cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnalppkn@unpam.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalppkn@unpam.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 23020865     EISSN : 2621346X     DOI : 10.32493/jpkn
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan merupakan media komunikasi dan publikasi artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan kajian pustaka bagi para akademisi, praktisi, dan peneliti dalam bidang kewarganegaraan dan pendidikan. Jurnal mulai diterbitkan pada tahun 2014 dalam bentuk cetak dan pada tahun 2017 mulai diterbitkan secara online maupun cetak.Fokus dan ruang lingkup kajian: 1) pancasila dan kewarganegaraan; 2) pendidikan pancasila dan kewarganegaraan; 3) hukum dan ketatanegaraan; 4) perundang-undangan dan kebijakan publik; dan 5) pendidikan dan pembelajaran
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan" : 6 Documents clear
Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Gas Elpiji 3 Kilogram dalam Permasalahan Distribusi dan Ketersediaan Berdasarkan UU No. 8 Tahun 1999 (Studi di Kecamatan Cirinten) Eggy Purnama Pamungkas; Rokilah, Rokilah
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 12 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jurnalpkn.v12i2.52220

Abstract

Gas Elpiji 3 Kilogram merupakan kebutuhan pokok masyarakat, terutama bagi kalangan ekonomi menengah ke bawah. Namun, dalam praktiknya masih ditemukan berbagai permasalahan seperti kelangkaan, harga yang melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET), serta penggunaan tabung yang tidak layak pakai sehingga berpotensi membahayakan konsumen. Perlindungan hukum terhadap pengguna Elpiji 3 Kilogram belum berjalan secara optimal akibat lemahnya pengawasan pemerintah daerah, rendahnya kesadaran hukum masyarakat, dan terbatasnya akses terhadap informasi maupun mekanisme pengaduan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna Elpiji 3 Kilogram serta mengidentifikasi kendala dalam pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, terdapat permasalahan signifikan terkait distribusi dan harga Elpiji 3 Kilogram. Hal ini disebabkan belum tersedianya agen elpiji resmi di wilayah tersebut sehingga jumlah pangkalan sangat terbatas. Kondisi tersebut memaksa masyarakat membeli Elpiji melalui pengecer dengan harga di atas HET yang ditetapkan pemerintah.
Peran Media Sosial Tiktok dalam Membangun Preferensi Politik Gen Z Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Nusantara Kusnadi, Edi; Andita Auna Zakra; Devi Fatmawati Nurfadilah; Serli Aulia Permana; Amelia Nikita
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 12 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jurnalpkn.v12i2.52896

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dan media sosial telah mengubah pola komunikasi politik, terutama di kalangan Generasi Z. TikTok, sebagai platform favorit Gen Z, kini menjadi sumber informasi politik yang memengaruhi preferensi politik pemilih muda. Mahasiswa Universitas Islam Nusantara yang masuk ke dalam kategori Gen Z termasuk pengguna aktif TikTok yang terpapar berbagai konten politik. Penelitian ini bertujuan mengetahui intensitas penggunaan TikTok, tingkat literasi digital mahasiswa Uninus serta peran konten politik calon Gubernur Jawa Barat dalam membentuk preferensi politik. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan metode studi kasus, menelusuri pandangan mahasiswa terhadap kampanye digital di TikTok. Hasil menunjukkan bahwa konten politik di TikTok menarik perhatian mahasiswa melalui narasi visual yang kreatif dan sederhana dan humanis. Namun, rendahnya literasi digital membuat sebagian mahasiswa sulit membedakan informasi valid dan hoaks. Kesimpulannya, TikTok berpengaruh signifikan dalam membentuk preferensi politik Gen Z. Penguatan literasi digital politik sangat diperlukan agar pemilih muda lebih kritis dan cerdas dalam menyikapi informasi politik.
Penerapan Model Problem Based Learning dan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mashita, Maya
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 12 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jurnalpkn.v12i2.53048

Abstract

Ketertarikan generasi muda terhadap budaya daerah yang ada di Malang mengalami penurun yang signifikan, terbukti dari beberapa temuan hasil penelitian yang didapatkan bahwa keterlibatan generasi muda dalam proses pewarisan terhadap budaya daerah Topeng Malangan sangatlah minim. Berdasarkan data yang diperoleh, partisipasi generasi muda asli malang 30% sedangkan generasi muda dari luar Malang justru lebih tinggi, yakni sekitar 70%. Tujuan penelitian ini melalui penggunaan model Problem Based Learning dan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT), siswa dapat mengimplementasikan hasil belajar budaya daerah di sekolah dalam kehidupannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa tahap, diantaranya perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pratindakan, siklus pertama, dan siklus kedua mengalami adanya peningkatan yang signifikan atas pencapaian hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan adanya presentase siklus pertama diperoleh hasil presentase ketuntasan siswa sebesar 68%, sedangkan pada siklus kedua hasil presentase ketuntasan siswa mencapai 93%. Diharapkan dengan adanya pembiasaan pendekatan Culturally Responsive Teaching dapat menambah ketertarikan generasi muda terhadap budaya daerah.
Penerapan Media Quizizz Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Anita, Ike; Sri Rohartati; Satria Nugraha, Hendy; Setiawan, Rachmat; Widyaningsih, Nurul
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 12 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jurnalpkn.v12i2.51324

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan media quizizz dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di Sekolah Dasar. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep peserta didik kelas IV SDN 166 Ciateul Kota Bandung terhadap materi Pendidikan Pancasila, yang terlihat dari hasil evaluasi belajar. Permasalahan ini diduga karena kurangnya keterlibatan peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung, juga media yang dipakai kurang interaktif. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik yaitu uji normaltas, uji non parametrik Wilcoxon,dan uji N-Gain melalui software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkan media quizizz, yang dibuktikan melalui perbandingan nilai pretest dan posttest serta uji statistik gain. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan media quizizz efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila
Ketahanan Ideologi Pancasila dalam Bidang Politik, Pendidikan dan Kemasyarakatan Sopyan Hadi, Ade; Jamal, Ode
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 12 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jurnalpkn.v12i2.53047

Abstract

Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang berisi nilai-nilai kebaikan yang harusnya di jadikan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun pada Indonesia terdapat berbagi permasalahan yang tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila seperti bidang politik misalnya korupsi base transceiver station (BTS) pada kemenkominfo, Dalam bidang pendidikan kerapkali kebebasan beragama dinodai seperti seorang siswi non-muslim di SMKN 2 Padang, Sumatera Barat, diminta mengenakan hijab oleh pihak sekolah, pada aspek masyarakat yaitu adanya kasus pengeroyokan bos rental mobil di Kabupaten Pati Jawa Tengah. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Ketahanan Ideologi Pancasila dalam Bidang Politik, Pendidikan, dan Kemasyarakatan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan, adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan melakukan penelaahan terhadap buku, literatur, artikel jurnal serta berbagai liputan yang berkaitan dengan masalah yang akan dipecahkan. Hasil penelitian ini yaitu menunjukkan data bahwa peran pemerintah Indonesia seperti badan pembinaan ideologi Pancasila begitu penting dalam pendidikan dan pelatihan Pancasila, peran kementerian hak asasi manusia dalam menjamin keberlangsungan hak bangsa Indonesia, serta kementerian Pendidikan penting dalam pemelihara persatuan pada generasi muda. Selain itu, terdapat peran masyarakat juga menjadi aspek yang penting untuk mempertahankan ideologi Pancasila seperti melalui organisasi masyarakat yang bernama pemuda Pancasila dalam mengorganisasi masyarakat yang berasal dari berbagai latar belakang usia maupun pekerjaan agar tetap ingat dan membela Pancasila. Kesimpulan penelitian ini yaitu dapat diketahui bahwa peran berbagai pihak baik pemerintah maupun masyarakat begitu penting dalam penguatan ketahanan ideologi Pancasila.  
Studi Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Untuk Mewujudkan Good Citizenship Pada Siswa Kelas VII di SMP IT Akhlaqul Karimah Kabupaten Rejang Lebong Yudha, Romadhona Kusuma; Asadillah, Permata Mahardin; Harisa, Novran
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 12 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jurnalpkn.v12i2.53340

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman nilai-nilai Pancasila untuk mewujudkan sikap warga negara yang baik (good citizenship) pada siswa kelas VII di SMP IT Akhlaqul Karimah, Kabupaten Rejang Lebong. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu generasi muda saat ini tampak mulai berkurang dalam pemahaman pengetahuan mengenai Pancasila dan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif  deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman nilai-nilai Pancasila di sekolah pada siswa kelas VII tampak lebih membaik karena telah melakukan pengamalan nilai-nilai Pancasila melalui berbagai kegiatan pembelajaran, pembiasaan yang positif dan keteladanan, namun masih terdapat hambatan berupa kurangnya pemahaman dari beberapa siswa, pengaruh lingkungan luar, serta lemahnya kontrol sosial. Untuk mengatasi hambatan tersebut, diperlukannya pendukung yang kuat agar mendapatkan hasil yang seimbang, adapun faktor pendukung meliputi peran guru, lingkungan sekolah yang religius, serta program pembinaan karakter. Serta memerlukan pendekatan kolaboratif antar sekolah, keluarga dan masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila secara konsisten dan kontekstual. Penelitian ini menyarankan penguatan pendidikan karakter berbasis Pancasila sebagai langkah strategis dalam membentuk generasi yang beriman, nasionalis, dan berintegritas.

Page 1 of 1 | Total Record : 6