cover
Contact Name
Sovi Septania
Contact Email
sovi.septania@gmail.com
Phone
+628117205670
Journal Mail Official
jurnalpsikologipsyche@gmail.com
Editorial Address
Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No. 14 Kedaton Labuhan Ratu Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Psyche: Jurnal Psikologi
ISSN : 26860430     EISSN : 26556936     DOI : https://doi.org/10.36269/psyche.v2i2.171
PSYCHE: Jurnal Psikologi published by Psychology Faculty Universitas Muhammadiyah Lampung. Psyche aims to facilitate the process of interaction, discussion, and further discussion of the development of psychology in Indonesian society. Psyche consist topics related to clinical psychology, industry and organization, education, development, social and islamic psychology. Psyche accepts various research methods, both quantitative and qualitative methods. Psyche will be published bi-annually every February and August and consist of 8 selected articles.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2025)" : 8 Documents clear
PSYCHOEDUCATION TO PREVENT SMARTPHONE ADDICTION THROUGH COMMUNITY BASED INTERVENTION Puspasari, Karisma Dewi
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 7, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v7i1.2729

Abstract

The prevalence of problematic smartphone usage has become a widespread concern. Excessive smartphone use can develop into an addiction if prompt intervention is not implemented. In order to effectively engage a broader demographic, health cadres play a crucial role in disseminating information to parents regarding strategies for mitigating smartphone addiction in children. The study aimed to examine the effect of psychoeducational interventions to prevent smartphone addiction among children in health cadres. The study employed a quasi-experimental, one-group pre-test and post-test design. The questionnaire comprised ten questions with a reliability coefficient of 0.60. Twenty health cadres from Public Health Center X in Malang were selected as participants. A series of six sessions were done to provide psychoeducation to prevent smartphone addiction. The findings revealed a discernible disparity between the scores obtained before the intervention's implementation and those obtained after completion. The t-test analysis revealed a statistically significant difference between the pre-test and post-test scores, as shown by a significance level of p < 0.001 and a t-value of -9.787. This finding suggests that the intervention increased the knowledge of the health cadres.
MAKNA TRADISI ‘KAHIYA’ REMAJA WANITA BUTON TENGAH (MEMAKNAI BUDAYA DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI) Putri, Wilda Dwi Ilsa; Suryanto, Suryanto
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 7, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v7i1.2992

Abstract

Tradisi Kahiya merupakan tradisi kesucian dengan nilai kemurnian sosial dan pembentukan moral yang menjadi simbol kedewasaan bagi remaja wanita di Buton Tengah. Tradidi ini dilaksanakan minimal setelah mengalami menstruasi. Perkembangan dan pergeseran nilai kehidupan sosial masyarakat yang lebih modern menyebabkan pemahaman dan pemaknaan berbeda mengenai tradisi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemaknaan remaja wanita terhadap tradisi Kahiya di Buton Tengah dan faktor yang mempengaruhi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap remaja wanita Buton Tengah usia 14-20 tahun yang telah menjalani tradisi ini. Teknik analisis data menggunakan Descriptive phenomenological analysis (DFA). Hasil penelitian menemukan tradisi kahiya tidak saja sebagai tradisi turun temurun, namun dimaknai berbeda-beda tergantung pada pengalaman subjektif narasumber selama menjalani tradisi tersebut. Proses pemaknaan kahiya dipengaruhi oleh faktor internal berupa belief dan prinsip hidup, dan faktor eksternal berupa kepercayaan, mitos, lingkungan keluarga dan teman sebaya.  Implikasi penelitian ini pada remaja wanita yang akan dan telah menjalani kahiya untuk memahami tradisi yang dilakukan sehingga dapat lebih menginternalisasi tujuan positif dari pelaksanaan tradisi tersebut. Selain itu, proses pemaknaan kahiya melalui sosialisasi keluarga dan teman sebaya dapat lebih dioptimalkan untuk pelestariannya.
EKSPLORASI PREFERENSI RUANG KERJA DITINJAU DARI FAKTOR PERSONAL DAN KEPRIBADIAN MAHASISWA Husna, Fatiya Halum; Rahmawati, Yuli; Prasetyo, Ridwan Aji Budi
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 7, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v7i1.2996

Abstract

Pada era waktu kerja fleksibel, mahasiswa memiliki kebebasan untuk memilih ruang kerja yang sesuai dengan preferensi masing-masing seperti mengerjakan di perpustakaan, communal space, atau di ruang belajar informal lainnya. Namun, ruang kerja yang tidak ideal dapat menggangu performa dari individu. Pemilihan ruang kerja didasarkan oleh pertimbangan-pertimbangan khusus seperti faktor personal dan kepribadian. Tujuan penelitian yakni untuk mengidentifikasi hubungan antara faktor personal (usia dan uang saku) dan kepribadian dengan preferensi ruang kerja pada mahasiswa. Subjek penelitian sebanyak 226 orang mahasiswa yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Kepribadian diukur menggunakan Neuroticism-Extraversion-Openness Five Factor Inventory (NEO-FFI). Data penelitian dianalisis menggunakan analisis chi-square. Hasil analisis menunjukkan bahwa diantara faktor personal lain seperti usia dan kepribadian, hanya uang saku mahasiswa yang memiliki hubungan dengan preferensi ruang kerja.  Temuan penelitian ini menegaskan urgensi bagi pihak terkait untuk mempertimbangkan faktor ekonomi mahasiswa dalam menyediakan berbagai pilihan ruang kerja atau ruang belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan keterjangkauan mahasiswa.
KETERHUBUNGAN SOSIAL DAN KETAKUTAN AKAN KEGAGALAN: PENGARUHNYA TERHADAP MENCARI BANTUAN AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENYUSUN SKRIPSI Nugroho, Indra Prapto; Appulembang, Yeni Anna; Tarigan, Angeline Hosana Zefany; Alfath, Esa Arsyiatul
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 7, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v7i1.2786

Abstract

Proses penyusunan skripsi merupakan fase krusial dalam pendidikan tinggi yang sering menimbulkan tekanan akademik pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterhubungan sosial dan ketakutan akan kegagalan terhadap perilaku mencari bantuan akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Perilaku mencari bantuan akademik didefinisikan sebagai perilaku proaktif untuk mencari dukungan atau bantuan dalam menyelesaikan tugas akademik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda. Responden penelitian melibatkan 200 mahasiswa tingkat akhir yang sedang menjalani proses penyusunan skripsi. Hasil analisis regresi menunjukkan data nilai R Square 0,294 dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan keterhubungan sosial dan ketakutan akan kegagalan memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku mencari bantuan akademik. Implikasi penelitian menunjukan pentingnya mahasiswa dengan tingkat ketakutan akan kegagalan yang tinggi untuk dapat menggunakan rasa takut sebagai pendorong untuk lebih aktif mencari bantuan akademik. Institusi Pendidikan dan Pembimbing akademik perlu menyediakan ruang komunikasi bagi mahasiswa untuk berbagi pengalaman dan saling memberikan dukungan, baik secara formal melalui konseling akademik, maupun secara informal melalui sesi berbagi pengalaman, pelatihan dan mentoring.
PENERAPAN METODE TOKEN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN FOKUS BELAJAR SISWA KELAS A TK CEMPAKA Zahroh, Salmatus; Rahmawati, Gusti Futi`ha; Jamaludin, Muhammad
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 7, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v7i1.2588

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan metode Token ekonomi dalam meningkatkan fokus belajar siswa kelas A TK Cempaka. Penelitian ini melibatkan 20 siswa sebagai subjek dan dirancang untuk mempertahankan konsentrasi siswa selama kegiatan pembelajaran dengan tujuan meningkatkan motivasi intrinsik siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah daftar periksa pengamatan atau checklist. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat fokus siswasebelum diberikan perlakuan adalah sebesar 4,93 dan meningkat menjadi 6,05 sesudah diberi perlakuan. Hasil ini menunjukkan efektivitas metode token ekonomi secara signifikan meningkatkan fokus belajar siswa kelas A di TK Cempaka. Pemberian reward kepada siswa setelah berhasil menjawab pertanyaan dan proses mengumpulkan poin, metode ini berhasil meningkatkan fokus belajar siswa. Implikasi penelitian berupa potensi penerapan metode token ekonomi untuk jenjang pendidikan lainnya, khususnya dalam meningkatkan fokus dan motivasi belajar siswa.
AKSI KOLEKTIF PADA GERAKAN SOSIAL: SEBUAH PERSPEKTIF PSIKOLOGI Syarif, Akhmad Saputra; Halida, Rizka
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 7, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v7i1.2783

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk menutupi banyak kekurangan pada tinjauan perkembangan studi aksi kolektif. Sejak 2007, tidak banyak studi terutama di Indonesia yang memberikan gambaran masif tentang aksi kolektif. Padahal pada tahun-tahun setelahnya kehidupan manusia mengalami perkembangan yang pesat, terutama dengan keberadaan dunia maya. Aksi kolektif di keseharian juga mengalami perkembangan seperti munculnya digital activism, orang-orang lebih menyukai berdonasi dibandingkan aksi protes atau para pria berkelompok untuk mendukung feminimisme. Perubahan aksi kolektif baik secara kuantitatif dan kualitatif ini perlu ditunjang dengan studi yang membahas perkembangan aksi kolektif dalam berbagai perspektif. Penelitian ini menggunakan metodologi systematic literature review (SLR). Jangkauan studi yang sangat luas dari 1984 sampai 2024 menawarkan wawasan historis sekaligus kontemporer tentang evolusi aksi kolektif. Hasil yang ditemukan mencakup definisi aksi kolektif yang selama ini dipakai oleh Wright et al., (1990) tidak dianggap cukup mampu untuk menjelaskan perubahan aksi kolektif saat ini. Selain itu, antesenden  dari aksi kolektif mengalami perkembangan bukan saja relative deprivation yang selama ini banyak dipercayai. Pengukuran aksi kolektif memerlukan pertimbangan lebih lanjut agar dapat mewakili berbagai ideologi. Individu dimungkinkan tidak melakukan aksi kolektif bukan karena tidak tergerak oleh muatan yang dibawanya namun lebih ketidaksesuaian dengan bentuk dari aksi kolektif tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap literatur aksi kolektif, terutama di era modern yang semakin kompleks dan terhubung secara global.
SAUDARA SEKANDUNG, SEPERJUANGAN: KUALITAS HUBUNGAN SAUDARA DAN FLOURISHING PADA DEWASA AWAL Deviarga, Caroline; Setiasih, Setiasih; Setiawan, Yuan Yovita
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 7, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v7i1.2770

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kualitas hubungan saudara dengan flourishing di masa dewasa awal. Beberapa variabel seperti, tinggal terpisah atau bersama, intensitas kehangatan dan konflik yang dialami antar saudara dapat memberikan dampak bagi pertumbuhan flourishing seseorang. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 395 orang, berusia 18-25 tahun, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, memiliki setidaknya 1 saudara serta sudah tinggal terpisah selama minimal 1 tahun. Pengukuran dalam penelitian ini dilakukan menggunakan 2 skala yaitu Adult Sibling Relationship Questionnaire (ASRQ) dan PERMA Profiler. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara flourishing dengan aspek-aspek kualitas hubungan saudara, warmth (r=0.229; p=0.000), conflict (r=0.128; p=0.001), namun tidak berkorelasi dengan aspek rivalry (r=-0.077; p=0.129). Hal ini menegaskan bahwa kualitas hubungan persaudaraan pada masa dewasa awal berkontribusi dalam pencapaian flourishing melalui konflik dan kehangatan yang dirasakan, serta permusuhan yang semakin berkurang. Konflik tidak dapat dipandang sebagai sesuatu yang negatif namun berkontribusi terhadap peningkatan kehangatan dan menunjang kualitas hubungan saudara.
“ENGKAU BERHARGA BAGIKU”: RELASI SAUDARA REMAJA YANG MEMILIKI SAUDARA KANDUNG DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER Pramesti, Kadek Sintia Dwi; Valentina, Tience Debora
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 7, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v7i1.2596

Abstract

Kehadiran anak dengan autism spectrum disorder (ASD) membawa tantangan tersendiri bagi saudara kandung disebabkan ASD sebagai gangguan yang menyebabkan terjadinya defisit pada interaksi sosial dan komunikasi. Karakteristik anak dengan ASD menyebabkan terjadinya beragam interaksi baik positif maupun negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana relasi saudara pada remaja yang memiliki saudara kandung dengan gangguan ASD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review. Pencarian literature review melibatkan basis data Google Scholar serta SpringerLink dengan rentang tahun penerbitan mulai dari 2014-2024. Diperoleh 10 artikel terpilih yang yang tergambar melalui empat dimensi yaitu dimensi warmth atau closeness, relative status atau power, conflict, dan dimensi rivalry. Implikasi penelitian menunjukan adanya kebutuhan untuk mengidentifikasi faktor-faktor individual dan konteks sistem keluarga serta konteks lingkungan yang lebih luas untuk menemukan dinamika relasi saudara kandung dengan ASD. Selain itu, perlu adanya dorongan untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam mengelola ketegangan dan konflik dalam relasi bersaudara dengan ASD.

Page 1 of 1 | Total Record : 8