cover
Contact Name
Arif Zainudin
Contact Email
zainudin.ups@gmail.com
Phone
+6287730994000
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Halmahera Km. 1 Kota Tegal
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
Sasando : Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
ISSN : -     EISSN : 26158515     DOI : https://doi.org/10.24905/sasando
Core Subject : Education,
Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal kemudian dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Pancasakti Tegal. Jurnal ini memuat ragam artikel ilmiah yang berkaitan dengan penelitian di bidang Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya. Ruang lingkup Pendidikan Bahasa Indonesia mencakup Kajian Bahasa, Kajian Sastra, dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Cakupan topik dalam jurnal secara spesifik dapat meliputi Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pengembangan Bahasa Indonesia, Pembuatan Bahan Ajar Bahasa Indonesia, Teknologi dan Media Bahasa Indonesia, Evaluasi Program dan Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2024): SASANDO OKTOBER 2024" : 12 Documents clear
KONFLIK KELUARGA DAN NILAI BUDAYA BATAK DALAM FILM “NGERI-NGERI SEDAP” KARYA BENE DION RAJAGUKGUK Afsun Aulia Nirmala; Adlah Nurfadilah; Nisa Shafa Salsabila; Nurul Fadilah; Arietta Bintaniano Puspaningrum; Dodi Aldi Purnama; Naylatul Maulia Zululana
Sasando Vol 7 No 2 (2024): SASANDO OKTOBER 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v7i2.294

Abstract

Film “Ngeri Ngeri Sedap” karya Dion Rajagukguk mengangkat tema tentang konflik keluarga dalam masyarakat Batak yang dipengaruhi oleh nilai nilai budaya yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana konflik keluarga yang muncul akibat perbedaan pandangan antara lintas generasi, serta bagaimana nilai budaya Batak seperti kehormatan keluarga dan tanggung jawab sosial memainkan peran penting dalam perkembangan cerita. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang berfokus pada dialog untuk memahami dinamika konflik serta penyelesainnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa meskipun konflik antar generasi menjadi inti cerita, tetapi penyelesaian konflik tetap mengacu pada nilai nilai tradisional Batak yang menekankan pada pentingnya harmonika dan penghormatan terhadap adat. Film ini menggambarkan bahwa meskipun terjadi benturan budaya antara tradisi dan modernitas, tetapi nilai-nilai budaya Batak tetap relevan dalam menjaga keutuhan keluarga.
Analisis Pemerolehan Fofnologi pada Anak Viral 2 Tahun dalam TikTok Chikitta Shabrina Amelia Mubiina; Prima Gusti Yanti
Sasando Vol 7 No 2 (2024): SASANDO OKTOBER 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v7i2.261

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menjelaskan pemerolehan fonologi pada anak dua tahun yang menggambarkan realita masyarakat terkait kemampuan anak dua tahun dalam berbicara. Menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik analisi isi yang mengacu pada analisis.Peneliti sebagai instrument utama yang berarti peneliti mengamati dan mengambil data penelitian oleh manusia atau peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dalam penelitian dengan langkah-langkah yang dilakukan, yaitu menentukan objek yang akan dianalisis, menonton Tiktok Chikitta yang telah ditentukan, memberi tanda pada video tiktok yang mengandung Kenneth berbicara atau memperoleh bahasa. Hasil dan pembahasan pada penilitian ini adalah pemerolehan fonologi Kenneth yang merupakan anak viral usia dua tahun. Pemerolehan fonemik Kenkulus lebih mudah melaflkan huruf vokal dan huruf bilabial daripada huruf konsonan [S] dan [L]. Kata kunci: 1) Pemeroleh Bahasa 2) Fonologi Abstract This research aims to reveal and explain the acquisition of phonology in two-year-old children which describes the reality of society regarding the ability of two-year-old children to speak. Using qualitative descriptive methods and content analysis techniques which refer to analysis. Researcher as the main instrument which means the researcher observes and takes research data by humans or researchers themselves. The data collection technique used is literature study in research with the steps taken, namely determining the object to be analyzed, watching the specified Tiktok Chikitta, marking the Tiktok video containing Kenneth speaking or acquiring a language. The results and discussion in this research are the acquisition of phonology by Kenneth, a two year old viral child. Kenkulus's phonemic acquisition is easier to pronounce vowels and bilabial letters than consonants [S] and [L]. Keywords: 1) Language Acquisition 2) Phonology
Penerapan Strategi Persuasif dalam Meningkatkan Kualitas Produk Serta Relevansinya terhadap Pembelajaran Keterampilan Berbahasa di SMK Lyswidia Andriarsih; Anisa Tri Nuraeni
Sasando Vol 7 No 2 (2024): SASANDO OKTOBER 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v7i2.265

Abstract

Bahasa adalah seperangkat bunyi yang sistematik. Strategi banyak dikaitkan dengan banyak hal, antara lain strategi pesuasif. Keterampilan berbahasa meliputi keterampilan membaca, menulis, menyimak dan berbicara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif ini adalah wawancara dan observasi. Hasilnya, keterampilan berbicara yang baik akan mempengaruhi minat konsumen untukmembeli suatu produk, dengan membujuk menggunakan strategi persuasif konsumen akan mudah tertarik dengan produk yang kita jual. Bagi para siswa siswi SMK keterampilan berbicara juga di anggap paling penting karena selalu digunakan untuk berkomunikasi dalam kehidupan sosial. Selain itu orang yang memiliki kemampuan berbicara dengan baik akan terlihat lebih berkualitasKata kunci : Strategi, Persuasif, Pembelajaran, Keterampilan berbahasa
Best Practices Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Berbahasa Peserta Didik Dengan Metode Jaringan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Lisa Nur Amelia; Rawoyo; Wahyu Asriyani
Sasando Vol 7 No 2 (2024): SASANDO OKTOBER 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v7i2.267

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indoensia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan pengamatan kelas (Class observaer research) sebagai acuan dalam meneliti penerapan metode jaringan dalam pembelajaran Bahasa Indoneisa untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berbahasa peserta didik. Pembelajaran bahasa Indonesia semestinya digunakan untuk memaksimalkan keterampilan berbahasa peserta didik yang terdiri dari menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Banyaknya peserta didik yang kurang mampu mengoptimalkan keterampilan berbahasanya dalam kegiatan pembelajaran dan rendahnya motvasi belajar peserta didik melatarbelakangi penelitian ini. Maka dari itu, penerapan metode jaringan dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai metode metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga peserta didik mampu memahami dan menguasai materi pembelajaran dengan mudah.Kata Kunci : Keterampilan Berbahasa, metode pembelajaran, metode jaringan.
Analysis of the Impression of Using the TikTok Media firhan_ashari on the Motivation to Write Procedural Texts for Class VII Students Setyowati, Dewi; Anas Ahmadi
Sasando Vol 7 No 2 (2024): SASANDO OKTOBER 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v7i2.268

Abstract

This research aims to describe students responses in using the tiktok firhan_ashari media as learning media on the motivation to write procedural texts for class VII students. This research was motivated by the fact that class VII students often play social media during learning activities, one of which is TikTok. This research uses qualitative research with a descriptive type. Data collection was carried out using documentation and questionnaire methods. The subjectct of this research were 28 class students at SMPN 36 Surabaya. The data collection instrument is a questionnaire sheet which is then analyzed using the Mean formula. The results of the research show that the implementation of learning using the TikTok firhan_ashari media has an effect on motivation to write procedural texts. The total percentage average score obtained from student responses was 86.424%, which is included in the very strong category. This shows that the use of the TikTok firhan_ashari media to motivate students to write procedural texts in class VII received a positive response and was able to provide motivation for students in writing procedural texts. Keywords: TikTok media, procedure text, writing ability, motivation
Eskalasi Keterampilan Menulis Puisi melalui Emo-Therapy (Emotional-Awareness) Tingkat SMP Astuti, Mardiana; Parmin; Anik Ambarwati
Sasando Vol 7 No 2 (2024): SASANDO OKTOBER 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v7i2.269

Abstract

Rendahnya keterampilan menulis puisi pada siswa SMPN 36 Surabaya karena kurangnya pengalaman, minimnya kosakata, dan kesulitan memilih tema. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui emo-therapy. Siswa menuliskan puisi dengan menuangkan emosinya baik emosi positif maupun negatif. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yang peneliti dasari dalam teori kesadaran emosional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi mewawancarai, mengamati, dan mendokumentasikan, sedangkan teknik analisis data berupa mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan keberhasilan karena adanya peningkatan dalam menulis puisi pada setiap siklus. Perubahan nilai yang menonjol pada setiap siklus membuktikan bahwa penggunaan metode emo-therapy cukup efektif dilaksanakan untuk siswa SMP kelas 8F. Penggunaan metode tersebut guna menyadari emosional dalam diri siswa agar dapat melakukan tindakan yang berpengaruh positif terhadap dirinya maupun lingkungan. Kata Kunci: emo-therapy, menulis, puisi, keterampilan
Peningkatan Social Awareness Siswa SMP dalam Pembelajaran Teks Deskripsi Melalui Teams Games Tournamen Setiawan, Dinda Ayuni; Mohammad Rokib; Suwarni
Sasando Vol 7 No 2 (2024): SASANDO OKTOBER 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v7i2.271

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Teams Tournament Games (TGT) dalam pembelajaran teks deskripsi untuk meningkatkan social awareness siswa kelas IX-A SMPN 12 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah 35 siswa kelas IX-A SMPN 12 Surabaya. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan Skala Likert dan deksriptif yang mengacu pada peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TGT dapat meningkatkan social awareness siswa dengan peningkatan hasil belajar. Diperoleh presentase prasiklus dalam angket social awareness sebesar 50,38 kemudian meningkat 25,83% menjadi 76,21%, sedangkan pada siklus II juga lebih meningkat menjadi 81,5%. Di samping itu, terjadi peningkatan hasil belajar mulai prasiklus hingga siklus II. Rata-rata siswa pada prasiklus adalah 41,85 dengan tidak adanya siswa yang tuntas, rata-rata siklus I adalah 60,71 dengan 10 siswa yang tuntas, sedangkan rata-rata siklus II adalah 85,71 dengan total 21 siswa yang tuntas. Kata kunci: Teams Games Tournament, Social-awareness, Hasil belajar, Bahasa Indonesia
Kepribadian Tokoh Yudhis dalam Novel Posesif Karya Lucia Priandarini: Kajian Psikologi Sastra Saragih, Sepen Wila; Lubis, Haris Sutan; Harahap , Nurhayati
Sasando Vol 7 No 2 (2024): SASANDO OKTOBER 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v7i2.274

Abstract

Kepribadian merupakan bagian dari jiwa seseorang yang menyusun keberadaan manusia menjadi satu kesatuan. Pemaknaan kepribadian dipahami melalui perspektif yang berbeda dalam aliran-aliran psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe kepribadian ekstraversi dan intraversi gabungan dari sikap jiwa (ekstraversi dan intraversi) dan fungsi jiwa (fikiran, perasaan, pengindraan dan intuisi) tokoh Yudhis dalam Novel Posesif karya Lucia Priandarini. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dan sumber data primer dalam penelitian ini adalah dokumen berbentuk novel yang berjudul Posesif karya Lucia Priandarini dan kutipan yang menggambarkan kepribadian Yudhis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka, teknik baca, dan teknik catat. Teknik analisis data penelitian ini dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian terdapat 69 data tipe kepribadian ekstraversi dan intraversi yang dimiliki oleh tokoh Yudhis dengan jumlah ekstraversi sebanyak 45 data dan jumlah intraversi sebanyak 24 data. Adapun tipe kepribadian tersebut antara lain tipe kepribadian ekstraversi fikiran 14 data, tipe kepribadian intraversi fikiran 11 data, tipe kepribadian ekstraversi perasaan 13 data, tipe kepribadian intraversi perasaan 8 data, tipe kepribadian ekstraversi pengindraan 15 data, tipe kepribadian intraversi pengindraan 2 data, tipe kepribadian ekstraversi intuisi 3 data dan tipe intraversi intuisi 3 data.
Aspek Motivasi Hidup Tokoh Utama dalam Novel Tentang Kamu Tere Liye Mawar Mauliza; Asep Muhyidin; Arip Senjaya
Sasando Vol 7 No 2 (2024): SASANDO OKTOBER 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v7i2.275

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi bentuk motivasi dan pengaruh krisis motivasi terhadap peran tokoh dalam narasi sastra dengan fokus pada Sri Ningsih, tokoh utama dalam novel "Tentang Kamu" karya Tere Liye. Motivasi karakter, sebagai elemen penting dalam alur cerita, berperan krusial dalam pembentukan karakter dan dinamika naratif. Menggunakan teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow sebagai kerangka analisis, penelitian ini menganalisis bagaimana krisis motivasi yang dialami Sri Ningsih memengaruhi peran dan tindakan tokoh dalam novel. Metode penelitian ini adalah metode kualitatatif. Penelitian ini mengidentifikasi lima tingkatan kebutuhan dalam hierarki Maslow kebutuhan fisiologis, keamanan, sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri serta mengevaluasi bagaimana pemenuhan atau kekurangan dari masing-masing kebutuhan ini mempengaruhi perkembangan dan keputusan Sri Ningsih. Hasil dari penelitian ini menemukan motivasi kebutuhan fisiologis mencapai 15%, motivasi kebutuhan keamanan 6%, motivasi kebutuhan sosial (cinta dan kasih sayang) 19%, motivasi kebutuhan penghargaan 21% dan motivasi kebutuhan aktualisasi mencapai 39%.
Pengaruh Budaya dan Bahasa dalam Komunikasi Menuju Pembentukan Karakter Siswa SMA: PENGARUH BUDAYA DAN BAHASA DALAM KOMUNIKASI MENUJU PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMA Sutikno; Dwi Atmoko
Sasando Vol 7 No 2 (2024): SASANDO OKTOBER 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v7i2.277

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan serta kemampuan praktik berkomunikasi melalui pengaruh Budaya dan Bahasa menuju pembentukan karakter siswa SMA Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes dengan desain Control group pretest dan postest design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Wanasari Brebes. Populasi penelitian sebanyak 6 kelas dengan jumlah siswa 216 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 2 kelas dengan teknik kluster random sampling. Data diperoleh dengan test yang terdiri dari pre-test dan pos-test. Analisis data menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil analis dan pembahasan penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik komunikasi pada akhir pembelajaran data siswa yang diperoleh melalui test praktik komunikasi dengan adanya pengaruh budaya dan bahasa menunjukkan rerata kelas eksperimen hasilnya lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Secara otomatis dengan pengaruh budaya yang baik, santun dan efektif akan mampu membentuk karakter pada siswa dalam kehidupan di sekolah maupun di kehidupan masyarakat.

Page 1 of 2 | Total Record : 12