cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
ISSN : 26213087     EISSN : 26215721     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan ini mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang mencakup penelitian eksperimen, penelitian tindakan, penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian pengembangan (model, media, dan evaluasi pembelajaran) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta membangun inovasi bidang pendidikan. Secara umum, artikel yang dipublikasi oleh Ciencias Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan adalah karya tulis ilmiah yang memberi kontribusi bagi pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2024): Januari" : 5 Documents clear
Penerapan Media Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar: Indonesia setiawan, Fajar Dicky Setiawan
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 7 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70942/ciencias.v7i1.132

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, faktor dan penyebab dan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian meliputi langkah-langkah penerapan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint yaitu guru membuat media terlebih dahulu, kemudian siswa memperhatikan guru dalam menyampaikan materi, guru melihat apakah dalam penerapannya sudah sesuai dengan keinginan, guru melakukan evaluasi media apakah sudah sesuai dengan keinginan guru. Faktor pendukung dari dalam (internal) yaitu Minat belajar. Faktor pendukung dari luar (eksternal) yaitu Guru, keluarga dan teman. Faktor penghambat dari dalam (internal) yaitu kelelahan. Faktor penghambat dari luar (eksternal) yaitu kurangnya sumber belajar atau referensi, dan waktu. Dapat diketahui penerapan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint yang dipakai oleh guru mata pelajaran IPS adalah dengan guru memberikan materi pembelajaran yang semestinya. Dengan adanya media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint menjadikan siswa memiliki motivasi belajar, lebih aktif sehingga dengan motivasi belajar yang baik bisa menjadikan hasil belajar yang lebih baik.
Implementasi Program IDUKA (Link and Match) di Sekolah Menengah Kejuruan: Indonesia Lamijan, Lamijan; Waluwandja, Petrisia Anas; Anabokay, Yanrini Martha; FanggidaE, Yenssy Mervilen; Kolnel, Arnot Apsalon; Taebenu, Yulinda; Mesah, Jeff
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 7 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70942/ciencias.v7i1.148

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) konteks (context) Program IDUKA (Link and Match) meliputi (a) kualitas kompetensi siswa, (b) kebijakan dan tujuan Program IDUKA (Link and Match), (c) kesiapan pengelolaan Program IDUKA (Link and Match) Hasil penelitian menunjukkan: (1) Evaluasi terhadap konteks program IDUKA tergolong tinggi aspek ini terdiri dari: (a) Kualitas kompetensi yang dimiliki oleh siswa. (b) Kesesuaian pelaksanaan progam IDUKA dengan kebijakan dan tujuan yang ditetapkan oleh sekolah. (c) Kesiapan pengelolaan pelaksanaan yang dilakukan oleh sekolah tergolong tinggi.
A Study on the Ability in Using Prepositions of “Time” by the Second Year Students of Language Program at SMA Negeri Niki-Niki, Amanuban Tengah Subdistrict, Timor Tengah Selatan Regency, East Nusa Tenggara in the School Year 2023/2024: English Isu, Rudolof Jibrael; Malelak, Deby M.; Langkameng, Oce A.; Radja, Markus D.; Ingunau, Temmy M. E.
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 7 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70942/ciencias.v7i1.149

Abstract

It cannot be denied that we need a language to communicate with each other in our life. Lado (1964:9) stated that language is the chief means by which human personality expresses and fulfills its basic needs for social interaction with other people. By using language, someone’s opinion could be understood by others. Without language it is impossible for everyone to understand others’ opinion or idea. Everybody should realize that interaction and relation in a social will be empty without language. Preposition in this little words in English (Wishon and Burks, 1980: 288). In preposition of time many students find some troubles; they can’t construct the sentences correctly. Descriptive method and the instrument is test. The type of test is completion test, by which the writer asks the students to complete the sentences. The writer conducted the test only one time. The subjects of research is how far by the Second Year Students of Language Program at SMA Negeri Niki-Niki, Amanuban Tengah Subdistrict, Timor Tengah Selatan Regency, East Nusa Tenggara In The School Year 2023/2024 able to use the preposition of time? And the total numbers of students are 24 students. Keywords : language, time, preposition
Partisipasi Komite Sekolah Pada Pelaksanaan Program Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru: Indonesia Purnawati, Nani; Setyaningsih, Rini
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 7 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70942/ciencias.v7i1.151

Abstract

Partisipasi Komite Sekolah pada Pelaksanaan Program Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana partisipasi komite sekolah di SMA Negeri 15 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh diterapkannya Manajemen Berbasis sekolah (MBS) dan pentingnya mengetahui keterlibatan komite sekolah pada pelaksanaan program mengingat tinggi rendahnya partisipasi komite akan menjadi cerminan kemajuan sekolah tersebut. Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan program-program sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara , dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi komite sekolah berdasarkan perannya adalah : sebagai badan pendukung, badan pertimbangan, badan pengontrol dan badan penghubung sangat dibutuhkan, hal ini untuk mempercepat pelaksanaan program kerja sekolah baik yang bersifat akademik maupun non akademik.
A Study on The Speaking Ability of The First Grade Students of SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang in The Academic Year 2023/2024: English Banani, Mersi Adince; Isu, Rudolof J.; Sekoni, Rocky P.
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 7 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70942/ciencias.v7i1.178

Abstract

This article entitle A Study on the Speaking Ability of the First Grade Students of SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang in the Academic Year 2023/2024.  This study takes place at the first grade of SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang. This study formulated as follows. (1). To what extend are the first grade of SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang able to speak English?. (2). What are the difficulties encountered by the first grade of SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang in speaking English? The aims of this study are: (1). To know the extend of the first grade of SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang able to speak English, and (2). To find out the difficulties encountered by the first grade of SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang in speaking English.  In this research, the writer used descriptive method. The ability of the first semester students of English Study Program in the academic year 2023/2024 in a study on the speaking ability were in at good level. It was proved by the students' individual scores which is about 70 to 79 of their score and the students' ability level is about 44% which is higher than the others. It was followed by poor level, fair level and excellent level. Based on the students' item difficulty, it shows that there were four number of items who considered as the difficulty items, namely, item number 3 (80%). 12 (76%), 26 (64%) and 29 (60%). It indicates that some of the students had difficult in doing paraphrasing test which deals with family topic than matching speaking test. In this case, they had speaking limitation in order to express the new words given to them 52.

Page 1 of 1 | Total Record : 5