cover
Contact Name
Moh Khoirul Anam
Contact Email
jurnal@adpiks.or.id
Phone
+628158795596
Journal Mail Official
jurnal@adpiks.or.id
Editorial Address
Jl KH Admad Dahlan Cirendeu Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Emanasi Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial
ISSN : -     EISSN : 27455904     DOI : -
Core Subject : Religion,
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial, merupakan jurnal yang dikelola oleh Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial (ADPIKS) , terbit dua kali dalam setahun, Oktober dan April. Jurnal Emanasi merupakan media diskusi ilmiah dalam ilmu keislaman dan ilmu sosial.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Emanasi Volume 8 Edisi 1 Tahun 2025" : 10 Documents clear
Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Gang Pos Di Bank Syariah Sari, Shania Ratna; Suwarni, Indah
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Emanasi Volume 8 Edisi 1 Tahun 2025
Publisher : Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media promosi perbankan syariah yang berpengaruh dalam menarik minat masyarakat untuk menabung di bank syariah. Media promosi yang digunakan oleh perbankan syariah dalam penelitian ini terbagi 3, yaitu: media koran, media televisi dan media internet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, variabel media sosial dan internet memiliki kontribusi yang lebih besar dari pada variabel koran dalam meningkatkan minat masyarakat untuk menabung di Bank Syariah
Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Milenial Memilih Bank Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecamatan Makasar Kota Jakarta Timur) Muktar, Irvan; Fajar, Ade; Salama, Hartini
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Emanasi Volume 8 Edisi 1 Tahun 2025
Publisher : Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study examines the influence of knowledge, religiosity, location, and service on the interest of the millennial generation in choosing an Islamic bank in Makassar District, East Jakarta. The purpose of this study is to be able to find out the factors of knowledge, religiosity, location and service that affect the millennial generation's interest in choosing Islamic Banks. This study uses a descriptive quantitative method The sample size is 100 residents, with a questionnaire used for data collection. The results of the study show that knowledge, religiosity, and location have a negative and insignificant influence on the interest of Generation Y in choosing Islamic banks in the Makassar area. The service had a positive and significant influence, with a count of 3,296 > a table of 1,968 and a significance value of 0.001 < 0.05. However, the variables of knowledge, religiosity, location, and services had a significant influence, with a count of 6.390 > 2.47 and a significance value of 0.000 < 0.05. The study concluded that the millennial generation's interest in choosing an Islamic bank is influenced by four factors: knowledge, religiosity, location, and service. This research can be a reference for Islamic banking services to improve the quality and attractiveness of the millennial generation.
Analisis Faktor Penentu Pengambilan Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Simpanan di Bank Syariah Indonesia (Pada Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Ibnu Chaldun Jakarta) Nisa, Khairunnisa; Salama, Hartini; Estuningtyas, Retna Dwi
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Emanasi Volume 8 Edisi 1 Tahun 2025
Publisher : Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor penentu pengambilan keputusan nasabah dalam memilih produk simpanan di Bank Syariah Indonesia. Metode penelitiannya adalah kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis menganalisis data dengan pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian dan pengumpulan data yang dilakukan bahwa faktor penentu pengambilan keputusan nasabah adalah faktor agama yang mana bank syariah menggunakan prinsip yang berdasarkan ajaran agama islam dengan tidak adanya riba. Faktor produk, tabungan wadiah menjadi simpanan yang paling banyak digunakan karena nasabah tidak dikenakan biaya administrasi apapun. Faktor pelayanan yang diberikan Bank Syariah Indonesia sangat ramah, cepat, tanggap, profesional dan dapat mengatasi permasalahan nasabah dengan baik. Disimpulkan bahwa beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah memilih produk simpanan di bank syariah adalah faktor agama, faktor produk dan faktor layanan, ketiga faktor tersebut menjadi faktor penentu pengambilan keputusan nasabah dalam memilih produk simpanan di Bank Syariah Indonesia, khususnya dikalangan mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Ibnu Chaldun Jakarta..
Implementasi Akad Murabahah Pada Pembiayaan Syariah Di KSPPS BMT Huwaiza, Depok Usba, Fitri Amalia; Suwarni, Indah
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Emanasi Volume 8 Edisi 1 Tahun 2025
Publisher : Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan Akad Murabahah PadaPembiayaan Syariah... Istilah “murabahah” mengacu pada jenis pinjaman yangtersedia sesuai prinsip syariah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasiMurabahah dalam reformasi syariah di KSPPS BMT Huwiza, Depok, relatif sederhanadari awal proses akad hingga proses pencairan pembiayaan, tergantung dengan semuapersyaratan yang telah disetujui, dengan focus apakah sudah sesuai dengan prinsipsyariah nasional dan ketentuan Fatwa DSN MUI No.04/DSN-MUI/IV/2000 tentangMurabahah. Di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BMT Huwaiza,Depok, syarat dan ketentuan pembiayaan tidak menyulitkan anggota yang inginmengajukan pembiayaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatifdengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan di KSPPS BMTHuwaiza, Depok dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara. Temuan penelitianmenunjukkan bahwa implementasi Undang-Undang Perbankan Syariah dalam prosesimplementasinya telah terlaksana sesuai dengan prinsip Islam. Namun penggunaanmurabahah tidak selalu efektif karena dalam prosesnya juga digunakan akad wakalah(Perjanjian) sebelum akad murabahah.Kata Kunci: Akad Murabahah, Simpan Pinjam, Pembiayaan Syariah, BMT
Implementasi Pembelajaran Active Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik Di Kelas 9 SMPN 39 Bekasi ., Irawati
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Emanasi Volume 8 Edisi 1 Tahun 2025
Publisher : Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Implementasi pembelajaran Active Learning pada pembelajaran Agama Islam dalam meningkatkan Religiusitas peserta didik memiliki peran yang sangat penting.Sebab keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar atau pembelajaran aktif di dalam kelas bukan hanya sekedar memberikan informasi dan menuangkan ilmu pengetahuan terhadap siswa ketika berada di dalam kelas, melainkan siswa di tuntut bisa belajar dengan sangat baik dan dapat mempraktikkannya di dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini melalui pembelajaran Active learning ( pembelajaran aktif ) adalah untuk meningkatkan Religiusitas siswa (menjadikan siswa aktif dan kritis melalui penayangan video meyakini hari akhir yang di berikan oleh guru ke pada siswa ). Jika para siswa di tuntut,diarahkan dan dibimbing oleh guru pendidikan agama Islam untuk berfikir kritis, meyakini dan mengimani hari akhir,melalui proses pembelajaran Active learning,maka siswa dapat mempraktikkannya di dalam kehidupannya. Artinya, siswa dapat mengamalkan dan mengimplementasikannya dalam kehidupannya,seperti Istiqomah dalam beribadah ,maka Religiusitas siswa tersebut dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data melalui observasi,tes hasil belajar,dan dokumentasi .Dalam penelitian ini,menggunakan rumus persentase.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus.Setiap siklus memiliki tahapan ini yaitu perencanaan,Pelaksanaan tindakan,observasi,dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua macam sumber data: data primer dan data sekunder.Data primer di peroleh dari wawancara langsung dengan kepala sekolah,kepala kurikulum,kepala kesiswaan,dan guru pendidikan agama Islam dan juga hasil observasi serta wawancara yang dilakukan dengan siswa.Sementara itu pengumpulan data tambahan dilakukan dengan pemeriksaan dokumen,manuskrip dan arsip di SMPN 39 kelas 9 SMPN Bekasi Jawa Barat .Analisis peneliti menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran aktif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam melalui kegiatan keagamaan baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Dilihat dari hasil analisis hasil observasi Pra siklus bahwa hasil belajar siswa secara keseluruhan kurang terlihat pada hasil rata – rata sebesar 35,50 % dengan kategori sangat rendah. Setelah penerapan metode Active learning ( melalui penanyangan video mengimani dan meyakini hari akhir ) dalam aktivitas belajar sehingga dapat membuat siswa mengalami peningkatan Religiusitas dari siklus 1 sampai siklus III.Aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 53,60 % pada siklus II sebesar 65 ,50 % ,dan pada siklus ke III mencapai 71,85 % . Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 13, 85 % dari siklus II ke siklus III sebesar 21,25 % , dan dari siklus I ke siklus III mencapai 28,68 % . Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72% dengan kriteria sangat rendah,17 % kriteria rendah ,17% kriteria sedang. Pada siklus II sebesar 57% dengan kriteria sedang,dan pada siklus III mencapai 92,00 % dengan kriteria sangat tinggi.Dari hasil analisis yang penulis dapatkan maka dapat disimpulkan bahwa Implementasi Pembelajaran Active Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat Meningkatkan Religius Peserta Didik di kelas 9,SMPN 39 Bekasi .
Dinamika Mahar Dalam Perkawinan Studi Komparatif terhadap Negara Indonesia dan Pakistan Noor, Dzulkifli
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Emanasi Volume 8 Edisi 1 Tahun 2025
Publisher : Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika mahar dalam perkawinan dengan membandingkan penerapan hukum Islam di dua negara, Indonesia dan Pakistan, yang mayoritas berpenduduk Muslim. Kedua negara ini dipilih karena memiliki latar belakang budaya yang berbeda—Indonesia sebagai negara berkultur Melayu dengan mayoritas penganut mazhab Sunni, dan Pakistan yang memiliki pengaruh budaya India dan Persia serta mazhab Sunni dan Syiah. Meskipun kedua negara menerapkan hukum Islam, terdapat perbedaan dalam pengaturannya yang dipengaruhi oleh tradisi dan madzhab fikih yang dianut. Penelitian ini menggunakan pendekatan komparatif vertikal, horizontal, dan diagonal untuk menelusuri persamaan, perbedaan, serta pembaruan hukum Islam, khususnya yang terkait dengan mahar dalam perkawinan. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai adaptasi dan penerapan hukum Islam dalam konteks budaya masing-masing negara tanpa mengubah prinsip-prinsip yang sudah digariskan dalam al-Qur’an dan sunnah.
Konsep Jilbab Qur’ani Dalam Pandangan Murtadha Muthahhari Lasturi, Kiki; Rahayu, Endang Sri
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Emanasi Volume 8 Edisi 1 Tahun 2025
Publisher : Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adanya tantangan dalam menerapkan konsep Jilbab di era modern, terutama di Negara-negara yang dominan muslim. Jilbab sebagai pendisan terhadap wanita, dan Jilbab bukan hanya pakaian yang menutupi tubuh, tetapi lebih pada konsep kesopanan dan perlindungan kehormatan wanita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran Murtadha Muthahhari terkait dengan konsep Jilbab Qur’ani. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa Jilbab bukan alat untuk mengekang wanita atau mengurangi perannya dalam masyarakat, akan tetapi untuk memberikan kedudukan yang lebih tinggi kepada wanita dan melindunginya dari pandangan yang merendahkan. Namun penting bagi wanita muslim untuk tetap berpegang pada pribnsip-prinsip Jilbab sebagai bagian dari identitas muslim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi tokoh dan jenis penelitian ini studi kepustakan dengan karakterstik deskriptif analitis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemikiran Murtadha Muthahhari tentang Jilbab Qurani mencangkup konteks tualisasi ayat, bukan sekedar penutup, dinamika interprestasi, dan memberikan martabat bagi wanita. Dengan demikian intersprestasi tentang Jilbab Qur’ani pada pemikiran Murtadha Muthahhari dapat bervariasi.
Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Salis, Sahsul Halim Zulkarnain; Anggreini, Novita; Sa'diyah, Rika
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Emanasi Volume 8 Edisi 1 Tahun 2025
Publisher : Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah adalah pendekatan pedagogis yang berpusat pada siswa, dengan menekankan pembelajaran aktif melalui keterlibatan dalam menyelesaikan masalah dunia nyata. Tujuan utama dari Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah adalah memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan mempersiapkan siswa untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang mandiri, kreatif, dan mampu menghadapi tantangan yang ada di dunia modern. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah memiliki beberapa karakteristik, antara lain:1) Pembelajaran Aktif, 2) kolaboratif 3) fleksibilitas. Dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah, serta mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di dunia modern yang kompleks dan berubah-ubah. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah juga dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan kerja sama dan komunikasi, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi masalah yang kompleks. Kata Kunci: Strategi; Pembelajaran Berbasis Masalah; Pendidikan Agama Islam
Peningkatan Minat Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sederhana Dengan Strategi Think Pair Share Siswa Kelas IV SD Gmit Tuapukan M. Mella, Yublina; Shofiyah, Siti; ., Masnur
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Emanasi Volume 8 Edisi 1 Tahun 2025
Publisher : Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningakatkan minat belajar matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran Think Pair Share Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV GMIT TUAPUKAN yang berjumlah 21 siswa Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi,tes dan wawancara.Teknikanalisis data yang digunakan dilakukan dengan cara reduksi,penyajian kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan lalu verifikasi Validitas data menggunakan tehnik triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar matematika Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) Perasaan senang terhadap pembelajaran matematika mulai dari sebelum tindakan sebesar 52,38% meningkat menjadi 85,71% pada siklus II. 2)Siswa bersemangat dalam pembelajaran matematika mulai dari sebelum tindakan sebesar 50,00% meningkat menjadi 95,24% pada siklus II. 3) Ketertarikan siswa terhadap pembelajaran matematika mulai dari sebelum tindakan sebesar 54,76% meningkat menjadi 86,90% pada siklus II, 4) Perhatian siswa ketika guru menjelaskan materi yang disampaikan mulai dari sebelum tindakan sebesar 53,57% meningkat menjadi 84,52% pada siklus II. 5)Partisipasi siswa saat pembelajaran berlangsung mulai dari sebelum tindakan 47,62% meningkat menjadi 85,71% ada siklus II. Penigkatan minat belajar matematika diperkuat dengan hasil belajar yaitu sebelum tindakan rata-rata nilai kelas sebesar 51,67 dan pada siklus II rata-rata nilainya meningkat menjadi 86,19. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan strategi Think Pair Share dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas IV SD GMIT TUAPUKAN Tahun Ajaran2024/2025.
Strategi Pemasaran Produk dan Jasa Bank Syariah Melalui Aplikasi Mobile Banking (Studi Kasus Produk Tabungan Easy Wadi’ah di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Depok Cinere 2). Febriani, Dina; ., Septihani; Anam, Moh Khoirul
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Emanasi Volume 8 Edisi 1 Tahun 2025
Publisher : Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagai salah satu upaya memenangkan keunggulan bersaing dalam memenuhi kebutuhan dan minat masyarakat terhadap suatu produk dan layanan yang dimiliki oleh perusahaan, strategi pemasaran dipandang sebagai dasar dalam suatu perencanaan secara menyeluruh. Dengan semakin berkembangnya teknologi, ragam minat dan kebutuhan masyarakat dalam bertransaksi meningkat kearah efisiensi layanan yang dibutuhkan. Seiring dengan hal tersebut mobile banking menjadi salah satu media yang digunakan dalam memenuhi keinginan pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran tabungan easy wadi’ah yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Depok Cinere 2. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk menggali informasi terkait bagaimana strategi pemasaran produk tabungan easy wadi’ah melalui aplikasi mobile banking yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia kantor cabang pembantu Depok Cinere 2. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan Branch Operation & Service Manager, Funding & Transaction Staff dan Customer Servis sebagai subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bagaimana strategi pemasaran produk tabungan easy wadi’ah melalui aplikasi mobile banking yang diterapkan oleh Bank Syariah Indonesia kantor cabang pembantu Depok Cinere 2. Di dapati hasil bahwa perumusan strategi yang dilakukan yaitu dengan penerapan segmentasi pasar berdasarkan pada segmentasi geografis, segmetasi demografis dan psikografis. Penetapan target pasar pada masyarakat dengan umur diatas 17 tahun sebagai target pasar. Serta penentuan posisi pasar yaitu dengan penguatan karakteristik produk dan kemudahan penggunaan produk.

Page 1 of 1 | Total Record : 10