cover
Contact Name
RIZKI ANANDA
Contact Email
edukasi2019@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
edukasi2019@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 26568063     EISSN : 26568071     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan pendidikan, pengelolaan pendidikan, analisis kepemimpinan dan penelitian-penelitian lainnya di bidang praktis pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 82 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 6 (2022): December 2022" : 82 Documents clear
Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga terhadap Fenomena Panic Buying Ibu Rumah Tangga pada Masa Pandemi Covid-19 Pujiati Pujiati; Rahmawati Rahmawati; Fanni Rahmawati
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 6 (2022): December 2022
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v4i6.4124

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa dampak yang sangat kuat dalam setiap lini  aktivitas kehidupan manusia, terutama aktivitas ekonomi. Sehingga menyebabkan permasalahan ekonomi yang sangat kompleks yang berdampak buruk bagi kestabilan ekonomi keluarga. Kepanikan terjadi terutama pada aktivitas pembelian barang kebutuhan dalam jumlah besar akibat adanya informasi bohong yang menyesatkan masyarakat. Sehingga menimbulkan panic buying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga terhadap fenomena panic buying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang pengolahan datanya dilakukan dengan metode statistik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto. Responden penelitian merupakan konsumen ibu rumah tangga di Kota Bandar Lampung. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis pengaruhnya secara parsial. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa temuan penelitian menunjukkan bahwa pendidikan ekonomi rumah berdampak pada fenomena panic buying di kalangan ibu rumah tangga selama masa pandemi Covid-19 di Kota Bandar. Lampung. Kontribusi pengaruh parsial variabel pendidikan ekonomi sebesar 32,5%. Fenomena panic buying ibu rumah tangga di era pemulihan pandemi covid-19 di Kota Bandar Lampung
Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Terhadap Kepribadian Introvert Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Nina Permata Sari; Ririanti Rachmayanie; Muhammad Arsyad; Nidia Intan Larissa
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 6 (2022): December 2022
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v4i6.3559

Abstract

Salah satu faktor yang secara teoritis memberikan pengaruh terhadap pembentukan kepribadian individu adalah pola asuh. Penelitian ini berfokus untuk mengkaji hubungan pola asuh otoriter dengan kepribadian introvert. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 829 siswa SMP Negeri 9 Banjarmasin dengan sampel 196 siswa yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dalam skala Likert, kemudian dianalisis dengan teknik analisis korelasi bivariat setelah sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas yang masing-masing diuji menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola asuh otoriter dan harga diri secara bersama-sama dengan kecenderungan siswa untuk menjadi introvert
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Program “Ratu Dongeng” di Desa Pempatan Ni Komang Ayu Suri Nadi; Pande Agus Adiwijaya; Md Andhi Supriatna Arna; I Nengah Sueca
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 6 (2022): December 2022
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v4i6.3673

Abstract

Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang ditanamkan pada siswa melalui kegiatan Ratu Dongeng dalam pembentukan karakter siswa. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai karakter yang berbasis Ratu Dongeng di Desa Pempatan, Bali. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kuantitatif sederhana. Data dikumpulkan dengan menggunakan Angket. Angket diberikan kepada responden sebagai alat untuk mengukur pembentukan karakter bangsa dalam kegiatan Ratu Dongeng. Data yang terkumpul dianalisa secara univariat. Hasil penelitian kegiatan Ratu Dongeng ini dapat menguatkan 9 dimensi nilai-nilai karakter yang mendapatkan respons sangat sesuai, yaitu religius, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, gemar membaca dan tanggung jawab. Terdapat 7 nilai karakter lainnya yang mendapatkan respon sesuai, yaitu jujur, toleransi, cinta tanah air, komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, dan peduli sosial. Dimensi nilai karakter kreatif dan demokratis mendapatkan respon yang kurang sesuai. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan dari 18 dimensi nilai karakter dalam kegiatan Ratu Dongeng saling menguatkan, hanya saja ada 2 dimensi nilai karakter yang kurang sesuai, yaitu Kreatif dan Demokratif maka dari itu peneliti memiliki saran untuk kegiatan Ratu dongeng ini tetap dilaksanakan untuk membentuk karakter siswa yang lebih baik.
Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadis Tamjidnoor Tamjidnoor
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 6 (2022): December 2022
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v4i6.4093

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan Islam dalam perspektif hadis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hadis dalam konteks pendidikan Islam sangat penting untuk dikaji dan dianalisis sebagai pemahaman konsep pendidikan. Tulisan ini mencoba melihat pendidikan Islam melalui perspektif hadits, dimana hadits menjadi sumber kedua setelah Al-Qur'an yang merupakan sumber utama dan terpenting Islam. Pengertian hadits pendidikan menjelaskan tentang kandungan hadits-hadits yang berkaitan dengan pendidikan Islam merupakan hal yang sangat urgen untuk diketahui dan dijadikan acuan dalam dunia pendidikan, terkhusus pendidikan Islam. Banyak hal atau topik hadits yang berbicara tentang pendidikan Islam; tujuan pendidikan Islam; pendidik; peserta didik; dan hal-hal yang berkaitan dengan proses pendidikan baik metode pendidikan maupun materi pendidikan.
The Influence of Cross-Interest Economic Learning on Senior High School Students’ Learning Interest and Student Achievement I Gusti Ayu Laksmi Trisnawati; Suparman Suparman; Fitra Hasri Rosandi
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 6 (2022): December 2022
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v4i6.4292

Abstract

The 2013 curriculum provides opportunities for learners to develop their abilities, talents and interests more broadly and openly The purpose of this study is to analyze the influence of cross-interest economic learning on learning interest and Learning Achievement of Class XI MIA 1 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar students. The type of research used by researchers is Quantitative research using experimental methods to measure relationships, the influence of variable differences. The results showed that there was an influence of learners across economic interests on learning interest and learning achievement from the results of the Anova column F test conducted with the spss version 22 application, a significant value for learning interest was obtained by 0.034 So it can be concluded that there is an influence of learning Cross economic interest on learning interest and learning achievement
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Peserta Didik SMA Muhammad Robith Farkhan; Enok Maryani; Epon Ningrum
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 6 (2022): December 2022
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v4i6.3953

Abstract

Kemampuan berpikir ilmiah merupakan kecakapan yang harus dimiliki oleh peserta didik di persekolahan pada abad 21. Upaya menumbuhkan kemampuan berpikir ilmiah dilakukan guru dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Sampel penelitian ini terdiri dari 60 peserta didik, yang terbagi kedalam 2 kelas, kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran berbasis masalah, sedangkan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol digunakan metode pembelajaran ceramah. Data pengaruh diperoleh menggunakan instrumen tes keterampilan berpikir ilmiah, dilaksanakan sebelum dan setelah pembelajaran. Analisis data penelitian ini menggunakan paired sample t test. Hasil penelitian didapatkan bahwa, 1) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir ilmiah, dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak, 2) tidak terdapat pengaruh metode pembelajaran ceramah terhadap kemampuan berpikir ilmiah, dengan demikian H0 diterima dan H1 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir ilmiah dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis masalah.
Pengaruh Dukungan Sosial Guru terhadap Resiliensi Akademik Siswa SMP Glorius Deonatus Keo
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 6 (2022): December 2022
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v4i6.4241

Abstract

Seseorang yang memiliki resiliensi akan menemukan sistem untuk meningkatkan pola pikir atau pengetahuan yang lebih tinggi sehingga dapat mengatasi permasalahan secara menyeluruh, penuh perhatian, dan semangat.Sedangkan tujuan yang diharapkan adalah untuk memperoleh data dan informasi serta untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial guru terhadap resiliensi akademik siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Satu Atap Amfoang Tengahdi masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan sampel berjumlah 121 siswa. Maka hasil yang diperoleh saat penelitian adalah dukungan sosial  guru memberi pengaruh signifikan terhadap resiliensi akademik siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Satu Atap Amfoang Tengahdalam melaksanakan pembelajaran Daring. Penelitian ini juga memberikan bukti lebih jauh bahwa semakin tinggi dukungan sosial guru maka semakin tinggi resiliensi akademik siswaselama masa pandemi Covid-19 dan sebaliknya semakin rendah dukungan sosial guru maka semakin rendah/lemah resiliensi akademik siswa pada masa Pandemic Covid-19 di wilayah Amfoang Tengah.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Putri Fauziah Banani; Amalia Rhoma Dhoni; Riska Adinda Putri; Yantoro Yantoro Yantoro
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 6 (2022): December 2022
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v4i6.4134

Abstract

Pada satuan Pendidikan kepemimpinan demokrasi sekolah harus memiliki kompetensi manajerial sosial dalam meningkatkan kinerja guru. Oleh karena itu, di sebuah instansi Pendidikan adanya pemimpin yang dapat mengarahkan anggotannya sesuai tujuan dari Pendidikan tersebut. Keberhasilan sekolah dapat ditentukan oleh kinerja para guru dalam bekerja sama dengan kepala sekolah untuk mencapai tujuan bersama. Sebagi kepala sekolah harus bisa mengambil keputusan yang cepat. Agar mendapatkan hasil yang terbaik demi tujuan bersama. Dengan begitu, dengan adanya jiwa kepemimpinan kepala sekolah yang baik dapat mencitpakan suasana kerja para staf pendidik yang kondusif. Pada Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kuantitatif mengelola fakta-fakta sebagai angka-angka berdasarkan hipotesis yang telah ada. . Lokasi penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 186/I Sridadi Kabupaten Batang Hari.  Populasi pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan staf yang berjumlah 13 orang yang asing masing memiliki fungsi, kualitas dan karakteristik yang berbeda-beda. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket. Dengan mencari validitas dan uji realibilitas. Dengan hasil valid dan realibitas signifikan (0.03>0.05).
Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Jupentus Hutagalung; Julaga Situmorang; Sardjijo Sardjijo
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 6 (2022): December 2022
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v4i6.4003

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar PPKn siswa, perbedaan hasil belajar PPKn siswa memiliki motivasi belajar tinggi dan perbedaan hasil belajar PPKn siswa memiliki motivasi rendah yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran koperatif tipe jigsaw dengan strategi pembelajaran ekspositori, interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa,  Penelitian ini bermanfaat sebagai acuan dalam mengembangkan dunia pendidikan bagi Kepala Dinas Pendidikan, guru, sekolah, siswa dan juga peneliti selanjutnya. Penelitian dilaksanakan pada kelas VI di SD Negeri 015902 Huta Padang dan SD Negeri 010112 Huta Padang Kabupaten Asahan. Waktu untuk pelaksanaan penelitian ini yaitu pada Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas  VI SD Negeri 015902 Huta Padang dan SD Negeri 010112 Huta Padang Kabupaten Asahan yang berjumlah 90 orang  terdiri dari 3 (dua) kelas. Hasil belajar siswa menggunakan strategi jigsaw memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar adalah 90,76 sedangkan strategi ekspositori memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,72. Hasil belajar siswa memiliki motivasi belajar tinggi memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,66 sedangkan motivasi belajar rendah memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,83. Hasil belajar siswa memiliki motivasi belajar tinggi diberi perlakuan strategi pembelajaran jigsaw tidak berbeda dengan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi diberi perlakuan strategi ekspositori. Hasil belajar siswa memiliki motivasi rendah menggunakan strategi ekspositori lebih rendah dari hasil belajar siswa memiliki motivasi rendah menggunakan strategi Jigsaw. Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa berdasarkan hasil uji Anava diketahui harga sig=0,003<sig=0,05 sehingga penggunaan straregi pembelajaran dan motivasi belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar PPKn siswa
Evaluasi Kebijakan Program MBKM dalam Meningkatkan Capaian Pembelajaran Lulusan Perguruan Tinggi Kurnia Hastuti; Heni Susanti; Tomi Erfando
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 4, No 6 (2022): December 2022
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v4i6.4119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi impelementasi kebijakan MBKM di Indonesia. Pendekatan evaluasi dalam kajian ini menggunakan pendekatan kualitataif. Pastisipan dalam penelitian ini adalah seluruh stakeholder yang mengelola kegiatan MBKM yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor Bagian akademik, Direktorat Akademik yang berperan aktif dalam mengelola program MBKM di pada empat kampus di Indonesia yaitu Pekanbaru, Bandung, Pontianak, dan Makasar. Teknik pengumpulan data dalam kajian evaluasi ini adalah observasi dan wawancara mendalam untuk mendapatkan data tentang impelementasi kebijakan program MBKM yang ada di Indonesia. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan Creswell (2014): preparing and defining data, reading the data as a whole, encoding data, defining themes and creating descriptions, linking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan program MBKM yang diterapkan pada beberapa kampus di Indonesia belum berjalan dengan maksimal. Hal ini dikarenakan belum maksimalnya koordinasi antara pimpinan tertinggi di Kampus sampai dengan ketua prodi pada masing-masing jurusan. Hal yang paling sulit dirasakan oleh kampus adalah sulitnya mengkonversi kegiatan di luar kampus dengan mata kuliah yang disajikan dalam kurikulum yang dirancang oleh oleh universitas.

Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 5 (2025): Oktober Vol 7, No 4 (2025): Agustus Vol 7, No 2 (2025): In Press Vol 7, No 1 (2025): February Vol 6, No 6 (2024): December Vol 6, No 5 (2024) Vol 6, No 4 (2024) Vol 6, No 3 (2024) Vol 6, No 2 (2024): In Press Vol 6, No 2 (2024) Vol 6, No 1 (2024) Vol 5, No 6 (2023) Vol 5, No 6 (2023): December Vol 5, No 5 (2023): October Vol 5, No 5 (2023) Vol 5, No 4 (2023) Vol 5, No 4 (2023): August Vol 5, No 3 (2023): June Vol 5, No 3 (2023) Vol 5, No 2 (2023): April Vol 5, No 2 (2023) Vol 5, No 1 (2023): February Vol 5, No 1 (2023) Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346 Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400 Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000 Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200 Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600 Vol 4, No 6 (2022): December 2022 Vol 4, No 6 (2022) Vol 4, No 5 (2022) Vol 4, No 4 (2022) Vol 4, No 3 (2022) Vol 4, No 2 (2022) Vol 4, No 1 (2022) Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500 Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500 Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382 Vol 3, No 3 (2021): June Pages 631-1091 Vol 3, No 2 (2021): April Pages 250-630 Vol 3, No 1 (2021): February, Pages 1-260 Vol 3, No 6 (2021) Vol 3, No 5 (2021) Vol 3, No 4 (2021) Vol 3, No 3 (2021) Vol 3, No 2 (2021) Vol 3, No 1 (2021) Vol 2, No 3 (2020): December, Pages 215-250 Vol 2, No 2 (2020): August, Pages 113-214 Vol 2, No 1 (2020): April, Pages 1-112 Vol 2, No 2 (2020) Vol 2, No 1 (2020) Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137 Vol 1, No 2 (2019): August Pages 56-96 Vol 1, No 1 (2019): April, Pages 1-55 Vol 1, No 3 (2019) Vol 1, No 2 (2019) Vol 1, No 1 (2019) More Issue