidang Ilmu Administrasi Negara yang berada di lingkungan Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Galuh dengan ISSN: 2356-2269 (Print) dan eISSN: 2614-2945 (Online) yang mempublikasikan hasil penelitian mahasiswa dan dosen, dengan fokus kajian Ilmu Administrasi Negara. Jurnal ini terbit setiap tiga bulan sekali, yaitu: Maret, Juni, September, dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2025): Dinamika" : 25 Documents clear
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SEKOLAH DASAR (SD) DI KECAMATAN PRAYA BARAT Wengga, Nefan Satria Fajar; Cholifihani, Muhammad; Rustanto, Agung Edi; Wicaksana, Harits Hijrah; Putra Lodong, Agung Panglima
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 12, No 2 (2025): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dak.v12i2.20412

Abstract

Studi ini menyelidiki penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar di wilayah Praya Barat dengan penekanan khusus pada faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilannya.  Salah satu masalah yang diangkat adalah bahwa kurikulum masih sulit diterapkan di tingkat sekolah.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses implementasi kurikulum serta tantangan yang dihadapi oleh pihak sekolah.  Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum dihadapkan pada kendala komunikasi yang belum berjalan efektif, keterbatasan dalam sumber daya seperti bahan ajar, pelatihan guru, dan teknologi, serta kesiapan pelaksana yang belum merata.  Selain itu, struktur organisasi sekolah masih bersifat administratif dan kurang mendukung fleksibilitas dalam perubahan kebijakan. Sekolah-sekolah telah membentuk tim pelaksana untuk menyesuaikan kebijakan dengan situasi sekolah masing-masing dalam upaya lokal. Studi ini menemukan bahwa kekuatan komunikasi, ketersediaan sumber daya, kesiapan pelaksana, dan kemampuan struktur organisasi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan adalah faktor utama dalam keberhasilan pelaksanaan kurikulum.
TRANSFORMASI REKRUTMEN BIROKRASI MELALUI COMPUTER ASSISTED TEST (CAT) UNTUK MENINGKATKAN AKUNTABILITAS DAN GOOD GOVERNANCE Subanda, I Nyoman; Hantana, Ade Judi Basma
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 12, No 2 (2025): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dak.v12i2.18365

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Regional X BKN Denpasar, serta untuk mengevaluasi apakah proses tersebut telah memenuhi prinsip-prinsip good governance, termasuk akuntabilitas, transparansi, keadilan, dan responsivitas. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap responden yang terlibat langsung dalam proses seleksi CPNS menggunakan metode CAT, serta observasi di Kantor Regional X BKN Denpasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seleksi CPNS menggunakan metode CAT telah memenuhi prinsip-prinsip good governance. Proses seleksi ini dapat dipertanggungjawabkan (akuntabilitas), dilaksanakan secara terbuka (transparansi), adil bagi seluruh peserta (keadilan), dan memiliki mekanisme responsif dalam menangani permasalahan yang muncul. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode CAT telah berhasil meningkatkan kualitas seleksi CPNS dengan memastikan akuntabilitas, transparansi, keadilan, dan responsivitas, serta dapat dijadikan sebagai model dalam implementasi reformasi birokrasi di BKN. Disarankan agar metode CAT ini terus dikembangkan dan diterapkan lebih luas. Kata Kunci : CAT (Computer Assisted Test), Good Governance, Akuntabilitas, Transparansi, Keadilan,  Responsivitas.
INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA TASIKMALAYA Fitriyani, Resi; Dewi, Nidia Rismania; Hidayah, Dasep Dodi
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 12, No 2 (2025): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dak.v12i2.20632

Abstract

Inovasi sebuah proses pengembangan, menciptakan dan penerapan ide-ide baru yang memiliki manfaat untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai baik dalam pencapaiannya. Inovasi dalam sebuah pencapaian memiliki perencanaan-perencanaan yang sudah ditetapkan karena inovasi harus diimplementasikan sesuai dengan tujuan. Pelayanan publik sebagai aktivitas layanan yang diberikan oleh pemerintah agar memenuhi kebutuhan dalam menunjang kesejahteraan masyarakat. Layanan ini secara terus-menerus dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat dalam menyediakan kebutuhan masyarakat. Pajak bumi dan bangunan merupakan satu diantara bentuk pendapatan asli daerah yang berkaitan dengan pajak daerah pedesaan dan perkotaan. Pajak bumi dan bangunan merupakan suatu keharusan dalam setiap tahunnya bagi masyarakat sebagai wajib pajak. Inovasi pelayanan memiliki pembaharuan dalam proses pelayanan di sektor publik yang berbasis teknologi. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan informasi teknologi mendorong lembaga pemerintah untuk memanfaatkan layanan yang lebih cepat dan responsif kepada masyarakat. Elektronik Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (E-SPPT) merupakan suatu proses layanan yang memudahkan wajib pajak dalam proses mengakses Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (E-SPPT) secara online melalui sistem elektronik. Katakunci: Inovasi, Pelayanan, Pajak Bumi dan Bangunan, Inovasi Pelayanan, Website Elektronik Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (E-SPPT) 
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI JAKARTA BARAT Supriyadi, Dedi; Rustanto, Agung Edi
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 12, No 2 (2025): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dak.v12i2.19998

Abstract

Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar (KMB) telah diterapkan di lebih dari 80% sekolah Indonesia pasca Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024, meningkatkan literasi dan numerasi nasional melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) serta program Guru Penggerak. Namun, di Jakarta Barat, khususnya SDN Tanjung Duren, implementasi masih menghadapi tantangan lokal. Masalah utama mencakup ketidakmerataan informasi, keterbatasan sarana digital seperti internet tidak stabil, perbedaan pemahaman guru, biaya proyek P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang membebani, serta resistensi guru senior terhadap teknologi, yang menghambat tujuan pendidikan nasional. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui studi kasus pada 3 (tiga) SDN di Tanjung Duren, dengan pengumpulan data via wawancara semi-terstruktur, observasi, dan analisis dokumen berdasarkan teori Charles Edwards III (komunikasi, sumber daya, disposisi pelaksana, struktur birokrasi). Hasil menunjukkan kemajuan seperti sosialisasi PMM dan pelatihan guru, tapi tantangan tetap ada. Rekomendasinya adalah tingkatkan implementasi KMB melalui pemahaman mendalam kerangka kebijakan nasional dengan penguatan komunikasi hybrid jelas, alokasi sumber daya memadai untuk pelatihan guru dan infrastruktur.
PENGARUH GOOD GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS KETENAGA KERJAAN KOTA BANDUNG Winengsih, Siti Saadah; Ruyani, N R
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 12, No 2 (2025): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dak.v12i2.20437

Abstract

Penerapan Tata Kelola yang Baik (Good Governance) dalam kinerja pegawai di Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung menunjukkan bahwa Tata Kelola yang Baik (Good Governance) yang efektif dapat mendorong pegawai untuk memberikan kinerja terbaiknya, serta menciptakan lingkungan kerja yang lebih kondusif. Permasalahan terkait pengaruh Tata Kelola yang Baik (Good Governance) terhadap kinerja pegawai di Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung terlihat pada indikator ketepatan waktu, dimana pegawai kurang memperhatikan kepatuhan waktu dan efisiensi kerja dalam pelaporan unit kerja pegawai. Hal ini disebabkan Tata Kelola yang Baik (Good Governance) belum sepenuhnya terlaksana sesuai dengan karakteristik utama Tata Kelola yang Baik (Good Governance), antara lain stabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei eksplanatori dengan analisis kuantitatif, dan teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling yang disebarkan kepada 51 responden. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Tata Kelola yang Baik (Good Governance) memiliki pengaruh positif yang kuat terhadap kinerja pegawai di Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung. Kendala yang dihadapi Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung antara lain: informasi yang disampaikan oleh kepala subbagian kepada pegawai kurang jelas, kurangnya ketegasan pimpinan instansi atau subbagian dalam memastikan pegawai menyelesaikan tugas tepat waktu, dan kurangnya kerjasama antar pegawai karena masih berfokus pada penyelesaian tugas secara individu. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut antara lain: kepala subbagian perlu memberikan arahan dan pelatihan yang lebih jelas kepada pegawai untuk meningkatkan kinerja, kepala subbagian dan kepala bagian perlu lebih tegas dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja pegawai agar tugas dapat diselesaikan tepat waktu, dan kepala instansi atau departemen perlu lebih memperhatikan tugas masing-masing pegawai sesuai dengan tanggung jawabnya agar tidak terjadi lempar tanggung jawab pekerjaan kepada pegawai lain. Kata Kunci: Tata Kelola yang Baik, Kinerja Pegawai
TRANSFORMASI LAYANAN PUBLIK DIGITAL: USABILITY M-PASPOR DAN PENGARUHNYA TERHADAP USER EXPERIENCE DI KABUPATEN GARUT Herlinaningsih, Tina; Juliasih, Lia; Rustina, Erna
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 12, No 2 (2025): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dak.v12i2.18661

Abstract

Aplikasi M-Paspor menjadi salah satu transformasi layanan publik berbasis digital untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan kecepatan layanan paspor. Ditjen Imigrasi dan Kemenkumham RI meluncurkan aplikasi ini sebagai pengganti APAPO pada tahun 2022. Namun, berdasarkan ulasan pengguna aplikasi M -Paspor di Google Play Store, banyak keluhan terkait kendala teknis dan kesulitan penggunaan yang menyebabkan rendahnya kepuasan pengguna. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh usability aplikasi M-Paspor terhadap user experience di Kabupaten Garut dengan metode kuantitatif menggunakan SEM-PLS. Hasil kuesioner dari 97 responden, serta wawancara dengan petugas kantor imigrasi. penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan (usability) berpengaruh signifikan dalam membentuk pengalaman positif pengguna (user experience)  terhadap aplikasi, dengan nilai path coefficient sebesar 0,935. Artinya, semakin mudah suatu aplikasi digunakan, semakin positif pula pengalaman yang dirasakan oleh pengguna. Kata Kunci : Digitalisasi layanan publik; M-Paspor; SEM-PLS; Usability; User  Experience.
STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS DIGITAL GOVERNMENT DAN POTENSI SUMBER DAYA LOKAL OLEH PEMERINTAH DESA SUKASETIA KECAMATAN CIHAURBEUTI KABUPATEN CIAMIS Nursetiawan, Irfan; Sujai, Ii
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 12, No 2 (2025): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dak.v12i2.20668

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada permasalahan masih tingginya jumlah masyarakat prasejahtera dan rendahnya literasi digital yang menghambat akses dan pemanfaatan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Sukasetia Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis melalui pendekatan digital government dan optimalisasi potensi sumber daya lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan berbasis digital dan sumber daya lokal telah berjalan cukup optimal. Pemerintah Desa Sukasetia mampu memanfaatkan teknologi digital melalui pengembangan website desa sebagai media informasi dan pelayanan publik. Selain itu, implementasi program pemberdayaan yang menyasar kelompok masyarakat seperti kelompok tani, dan pemuda desa turut mendorong peningkatan kapasitas ekonomi dan sosial masyarakat. Sinergi antara inovasi digital dan pemanfaatan potensi lokal menjadi kunci keberhasilan dalam mengurangi ketimpangan sosial serta memperkuat partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan literasi digital dan keberlanjutan program pemberdayaan agar dampak yang dihasilkan lebih merata dan berkelanjutan.
ENAGRO (ELEKTRONIK INDONESIA AGROKULTUR) INOVASI TEKNOLOGI SEBAGAI OPTIMALISASI PERTANIAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Saputra, Apsas; Putra, Galuh Darma; Lestari, Mia
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 12, No 2 (2025): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dak.v12i2.20057

Abstract

Pertanian merupakan bagian sentral dalam menopang keberlangsungan hidup manusia dan salah satu sektor yang memiliki rantai pasok pemasaran yang panjang. Mulai dari petani sebagai produsen ke tengkulak sebagai pengumpul hingga ke konsumen sebagai tangan terakhir. Akan tetapi, walaupun produksi padi di Indonesia sangat besar hal ini berbanding terbalik dengan harga jual pertanian seperti beras di pasaran sebesar Rp 11.000,00 /kg beras. Mahalnya harga tersebut dijual dikarenakan panjangnya rantai distribusi pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan kebutuhan pangan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan untuk mengetahui bahwa aplikasi enagro solusi permasalahan pertanian di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Jenis penelitian kualitatif  yang digunakan pada penelitian ini dengan memberikan gejala dan fakta secara sistematis. Ketika menentukan informan peneliti menggunakan metode purposive sampling  yang didasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi enagro dapat meningkatkan pendapatan petani dan menstabilkan harga hasil pertanian di pasaran. Enagro merupakan aplikasi online penyedia hasil pertanian segar. Aplikasi enagro membantu Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur untuk memutus rantai distribusi pertanian sehingga petani mendapatkan keuntungan lebih dari hasil pertanian. Dengan demikian, bahwa enagro mampu mengoptimalkan sektor pertanian di Indonesia pada era revolusi industri 4.0. Kata Kunci : Enagro, Ogan Komering Ulu Timur, Pertanian.
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA PASANGGRAHAN KECAMATAN CILAWU KABUPATEN GARUT Nurbudiwati, Nurbudiwati; Sukma, Alda Hadiyanti; Purnawan, Rd. Ade
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 12, No 2 (2025): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dak.v12i2.20523

Abstract

Kebutuhan dan tuntutan masyarakat terhadap peningkatan terhadap kualitas pelayanan telah menunjukan kondisi yang semakin penting untuk ditanggapi oleh birokrasi pemerintahan terutama dalam era globalisasi seperti sekarang ini degan demikian Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Faktor-faktor apa yang paling berpengaruh dalam Kualitas Pelayanan Publik di Desa Pasanggrahan Kecamatan Cilawu Kabupaten GarutMenurut Zeithaml-Parasuraman-Berry, dalam Pasolong (2011) ada lima dimensi kualitas pelayanan, Bukti fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Emphaty (empati) dengn varibel faktor X1 Gedung, X2 Tempat Parkir, X3 Sarana, X4 Terpercaya, X5 Tepat Waktu, X6 Akurat, X7 Pelayanan cepat, X8 Membantu Pelayanan X9 Menerima keluhan, X10 Pengetahuan, X11 Kemampuan, X12 Sikap, X13 Perhatian, X14 Saran faktor-faktor yang peneliti analisis terbentuk menjadi 3 faktor. Faktor pertama yaitu sarana prasarana, akurat, kemampuan, saran memiliki nilai kontribusi total paling tinggi sebesar 29,5%. Faktor Kedua yaitu Gedung, terpercaya dan waktu dengan nilai total kontribusi sebesar 17,5%. dan Faktor Ketiga yaitu membantu pelayanan, menerima keluhan dan pengetahuan dengan total nilai kontribusi sebesar 12,5%. Berdasarkan atas faktor-faktor yang terbentuk, dapat kita lihat bahwa faktor utama yang memiliki nilai kontribusi paling tinggi, untuk itu diperlukannya evaluasi dengan melengkapi sarana dan prasarana yang menunjang pelayanan serta memperbaiki manajemen terkait pelayanan sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayan publik desa pasanggrahan kecamatan Cilawu
PEMILIH CERDAS: UPAYA KPU KABUPATEN BANTUL DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN POLITIK PEMILIH PEMULA MELALUI PEMILIHAN KETUA OSIS Stevinova, Muhammad Alvin; Permatasari, Ane
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 12, No 2 (2025): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dak.v12i2.18861

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peranan Komisi Pemilihan Umum  KPU Kabupaten Bantul Dalam Meningkatkan Pendidikan Politik Pemilih Pemula melalui Ketua OSIS supaya menjadi Pemilih Cerdas berbagai upaya untuk meningkatakan Generasi Z cerdas dalam memilih para pemimpinnya serta melek politik dan demokrasi di Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) tahun 2024. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif penelitian yang dilakukan dengan cara menelusuri dan menelaah serta menganalisis sumber-sumber kepustakaan. Penelitian ini pun menggunakan bahan primer, yaitu bahan hukum, wawancara, observasi serta dokumentasi. Selain itu penelitian ini didukung juga menggunakan bahan sekunder seperti jurnal dan buku-buku yang relevan serta sumber hukum Peraturan KPU, Keputusan KPU, arsip data KPU. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendikan politik melalui Pemilihan Ketua OSIS (PEMILOS) serentak untuk meningakatkan pemilih pemula yang cerdas ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan kesadaran terkait politik di daerah ataupun sistem demokrasi yan ada di Bantul. Sehingga kesimpulannya dengan adanya pendidikan politik dan melakukan berbagai sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran pemilih pemula dalam pentingnya partisipasi dan pendidikan politik generasi Z karena yang akan memimpin dan membuat kebijakan publik di Bantul pada tahun 2045.

Page 1 of 3 | Total Record : 25