cover
Contact Name
Nasiruddin
Contact Email
daulay.nasiruddin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
daulay.nasiruddin@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pedagogik Olahraga
ISSN : 25035355     EISSN : 25808877     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pedagogik Olahraga merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan dua kali setahun pada setiap bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 34 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal Pedagogik Olahraga" : 34 Documents clear
PENGARUH LATIHAN SQUAT JUMP DAN DEPTH JUMP TERHADAP POWER OTOT TUNGKAI DAN HASIL SMASH BOLA VOLI PADA ATLET PUTRA CLUB BANK SUMUT Arona, Sedrahta; Supriadi, Amir
Jurnal Pedagogik Olahraga Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal Pedagogik Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpor.v11i1.64752

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan Squat Jump dan Depth Jump terhadap power otot tungkai dan hasil smash bola voli pada atlet putra club Bank Sumut Medan tahun 2024. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet bola voli putra club Bank Sumut Medan. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan purposive sampling (sampel bersyarat) dengan kriteria yaitu: (1) Lama latihan 2 tahun. (2) Atlet putra. (3) Aktif latihan. (4) Memiliki kemampuan smash yang kurang. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 10 atlet. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan cara pengambilan pre-test, treatment, dan post-test. Dari analisis data pertama yang telah dilakukan diketahui bahwa nilai t_hitung sebesar 20,71. Lalu nilai tersebut dibandingkan dengan nilai t_tabel dengan dk = n-1 (10-1 = 9) pada taraf signifikan α = 0,05 adalah 1,833. Maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan Squat Jump dan Depth Jump terhadap power otot tungkai pada atlet putra bola voli club Bank Sumut Medan tahun 2024. Dan berdasarkan analisis data kedua perhitungan yang dilakukan maka diperoleh hipotesis t_hitung sebesar 17,65. Lalu nilai tersebut dibandingkan dengan nilai t_tabel dengan dk = n-1 (10-1 = 9) pada taraf signifikan α = 0,05 adalah 1,833. Maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan Squat Jump Dan Depth Jump terhadap Smash pada atlet putra bola voli club Bank Sumut Medan tahun 2024
PERBANDINGAN PROFIL KETERSEDIAAN ALAT DAN FASILITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SLB ABCD YPLAB LEMBANG DAN SLB D YPAC BANDUNG Naufal Aziz, Fadlan; Slamet, Suherman; Rahmi Stephani, Mesa; Sri Gumilang, Eva
Jurnal Pedagogik Olahraga Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal Pedagogik Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji kelayakan sarana dan prasarana pendidikan jasmani adaptif di dua sekolah luar biasa (SLB), yaitu SLB ABC YPLAB Lembang dan SLB D YPAC Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menggambarkan kondisi sarana dan prasarana di kedua sekolah ini serta membandingkannya dengan standar yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 33 Tahun 2008 tentang sarana dan prasarana pendidikan jasmani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua sekolah telah menyediakan fasilitas yang mendukung kegiatan pendidikan jasmani, namun terdapat perbedaan signifikan dalam pemenuhan standar. SLB D YPAC Bandung lebih memenuhi standar yang ditetapkan dengan presentase (70,50%) layak dan (29,50%) tidak layak sementara SLB ABC YPLAB Lembang dengan persentase fasilitas (66,67%) layak dan (33,33%) tidak layak. Tantangan utama yang dihadapi oleh kedua sekolah adalah keterbatasan anggaran dan kurangnya kesadaran mengenai pentingnya fasilitas inklusif, yang menjadi hambatan dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung bagi siswa disabilitas. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pengembangan sarana dan prasarana pendidikan jasmani yang inklusif guna mendukung pencapaian tujuan pendidikan jasmani di SLB.
IMPLEMENTASI HYBRID TGFU-SPORT EDUCATION MODEL MELALUI PERMAINAN SOCCER LIKE GAMES TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR Al Afghani, Afwan; Budiana, Dian; Alfia Nugroho, Wildan
Jurnal Pedagogik Olahraga Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal Pedagogik Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpor.v11i1.64819

Abstract

Motivasi dan hasil belajar merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah proses pembelajaran. Hal tersebut ditujukan untuk menjadi acuan dalam keberhasilan sebuah pembelajaran dan bisa mencari evaluasi jika ada kekurangan dalam proses pembelajaran dari hasil yang diperoleh. Dalam penelitian kali ini peneliti mengimplementasikan model Hybrid TGfU-SEM sebagai model yang digunakan dalam pembelajaran yang diimplementasikan melalui permainan soccer like games terhadap motivasi dan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 29 siswa yang hanya terdiri dari kelas eksperimen dan tanpa kelas kontrol. Hasil dari uji normalitas yaitu nilai Asymp. Sig-2 tailed sebesar 0,200 > taraf kesalahan alpha 5% atau 0,05. Hasil uji homogenitas bahwa data motivasi belajar sig 0,034 > 0,05 artinya data tersebut sama atau homogen. Hasil dari uji diketahui nilai signifikan atau sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh pada penerapan Hybrid TGfU-SEM melalui permainan soccer like games terhadap peningkatan motivasi belajar dan di nyatakan bahwa hipotesis diterima. Dalam peningkatan hasil belajar nilai rata-rata meningkat sebesar 10,48, jadi bisa disimpulkan bahwa model Hybrid TGfU-SEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENGUASAAN TEKNIK DASAR BOLA VOLI DAN KERJASAMA TIM Nurlita, Devi; Carsiwan; Rahmat , Alit
Jurnal Pedagogik Olahraga Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal Pedagogik Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpor.v11i1.64892

Abstract

Banyak siswa mengalami kesulitan dalam menguasai teknik dasar bola voli dan kurang memiliki kesadaran akan pentingnya kerja sama tim. Metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran olahraga. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dampak penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap penguasaan teknik dasar bola voli dan kerjasama tim. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-test post-test control group. Sampel penelitian terdiri dari 58 siswa kelas VIII di SMP PGRI Limbangan, yang kemudian dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok kontrol 28 siswa dan eksperimen 30 siswa. Untuk melakukan analisis data, diterapkan uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam penguasaan teknik dasar bola voli dan kerjasama tim pada kelompok eksperimen setelah diterapkannya model pembelajaran TGT. Model ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan pemahaman teknik dasar dan membangun komunikasi serta koordinasi dalam tim.
PEMANFAATAN CHROMEBOOK SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN AKTIVITAS KEBUGARAN UNTUK KESEHATAN Nuraini, Nisrina; Dirgantoro, Edwin Wahyu; Rakhman, Arie
Jurnal Pedagogik Olahraga Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal Pedagogik Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpor.v11i1.66032

Abstract

The purpose of this study is to see the usefulness of chromebooks as a learning support for fitness activities for health reviewed from the responses of teachers and students. The method used was quantitative descriptive with the population of class VIII of SMPN 1 Hulu Sungai Tengah and PJOK teachers, a sample of class VIII E of 25 students and 1 teacher. The research instruments included teacher observation, student questionnaires, and student question tests. The results of the analysis showed that the use of Chromebooks gave positive results, as seen from the observation of students' attitudes (activeness, interest, seriousness) that were very high, as well as effective and efficient indicators that were also very high, indicating that students were able to accept and respond to learning fitness activities for health quickly. The response to the students' questionnaire showed 54% of the high category, and the average test score increased from 75.6 to 88.4 (an increase of 16.93%). From the results of the data, it can be concluded that the use of chromebooks as a learning support is very helpful in the fitness learning process for health.
PERBANDINGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DENGAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION DALAM KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL Puspita Sari, Fitria; Nuryadi; Sumpena, Asep
Jurnal Pedagogik Olahraga Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal Pedagogik Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpor.v11i1.66047

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan tidak terbatas hanya pada sarana untuk mengembangkan kemampuan motorik serta pembiasaan pola hidup sehat, namun juga berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan karakter dan interaksi sosial peserta didik, khususnya dalam keterampilan bermain futsal. Mengingat adanya perkembangan kurikulum, khususnya kurikulum merdeka yang tekenal pada diferensiasi pembelajaran dan kebutuhan individu siswa. Penelitian ini dilakukan guna menganalisis dan membandingkan efektivitas dua pendekatan pembelajaran, yakni Teaching at the Right Level (TaRL) dan Differentiated instruction (DI), dalam meningkatkan kemampuan siswa SMP dalam keterampilan bermain futsal. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen menggunakan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Kelompok dipilih secara random untuk menerima treatment antara kelompok yang menggunakan pendekatan TaRL dan DI. Pengukuran dilakukan menggunakan instrumen yang dikenal dengan Game Performance Assessment Instrument (GPAI) yang telah tervalidasi untuk menilai performa siswa. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t dependen dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25.0, hasil analisis menunjukkan bahwa kedua pendekatan pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan bermain futsal. Pendekatan DI terbukti lebih signifikan dalam meningkatkan kemampuan siswa secara menyeluruh. Kesimpulannya, pendekatan DI lebih efektif dibandingkan TaRL dalam mendukung peningkatan keterampilan bermain futsal siswa, terutama sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka yang menitikberatkan pada proses pembelajaran yang adaptif dengan fokus pada peserta didik.
ANALISIS KEBUGARAN JASMANI MASYARAKAT DAYAK MERATUS Nahuway, Yakup; Akbar Fauzan, Lazuardy; Wahyu Dirgantoro , Edwin
Jurnal Pedagogik Olahraga Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal Pedagogik Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpor.v11i1.66121

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran masyarakat di Dayak Meratus terdapat lansia yang berjumlah 17 orang, remaja 13 orang dan pemuda 20 orang. Penelitian yang menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan indeks massa tubuh, tes jalan 6 menit (6MWT) pada lansia dan lari 1.600 m pada remaja dan pemuda. Hasil penelitian ini lansia masyarakat dayat melatus mempunyai kategori normal yaitu 14 orang (82,4%) lansia yang memiliki kategori kebugaran baik sebanyak 9 orang (52,9%). Uji korelasi menunjukkan tidak adanya hubungan tingkat kebugaran pada lansia dengan IMT. Remaja di desa dayak meratus masuk kategori kurus yaitu 53,8% dengan tingkat kebugaran berdasarkan hasil tes lari 1,600m masuk kategori baik 53,8%. Sedangkan pada pemuda mayoritas IMT masuk kategori normal 75% dengan tes kebugaran lari 1600m masuk kategori baik 55%. korelasi menunjukkan bahwa waktu tempuh lari 1600 meter memiliki hubungan paling kuat dan signifikan terhadap VO₂max.
MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI : KAJIAN DALAM PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN Nurcholis Majid, Andrian; Juliantine, Tite; Mudjihartono
Jurnal Pedagogik Olahraga Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal Pedagogik Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpor.v11i1.66146

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas model pembelajaran peer teaching dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan siswa melalui pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah. Dengan Menggunakan metode quasi-experimental dengan desain nonequivalent control group, penelitian melibatkan 68 siswa  yang terbagi menjadi kelompok eksperimen (menerapkan pembelajaran  peer teaching) dan kelompok kontrol (pembelajaran konvensional). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam keterampilan kepemimpinan dengan rata-rata posttest 71,91 yang lebih tinggi dibanding kelompok kontrol (68,88), didukung oleh nilai t-hitung -19,278 (p < 0,001) pada uji paired t-test. Analisis independent t-test mengungkap perbedaan signifikan antara kedua kelompok (t(66)=-2,323, p=0,023), dengan keunggulan sebesar 3,029 poin pada kelompok eksperimen. Temuan ini membuktikan bahwa peer teaching efektif dalam melatih kepemimpinan melalui aktivitas seperti memimpin pembelajaran dan mengorganisir ti
HUBUNGAN ANTARA FASILITAS RUANG TERBUKA SEKOLAH DAN PARTRISIPASI OLAHRAGA SISWA TERHADAP PRESTASI PENJAS SISWA MTS. DI-JAWA BARAT Purnama, Acep; Carsiwan; Tarigan, Beltasar
Jurnal Pedagogik Olahraga Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal Pedagogik Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpor.v11i1.66147

Abstract

This study aims to determine the relationship between school open space facilities and student sports participation on student physical education achievement. The sustainability of student physical education achievement is influenced by facilities and sports participation. A quantitative descriptive research methodology was used in this study. Correlation tests were used in data processing to determine how the variables are related to one another. The Sport Development Index (SDI) was used as a research tool. Students from Madrasah Tsanawiah (MTs) throughout West Java were the population of this study. A total of 260 people were sampled, and data were collected using questionnaires. There were 131 female respondents and 129 male respondents. Based on the results of the explanation between variables, a value was obtained that could indicate the correlation between Open Space Facilities and Physical Education Achievement, with a correlation coefficient value (p>0.05), namely (p=0.528), but it was not significant because the Sig value (p<0.05) was (p=0.179). The analysis of the relationship between Physical Education Achievement and Sports Participation yielded a correlation coefficient (p>0.05) of (p = 0.704), which is significant because the Sig value (p<0.05) is (p = 0.051). Adequate open space facilities, such as sports fields and play areas, contribute positively to students' interest and motivation to participate in sports activities, which ultimately impacts physical education achievement.
ANALISIS KONDISI FISIK PADA TIM BASKET PUTRA KU 17 KABUPATEN TAPIN, KALIMANTAN SELATAN Muhammad Saufi; Edwin Wahyu Dirgantoro; Lazuardy Akbar Fauzan
Jurnal Pedagogik Olahraga Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal Pedagogik Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpor.v11i1.66175

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kondisi fisik anggota tim basket putra KU-17 Kabupaten Tapin di lapangan Bur Anwar pada 10 April 2025, melalui enam komponen fisik: push-up, sit-up, lompat jauh tanpa awalan, sprint 30 m (kecepatan), shuttle run (kelincahan), dan multistage fitness test (MSFT). Menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, seluruh 17 anggota tim dilakukan pengujian sesuai norma standar. Hasil menunjukkan mayoritas pemain berada pada kategori cukup untuk kecepatan (41,2%) dan sit-up (70,6%), serta kategori kurang untuk push-up (82,4%) dan MSFT (94,1%). Sebaliknya, kelincahan (94,1%) dan lompatan tanpa awalan (52,9%) mayoritas mencapai kategori baik sekali. Perbandingan dengan penelitian terdahulu mengungkap bahwa kecepatan dan kelincahan tim berada di bawah rata-rata, sedangkan komponen lainnya berada di atas rata-rata. Temuan ini memberikan dasar empiris untuk perancangan program latihan yang lebih terfokus dan berbasis data.

Page 1 of 4 | Total Record : 34