cover
Contact Name
Sentra Cendekia
Contact Email
info@ivet.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
info@ivet.ac.id
Editorial Address
Jl. Pawiyatan Luhur I, Bendan Duwur, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50235, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Sentra Cendekia
Published by Universitas IVET
ISSN : -     EISSN : 27223094     DOI : https://doi.org/10.31331/sc
Core Subject : Education,
The focus of Sentra Cendekia is research, study, and analysis that related to early childhood include.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 3 (2024): Oktober" : 8 Documents clear
Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini Studi Kasus di PAUD Al-Ashar Handayani, Arista; Agustiningrum, Maria Denok Bekti; Sukiram, Muhammad
Sentra Cendekia Vol 5 No 3 (2024): Oktober
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/sencenivet.v5i3.3431

Abstract

This study aims to evaluate audiovisual media's effectiveness in improving English language skills in early childhood at PAUD Al-Ashar. The study employs a Classroom Action Research (CAR) design involving 15 children aged 5-6 years as subjects. Data were collected through direct observation and field notes during the learning process. The results indicate a significant improvement in the children's English language skills, particularly in recognizing basic vocabulary and its context. Audiovisual media has proven effective in creating an interactive and engaging learning environment, which encourages active participation from the children throughout the learning process. This study suggests that early childhood educators consider the implementation of audiovisual media as an effective tool in teaching English.
Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Permainan Pukul Botol Pada Usia 4-5 Tahun Di Paudqu Al Ikhlas Karangrejo marini, Marini -; Nisa, Zahrotun; Anjarsari, Irna
Sentra Cendekia Vol 5 No 3 (2024): Oktober
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/sencenivet.v5i3.3476

Abstract

Peningkatan kemampuan mengenal bilangan pada anak di PAUDQU Al Ikhlas pada umumnya belum mencapai harapan. Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak melalui permainan puluk botol, dan Untuk menganalisis peningkatan kemampuan mengenal bilangan pada anak melalui permainan pukul botol di Lembaga PAUDQU Al Ikhlas Karangrejo Grobogan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas, dengan teknik pengambilan data observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik perbandingan prosentase antar siklus. Hasil penelitian pada pra siklus terdapat ketuntasan sebesar 35%, siklus 1 sebesar 75% dan pada siklus 2 menjadi 89%, sehingga terjadi peningkatan dari pra siklus ke siklus 2 sebesar 54%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan pukul botol angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak.
Upaya Meningkatkan Literasi Anak dengan Menggunakan Media Scrapbook Azis, Wulanda Aditya; Kuswara, Kuswara; Julia, Sri Kais
Sentra Cendekia Vol 5 No 3 (2024): Oktober
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/sencenivet.v5i3.3473

Abstract

Upaya untuk meningkatkan literasi anak dibutuhkan media yang mampu merangsang anak untuk berinisiatif dan aktif. Media scrapbook yang dapat memicu anak berinisiatif dan semangat berliterasi. Permasalahan yang terjadi rendahnya kemampuan literasi prabaca pada anak usia dini seperti belum mengenal beberapa huruf dan dalam menyusun hurup. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart memfokuskan pembelajaran secara terus menerus di setiap siklus. Instrumennya tes dan observasi. Subjeknya anak 5-6 tahun kelas A TK Plus Bina Insani. Hasil analisis data bahwa dengan kerjasama guru dalam berkinerja dalam media scrapbook dapat meningkatkan literasi anak. Mengenal huruf: Siklus I dengan 19%, (MB) 45,41%, (BSH) 45,40%, dan (BSB) 0%. Siklus II (BB) 0%, (MB) 9,09%, (BSH) 72,72% dan (BSB) 18,19%. Siklus III (BB) 0%, (MB) 0%, (BSH) 45,44% dan (BSB) 54,56%. Menyebutan huruf: Siklus I (BB) 18,18%, (MB) sebesar 18,18%, (BSH) 63,64%, dan (BSB) 0%. Siklus II (BB) 0%, (MB) 27,27%, (BSH) 72,76% dan (BSB) 0%. Siklus III (BB) 0%, (MB) 0%, (BSH) 90,9% dan (BSB) 9,1%. Menyusun huruf: Siklus I (BB) 27,27%, (MB) 63,63%, (BSH) 9,1%, dan (BSB) 0%. Siklus II (BB) 9,09%, (MB) 45,45 (BSH) 36,36% dan (BSB) 9,09%. Siklus III (BB) 0%, (MB) 27,27%, (BSH) 36,36% dan (BSB) sebesar 36,37%. Kata kunci : Literasi anak, media scrapbook, aktivitas belajar
Artifical Intelligence in Cyber Security in Morocco Zahra, Ayach Fatima; Supandi, Supandi; Wijayanto, Wijayanto
Sentra Cendekia Vol 5 No 3 (2024): Oktober
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/sencenivet.v5i3.3544

Abstract

: Morocco had more than 56,000 cyberattacks directed towards mobile devices, as to a recent report by Russian cybersecurity company Kaspersky. Attacks against mobile devices increased significantly worldwide in 2023, amounting to 33.7 million and rising at a sweeping yearly average of 52%. Documentation research is the methodology employed in this study. It is a method of qualitative research. This means that rather than quantifying data, it focuses on comprehending and interpreting human experiences, behaviors, and views. The researcher investigates text-based materials (such as journal articles and internet media) to gain a better understanding of artificial intelligence in cybersecurity. Morocco has made significant advances in cybersecurity thanks to the combined efforts of different stakeholders, including the government, law enforcement, regulatory authorities, cybersecurity groups, the commercial sector, academia, international partners, and civil society. These efforts began with the development of the first "National Strategy for Information Security and Digital Trust" in 2007. AI-powered solution that was introduced in 2023 in Morocco and uses machine learning to detect phishing attacks, asset vulnerabilities, compromised credentials and credit cards, fraudulent domains, and attempts at online brand impersonation. Morocco strengthens its R&D center in AI and cybersecurity in 2024 by cooperating with Oracle, the American technology powerhouse, to expand its research and development (R&D) capabilities in Morocco.This strategic undertaking seeks to amplify its workforce by recruiting 1,000 IT specialists. In conclusion, Morocco is making substantial progress in this field, merging technological breakthroughs with ethical standards and global collaboration. As the nation persists in innovating, its dedication to data security will be instrumental in shielding its digital future
Efektivitas Bermain konstruktif dengan Metode “Building Blocks” untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada anak usia dini anjarsari, Irna; Linawati, Ririn; Furi, Atika Zahra; Sari, Ika Tyas Mustika; Munawaroh, Hidayatu; Hidayati, Salis Wahyu
Sentra Cendekia Vol 5 No 3 (2024): Oktober
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/sencenivet.v5i3.3537

Abstract

Constructive play with the Building Blocks method can provide building blocks for children to explore mathematical concepts and improve their social skills through interaction in play activities. This activity not only stimulates creativity, but also supports the development of communication and collaboration skills among children. educators pay less attention to children playing with blocks and tend to provide immediate intervention. When children create buildings from blocks, the teacher is not only an example and facilitator but can be a partner when children play with blocks. The sample of this study from institutions in one cluster, namely PAUD Herni Dwi Wulan totaling 28 children as an experimental group and PAUD Anak Ceria totaling 26 children as a control group. Research data can be quantitative and qualitative data in the form of numbers and observations during activities. The tcount result of creative thinking ability is then compared with the ttable price = 2.008, with the interpolation formula of dk = 52. Based on these calculations, it turns out that the tcount is greater than the ttable (4.147 > 2.008), thus Ho is rejected and Ha is accepted. Constructive play with the “Building Blocks” method, proven effective for improving creative thinking skills in early childhood, based on an assessment with the Independent Sample t-test which shows the results of t count greater than t table.
Pembelajaran Gerak Lokomotor Sebagai Upaya Mengembangkan Motorik Kasar Anak Down Syndrome SD Inklusif Galuh Hadayani Surabaya maharani, krisnina; sunanto, Sunanto; Ibrahim, Muslimin; Lutfauziah, Asmaul
Sentra Cendekia Vol 5 No 3 (2024): Oktober
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/sencenivet.v5i3.3342

Abstract

Latar belakang Salah satu pendekatan yang efektif adalah dengan fokus pada pembelajaran gerak lokomotor. Melalui pendidikan jasmani, siswa dengan Down syndrome dapat memperoleh manfaat dari aktivitas fisik yang sesuai dan terstruktur, yang membantu meningkatkan koordinasi, kekuatan, dan kemampuan motorik kasar mereka.Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan motorik kasar anak Down syndrome melalui pembelajaran gerak lokomotor.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini difokuskan pada 3 siswa dengan Down syndrome di kelas 2 SD Galuh Handayani Surabaya.Hasil penelitian bahwa ketiga siswa menunjukkan antusiasme tinggi dan keterampilan yang baik dalam setiap gerakan yang diajarkan dalam kategori baik. Simpulan menunjukkan antusiasme tinggi dan keterampilan yang baik dalam setiap gerakan yang diajarkan dalam kategori baik.
Aktifitas Home Reading Sebagai Upaya Mewujudkan Capaian Pembelajran Literasi Dasar Pada Anak Usia 4-6 Tahun Elyana, Luluk; Ratno, Ratno; Samta, Soraya Rosna
Sentra Cendekia Vol 5 No 3 (2024): Oktober
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/sencenivet.v5i3.3543

Abstract

Literasi merupakan bagian penting pada Capaian Pembelajaran Anak Usia Dini fase Fondasi dimana disebutkan pada sub elemen bahwa anak memiliki kemampuan literasi dasar, anak menunjukkan minat, kegemaran, dan berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca dan pramenulis. Capaian pembelajaran merupakan hasil akhir yang akan di raih anak selama menempuh fasenya. Dari beberapa survey di sekolah menunjukkan bahwa kegiatan literasi masih sebatas pengenalan huruf (47%), hanya sebatas buku bacaan (36%) mulai mengenal home reading (20%). Home reading adalah kegiatan membacakan buku cerita untuk anak oleh para orang tua atau pengasuhnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui capaian literasi dasar pada anak usia 4 -6 tahun melalui aktivitas reading atau membaca. Subyek penelitian adalah anak usia 4 – 6 tahun. Metode pada penelitian ini adalah systematic literature review. Kebaruan penelitian ini adalah pelibatan orang tua sebagai mitra terbaik sekolah dalam meningkatkan kemampuan literasi dasar anak usia 4 – 6 tahun melalui membacakan buku cerita di rumah.
Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Implementasi Permainan Sains Berbasis Inkuiri Harlistyarintica, Yora; Muryani, Arlis
Sentra Cendekia Vol 5 No 3 (2024): Oktober
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/sencenivet.v5i3.3287

Abstract

Permainan sains berbasis inkuiri sebagai langkah inovatif dalam mengembangkan kognitif anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan permainan sains anak usia dini berbasis inkuiri dalam mengembangkan dimensi kognitif. Penelitian ini berjenis kualitatif-studi kasus. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara semi-terstruktur, studi dokumentasi, dan pengamatan. Data hasil penelitian diuji menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan kognitif anak dapat berkembang secara lebih optimal karena selama proses permainan berbasis inkuiri anak dituntut secara aktif melakukan kegiatan penyelidikan dibawah arahan dan bimbingan guru melalui pertanyaan berjenjang.

Page 1 of 1 | Total Record : 8