cover
Contact Name
RIZKI ANANDA
Contact Email
edukasi2019@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
edukasi2019@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 26568063     EISSN : 26568071     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan pendidikan, pengelolaan pendidikan, analisis kepemimpinan dan penelitian-penelitian lainnya di bidang praktis pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 100 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2023)" : 100 Documents clear
Migrasi Kurikulum: Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka pada SMA Swasta Kapuas Pontianak Iwan Ramadhan; Warneri Warneri
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2023): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i2.4760

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeksripsikan proses perubahan kurikulum merdeka sebagai penyempurna dari kurikulum 2013 terhadap siswa kelas X di SMA Swasta Kapuas Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan berfokus pada data tentang proses perubahan kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka. Hasil penelitian adalah adanya perubahan selama penerapan kurikulum merdeka pada kelas X SMA Swasta Pontianak. Diantaranya perubahan sangat tampak ialah pada keaktifan siswa, kegiatan proyek lebih dominan, kepuasaan siswa dari hasil karya yang dimiliki serta siswa lebih bebas mengekpresikan minat dan bakatnya dari tugas yang diberikan guru karena telah berubah dari PR menjadi tugas proyek. Siswa kelas X di SMA Swasta Kapuas Pontianak dalam melaksanakan program P5 kurikulum merdeka menghasilkan proyek berbahan dasar bahan bekas dan setiap akhir semester hasil karya siswa dipamerkan. Penerapan kurikulum merdeka terhadap siswa kelas X SMA Swasta Kapuas Pontianak tidak sama sekali menghilangan kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran, namun cenderung berusaha menyempurnakan kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka
Kontribusi Pemikiran Ibnu Khaldun Terhadap Kontruksi Pendidikan Agama Islam Abd Mannan; Atiqullah Atiqullah
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2023): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i2.4775

Abstract

Dalam memandang pendidikan Ibnu Khaldun berdasarkan pada hipotesis sesungguhnya manusia pada dasarnya “tidak tahu” (jahil), dan menjadi “tahu” (alim) melalui belajar. Maknanya, manusia termasuk dalam kelompok hewan, namun Allah telah memberikan suatu keistimewaan akal pikir, yang memungkinkan bagi mereka berperilaku secara teratur serta terencana, yang disebut akal pemilah (al-‘aql al-tamyizi); atau memungkin memahami macam daya pikir dan pendapat, timbal balik pada tata hubungan dengan sesama, yang disebut akal eksperimental (al-‘aql al-tajribi); serta memungkinkan bagi mereka untuk menggambarkan realitas-empiris dan non-empiris, yang disebut akal kritis (al-‘aql an-nadzori). Penelitian ini termasuk dalam jenis library reseach (kajian pustaka) dengan pendekatan kualitatif, dengan metode analisis data Content Analysis (analisis isi). Dari hasil penelitian ini didapat kesimpulan pertama, menurut Ibnu Khaldun tujuan pendidikan setidaknya meliputi tiga aspek, yaitu untuk meningkatkan pemikiran, peningkatan kemasyarakatan, dan aspek pengembangan iman dan takwa. Kedua, materi dalam pendidikan Islam menurut Ibnu Khaldun dapat dibagi kedalam Ilmu-ilmu naqliyah (ilmu agama) dan ilmu-ilmu ‘aqliyah (ilmu umum). Ketiga, beberapa metode yang ditawarkan Ibnu Khaldun dalam proses pembalajaran antara lain metode menghafal, diskusi atau dialog, widyawisata (riẖlah), pentahapan (tadrīj) dan pengulangan (tikrar).
Pendidikan Akhlak Kepada Anak Melalui Metode Habituasi (Telaah Hadits Abu Dawud dan at-Tirmidzi) Pudyas Tataquna Raniya; Waharjani Waharjani
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2023): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i2.4761

Abstract

Proses pendidikan manusia, memerlukan pendidikan akhlak yang memiliki peran penting serta menjadi pondasi utama untuk proses perkembangan menjadi seorang manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah membentuk pendidikan akhlakul karimah dengan menggunakan metode habituasi yang sehingga dapat memunculkan peran stimulus dan respons pada jiwa anak. Penelitian ini merupakan penelitian library research. Penelitian  ini  bersifat  deskriptif  analisis dengan pendekatan filosofis dan pedagogis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perilaku seseorang terbentuk karena pembiasaan, artinya pembiasaan yang terus-menerus melalui stimulus dan ditanggapi oleh respons, bila stimulus dibiasakan maka perilaku respons itu juga akan terbiasa dan menjadi perilaku yang tetap bila terus diulangi
Analisis Layanan Website Pembelajaran dan Implikasinya pada Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh Fitra Jaya; Siti Aisyah; Ucu Rahayu; Mutiara Magta; Suci Nurhayati
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2023): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i2.4768

Abstract

Sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh merupakan sistem pendidikan yang sangat erat kaitannya dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam memfasilitasi keterlibatan  mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar. Guru Pintar Online (GPO) merupakan salah satu portal di dalam situs resmi Universitas Terbuka  yang dikembangkan sebagai bentuk kontribusi dan dedikasi Universitas Terbuka pada dunia pendidikan dan pengembangan kompetensi guru berkelanjutan. Tujuan dalam penelitian ini  adalah untuk menganalisis dan mengevaluasai implikasi dari website GPO, serta mendapat gambaran website yang ideal bagi pengembangan kompetensi guru dalam sistem pendidikan jarak jauh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini di ikuti oleh 526 responden yang tersebar dari 11 program studi yang ada di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Terbuka. Penelitian ini menyoroti pentingnya unsur kegunaan, kualitas informasi dan kualitas interkasi layanan dalam pengembangan website. Dalam pendidikan jarak jauh website pembelajaran diperlukan untuk memfasilitasi guru atau calon guru dalam pengembangan komptensi secara berkelanjutan. Website pembelajaran hendaknya menampilkan desain tampilan yang sesuai dengan perkembangan jaman, sistematik, menarik, dan bermanfaat dalam pengembangan kompetensi penggunanya. 
Dilema Miskonsepsi Dalam Buku Teks Sejarah Indonesia Sriwati Sriwati
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2023): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i2.4801

Abstract

Isu tentang adanya miskonsepsi yang ditemukan dalam berbagai buku teks di sekolah mulai ramai diperbincangkan. Salah satunya dalam mata pelajaran Sejarah Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk menunjukan contoh konkrit adanya miskonsepsi dalam buku teks Sejarah Indonesia, serta mendeskripsikan dampak miskonsepsi dalam pembelajaran sejarah bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa buku teks sebagai salah satu sumber belajar menempati peran yang penting dalam proses pembelajaran, terutama bagi siswa. Sehingga ketersediaan buku teks akan memberikan pengaruh terhadap tingkat pemahaman siswa. Namun, ada banyak peristiwa dalam buku teks sejarah yang dikemukakan sejarawan menggunakan sudut pandang yang berbeda. Materi semacam ini di satu sisi dapat memicu kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, tetapi di sisi lain tidak jarang menimbulkan kebingungan bagi siswa dan berujung pada miskonsepsi dalam pemahamannya.
Kepribadian Tokoh Perempuan “Kugy” Dalam Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari Deri Wan Minto; Rica Azwar; Teti Indrayani; Rifka Zuwanda
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2023): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i2.4776

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan kepribadian tokoh perempuan “Kugy” dalam Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. Kajian ini merupakan kajian mengenai psikologi sastra khususnya kepribadian tokoh perempuan yaitu “Kugy”. Kualitatif dan metode deskriptif merupakan jenis dan metode yang dipakai dalam penelitian ini. Hasil penelitian hendaknya bahan renungan bagaimana seorang  perempuan memiliki kepribadian yang bisa dijadikan contoh dan panutan dalam kehidupan sosial masyarakat. Berdasarkan kepribadian tokoh perempuan yang ditemukan, yang paling dominan adalah gaya romantis. Paling sedikit gaya pencemas. Penelitian ini dapat diimplementasikan terhadap pendidikan melalui pelajaran apresiasi sastra di sekolah, perguruan tinggi atau masyarakat. Penelitian ini hendaknya dapat memberikan kontribusi dalam menambah wawasan di bidang kesusasteraan dan psikologis perempuan, guna memahami bersikap, berpikir dan mendalami pola pikir yang baik.
Efektivitas Pembelajaran Saintifik Berbantuan Media Youtube Terhadap Motivasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Lovandri dwanda putra; Syifa Eka Nursanti
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2023): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i2.4783

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran saintifik dengan berbantuan media youtube terhadap motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa saat pembelajaran tatap muka di SD Negeri Keceme 1. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan quasi experimental design dengan noneequivalent (pretest-posttest) Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi dan tes soal pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS v25.0. Hasil penelitian dapat dilihat dari hasil data angket kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 68,11, sedangkan rata-rata angket kelas eksperimen 74,44. Hasil posttest kelas kontrol memiliki rata-rata 64,21, sedangkan pada kelas eksperimen dengan rata-rata 79,44. Hasil lainnya dapat dilihat dari perhitungan hipotesis menggunakan uji-t angket terhadap kedua kelompok didapatkan Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 , sedangkan pada uji-t posttest kedua kelompok didapatkan Sig. (2-tailed) sebesar 0,021 yang mana nilai Sig. tersebut < 0,05. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis apabila nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, maka terdapat keefektifan pembelajaran saintifik berbantuan media youtube terhadap motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tatap muka di SD Negeri Keceme 1
Penilaian Kualitas Kepemimpinan Pendidikan Muchtarom Muchtarom; Ai Sumarni; Firman Firman; Nur Sobarie
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2023): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i2.4616

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kualitas kepemimpinan pendidikan. Kepemimpinan pendidikan sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tanpa adanya manajemen yang baik, pendidikan tidak akan tercapai dengan baik dan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian kualitas kepemimpinan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode library research, yaitu studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menjelaskan 1) Penilaian kualitas kepemimpinan pendidikan harus mempunyai nilai-nilai  yang harus dimiliki, dengan merealisasikan nilai-nilai yang dimilki seorang pemimpin lembaga yang dia pimpin akan lebih maju sesuai dengan tujuan awal yang ingin dicapai, 2) Tipe seorang pemimpin dalam memimpin suatu lembaga sangat berpengaruh terhadap maju dan berkembangannya lembaga pendidikan tersebut, 3) Salah satunya dengan cara menentukan kriteria dan indikator seseorang dikatakan memiliki kualitas dalam kepemimpinan pendidikan, diantaranya adalah dengan pemimpin yang inovasi, inovasi mempunyai beberapa indikator dan kriteria diantaranya memahamai dan mempunyai target terukur perihal visi misi lembaga, dan juga konsisten, komitmen, bertanggung jawab, dan profesional, dan 4) Hambatan dan solusi yang harus di atasi adalah seorang pemimpin harus memahami visi, misi dan tujuan suatu lembaga dan harus dijalankan secara bersamaan. Simpulan penelitian ini adalah kualitas kepemimpinan yang baik akan meningkatkan mutu pendidikan
Assesmen For Learning Maharah Qira’ah Ditinjau Dari Tujuan Pembelajarannya Isnaini Lubis; Istifadatul Ghoziyah; Casmini Casmini
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2023): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i2.4189

Abstract

Assesmen For Learning merupakan penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan digunakan untuk perbaikan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menilai hasil belajar peserta didik dan menjadi evaluasi pendidik dalam menyusun atau menerapkan metode dan strategi pembelajaran maharah qiraáh. Penelitian ini menggunakanpenelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus di kelas VII-B MTs Negeri 2 Klaten dengan jumlah 29 peserta didik. Pada pemerolehan data digunakan teknik nontes yang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan maharah qiraah peserta didik ditinjau dari tujuan pembelajarannya  pada saat diberikan tugas, peserta didik kelas VII-B MTs Klaten yang mencapai nilai KKM berjumlah 18 orang (32%), sedangkan 11 orang (68%)belum mencapai nilai KKM. Kemudian pada saat ulangan harian, siswa kelas VII-B yang mencapai nilai KKM berjumlah 7 orang (24%), sedangkan 22 orang (76%) belum mencapai nilai KKM
Kontribusi Kompetensi Sosial Guru terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Burhanuddin Burhanuddin
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2023): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v5i2.4890

Abstract

Orientasi Pendidikan mengarahkan kepada kompetensi tenaga pendidik (guru) dalam menyampaiakan materi pembelajaran secara rinci dan runtut, sehingga peserta didi dapat dengan muda memahami setiap derivasi materi pembelajaran. Permasalahan utama pada proses pembalajaran untuk  pelajaran IPS mengautkan kepada kompetensi sosial guru dalam menjabarkan materi yang sangat kompleks. Tujuan utama dari penelitian yang dilakukan adalah mengukur korelasi kompetenasi sosial guru sebagai keterampilan dasar dari tenaga pendidik untuk mampu memetekan setiap ruang lingkup materi pembelajaran yang berperan efektif untuk meningkatkan keterampilan kognitif dan hasil belajar peserta didik. Pengukuran keterampilan sosial guru diukur dengan menggunakan rubrik yang terdiri dari beberapa indikator utama dan setiap indikator mempunyai item-item pernyataan yang disesuaikan dengan indikator utama yang akan diukur, dan item pernytaan yang disusun menggunakan skala likert dengan interval nilai 1-4. Rubrik divalidasi oleh validator ahli untuk memenuhi kriteria kevalidan. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan SPSS dan tehnik analisis yang digunakan adalah uji korelasi yang bertujuan untuk menentukan hubungan serta tingkat kontribusi keterampilan sosial yang dimiliki oleh guru dalam menderivasikan setiap materi pembelajaran sosial yang berkorelasi positif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan sosial berkontribusi secara signifikan terhadap capaian hasil belajar peserta didik.

Page 1 of 10 | Total Record : 100


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 5 (2025): Oktober Vol 7, No 4 (2025): Agustus Vol 7, No 2 (2025): In Press Vol 7, No 1 (2025): February Vol 6, No 6 (2024): December Vol 6, No 5 (2024) Vol 6, No 4 (2024) Vol 6, No 3 (2024) Vol 6, No 2 (2024): In Press Vol 6, No 2 (2024) Vol 6, No 1 (2024) Vol 5, No 6 (2023): December Vol 5, No 6 (2023) Vol 5, No 5 (2023) Vol 5, No 5 (2023): October Vol 5, No 4 (2023) Vol 5, No 4 (2023): August Vol 5, No 3 (2023) Vol 5, No 3 (2023): June Vol 5, No 2 (2023): April Vol 5, No 2 (2023) Vol 5, No 1 (2023) Vol 5, No 1 (2023): February Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346 Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400 Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000 Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200 Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600 Vol 4, No 6 (2022): December 2022 Vol 4, No 6 (2022) Vol 4, No 5 (2022) Vol 4, No 4 (2022) Vol 4, No 3 (2022) Vol 4, No 2 (2022) Vol 4, No 1 (2022) Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500 Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500 Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382 Vol 3, No 3 (2021): June Pages 631-1091 Vol 3, No 2 (2021): April Pages 250-630 Vol 3, No 1 (2021): February, Pages 1-260 Vol 3, No 6 (2021) Vol 3, No 5 (2021) Vol 3, No 4 (2021) Vol 3, No 3 (2021) Vol 3, No 2 (2021) Vol 3, No 1 (2021) Vol 2, No 3 (2020): December, Pages 215-250 Vol 2, No 2 (2020): August, Pages 113-214 Vol 2, No 1 (2020): April, Pages 1-112 Vol 2, No 2 (2020) Vol 2, No 1 (2020) Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137 Vol 1, No 2 (2019): August Pages 56-96 Vol 1, No 1 (2019): April, Pages 1-55 Vol 1, No 3 (2019) Vol 1, No 2 (2019) Vol 1, No 1 (2019) More Issue