cover
Contact Name
Ismail Hanif Batubara
Contact Email
ismailhanif@umsu.ac.id
Phone
+6285370552283
Journal Mail Official
jmpdmt@umsu.ac.id
Editorial Address
http://journal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/pages/view/ET
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT]
ISSN : 27159213     EISSN : 27159213     DOI : 10.30596/jcositte.v2i1.5903
Core Subject : Education,
he University of Muhammadiyah Sumatera Utara publishes Jurnal Menajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMD-DMT) on January, April, July and October (4 Issue/Year). The Journal using Double-Blind Review Process. Journal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT) is also accept your paper by email jmpdmt.umsu@gmail.com . The journal publishes papers of interest to practitioners of education, students, policy makers of education, and scholars. This journal covers research papers, original research papers, analyses of Islamic education in all fields, including: Educational Management School Management Leadership Organizational Behavior Organizational Culture Financial Management Public Relation Management Human Resource Management Decision Making Information management, which involves textual and fieldwork study with different educational, philosophical, historical, biblical, sociological, anthropological, political science and other perspectives
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 3 (2025): JURNAL JMP-DMT" : 15 Documents clear
Manajemen Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Bilah Hulu Saragih, Gusdepilast Junita
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 6, No 3 (2025): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v6i3.25977

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) manajemen strategi yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan     kinerja sekolah di SMA Negeri 1 Bilah Hulu, (2) kendala yang di hadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja        sekolah di SMA Negeri 1 Bilah Hulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) manajemen strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah di SMA Negeri 1 Bilah Hulu meliputi visi dan misi, analisis SWOT, perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi (2) kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah di SMAN 1 Bilah Hulu adalah kesiapan guru dalam menghadapi kurikulum, pemanfaatan sumber daya yang ada di sekolah, masalah sarana dan prasarana dan kurangnya dukungan dari orangtua.
Implementasi Manajemen Program Pendidikan Karakter Berbasis Aktivitas Fisik Studi Kasus di Sekolah Dasar Inklusi Nurmadiah, Nurmadiah; Fadlan, Muhammad Noer
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 6, No 3 (2025): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v6i3.23220

Abstract

Pendidikan karakter berbasis aktivitas fisik merupakan pendekatan penting dalam membentuk nilai-nilai karakter siswa secara holistik. Namun, implementasi program ini menghadapi tantangan khusus di sekolah inklusi, seperti SD Nurul Hasanah, yang membutuhkan manajemen program yang adaptif dan responsif terhadap kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen program pendidikan karakter berbasis aktivitas fisik di SD Nurul Hasanah, mengidentifikasi tantangan utama dalam pelaksanaannya, serta merumuskan strategi adaptif guna meningkatkan partisipasi siswa berkebutuhan khusus dalam kegiatan fisik yang mendukung pengembangan karakter. Penelitian menggunakan pendekatan campuran (mix method) dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang manajemen program dan kendala pelaksanaannya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen program telah berlangsung secara terstruktur melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, namun masih terdapat keterbatasan dalam adaptasi aktivitas fisik untuk siswa berkebutuhan khusus. Tantangan utama meliputi keterbatasan fasilitas, kompetensi guru, serta dukungan sosial yang kurang optimal. Strategi adaptif yang dirumuskan menekankan pendekatan individualisasi dan diferensiasi, peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, kolaborasi multidisipliner, serta pengembangan lingkungan fisik dan sosial yang inklusif. Program pendidikan karakter berbasis aktivitas fisik di SD Nurul Hasanah memerlukan penguatan dalam aspek adaptasi dan dukungan agar dapat menjangkau seluruh siswa secara inklusif. Direkomendasikan peningkatan pelatihan guru, pengembangan sarana prasarana yang ramah akses, dan peningkatan kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan tenaga ahli guna mengoptimalkan partisipasi siswa berkebutuhan khusus dan efektivitas pembentukan karakter.
Kepemimpinan Berbasis Nilai dalam Meningkatkan Budaya Kerja Guru di SMP Muhammadiyah Binjai Lesmana, Dayu Ade
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 6, No 3 (2025): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v6i3.26035

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kepemimpinan berbasis nilai di SMP Muhammadiyah 56 Binjai dan dampaknya terhadap budaya kerja guru dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengolah data untuk memahami bagaimana kepemimpinan berbasis nilai, yang mencakup nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan keadilan, mempengaruhi budaya kerja guru. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kepemimpinan berbasis nilai di SMP Muhammadiyah 56 Binjai diterapkan melalui kepala sekolah yang mengamalkan nilai-nilai spiritual Islam seperti musyawarah, siddiq, amanah, fathanah, dan tabligh dalam setiap keputusan dan interaksi sehari-hari. Kepala sekolah juga mengadopsi sikap-sikap disiplin, egaliter, kolaboratif, konsultatif, dan loyalitas, yang menciptakan lingkungan yang mendukung dan harmonis. Kepemimpinan ini tidak hanya mengarahkan tujuan dan visi sekolah, tetapi juga membentuk sikap, perilaku, dan kinerja para guru. Budaya kerja guru di SMP Muhammadiyah 56 Binjai ditandai dengan tingkat kerja sama dan kolaborasi yang tinggi, komunikasi terbuka, dan rasa kekeluargaan yang kuat. Para guru menunjukkan kedisiplinan yang tinggi dan berusaha untuk bersikap profesional dalam segala situasi. Mereka tidak hanya fokus pada pengajaran di kelas, tetapi juga berperan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dan program pengembangan sekolah lainnya, menunjukkan dedikasi dan komitmen mereka terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan perkembangan siswa secara keseluruhan. Kepemimpinan berbasis nilai di SMP Muhammadiyah 56 Binjai memiliki dampak signifikan terhadap budaya kerja guru. Dengan menekankan nilai-nilai seperti integritas, kolaborasi, dan tanggung jawab, kepala sekolah berhasil memperkuat komunikasi yang baik, kerja sama tim, dan motivasi intrinsik dalam mencapai tujuan pendidikan. Hal ini tidak hanya meningkatkan kinerja guru secara signifikan tetapi juga berdampak positif pada kualitas dan prestasi keseluruhan sekolah.
Manajemen Pendidikan Full Day School dalam Pembentukan Karakter Siswa: Studi di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi Medan Estate Khuzaimah, Khuzaimah; Akrim, Akrim; Prasetia, Indra
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 6, No 3 (2025): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v6i3.22950

Abstract

This study seeks to investigate the administration of full-day school education in influencing the development of character students of Nurul Ilmi Medan Estate Integrated Islamic Elementary School. This research uses a qualitative method. The results of the study show that: First, the implementation of full day school education management in the formation of student character, including: 1) the process of implementing student activities, 2) the method of implementing full day school management for students, and 3) the full day school management program in the development of students' character. The application of comprehensive day school administration in molding student character has been successful. This is evident through the significant amount of time dedicated to shaping pupils' character who are religious, disciplined, independent, creative, friendly and responsible. Furthermore, there is an extracurricular program, where students can develop their interests and talents, and there is also a program to instill religious values, such as students are disciplined in carrying out worship. Second, efforts to implement a Full-day school management method shapes student character SD IT Nurul Ilmi through the application of values based on the teachings of the Quran and Sunnah which are trained with disciplined and responsible habits so that it becomes a routine that is expected to have an influence on the formation of student character. Third, the advantages of full day school management at SD IT Nurul Ilmi Medan Estate include good quality teachers, very beautiful school locations, facilities and infrastructure, good service in dealing with students and parents, and parents feel safe and comfortable because children are well controlled. Meanwhile, weaknesses include some children feeling bored because they are at school every day, students feel that they are not free to adapt outside of school and lack of evaluation of monthly reports reported by teachers every month.
Efektivitas Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Kesetaraan (Studi di PKBM Samera Indonesia Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara) Sari, Laila
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 6, No 3 (2025): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v6i3.25980

Abstract

Penelitian ini merupkan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui keterlibatan stakeholders dalam implementasi kurikulum merdeka di PKBM Samera Indonesia. Data penelitian dikumpulkan melalui cara wawancara kepada responden warga sekolah tentang efektifitas implementasi kurikulum merdeka pada pendidikan kesetaraan di PKBM Samera Indonesia Deli Serdang. Hasil penelitian menemukan bahwa kurikulum merdeka telah efektif meningkatkan hasil belajar anak didik di PKBM Samera Indonesia. Selain kemampuan akademik yang sudah setara dengan Pendidikan formal, juga memiliki prestasi di tingkat nasional dan internasional. Selama Implementasi Kurikulum Merdeka keterlibatan kepala satuan sudah cukup baik dalam membimbing dan mengatur aktivitas pembelajaran di PKBM Samera Indonesia. Sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka, Tutor memiliki kebebasan dalam merancang pembelajaran. Keterlibatan sekolah dan orang tua serta kerjasama dengan masyarakat sesuai dengan prinsip implementasi Kurikulum Merdeka. Secara umum perkembangan PKBM Samera Indonesia sudah efektif ditandai dengan hasil rapor pendidikan yang berada pada posisi hijau sebagai tanda berkembang dengan baik.
Manajemen Pelayanan Beasiswa Batuah Berprestasi Kerja Sama PT Baramulti Sukses Sarana dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Desa Batuah Wardhana, Evi; mulawarman, Widyatmike Gede; Masruhim, Amir; Dwiyono, Yudo; Yahya, Masrur; Haryanto, Zeni
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 6, No 3 (2025): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v6i3.24050

Abstract

Pemerintah Desa Batuah menyadari pentingnya peningkatan kualitas SDM dalam menghadapi pembangunan IKN. Beberapa waktu terakhir semakin banyak perusahaan tambang batubara yang beroprasi di wilayah desa batuah program beasiswa menjadi solusi penting bagi peningkatan kualitas SDM. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan pelayanan beasiswa batuah berprestasi kerjasama PT. BARAMULTI SUKSESSARANA dalam peningkatan sumber daya manusia di Desa Batuah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode yang digunakan adalah studi kasus. Hasil penelitian menunjukan Pada tahap perencanaan kedua pihak bekerjasama melakukan sosialisasi, setelah itu membuka pendaftaran dan seleksi yang dilakukan secara transparan dan adil agar beasiswa menjadi tepat sasaran. 2. Pada tahap Pengorganisasian kepala desa Batuah membentuk pembentukan struktur organisasi atau tim yang khusus menangani masalah beasiswa dan bekerjasama dengan pihak PT BARAMULTI SUKSESSARANA dalam bertanggung jawab atas pelaporan kepada Perusahaan dan desa. 3. Pada tahap pelaksanaan dilakukan beberapa tahap seleksi bagi calon penerima beasiswa yang mendaftar, Setelah seleksi, daftar penerima beasiswa disahkan oleh panitia makan akan dilakukan pencairan beasiswa Dana ditransfer institusi pendidikan yaitu Poltek Negeri Samarinda untuk menghindari penyalahgunaan. 4. Pada proses Pengawasan diadakan Pelaporan berkala dari pihak desa dan institusi pendidikan, penerima beasiswa juga diminta pelaporan berkala tiap smester. Dengan indikator keberhasilan beasiswa Penerima dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu dengan hasil memuaskan. Penerima juga ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan masyarakat desa, Peningkatan keterampilan kerja.
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kompensasi Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Tebing Tinggi Dongoran, Ilhamuddin
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 6, No 3 (2025): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v6i3.25968

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, motivasi kerja, kompensasi dan iklim kerja terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Tebing Tinggi yang berjumlah 34 guru. Untuk pengambilan sampel menggunakan seluruh populasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan: (1) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Tebing Tinggi dengan nilai signifikan 19.8%, (2) Kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Tebing Tinggi sebesar 35.2%, (3) Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru  Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Tebing Tinggi sebesar 40.2%, (4) Kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Tebing Tinggi sebesar 15.2%, (5) Iklim kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Tebing Tinggi sebesar 24.1 %, (6) Kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, motivasi kerja, kompensasi dan iklim kerja berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Tebing Tinggi sebesar 63.1 %
Efektivitas Manajamen Sumber Daya Manusia di Yayasan Pendidikan Islam Nurhasanah Darmono, Darmono
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 6, No 3 (2025): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v6i3.26032

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas manajamen sumber daya manusia di Yayasan Pendidikan IslamNurhasanah. Metode penelitian yang digunakan jenis penelitian kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian bahwa manajemen sumber daya manusia yang di kualifikasikan pada kegiatan pemelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengevaluaisian. Dimana awalnya adalah melakukan perekrutan yang didalamnya yayasan tidak  terlibat didelegasikan kepada kepala sekolah, hal ini di diperbuat guna menjaring SDM guru yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan. Perencanaan penyusunan jadwal pembelajaran akan dibagikan sesuai dengan kesepakatan yang telah diperbuat agar pelaksanaan ya berjalan sesuai denganSDM masing – masing guru. pengawasan yang di lakukan oleh kepala sekolah menggunakan waktu jam masuk dan keluar dari lingkungan sekolah berdasarkan finger print serta kemampuan SDM guru dalam mengajar, serta akan di lakukan penilaian oleh kepala sekolah beserta jajarannya melalui pelaporan kegiatan dalam satu bulan.
Efektivitas Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di Perguruan Kristen Methodist Indonesia Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang Salim, Ardy; Prasetia, Indra; Pulungan, Lilik Hidayat
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 6, No 3 (2025): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v6i3.23801

Abstract

Dalam upaya meningkatkan mutu sekolah, perencanaan dapat melibatkan dukungan dan motivasi kepada guru-guru, seperti pembinaan mental-spiritual, penghargaan atas prestasi, dan kegiatan berbagi pengalaman dengan memberikan contoh yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah ditinjau dari perencanaan, pengorganisasian kelas, pelaksanaan pembelajaran dan pengawasan di Perguruan Kristen Methodist Indonesia Pantai Labu Deli Serdang. Untuk mengevaluasi dan mengkaji keefektifan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah di Perguruan Kristen Methodist Indonesia Pantai Labu Deli Serdang. Metode penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah. redusi data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah di Perguruan Kristen Methodist Indonesia Pantai Labu Deli Serdang termasuk perencanaan, pengorganisasian kelas, pelaksanaan pembelajaran, dan pengawasan sudah efektif. Hal ini terbukti dengan tujuan yang ingin dicapai untuk memenuhi standar sekolah yang sempurna, seperti sarana prasarana, sumber daya manusia, dan program kerja. Efektifitas manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah di Perguruan Kristen Methodist Indonesia Pantai Labu Deli Serdang adalah tercapainya tujuan yaitu tercapainya Manajemen berbasis Sekolah (MBS) dalam meningkatkan standar mutu sekolah, adanya strategi pencapaian yang dilakukan disekolah dalam upaya untuk mencapai standar mutu sekolah yang baik, adanya Sumber Daya Manusia (SDM) dalam melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung untuk menghasilkan standar mutu sekolah yang baik.
Analisis Kinerja Pondok Pesantren Darul Qolam Binjai dalam Menciptakan Mutu Lulusan Sofian, Sofian; Prasetia, Indra; Amini, Amini
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 6, No 3 (2025): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v6i3.25974

Abstract

The study aims to determine the Performance Analysis of Darul Qolam Islamic Boarding School. The method used is a case study research type with interview data collection techniques, observation and documentation. Data analysis techniques using data reduction, data presentation and drawing conclusions. This research was carried out at Darul Qolam Islamic Boarding School with the subject of the researcher and the object of the research being the principal, vice principal, administration, and teachers. The results of the study on the performance of the Islamic boarding school include the following activities: Managing and Developing Vision, Mission and Objectives, Analyzing the weaknesses and strengths of external factors, Caregivers who act as Parents and determining strategies. Likewise, the performance of the Darul Qolam Islamic Boarding School to create quality graduates, namely, the maximum involvement of teachers, with the leadership of the head of the madrasah who must have and understand a clear work vision, be able and willing to work hard, have a high work motivation, be diligent and steadfast in working, provide optimal service, and strong work discipline. In addition, it must also improve the competence and profession of teachers. Improving the quality of graduates who have intelligence is the hope of the madrasah, parents, the wider community, and the government. Realizing it by Managing the Quality of Tahfidz al-Quran, Minimum Limits for Student Promotion and Graduation Standards, improving quality culture, Improving the Quality of Teacher Competence.

Page 1 of 2 | Total Record : 15