EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan pendidikan, pengelolaan pendidikan, analisis kepemimpinan dan penelitian-penelitian lainnya di bidang praktis pendidikan.
Articles
185 Documents
Search results for
, issue
"Vol 4, No 3 (2022)"
:
185 Documents
clear
Profil Penalaran Relasional Siswa Laki-laki Maskulin dan Perempuan Feminin dalam Menyelesaikan Masalah Matematika
E’en Rochaini;
I Ketut Budayasa;
Rini Setianingsih
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v4i3.2698
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penalaran relasional siswa laki-laki maskulin dan perempuan feminin dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatof dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan tes Bem Sex Role Inventory untuk mengetahui kecenderungan gender, lembar tes penalaran relasional dan pedoman wawancara untuk mengetahui profil penalaran relasional siswa. Subjek penelitian terdiri dari dua orang siswa kelas VIII SMP dengan gender laki-laki maskulin dan perempuan feminin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penalaran relasional siswa laki-laki maskulin dan perempuan feminin memenuhi semua tahap penyelesaian masalah. Selain itu antara siswa laki-laki maskulin dan perempuan feminin memiliki cara atau solusi yang berbeda dalam menyelesaikan masalah matematika.
German Learning Media Application in Class X Senior High School
Insenalia Sampe Roly Hutagalung
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v4i3.2687
The purpose of this study was to describe the use of learning media in learning German in class X SMA Nommensen Pematangsiantar Campus. The data collection was carried out by the methods of observation, interviews, and documentation. The research data will be analyzed using a qualitative descriptive method. The results showed that (1) the use of German language learning media in class X SMA Nommensen Pematangsiantar Campus that had been implemented such as visual media ( PowerPoint, laptop ), silent projection media ( LCD projector), simple visual media (real objects in the classroom ). , whiteboards, picture cards, letter cards, textbooks), audio media ( speakers ). (2) The obstacles faced by teachers in the use of media are derived from media selection techniques and student characteristics. The teacher's solution to overcoming obstacles to the use of learning media is to adjust the learning media to the material and adjust the learning media used to the conditions of the participants educate.
Analisis Kegiatan Praktikum untuk Dapat Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis
Wita Ardina Putri;
Astalini Astalini;
Darmaji darmaji
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v4i3.2638
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang tata cara penelitiannya di dapatkan dari hasil beberapa data deskriptif berupa bentuk dari kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan sikap yang diobservasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan proses sains melalui kegiatan praktikum di SMAN di kecamatan Muara Bulian. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 guru mata pelajaran fisika yang masing-masing berasal dari SMAN 1 Batanghari, MAN 1 Batanghari, dan SMAN 6 Batanghari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Milles & Huberman. Hasil dalam penelitian ini yaitu untuk kegiatan praktikum dalam pembelajaran fisika jarang dilakukan. Hal ini terkendala oleh ketersediaan alat, waktu, serta kurang terampilannya siswa dalam menggunakan alat. Kegiatan praktikum sendiri merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa
Pengaruh Blended Learning, Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi di SMK
Siti Yuni Weniati;
Rochmawati Rochmawati
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v4i3.2614
Kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 4 Surabaya pada mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan manufaktur masih tergolong rendah, hal ini diketahui dari hasil PTS siswa bahwa banyak yang memperoleh nilai di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended learning, minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi di SMK Negeri 4 Surabaya. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasinya yaitu kelas XII AKL di SMK Negeri 4 Surabaya berjumlah 106 siswa dengan sampel sebanyak 84 siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif antara blended learning, minat belajar dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi di SMK Negeri 4 Surabaya. (2) Terdapat pengaruh positif antara blended learning terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi di SMK Negeri 4 Surabaya. (3) Terdapat pengaruh positif antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi di SMK Negeri 4 Surabaya. (4) Terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi di SMK Negeri 4 Surabaya.
Analisis Metode Blended Learning terhadap Pemahaman Materi Pelajaran Siswa di Madrasah Aliyah
M. Dahlan R;
Adista Arini
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v4i3.2625
Penelitian ini bertujuan dalam rangka mengetahui metode blended learning terhadap pemahaman materi pelajaran siswa di MAN 2 Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan hasilnya menggunakan penarikan kesimpulan berdasarkan suatu keadaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode blended learning merupakan sebuah solusi yang tepat digunakan pada pembelajaran saat ini. Metode blended learning telah membantu siswa dari rasa jenuh akibat pembelajaran jarak jauh sepenuhnya. Diantara pembelajaran yang dilakukan lebih banyak kendala yang terjadi pada saat pembelajaran jarak jauh dibanding pembelajaran tatap muka. Cara yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan kendala memahami materi yaitu dengan mengatur waktu untuk melakukan belajar mandiri dan mencari materi tambahan diinternet. Maka dari itu, adanya blended learning menjadikan siswa lebih aktif dan mudah memahami materi karena adanya pertemuan dan komunikasi langsung dangan guru. Dari hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa metode blended learning membantu siswa untuk mengatasi pemahaman materi pelajaran yang dilakukan secara jarak jauh.
Peran Kepala Sekolah dalam menerapkan Peraturan-Peraturan di Sekolah Dasar
Rita Rapang;
Muh Yunus;
Eka Apriyanti
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v4i3.2596
Penelitian ini bertujuan mengatahui peran kepala sekolah dalam menerapkan peraturan-peraturan di sekolah dasar Frater Bakti Luhur Makassar. Penelitian ini dilakukan secara bertahap meliputi persiapan, pelaksanaan, penyelesaian. Subjek penelitian kepala sekolah. Pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa: 1) Peran kepala sekolah dalam menerapakan peraturan-peraturan, yaitu dengan sosialisasi perumusan kebijakan yang di buat dalam organisasi, melakukan evaluasi terhadap program visi dan misi, serta membuat strategi pencapaian sebagai pedoman untuk perbaikan sekolah di masa yang akan datang. 2) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, yakni dengan meningkatkan kinerja para guru di lingkungan sekolah dan juga kordinasi dengan pengawas sekolah terkait mempertahankan mutu sekolah sehingga tetap menjadi sekolah pilihan dan kepercayaan masyarakat.
Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Hubungan Antar Komponen Ekosistem dan Jaring-Jaring Makanan di Lingkungan Sekitar Pada Siswa Sekolah Dasar
Artika Dewi Agustin;
Farida Nurlaila Z;
Wahyudi Wahyudi
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v4i3.2248
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SDN Betet 1 Kota Kediri. Pada pembelajaran IPA, guru hanya menggunakan LKS dan buku guru saja, jadi proses pembelajaran kurang menarik sehingga kurang mencukupi kebutuhan siswa, untuk itu kita membuat media yang berupa multimedia interaktif. Nilai siswa pada saat menggunakan LKS saja nilainya masih di bawak KKM dan sedangkan setelah menggunakan media pembelajaran yang berupa multimedia interaktif siswa banyak yang mendapat nilai di atas KKM dengan materi Hubungan Antar Komponen Ekosisten Dan Jaring-jaring Makanan di Lingkungan Sekitar. Adapun tujuan dalam penelitian Untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan produk pengembangan multimedia interkatif pada materi hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar kelas V. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D oleh S. Thiagarajan yang memiliki 4 tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Tetapi penelitian ini berhenti sampai tahap Develop (pengembangan) saja, dikarenakan keterbatasan biaya, waktu dan adanya pandemi Covid-19. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif sebagai berikut: 1) multimedia interaktif dapat dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil validasi media mendapat nilai 92 dengan presentase skor 100%. 2) multimedia interaktif dapat dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajran berdasarkan hasil validasi materi mendapat nilai 90 dengan presentasi skor 100%. 3) untuk angket kepraktisan guru dapat dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk pembelajaran mendapat nilai 93 dengan presentasi skor 100%. 4) untuk angket uji coba respon siswa mendapat nilai 79,4% .Kesimpulannya pada pembelajaran yang menggunakan multimedia interaktif pada materi hubungan antar komponen ekosistem dan jarring-jaring makanan di lingkungan sekitar dapat dinyatakan layak digunakan untuk media pembelajaran. Untuk itu produk yang telah dikembangkan dapat memenuhi kriteria yang di sampaikan atau di kembangankan oleh peneliti
Persepsi Mahasiswa dalam program International Credit Transfer
Aiman Faiz;
Vini Agustiani Hadian;
Imas Kurniawaty
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v4i3.2630
Kebijakan Nadiem Makarim dalam mengatasi jumlah pengangguran secara nasional dengan mencari solusi dan menyelaraskan antara dunia kerja dengan dunia industri. Tujuan penelian ini adalah untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon terkait kurikulum MB-KM pada program International Credit Transfer di Lovely Professional University India. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan 10 informan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan pada program tersebut mahasiswa lebih disiplin dan bertanggung jawab dengan culture pendidikan yang diterapkan kampus Mitra. Mahasiswa juga bertukar informasi terkait dengan kurikulum dan kultur pendidikan yang mereka temui. Hal lain, program ICT ini memberikan kemampuan dalam memecahkan masalah (problem solving), komunikasi dan kolaborasi hingga Invention. Output-nya agar para mahasiswa bisa mengembangkan kemampuannya dan pengalaman belajarnya di perguruan tinggi luar sehingga memenuhi apa yang diinginkan oleh dunia kerja, karena fokus kurikulum MB-KM mengarahkan lulusan sesuai kebutuhan pengguna dengan keahlian yang terintegrasi. Dengan demikian, program ICT menjadi program yang sangat tepat diterapkan dalam pendidikan yang mengedepankan kolaborasi dan komunikasi. Besar harapan mahasiswa agar program serupa bisa ditemui kembali agar memperkuat jejaring dan kemampuan lainnya.
Pengaruh Microteaching, Persepsi Profesi Guru terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Inteverning
M Ansyar Abdillah;
Rochmawati Rochmawati
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v4i3.2615
Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat pengaruh pembelajaran microteaching, persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru akuntansi dengan efikasi diri sebagai variabel intervening pada mahasiswa pendidikan akuntansi 2018 dan 2019. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif ex-post facto. Populasi pada penelitian yakni mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Surabaya angkatan 2018 dan 2019 yang berjumlah 117 mahasiswa. Penentuan sampel ditentukan melalui Rumus Slovin sehingga sampel diketahui sebanyak 91 mahasiswa. Metode pengambilan data dengan cara menyebar kuesioner, sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 25. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa 1) Mata kuliah microteaching, persepsi profesi guru dan efikasi diri secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru akuntansi 2) Mata kuliah microteaching tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru akuntansi 3) Persepsi profesi guru berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru akuntansi 4) Mata kuliah microteaching berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri 5) Persepsi profesi guru berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri 6) Efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru akuntansi 7) Efikasi diri dapat memediasi pengaruh Mata kuliah microteaching terhadap minat menjadi guru akuntansi 8) Efikasi diri dapat memediasi pengaruh persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru
Indonesian High School Students’ Readiness and Attitude toward Online Learning: A Mixed Method Study
Bachtiar Bachtiar
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v4i3.2678
This study aims to find out students’ readiness and attitude of online learning and how their learning readiness and attitude affect their participation and academic achievement in online learning. This research used A Mixed Method Research (MMR) by distributing questionnaires and conducting a depth interviews. The questionnaire were distributed to 50 students in 5 senior high schools in one district in South Sulawesi province of Indonesia, and 5 of the students who responded the questionnaire were selected to be interviewed. The quantitative data from the questionnaire was analyzed using the Statistical Package for Social Sciences (SPSS), while the qualitative data from the interview was analyzed using thematic analysis. The results showed that students’ readiness and attitude have been found to impact students’ level of involvement in English online learning. Some factors influenced the students’ readiness, namely: lack of technological understanding in relation to digital learning platform, technological devices for virtual learning, quotas, and internet access. The study also found that, despite the students negative attitude toward online learning at the beginning of the implementation of online learning, they have learnt new somethings in relation to education technology which influenced their positive attitude towards online learning, including English online learning. The study suggests the need for teachers to implement effective learning approach and strategy to enhance students involvement in online learning