cover
Contact Name
Andes Fuady
Contact Email
andes@um-tapsel.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.nusantara@um-tapsel.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota padangsidimpuan,
Sumatera utara
INDONESIA
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
ISSN : 2541657X     EISSN : 25500813     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial dan humaniora termasuk politik, hukum dan ekonomi; pembangungan ekonomi dan perubahan sosial termasuk di dalamnya antara lain pokok-pokok persoalan tentang gender, pemberdayaan masyarakat, kelembagaan sosial dan pemerintahan dan sistem pengetahuan lokal
Arjuna Subject : -
Articles 53 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 10 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial" : 53 Documents clear
PENINGKATAN PELAKSANAAN LITMAS PEMBEBASAN BERSYARAT BAGI WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI POS BAPAS PADA LAPAS KELAS IIA PEMATANG SIANTAR M. Hafiz Habibi; Vivi Sylviani Biafri
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 10 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/jips.v9i10.2022.3966-3976

Abstract

Pembebasan Bersyarat (PB) adalah suatu upaya reintegrasi sosial. Salah satu syarat narapidana untuk memperoleh PB adanya penelitian kemasyarakatan (litmas) yang dilakukan oleh Pembimbing Kemasyarakatan. Litmas merupakan bagian penting untuk melaksanakan program integrasi bagi narapidana. Bapas merupakan lembaga yang melaksanakan pelayanan kemasyarakatan berupa pembuatan litmas, Namun karena keterbatasannya bapas tidak berada di setiap kabupaten atau kota. Untuk melaksanakan pelayanan kemasyarakatan didirikan pos bapas di setiap lapas dan rutan disetiap kabupaten atau kota. pelaksanaan litmas di pos bapas berjalan kurang optimal oleh karena itu perlu dilakukan peningkatan pelaksanaan litmas di pos bapas pada lapas kelas IIA Pematangsiantar. metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. dari Hasil penelitian ditemukan permasalahan penjamin yang sulit dihubingi saat pelaksanaan litmas serta penjamin yang sudah lansia sehingga diragukan untuk melaksanakan pengawasan bagi klien yang akan diberikan pembebasan bersyarat. pengiriman hasil litmas ke bapas induk menggunakan jasa ekspedisi pos sehingga memerlukan waktu yang cukup lama dan biaya. kurangnya SDM pos bapas dalam menangani wilayah kerja yang luas serta medan yang sulit diakses. pemilihan wbp yang diusulkan litmas kurang selektif. hasil temuan dilapangan ada beberapa wbp yang kurang optimal mengikuti pembinaan di lapas.
PERSONAL BRANDING TRI ADHIANTO SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI POLITIK MELALUI INSTAGRAM @MASTRIADHIANTO Marisa Witanti; Diah Ayu Permatasari; Imaddudin Imaddudin
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 10 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/jips.v9i10.2022.3690-3698

Abstract

Keterbukaan media sosial membuat para penggunanya bebas bereksplorasi, membangun personal branding agar dapat lebih dikenal dan mendapat kepercayaan di hati masyarakat, dengan menggunakan media sosial Instagram sebagai alat komunikasipolitik. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teori Khalayak Kepala Batu untuk melihat bagaimana aktivitas komunikasi politik dalam Instagram @mastriadhianto. Hasil pada penelitian ini menunjukan Tri Adhianto melakukan komunikasi politik melalui media sosial Instagram, media tersebut dapat menjadi suatu usaha membangun citra diri seorang tokoh politik untuk mendapatkanmasa dan dukungan dari masyarakat, dalam hal tersebut beliau mencari popularitas dan elektabilitas. Pada akun Instagramnya @mastriadhianto menonjolkan 6 dari 8 konsep personal branding yaitu Kepemimpinan (The Law of Leadership), Kepribadian(The Law of Personality), Terlihat (The Law of  visibility), Kesatuan (The Law of Unity), Keteguhan (The Law of Persistence) dan Nama Baik (The Law of   Goodwill). Konsep personal branding yang tidak terlalu ditampilkan Tri Adhianto di akun Instagram@mastriadhianto adalah Spesialisasi (The Law of Specialization) dan Perbedaan (The Law of    Distinctiveness).
KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEGAWAI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KARAWANG DALAM EFEKTIFITAS KERJA DI MASA PANDEMI COVID-19 Gema Rizky Ramadhan; Ana Fitriana Poerana; ,Wahyu Utamidewi
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 10 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/jips.v9i10.2022.3918-3924

Abstract

Penyebaran pandemi yang berlanjut ke negara-negara lain, mengakibatkan penularan lokal dan menimbulkan wabah di negara diluar tiongkok. Termasuk Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi penerima wabah virus covid-19. Hal tersebut berdampak kepada pembatasan aktivitas sosial kehidupan manusia, termasuk kepada kehidupan pekerjaan pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang dalam komunikasinya sehari-hari dalam pekerjaan di masa pandemic Covid-19. Tujuan penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui dan menganalisis mengenai komunikasi interpersonal dengan efektivitas kinerja pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif yang mempunyai sifat deskriptif dan mengutamakan analisis pada pelaksanaannya guna memahami realita fakta yang terjadi di lingkungan sosial. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh akan diolah secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus. Subyek dari penelitian ini adalah pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang yang aktif bekerja di masa pandemic Covid-19. Teknik sampling yang digunakan adalah Nonprobabhility Sampling dengan purposive sampling dimana informan penelitian ini di pilih menyesuaikan kriteria yang di tentukan peneliti. Hasil dari penelitian ini di harapkan menunjukkan apasaja perubahan yang terjadi dengan komunikasi para pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang yang terdampak oleh pandemic Covid-19. Mulai dari bentuk komunikasi, media komunikasi, proses komunikasi, hambatan komunikasi, perencanaan komunikasi, dan juga komunikasi dengan efektifitas kerja para pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang
PENGARUH PEMANFAATAN PEMASARAN DARING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERIPIK UBI MEDAN DENGAN VARIABEL E ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS UKMK DI KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN KOTA MEDAN) Juny Ivana Sinaga; Ilhamsyah Siregar; Harkim Harkim; Marupa Siregar; Teddi Pribadi
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 10 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/jips.v9i10.2022.3841-3849

Abstract

Media baru yang tercipta dari perkembangan teknologi internet adalah media pemasaran produk barang dan jasa. Dengan memanfaatkan internet semua orang dapat melakukan transaksi-transaksi pembelian dan penjualan dengan langsung atau melalui platform-platform lapak penjualan yang menjadi perantara pembeli dan penjual dalam dunia virtual. Pemasaran daring merupakan metode korporasi atau  perusahaan untuk membuat terkenal produknya dengan melalui media  iklan, penjualan via pribadi, promosi untuk penjualan, maupunberbagai  publikasi untuk dengan kuat mempengaruhi pembuatan keputusan guna pembelian calon konsumen. Semakin bernilai tinggi promosi iklan dilakukan maka semakin akan  tinggi pula konsumen akan  merekomendasikan produk dan/ jasa kepada seluruh  orang lain. Semakin tinggi promosi penjualan semakin tinggi kebiasaan konsumen dalam membeli produk. Semakin tinggi hubungan masyarakat maka semakin tinggi konsumen merekomendasikan kepada orang lain.Keputusan melakukan pembelian adalah merupakan sebuah kelakuan atau tindakan yang diperagakan oleh  konsumen yang akan termanifes jika pola keinginan para konsumen untuk segera membeli suatu bentuk  barang tertentu sudah sanga bulat dan yakin. Hal itu mencakup mengenai berbagai barang apa sedianya yang akan dibeli, apakah akan membeli atau bahkan tidak dan tentu mengkombinasikan aneka pengetahuan yang mereka miliki terhadap berbagai  pilihan dua atau mungkin lebih atas alternatif produk barang atau jasa  yang ada dan memilih satu diantaranya. Keputusan untuk melakukan pembelian akan dipengaruhi Pemasaran Daring dan EWOM semakin tinggi Pemasaran Daringdan EWOM semakin tinggi juga terjadinya keputusan pembelian. Pemasaran Daring Berpengaruh Terhadap Electronic Word Of Mouth Pada Kegiatan UKMK Di Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan. Electronic Word of Mouth (EWOM) berpengaruh terhadap Kegiatan UKMK Di Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan. Pemasaran Daring yang dimediasi EWOM berpengaruh terhadap Kegiatan UKMK Di Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan.
PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TRANPARANSI TERHADAP KINERJA SURVEYOR REGISTRASI SOSIAL EKONOMI DALAM MEWUJUDKAN DATA AKURAT Wulandari Wulandari; M. Athif Ar Rohman; Mohamad Djasuli
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 10 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/jips.v9i10.2022.4002-4006

Abstract

Perlindungan sosial di Indonesia menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Rencana kerja pemerintah dicetuskan tiga reformasi, salah satunya adalah reformasi sistem perlindungan sosial menyeluruh bagi seluruh penduduk yang prasyarat utamanya transformasi data menuju registrasi sosial ekonomi (Regsosek). Pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) dilakukan di seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan seluruh masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengetahui tranparansi kinerja surveyor terhadap pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) dalam mewujudkan data yang akurat sesuai dengan kondisi lapangan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan cara observasi lapangan, wawancara dengan petugas suveryor registrasi sosial ekonomi (Regsosek). Hasil penelitian menerangkan bahwa penerapan Good Corporate Governance transparansi dalam pendataan awal registrasi sosial ekonomi yang dilakukan oleh petugas surveyor belum sepenuhnya akurat. Beberapa data tidak sesuai dengan lapangan yang penyebab utamanya adalah masyarakat sebagai responden tidak ingin kondisi sosialnya dicatat dalam kategori menurut petugas, sehingga data kuisioner tersebut tidak sesuai dengan fakta di lapangan.
PENERAPAN STRATEGI RIDING THE WAVE DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT PADA AKUN INSTAGRAM @imigrasi_karawang Amelya Sekar Diany; Muhammad Ramdhani; Rastri Kusumaningrum
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 10 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/jips.v9i10.2022.3746-3755

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penerapan strategi Riding The Wave yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang pada akun Instagramnya.  Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Strategi Riding The Wave yang diterapkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang dalam penyebaran informasi keimigrasian sudah sesuai dengan konsep 4C dalam pengelolaan media sosial yang dikemukakan oleh Chris Heuer.
KAJIAN STRATEGI KEBIJAKAN PUBLIK PROVINSI ACEH SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DAN MERAWAT PERDAMAIAN MASA DEPAN Andi Muhammad Ilham Rusali Masdar; Puguh Santoso; Agus Adriyanto
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 10 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/jips.v9i10.2022.3648-3659

Abstract

Jurnal ini berjudul kajian strategi kebijakan publik provinsi Aceh sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan merawat perdamaian masa depan. Penelitian jurnal ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara das sein dan das sollen. Di mana Provinsi Aceh yang memiliki dana otsus begitu besar setiap tahunnya, tetapi belum mampu juga untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat. Sehingga dengan belum sejahteranya masyarakat Aceh akan berpotensi menimbulkan konflik yang bersumber dari ekonomi. Tujuan penelitiaan ini untuk menganalisis kebijakan publik apa saja yang sudah dibuat oleh Pemerintah Aceh, menganalisis implementasi kebijakan publik yang sudah dibuat tersebut, menganalisis indikator/barometer keberhasilan implementasi kebijakan publik tersebut, dan menganalisis hambatan dalam mengimplementasikan kebijakan publik tersebut, yang kemudian dikaitkan pada upaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Aceh dan mewujudkan perdamaian positif di masa depan. Teori utama yang digunakan dalam jurnal ini yaitu teori manajemen konflik, teori kebijakan publik, konsep kesejahteraan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui kegiatan studi pustaka dan wawancara pada bulan Maret 2021. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan publik yang telah Pemerintah Aceh lakukan pada dasarnya sudah cukup beragam seperti mengurangi beban pengeluaran masyarakat, meningkatkan pendapatan, meningkatkan kualitas SDM, menekan biaya transaksi ekonomi, menjaga stabilitas pangan, menanggulangi dampak bencana. Namun pada praktiknya/implementasinya, kebijakan tersebut belum bejalan optimal. Hal ini tandai dengan masih banyaknya rakyat miskin di Aceh. Kemudian, adapun barometer untuk keberhasilan kebijakan publik di Aceh ini mencakup 7 aspek, dan hambatan dalam pengimplementasian kebijakan publik ini adalah belum adanya komitmen yang kuat untuk pembangunan kesejahteraan dari seluruh pihak terkhusus eksekutif dan legislatif. Kami menyarankan agar potensi konflik yang bersumber ekonomi tidak terjadi di Aceh, sebaiknya dilakukan langkah-langkah seperti penguatan sinergitas antara pemerintah provinsi dan seluruh pemerintah kab/kota, pencarian sumber dana baru agar dapat menambah anggaran belanja untuk program pengentasan kemiskinan, pemenuhan hak-hak ekonomi bagi kelompok eks kombatan GAM dan korban konflik, perlunya peran aktif dari pemerintah pusat terhadap pemerintah Aceh terkait pengelolaan dana otonomi khusus Aceh. 
ANALISIS PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PENANGKARAN RUSA BAWEAN DESA PUDAKIT TIMUR, SANGKAPURA, GRESIK Nadlir Nadlir; Weny Ratih Relasari; Mega Oviasasti; Tri Sunan Agung; Sri Wulandari; Defi Dachlian Nurdiana
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 10 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/jips.v9i10.2022.3931-3943

Abstract

Rusa bawean memiliki bentuk tubuh yang relative lebih kecil dibandingkan rusa jenis lainnya. Rusa ini juga rusa yang pemalu dan sensitive terhadap manusia. Balai besar konservasi sumberdaya alam jawa timur menyatakan bahwa, pada tahun 2019 rusa bawean tersisa 304 individu. Penangkaran sebagai upaya perbanyakan melalui pengembangbiakan dan pembesaran satwa liar dengan tetap mempertahankan kemurnian jenisnya. Upaya penangkaran rusa bawean dapat kita temui di Desa Pudakit Timur, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik. Penangkaran rusa Bawean merupakan penangkaran yang berada pada habitat asli rusa bawean. Terkait uraian tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang pengembangan ekowisata berbasis penangkaran rusa. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan gambaran umum bagaimana kondisi penangkaran rusa Bawean. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif deskrptif. Metode pengumpulan data didapatkan dengan pendekatan studi kepustakaan, observasi dan wawancara. Teknik analisis data mengunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan strength berupa spesies endemik rusa bawean dengan kategori langkah, penangkaran yang masih asri, dan sebagai wahana wisata yang menarik maupun objek penelitian. Weakness masih menggunakan manajemen penangkaran kurang baik. Opportunities berupa visi menjadikan penangkaran rusa sebagai ekowisata baik dari pihak desa maupun pihak pengelola. Threats berupa kurang koordinasi dengan perangkat desa dan pejabat terkait. Adapun rekomendasi untuk penangkaran rusa bawean menjadi berkembang ekowisata lanjutan adalah membentuk kelembagaan yang berfokus pada pengelolaan ekowisata penangkaran rusa dan peningkatkan sarana dan prasarana, pelayanan serta regulasi tertulis untuk mendukung objek wisata yang menarik.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KECEMASAN SOSIAL PADA REMAJA Rena Nurhasanah; Siti Nursanti; Flori Mardiani Lubis
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 10 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/jips.v9i10.2022.3885-3893

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Kecemasan Sosial Remaja”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Instagram terhadap kecemasan sosial di remaja. Teori Media Ketergantungan yang dibuat oleh Sandra Ball Rokeach dan Melvin L. DeFleur (1976) menjadi landasan teori untuk penelitian ini. Pendekatan penelitian kuantitatif dan metode penelitian survei juga digunakan pada penelitian ini. Subyek penelitian ini adalah siswa SMKN 3 Karawang dan 136 siswa sebagai responden. Penelitian ini menggunakan analisis linier sederhana. Hasil penelitian ini menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial instagram berpengaruh terhadap variabel kecemasan sosial.
STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DI KECAMATAN MANGGAR, KABUPATEN BELITUNG TIMUR Putra Pratama Saputra; Laila Hayati; Novyandra Ilham Bahtera
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 10 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/jips.v9i10.2022.4039-4043

Abstract

Kabupaten Belitung Timur, Kecamatan Manggar merupakan salah satu daerah yang jumlah destinasi wisata baik alam, budaya, dan buatan cukup tinggi. Hal ini berbanding terbalik dengan pendapatan daerah dari sektor wisata. Maka dari itu, usaha pengembangan pariwisata wajib dilakukan, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial dalam proses pengembangan pariwisata di Kabupaten Belitung Timur, Kecamatan Manggar. Media sosial merupakan suatu kebutuhan masyarakat sehingga penggunaan media sosial terus mengalami peningkatan. Media sosial menjadi wadah bagi masyarakat virtual untuk berinteraksi satu sama lainnya.  Dengan karakteristik media sosial tersebut, mdia sosial sangat strategis untuk dimanfaatkan sebagai wadah untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Belitung Timur, Kecamatan Manggar. Pokdarwis Kecamatan Manggar merupakan Mitra dalam program pengabdian kepada masyarakat dengan tema Strategi Pengembangan Pariwisata melalui Pemanfaatan Media Sosial. Integrasi antara Program pengabdian tersebut nantinya akan meningkatkan kapasitas serta keterampilan secara mandiri khalayak sasaran dalam mempraktekkan apa yang telah didapatkan pada saat program berlangsung. Metode pelaksanaan yang digunakan ialah 1) tahap pesiapan, 2) tahap pemberian materi, pelatihan, 3) tahap evaluasi pasca pelatihan.

Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 11 (2025): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Vol 12, No 10 (2025): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Vol 12, No 9 (2025): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 12, No 8 (2025): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 12, No 7 (2025): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 12, No 6 (2025): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 12, No 5 (2025): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 12, No 4 (2025): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 12, No 3 (2025): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Vol 12, No 2 (2025): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Vol 12, No 1 (2025): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Vol 11, No 12 (2024): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Vol 11, No 11 (2024): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Vol 11, No 10 (2024): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Vol 11, No 9 (2024): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 11, No 8 (2024): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 11, No 7 (2024): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 11, No 6 (2024): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 11, No 5 (2024): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 11, No 4 (2024): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 11, No 3 (2024): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 11, No 2 (2024): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Vol 11, No 1 (2024): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10, No 12 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10, No 11 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10, No 10 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10, No 9 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10, No 8 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10, No 7 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10, No 6 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10, No 5 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10, No 4 (2023): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Vol 10, No 3 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10, No 2 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10, No 1 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 10 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 9 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 8 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 7 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 6 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 5 (2022): NUSANTARA :Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 4 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 3 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 2 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 1 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 8, No 8 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 8, No 7 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 8, No 6 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 8, No 5 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 8, No 4 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 8, No 3 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 8, No 2 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 8, No 1 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 7, No 4 (2020): (SI) NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 7, No 3 (2020): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 7, No 2 (2020): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 7, No 1 (2020): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 3 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 2 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 1 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 5, No 1 (2018): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 4, No 1 (2018): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 3, No 1 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 1, No 2 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 1, No 1 (2016): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial More Issue