cover
Contact Name
Erna Mei Lestari
Contact Email
erna_mei@dephub.go.id
Phone
+6281380109876
Journal Mail Official
jurnaltransla@dephub.go.id
Editorial Address
Jl. Merdeka Timur No. 5 Jakarta Pusat 10110
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Penelitian Transportasi Laut
ISSN : 14110504     EISSN : 25484087     DOI : http://dx.doi.org/10.25104/transla
Jurnal Penelitian Transportasi Laut merupakan majalah ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian atau kajian ilmiah dalam bidang Transportasi Laut, Sungai, Danau, dan Penyeberangan yang meliputi operasional kepelabuhanan, manajemendan jaringan angkutan, hukum laut, desain dan sistem perkapalan, dan lingkungan maritim.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 26 No. 1 (2024): Jurnal Penelitian Transportasi Laut" : 5 Documents clear
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Waktu Tunggu Kapal General Cargo di Pelabuhan Kelas III Labuan Bajo Wawo, Paulus; Heni Dwi Iryanti; Purnomo, Cahya
Jurnal Penelitian Transportasi Laut Vol. 26 No. 1 (2024): Jurnal Penelitian Transportasi Laut
Publisher : Sekretariat Badan Kebijakan Transportasi, Formerly by Puslitbang Transportasi Laut, Sungai, Danau, dan Penyeberangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25104/transla.v26i1.2370

Abstract

Waktu tunggu kapal merupakan salah satu indikator penting dalam efisiensi operasional pelabuhan, dimana antrian yang panjang dapat menyebabkan penundaan yang signifikan, peningkatan biaya operasional, dan gangguan dalam rantai pasokan logistik. Sebagai pintu gerbang penting bagi wilayah Nusa Tenggara Timur, Pelabuhan Kelas III Labuan Bajo mengalami berbagai tantangan operasional yang mempengaruhi efisiensi logistik dan distribusi barang. Meskipun pelabuhan ini memiliki potensi besar sebagai pusat distribusi, permasalahan seperti lamanya waktu tunggu kapal masih menjadi kendala utama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi waktu tunggu kapal General Cargo di Pelabuhan Kelas III Labuan Bajo dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis meliputi waktu bongkar muat (loading dan unloading time), rasio pemakaian dermaga (berth occupancy ratio (BOR)) dan waktu tidak operasional (non-operating time (NOT)), yang dikombinasikan dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbatasan fasilitas pelabuhan dan ketidak efisienan operasional merupakan faktor utama yang mempengaruhi waktu tunggu. Perbandingan dengan standar pelayanan pelabuhan dari Direktoran Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengindikasikan bahwa tingkat pelayanan saat ini belum memenuhi standar. Penelitian ini menyarankan perbaikan pada manajemen operasional dan penambahan fasilitas pelabuhan untuk mengurangi waktu tunggu kapal. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan operasional yang dihadapi oleh pelabuhan dan memberikan wawasan bagi pengembangan strategi untuk mengurangi waktu tunggu kapal yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing pelabuhan.
Kajian Awal Penentuan Metode Pembayaran pada Transaksi Ekspor Rakhman, Rizqi Aini; Sianturi, Intan; Nugraha, Bugi; Purwitasari, Diyah
Jurnal Penelitian Transportasi Laut Vol. 26 No. 1 (2024): Jurnal Penelitian Transportasi Laut
Publisher : Sekretariat Badan Kebijakan Transportasi, Formerly by Puslitbang Transportasi Laut, Sungai, Danau, dan Penyeberangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25104/transla.v26i1.2339

Abstract

Dalam prosedur komersial perdagangan internasional, para eksportir dan importir ingin melakukan proses jual beli yang dapat menguntungkan kedua belah pihak. Di satu sisi, importir akan memilih jenis pembayaran dengan biaya termurah dan pembayaran berjangka panjang dalam membayar barang yang dibelinya. Di sisi lainnya, eksportir akan lebih memilih pembayaran tunai yang merupakan jenis pembayaran paling menguntungkan dan jenis penagihan dengan risiko terkecil. Dengan adanya latar belakang negara yang berbeda baik dari segi politik, ekonomi, sosial, budaya, dan perbedaan mata uang yang memicu timbulnya kekhawatiran apabila salah satu pihak melanggar perjanjian yang telah disepakati pada dokumen sales contract. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pemilihan metode pembayaran dalam transaksi ekspor, yaitu letter of credit (L/C), document against payment (D/P), dan telegraphic transfer (TT). Menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan perusahaan yang aktif dalam ekspor, dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian, dan verifikasi. Subjek penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak dalam transaksi ekspor, metode pembayaran yang dianalisis meliputi letter of credit (L/C), document against payment (D/P), telegraphic transfer (TT). Variabel yang diukur mencakup enam faktor dalam penentuan metode pembayaran yaitu: 1. keamanan pembayaran, 2. risiko pembayaran, 3. kecepatan transaksi, 4. biaya transaksi, 5. kepercayaan dan/atau hubungan bisnis, dan 6. perlindungan hukum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembayaran yang tepat sangat penting untuk mengurangi risiko dan meningkatkan efisiensi dalam transaksi ekspor. Metode telegraphic transfer paling sering digunakan karena membutuhkan waktu singkat dan memiliki biaya transfer dana elektronik lebih rendah meskipun dari segi keamanan tidak sekuat metode letter of credit (L/C).
Prakiraan Kebutuhan Jasa Angkut Rencana Pelabuhan Tanjung Pakuk,Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung Musyary, Muhammad Daffa; Gigih Pilihanto
Jurnal Penelitian Transportasi Laut Vol. 26 No. 1 (2024): Jurnal Penelitian Transportasi Laut
Publisher : Sekretariat Badan Kebijakan Transportasi, Formerly by Puslitbang Transportasi Laut, Sungai, Danau, dan Penyeberangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25104/transla.v26i1.2347

Abstract

Pelabuhan memainkan peran penting dalam mengembangkan daerah terpencil dan pulau-pulau kecil sebagai pusat jaringan transportasi laut. Perencanaan pelabuhan perlu mempertimbangkan proyeksi prakiraan jasa angkut untuk menganalisis rencana kebutuhan fasilitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prakiraan jasa angkut berupa penumpang, barang, dan kapal untuk menjadi acuan dalam menentukan kebutuhan fasilitas Pelabuhan Tanjung Pakuk. Metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif, meliputi proyeksi penduduk dan analisis pergerakan barang, penumpang, serta kapal selama 20 tahun ke depan. Berdasarkan hasil analisis pergerakan barang, jumlah arus bongkar barang dan arus muat barang dua puluh tahun ke depan, prediksi arus bahan pokok yang masuk adalah 255 ton dan prediksi arus bahan pokok yang keluar adalah 160 ton. Dengan perhitungan proyeksi arus bahan pokok, berdasarkan data Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung bahwa sekitar 60%-80% barang masuk ke dalam gudang dan 20%-40% barang sisanya langsung disalurkan, maka dalam perencanaan pembangunan gudang pelabuhan perlu mempertimbangkan kapasitas ruang untuk 332 ton barang bongkar muat. Sedangkan hasil analisis proyeksi penumpang dan kapal di Pelabuhan Tanjung Pakuk pada dua puluh tahun mendatang yaitu 31.403 penumpang dan 5.234 kapal dengan rata-rata per hari adalah 86 penumpang dan 14 kapal. Maka dari dalam perencanaan pembangunannya perlu dipertimbangkan pembangunan terminal penumpang dengan kapasitas untuk 86 penumpang dan dermaga yang dapat menampung kapal dengan jumlah empat belas per harinya. Temuan ini memberikan panduan penting bagi perencanaan fasilitas pelabuhan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan memenuhi kebutuhan transportasi laut.
Analysis of Concession, Technology, and Service Implementation on Port Infrastructure Performance: A Case Study in DKI Jakarta and Banten Provinces Amsyari, Isa; Gautama So, Idris; Abidin, Zaenal; Priadi, Antoni Arif
Jurnal Penelitian Transportasi Laut Vol. 26 No. 1 (2024): Jurnal Penelitian Transportasi Laut
Publisher : Sekretariat Badan Kebijakan Transportasi, Formerly by Puslitbang Transportasi Laut, Sungai, Danau, dan Penyeberangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25104/transla.v26i1.2371

Abstract

As an archipelagic country, Indonesia relies heavily on ports as the main infrastructure to support the national logistics system and international trade. Despite its importance, port management in Indonesia faces challenges such as lack of government support, corruption, bureaucratic inefficiency, and gaps between policy and implementation. This study aims to analyze the effect of concession implementation, technology utilization, and port services on the role of Port Business Entities (BUP) and their impact on port infrastructure performance in DKI Jakarta and Banten Provinces. The study used a quantitative method with a Likert scale questionnaire based on 31 indicators covering five variable constructs: concession implementation, technology utilization, port services, BUP role, and port infrastructure performance. Data were collected from 310 respondents selected through stratified sampling, consisting of users of port services managed by BUP from November 2023 to January 2024. Data analysis was carried out using SmartPLS 3.2.9 software to validate the relationship between variables through the Structural Equation Modeling (SEM) approach. The results of the study indicate that concession implementation, technology utilization, and port services significantly influence the role of BUP, which in turn improves port infrastructure performance. In addition, the indirect influence of these variables reinforces the importance of strategic management and technology utilization in port optimization. This study confirms that implementing good concession policies, integrating modern technology, and improving port services can significantly improve the performance of port infrastructure in Indonesia. These findings provide important implications for policymaking and strategy development to optimize port operations in the future.
Desain Speedboat Operasional Pertambangan Berbahan Fiberglass untuk Wilayah Perairan Sulawesi Tenggara Samaluddin, Samaluddin; Djunuda, Rahmawati; Aras Mubarak, Azhar
Jurnal Penelitian Transportasi Laut Vol. 26 No. 1 (2024): Jurnal Penelitian Transportasi Laut
Publisher : Sekretariat Badan Kebijakan Transportasi, Formerly by Puslitbang Transportasi Laut, Sungai, Danau, dan Penyeberangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25104/transla.v26i1.2372

Abstract

Kondisi geografis Sulawesi Tenggara sebagai daerah berpulau-pulau membutuhkan moda transportasi laut yang efisen untuk menunjang aktivitas masyarakat, termasuk untuk kegiatan operasional sektor pertambangan. Pemilihan moda transportasi oleh pelaku perjalanan termasuk untuk pelaku usaha tambang pada umumnya mempertimbangkan faktor tujuan perjalanan, waktu tempuh, biaya perjalanan dan kenyamanan. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan desain speedboat berbahan fiberglass yang digunakan oleh para pelaku tambang di perairan Sulawesi Tenggara. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis data dengan menggunakan aplikasi Maxsurf untuk memodelkan bentuk lambung kapal dan menghitung parameter hidrostatik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh ukuran utama kapal lengkap dengan gambar rencana garis dan rencana umum dengan panjang kapal 18,00 meter, lebar kapal 3,50 meter dan tinggi kapal 1,50 meter dengan Deadweight Tonnage (DWT) kapal sebesar 85,25 Ton. Perhitungan power mesin pada kecepatan 20 knot menghasilkan kebutuhan power sebesar 962,605 HP dengan hambatan 92,60 kN (metode Holtrop) dan 1211,80 HP dengan hambatan 117,80 kN (metode Fung). Power mesin yang digunakan adalah 3 x 300 HP. Analisa stabilitas menunjukan bahwa panjang lengan GZ (Max GZ area) sebesar 0,949 m atau 45,5 derajat, yang berarti bahwa pada sudut kemiringan atau heel lebih dari 45,5 derajat speedboat akan berada pada kondisi unstable. Penelitian ini memberikan desian speedboat yang optimal untuk memenuhi kebutuhan transportasi laut sektor tambang dengan material fiberglass yang ringan dan efisien.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2024 2024