cover
Contact Name
erik
Contact Email
erikwayudin12@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
erikwayudin12@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pelita PAUD
ISSN : 25486284     EISSN : 26150360     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pelita PAUD adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi PGPAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan pada tahun 2016, terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal Pelita PAUD memuat beragam disiplin ilmu pendidikan PAUD, terutama dalam lingkup teori PAUD, praktek pembelajaran PAUD, kebijakan, parenting, pengembangan nilai agama, moral, kognitif, bahasa, sosial, emosional, fisik motorik serta seni, dan permasalahan AUD. Tahun 2016 memperoleh ISSN cetak 2548-6284 dan tahun 2017 pada terbitan kelima menggunakan Open Jurnal System (OJS) dengan ISSN online 2615-0360.
Arjuna Subject : -
Articles 35 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Pelita PAUD" : 35 Documents clear
Strategi Pembelajaran Efektif Bagi Siswa Tunagrahita di SLB Fajar Harapan Sutanto, Tiara Putri; Christiana, Elisabeth
Jurnal Pelita PAUD Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v8i2.2514

Abstract

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang lahir dengan kebutuhan khusus yang berbeda dengan individu lainnya maka dari itu mereka juga membutuhkan pelayanan yang khusus pula. Anak yang memiliki kemampuan intelektual dan kognitif dibawah rata-rata dibandingkan orang pada umumnya maka ia adalah penyandang tunagrahita. Anak tunagrahita cenderung sulit untuk berpikir secara logis dan memahami aturan sosial, artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran yang efektif bagi anak penyandang tunagrahita yang dilakukan oleh SLB Fajar Harapan Surabaya. Metode yang digunakan yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita dan guru di SLB Fajar Harapan Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemberian materi pembelajaran siswa tunagrahita berbeda dengan jenis siswa berkebutuhan khusus lainnya. Dalam pelaksanaannya, guru di SLB Fajar Harapan Surabaya melakukan pemberian materi yang terdapat di kurikulum secara bertahap kepada siswa penyandang tunagrahita.
Upaya Meningkatkan Kemapuan Mengenal Angka Menggunakan Media Kartu Angka Bergambar Anak Usia 4 Sampai 5 Tahun Sahlan, Elon; Erik
Jurnal Pelita PAUD Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v8i2.3254

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak dalam mengenal angka dengan menggunakan media kartu angka bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian anak KB Melati Desa Nanggerang yang terdiri dari 30 anak dengan komposisi perempuan 13 dan laki – laki 17 anak. Peneliti menggunakan tiga siklus dalam pelaksanaan penelitian. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah, dan guru. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yakni peningkatan kemampuan mengenal angka tersebut dibuktikan pada Pra tindakan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak sebesar 37,5%. Kemudian pada Siklus I rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan 61,5%. Rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan pada Siklus II mencapai 87,5%. Rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan pada Siklus II mencapai 92,75%. Selisih peningkatan dari Pra tindakan sampai Siklus I sebesar 24%, selisih peningkatan dari Siklus I sampai Siklus II sebesar 26%, kemudian selisih peningkatan dari Siklus II sampai Siklus III sebesar 5,2%..
Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Lotto Oktaviani, Irma; Badroeni
Jurnal Pelita PAUD Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v8i2.3255

Abstract

Tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini melalui media lotto. Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak PAUD di Kelompok Bermain SKB Sukamulya Kuningan tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 26 anak, yang terdiri dari anak laki-laki berjumlah 11 anak dan anak perempuan berjumlah 15 anak serta para guru PAUD di Kelompok Bermain SKB Sukamulya Kuningan. Kesimpulan bahwa dalam perencanaan dan pelaksanaan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui media pembelajaran lotto telah menemukan hasil dari kemampuan kemampuan bahasa ekspresif anak setelah menggunakan media pembelajaran lotto dilihat dari sebelum penelitian dilaksanakan anak di Kelompok Bermain SKB Sukamulya Kuningan memiliki kemampuan bahasa ekspresif anak belum maksimal dapat dilihat pada penelitian siklus I diketahui anak yang mencapai kategori berkembang sangat baik hanya 3 anak atau 9% dari jumlah 34 siswa. Kemudian pada perbaikan siklus II anak yang memiliki kemampuan bahasa ekspresif anak meningkat menjadi 29 anak atau 85%. Dengan begitu siswa Kelompok Bermain SKB Sukamulya Kuningan telah mencapai standar penilaian yang telah ditetapkan. Dengan demikian rumusan masalah dalam proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang telah peneliti laksanakan sudah terjawab, yaitu bahwa dalam pembelajaran melalui media pembelajaran lotto dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak.
Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Loose Parts Yeyet, Sri; Rahayu Tresna Dewi, Ajeng
Jurnal Pelita PAUD Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v8i2.3280

Abstract

Pendekatan terhadap masalah, kesulitan mencetuskan gagasan dengan cara-cara yang asli dan tidak klise, kesulitan menguraikan sesuatu secara terperinci, dan kesulitan meninjau suatu persoalan berdasarkan perspektif yang berbeda dengan yang sudah diketahui oleh banyak orang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan hasil kreativitas kreativitas anak usia dini melalui media loose parts. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya seluruh anak PAUD di RA Binaul Ummah tahun 2022/2023 yang berjumlah 33 anak (18 laki-laki dan 15 perempuan). Kesimpulannya bahwa pada penelitian siklus I diketahui anak yang mencapai kategori berkembang sangat baik hanya 1 anak (3%). Kemudian pada perbaikan siklus II anak kreativitas meningkat menjadi 7 anak (21%) dan pada siklus III bertambah menjadi 28 anak (85%). Dengan demikian proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang telah peneliti laksanakan dalam pembelajaran melalui media loose parts dapat meningkatkan kreativitas anak.
Peran Pola Asuh Permisif terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Ahmad Haerudin, Dodi; Mayasarokh, Mira
Jurnal Pelita PAUD Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v8i2.3282

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pola asuh orang tua terhadap anak dirumah sehingga dapat mengetahui perkembangan sosial emosional anak. Dengan pola asuh yang diterapkan dirumah oleh orang tua akan membentuk perkembangan sosial emosional anak dilikungannya dan membentuk karakter anak. Ini disebabkan rendahnya pengetahuan orang tua terhadap pola asuh yang akan diterapkan pada anak dan akan banyak dampak yang terjadi pada sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menekankan analisis pada proses yang diamati atau fenomena yang terjadi dengan data yang pasti, dengan uraian dan penjelasan yang komprehensif sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan metode wawancara pada orang tua dan guru serta observasi terhadap anak akan diobservasi dengan sample 5 anak. Orang tua / wali murid menjadi sumber data premier, sedangkan data sekunder yaitu guru yang mengajar disekolah yang akan menjadi penelitian. Dari hasil penelitian melalui wawancara, observasi dan telaah dokumentasi didapatkan 5 sample orang tua yang menggunakan pola asuh permisif dalam mendidik anaknya dirumah dan berpengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak saat disekolah.
Pengembangan Media Papan Sosial Emosional (Pansos) untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Fitriyati, Lilia; Juherna, Erna
Jurnal Pelita PAUD Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v8i2.3328

Abstract

Lilia Fitriyati (NIM: 214223046), Development of Social-emotional Board Media (Pansos) to Improve Social Emotional of 5-6 Years Old Children (PGPAUD), 2023.Early childhood is a golden age, a time when growth and development begin and are on going. One aspect of child development that needs to be developed by educators is the aspect of social development. Social development aspects can be developed with game media. Educators should use interesting media in their learning. One way to develop social-emotional aspects is with Social-emotional Board Media (Pansos).Adopting from the monopoly game This study aims to determine the social-emotional development of children before and after using Social-emotional Board Media (Pansos) for children aged 5-6 years at Kober Nur Ismail. The purpose of this research and development is to find out the increase in children's social-emotional abilities through the use of learning media Social-emotional Board (Pansos). This type of research is research and development by adopting Sugiyono's steps. The research method used in this research is Research and Development (R&D) using steps from Borg and Gall which are simplified into stages, namely potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product testing. The subjects of this study were children at Kober Nur Ismail who were 5-6 years old. From the results of the study it was known that there was an increase in social emotional development by 42.5% with the results of the initial presentation during the pre-test 40% and post-test 82.5%
Pengaruh Penggunaan Big Book Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Ananda, Prestisia; Kurniawati, Asih Budi Kurniawati; Nawangsasi, Devi
Jurnal Pelita PAUD Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v8i2.3350

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana anak usia 5 sampai 6 tahun dipengaruhi oleh media buku besar dalam hal kemampuan berbicaranya. Dalam penelitian ini, digunakan desain pra-eksperimental kelompok pre-test-post-test tipe I dengan pendekatan kuantitatif dan metodologi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah 43 anak muda. Tiga puluh anak, usia lima hingga enam tahun, yang dipilih melalui seleksi purposif menjadi sampel penelitian. Uji-t berpasangan digunakan untuk analisis data pada hasil penilaian pre-test dan post-test. Selanjutnya, dengan membandingkan nilai Sig, diuji pentingnya data tersebut. (2-tailed) dan nilai α. Nilai Sig ditentukan dengan menggunakan data pre-test dan post-test hasil temuan uji t berpasangan. Ketika nilai 2-tailed sebesar 0,000 maka nilai α sebesar 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Sig 2-tailed lebih kecil dari nilai α (0,000 < 0,05). Oleh karena itu, Ha diterima dan H0 ditolak, yang menunjukkan bahwa anak-anak berusia antara lima dan enam tahun mendapat manfaat dari paparan media cetak besar dalam hal kemampuan berbicara mereka.
Pengaruh Penggunaan Media Game Interaktif Terhadap Kemampuan Literasi Dasar Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Latihan SPG Aisyiyah Pada Voni Riskita Putri; Eliza, Delfi
Jurnal Pelita PAUD Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v8i2.3595

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media Game Interaktif terhadap kemampuan literasi dasar anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Latihan SPG Aisyiyah Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasi eskperimen. Populasi pada penulisan yaitu seluruh anak di Taman Kanak- Kanak Latihan SPG Aisyiyah Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dari kemampuan literasi dasar anak dengan indikator berupa mengamati, menanya, mendapatkan pengetahuan baru (eksplorasi), serta asosiasi. Hasil analisis data dengan nilai rata-rata pre-test eksperimen 12,0 dan untuk rata-rata pre-test kontrol 12,8. Perbedaan rata-rata post-test di kelas eksperimen 18,1 dan rata-rata post-test di kelas kontrol adalah 16,3. Dengan ini penulis dapat menyimpulkan bahwa media augmented reality flashcard berpengaruh sebesar 0,001 < 0,05 terhadap kemampuan literasi dasar anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Latihan SPG Aisyiyah Padang.
Kegiatan Market Day Dalam Penanaman Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Aulia, Aulia Rahmi; Munastiwi , Erni
Jurnal Pelita PAUD Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v8i2.3616

Abstract

Menyematkan prinsip-prinsip kewirausahaan pada anak memiliki signifikansi yang besar. Sekolah Alam Babel mengadakan kegiatan market day sebagai bagian dari program "Pengusaha Kecil," yang bertujuan mengajarkan nilai-nilai kewirausahaan kepada anak-anak sejak usia dini. Fokus kegiatan ini bukan hanya pada market day, melainkan juga melibatkan anak-anak dalam persiapan, pengemasan produk, dan strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengungkap kondisi nyata dalam meningkatkan nilai-nilai kewirausahaan melalui kegiatan market day di Sekolah Alam Babel. Hasil kegiatan market day dapat dijadikan sebagai sarana penanaman nilai-nilai kewirausahaan sejak dini setelah lulus mereka bukan lagi pencarikerja, melainkan membuka lapangan pekerjaan. Tentu saja, dengan menerapkan metode yang simpel dan mudah dimengerti oleh anak-anak, ini mencakup market day, yang melibatkan beberapa langkah, dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, persiapan kegiatan, pelaksanaan, hingga penilaian dan evaluasi. Tahapan market day, ditekankan pula pengembangan nilai-nilai kewirausahaan seperti kemandirian, sikap kreatif, nilai kepemimpinan, dan kemauan untuk mengambil risiko, kemampuan kerja nyata dan pekerja keras.
Pengaruh Metode Bercerita terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Ilma Fika, Rapika; Delfi, Delfi Eliza
Jurnal Pelita PAUD Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v8i2.3688

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia dini. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Teknik dalam mengumpulkan data menggunakan instrumen berupa aspek- aspek yang akan dicapai diantaranya yaitu: tepat waktu, menggunakan benda sesuai fungsi, mentaati peraturan, antri menunggu giliran. Teknik analisis data memakai uji normalitas, homogenitas serta hipotesis. Berdasarkan analisis data, pada kelompok eksperimen hasil rata-rata Pre-test 6,9 dan post-test 10,8. Sementara pada kelompok kontrol hasil rata-rata pre-test 7,0 dan post-test 8,8. Data yang dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Lebih kecil nilai sig (2- tailed) 0,001 dari 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode bercerita berpengaruh terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Kemala Bhanyangkari 03 Alai.

Page 1 of 4 | Total Record : 35