cover
Contact Name
Zulkarnain Anu
Contact Email
infozulkarnain@ung.ac.id
Phone
+6281216980323
Journal Mail Official
jce@ung.ac.id
Editorial Address
Jalan Jend. Sudirman No.06 Kota Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Journal of Community Empowerment
ISSN : -     EISSN : 27210480     DOI : 10.37411
Core Subject : Education, Social,
JAMBURA Journal Community Empowerment contains articles of research results and / or analytical-critical studies in the field of out-of-school education specifically on adult education studies, community education, training and human resource development, counseling, and community development. The specifications of the study are aimed at exploring, developing, and explaining knowledge about the history, philosophy, principles, policies, designs, and technologies used and developed in educational services outside the school system. JAMBURA Journal Community Empowerment plays a role and participates in efforts to support the preservation of scientific traditions that originate from theoretical studies of researchers and praxis experiences from educational practitioners. The journal publishes research articles on current issues and trends in nonformal education includes: Educational Life Skills, Management of Education, Early childhood Education, Community education, empowerment and counseling, Education literacy and equality including package A, package B and package C, Educational Institution courses and training, Educational skills and job training, Social Science, Humanity, Art, Tourism dan Culture, and other education aimed.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Volume 5 No. 1: Juni 2024" : 17 Documents clear
Analisis Lingkungan Usaha Untuk Pengembangan Usaha Pada UMKM Kipang Andalas Lucky Mahesa Yahya; Poppy Noverlin; Lovita Permata Sari; Vetty Nur Annisa
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 5 No. 1: Juni 2024
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v5i1.2838

Abstract

UMKM Merupakan sektor bisnis yang membantu perekonomian di Indonesia. Hal ini menjadi dasar bahwa UMKM harus memiliki strategi yang tepat dan efektif dalam menghadapi persaingan dengan para kompetitornya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan usaha UMKM Kipang Andalas agar dapat mengembangkan strategi yang efektif untuk mengembangkan usahanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus, dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui depth interview dan data sekunder yang diperoleh melalui observasi dan studi literasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal dan eksternal berpengaruh terhadap perkembangan dari UMKM Kipang Andalas. Kemudian umkm Kipang Andalas bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat dan efektif seperti meningkatkan kualitas dan mempertahankan kualitas produknya serta melakukan promosi yang dikelola dengan baik dan berkelanjutan.
Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Tengku Darmansah; Adinda Julia Putri; Anisah Aruan; Azra Humaira; Fatin Syahirah; Muhammad Syah Mahathir
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 5 No. 1: Juni 2024
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v5i1.2850

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs YP. Ummul Quraa, Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Medan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki peran krusial dalam pengembangan profesionalisme guru, melalui implementasi program pelatihan, dukungan mentor, dan fasilitasi kolaborasi antar-guru. Temuan ini memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah tersebut, serta dapat menjadi referensi bagi lembaga pendidikan lain dalam mengoptimalkan pengembangan profesionalisme guru. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi Kepala Sekolah dan pengambil kebijakan pendidikan untuk merancang strategi yang lebih efektif dalam mengelola dan memotivasi staf pengajar. Implikasi dari temuan ini dapat mencakup perbaikan kebijakan sekolah, pengembangan program pelatihan yang lebih terfokus, serta penguatan kerja sama antar-guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs YP. Ummul Quraa dan institusi pendidikan serupa.
Problematika Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler Neliwati Neliwati; Sania Aqhila; Fitri Marhamah; Abdillah Nasution
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 5 No. 1: Juni 2024
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v5i1.2852

Abstract

Adanya berbagai kegiatan ekstrakurikuler PAI di sekolah tentunya harus ada pengembangan yang dilakukan oleh pihak sekolah, dalam melaksanakan pengembangan tentunya terdapat beberapa permasalahan yang ada, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan apa saja yang ada di MTs YPI Subulul Huda Saentis dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian pengelolaan ekstrakurikuler Tahfiz dan Nasyid di MTs YPI Subulul Huda Saentis adalah guru pembimbing kegiatan ekstrakurikuler Tahfiz dan Nasyid, kepala sekolah, staf dan 5 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs YPI Subulul Huda Saentis, Jl. Besar Medan Percut Sei Tuan dsn VI km 16, Kec. Percut Sei Tuan, Provinsi Sumatera Utara. Observasi ini dilakukan selama 2 hari tepatnya pada tanggal 4 November 2023. Teknik pengumpulan data terdiri dari hasil observasi, hasil wawancara dan dokumentasi yang dilakukan terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian menjelaskan bahwa permasalahan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler antara lain: Pada program tahfidz yaitu kurangnya minat siswa dalam menghafal, siswa sering menarik diri pada jam ekstrakurikuler Tahfizul Qur'an, masih terdapat siswa yang tidak pandai membaca Al-Qur'an, dan guru Tahfidz sering terlambat dan mangkir dari kegiatan serta suka membentak siswanya. Sedangkan pada program Nasyid, keterbatasan sumber daya, kurangnya minat dan partisipasi, keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan dan pembinaan. Melihat permasalahan tersebut, tentunya perlu adanya pembaharuan sistem pembelajaran yang dilakukan pada kegiatan tersebut.
Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Motivasi Kewirausahaan Terhadap Minat Menjadi Pengusaha Muda (Young Enterpreneur) Winny Alna Marlina; Suryatman Desri; Dhea Amanda Putri; Novia Anita; Rahmi Yulia; Widya Lovita Vebriana
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 5 No. 1: Juni 2024
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v5i1.2867

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menguji pengaruh pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan motivasi kewirausahaan terhdap minat menjdi pengusaha muda (young entrepreneur) pada mahasiswa prodi ekonomi pembangunan di Universitas Andalas. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan penyebaran kuesioner serta menggunakan STATA. Hasil penelitian adalah motivasi kewirausahaan berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi entrepreneur, sedangkan pembelajaran kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi entrepreneur pada mahasiswa prodi ekonomi pembangunan di Universitas Andalas Payakumbuh.
Implementasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Ayu Rosita; Sholih Sholih; Herlina Siregar
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 5 No. 1: Juni 2024
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v5i1.2955

Abstract

The Non-Cash Food Assistance Program (BPNT) is a program implemented by the government in non-cash form given to Beneficiary Families (KPM) with the aim of helping to reduce KPM expenses. This research aims to find out how the Non-Cash Food Assistance (BPNT) program is implemented in Batubantar Village using descriptive research methods and a qualitative approach. The data collection techniques used in this research are observation, interviews and documentation. The results of the research show that the implementation of the Non-Cash Food Assistance (BPNT) program in Batubantar Village has gone well, although the distribution process is still not on target. Keywords: Non-Cash Food Assistance, Implementation
Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model Auditory Intellectually Repetition Suci Amalia Ramadani Nisda; Andi Puspitasari; Nurmia Muin
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 5 No. 1: Juni 2024
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v5i1.2981

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan model auditory Intellectually Repetition (AIR) pada siswa kelas X di SMAN 6 Jeneponto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang mempunyai empat tahapan antara lain: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.2 SMAN 6 Jeneponto yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi tindakan pra siklus, siklus I, siklus II. Data penelitian ini adalah proses aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Deskriptif kuantitatif merupakan analisis hasil tes siswa sedangkan deskriptif kualitatif merupakan analisis hasil aktivitas siswa. Hasil penelitian keterampilan berbicara dari siklus I ke siklus II meningkat, pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 11 siswa dengan persentase 34%, siswa yang belum mencapai ketuntasan berjumlah 21 siswa dengan persentase 66 %, sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan ada 26 siswa dengan persentase 81% dan yang belum mencapai ketuntasan ada 6 siswa dengan persentase 19%. Disimpulkan bahwa keterampilan berbicara dengan model auditory intelektual repetition (AIR) pada siswa kelas X SMAN 6 Jeneponto dinyatakan berhasil.
Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Nisdayanti Nisdayanti; Umar Mansyur; Nurfathana Mazhud
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 5 No. 1: Juni 2024
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v5i1.2982

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca yang di perlukan siswa sebuah metode pembelajaran yang menarik bagi siswa agar lebih bersemangat dan termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca tersebut adalah dengan menggunakan metode CIRC. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode CIRC. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peningkatan kemampuan membaca pada siswa kelas XI IKM C rata-rata skor nilai peningkatan kemampuan membaca meningkat pada prasiklus 72,46 menjadi 79,75 setelah diadakan tindakan siklus 1. Pada akhir tindakan siklus 2, rata-rata yang diperoleh siswa mencapai 84,82. Adapun KKM yang ditentukan sebesar 75, pada kegiatan prasiklus siswa yang mencapai KKM 11 orang siswa atau 39,3%, selanjutnya pada siklus 1 siswa yang mencapai KKM sebanyak 21 orang siswa atau sebesar 75%. Pada siklus 2 siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 orang siswa atau sebesar 85%. Hal ini menunjukkan metode CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Pola Kerjasama Orangtua Dan Tutor Di Kelompok Bermain An-Nur Binaan UPTD SPNF SKB Ujung Pandang Fatmawati Gaffar; Kartini Marzuki; Rudi Amir; Nasrah Natsir; Muhammad Asri; Untung Untung
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 5 No. 1: Juni 2024
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v5i1.2983

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pola kerja sama orangtua dan tutor di Kelompok Bermain An-Nur Binaan UPTD SPNF SKB Ujung Pandang Kota Makassar. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua anak didik memiliki pengetahuan dan keterampilan mengenai pembimbingan kepada anaknya dan bekerjasama dengan tutor pada kelompok bermain, sehingga orangtua anak didik mampu melakukan pembimbingan pada anaknya dengan baik yang dilakukan di rumah.
Pengaruh Fama and French Model, Sentimen Pasar, Makro Ekonomi dan Momentum Terhadap Pengembalian Saham Nelvia Iryani; Lucky Mahesa Yahya
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 5 No. 1: Juni 2024
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v5i1.2986

Abstract

Penelitian ini menyajikan kerangka komprehensif untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham di pasar Indonesia. Model lima faktor Fama dan French (FF) menggabungkan indikator makroekonomi dan elemen sentimen investor. Studi tersebut menganalisis nilai rata-rata tertimbang bulanan dan tertimbang sama dari seluruh saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2013 hingga 2022. Studi tersebut menunjukkan bahwa sentimen investor memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan hasil portofolio saham di Indonesia. Faktor makroekonomi, faktor Fama dan Perancis, serta faktor momentum mempunyai dampak yang merugikan terhadap hasil portofolio saham.
Kapasitas Organisasi Desa Suci Dalam Upaya Digitalisasi Data Desa Sri Rezeky Indiani Husnita; Nina Karlina
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 5 No. 1: Juni 2024
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v5i1.2994

Abstract

Tulisan ini menekankan beberapa hambatan dalam digitalisasi data Desa Suci, termasuk kurangnya SDM terlatih, minimnya penguasaan teknologi, sistem pengumpulan data yang kurang efektif, dan kendala dalam penganggaran program. Tujuan utama tulisan adalah menggambarkan kapasitas organisasi Pemerintah Desa Suci secara komprehensif, dengan harapan memberikan wawasan mendalam untuk perbaikan dan peningkatan keberlanjutan digitalisasi di tingkat desa. Metode penelitian kualitatif digunakan, dengan landasan teori kapasitas organisasi Hall et al. (2003). Teori ini mengidentifikasi tiga komponen utama, yaitu kapasitas finansial, sumber daya manusia, hubungan dan jaringan, infrastruktur dan proses, serta perencanaan dan pengembangan. Hasil penelitian menyoroti kekurangan dalam beberapa aspek kapasitas organisasi Desa Suci, termasuk kurangnya bimbingan teknis, kerjasama yang kurang optimal, kelemahan dalam menerapkan SOP dan pemeliharaan website, serta kekurangan perencanaan tertulis dalam program digitalisasi data desa. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa kapasitas organisasi Pemerintah Desa Suci masih belum memenuhi standar teori Hall et al. (2003), dengan hanya tercapainya satu dari lima dimensi, yakni kapasitas finansial. Perlu dilakukan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kapasitas organisasi agar dapat mengatasi hambatan-hambatan yang diidentifikasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 17