cover
Contact Name
E Sutandar
Contact Email
Erwin_sutandar@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
fanypuspabella@student.untan.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. E-mail: jmts@teknik.untan.ac.id
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang
ISSN : -     EISSN : -     DOI : https://dx.doi.org/10.26418/jelast.v9i1.53691
Core Subject : Engineering,
Pesatnya perkembangan di dunia pendidikan mengakibatkan peningkatan kebutuhan terhadap bangunan tinggi sebagai sarana dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Bersumber pada Standar Nasional Indonesia (SNI 1726-2019) mengenai Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung, Kota Pontianak termasuk ke dalam daerah dengan gempa ringan. Setiap perancangan bangunan di Kota Pontianak saat ini harus memperhitungkan parameter gaya gempa. Sehingga dilakukan perhitungan struktur gedung 7 lantai Sekolah Santu Petrus untuk mendapatkan dimensi komponen struktur yang tahan terhadap beban gempa. Perancangan gedung ini merupakan struktur beton bertulang dengan Sistem Rangka Pemikul Momen dan dimodelkan dengan bantuan program analisis struktur. Struktur dianalisis terhadap beban yang bekerja pada gedung tersebut. Pada analisis pengaruh gempa, gedung ini termasuk kategori desain seismik KDS D, maka dalam analisisnya akan mengikuti persyaratan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). Hasil kontrol perilaku struktur terdapat ketidakberaturan struktur tipe 2 dan 3 serta ketidakberaturan vertikal struktur tipe 2. Dimensi struktur pelat lantai setebal 100 mm, balok induk 300/600 mm dan 450/800 mm, balok anak 300/600 mm dan 200/400 mm, serta kolom persegi 700/700 mm dan kolom bundar diameter 700 mm. Fondasi yang digunakan adalah fondasi dalam tiang pancang karena sesuai dengan kondisi tanah di Kota Pontianak.
Arjuna Subject : -
Articles 65 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022" : 65 Documents clear
PEMANFAATAN BOTTOM ASH DI PLTU KABUPATEN KETAPANG SEBAGAI AGREGAT HALUS PADA PERKERASAN HRS-BASE DITINJAU DARI KARAKTERISTIK MARSHALL Eddysius Setyawan; Komala Erwan; Akhmadali Akhmadali
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i3.57140

Abstract

Limbah yang dihasilkan pada saat pembakaran batu bara oleh Pembangkit Listrik Tenaga Uap Kabupaten Ketapang mencapai ± 23,13 ton /hari yang terdiri dari 99,5% fly ash dan 0,5% bottom ash. Berdasarkan kenyataan tersebut, timbullah suatu pemikiran memanfaatkan bottom ash pada perkerasan HRS–BASE dan Pengaruh terhadap stabilitas dan flow pada perkerasan serta mengetahui nilai VMA, VIM, dan VFB. Metode Analisis data dilakukan dengan Metode Bina Marga menggunakan spesifikasi HRS-BASE dengan Metode Pengujian Marshall. Proporsi campuran agregat kasar 55%, agregat halus 39,5%, filler 5,5%. Perencanaan benda uji pada 2 jenis agregat berbeda, yaitu 6% ;6,5% ;7% ;7,5% ;8% pada tiap persentase di buat sebanyak 5 buah benda uji. Nilai berat jenis agregat kasar (2,575 gr/cm3), berat jenis Filler (2,626 gr/cm3) dan berat jenis aspal (1,045) yang sama namun pada berat jenis agregat halus berbeda, dimana pasir 2,628 gr/cm3, bottom ash adalah 2,534 gr/cm3. Dari KAO diperoleh nilai parameter marshall, nilai stabilitas 1044,06 kg, flow 4,03 mm, VIM 4,13%, VMA 17,97 %, VFB 81,32% dan MQ 260,51 kg/mm. Bottom ash nilai stabilitas 997,92 kg, flow 3,90 mm, VIM 4,18%, VMA 18,13%, VFB 83,15%, dan MQ 256,04 kg/mm. Hasil pengujian bottom ash dapat dijadikan sebagai agregat halus pada campuran HRS-BASE.Kata kunci: agregat halus, bottom ash sisa pembakaran batu bara, HRS-BASE, Marshall
KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI WASHING PLANT PADA KEGIATAN PENAMBANGAN BAUKSIT PT. CITA MINERAL INVESTINDO Tbk KECAMATAN SANDAI KABUPATEN KETAPANG PROVINSI KALIMANTAN BARAT Titus Victorius Ferdy; Syahrudin Syahrudin; Yoga Herlambang
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i3.57178

Abstract

Washing Plant atau pabrik pencucian merupakan tahapan untuk membersihkan material bauksit dari pengotor, yang ditujukan agar dapat meningkatkan kualitas dari bauksit. Dalam pertambangan bauksit salah satu hal utama yang cukup penting dalam kelancaran produksi adalah adanya unit pencucian. Maka perlu adanya manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), pada perusahan PT. Cita Mineral Investindo sudah menerapkan manajemen K3 dengan metode JSA (Job Safety Analysis) namun penelitian kali ini menggunakan metode HIRAC (Hazard Identification Risk Assessment and Control). Tujuan penulis menggunakan metode HIRAC ini untuk membanding dan merekomendasikan Standar Operasional Prosedur (SOP) manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). HIRAC (Hazard Identification Risk Assessment and Control) merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengidentifikasi bahaya, penilaian risiko, serta pengendalian risiko. Adapun hasil penelitian dalam mengidentifikasi bahaya, penilaian risiko, serta pengendalian risiko. Dengan hasil yang didapatkan berdasarkan kategori risiko, yaitu Substansial (25%), Priority 3 (17%) dan Acceptable (58%). Untuk rekomendasi pengendalian risiko dapat dilakukan dengan cara eliminasi, administratif, pengendalian teknis dan alat pelindung diri (APD). Kata Kunci: HIRAC, JSA,K3, Tingkat Risiko dan Pengendalian Risiko.
ANALISIS DAYA DUKUNG LAPISAN TANAH DASAR DI POLITEKNIK NEGERI KETAPANG BERDASARKAN KORELASI CBR KONVENSIONAL DAN CBR LAPANGAN Mia Anggreini; Aprianto Aprianto; R.M. Rustamaji
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i3.57384

Abstract

Dalam menyusun rencana pembangunan gedung dan jalan akses di Politeknik Negeri Ketapang membutuhkan data primer berupa soil test investigation. Salah satunya yaitu untuk mengetahui nilai daya dukung lapisan tanah dasar (subgrade). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya nilai daya dukung lapisan tanah dasar dilingkungan Politeknik Negeri Ketapang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang dilaksanakan di laboratorium dan lapangan. Pada penelitian ini dilakukan pengujian Kadar Air, Uji Analisis Ukuran Butir Tanah, Uji Pemadatan Standar Laboratorium, Uji Kepadatan Lapangan (Sand Cone), Uji CBR Laboratorium, dan Uji CBR Lapangan yang sampel ujinya diambil dari Jalan Akses Gedung Laboratorium Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Ketapang. Berdasarkan klasifikasi USCS disimpulkan bahwa tanah di lokasi pengujian ini adalah tipe SP (pasir bergradasi buruk) dengan nilai kepadatan tanah maksimum adalah 1,64 gr/cm3 dan kadar air optimum (wopt) sebesar 15,05%. Nilai rata-rata CBR Laboratorium sebesar 16.31% dan nilai rata-rata CBR lapangan sebesar 15.38%. Berdasarkan metode persamaan garis regresi linier sederhana, didapat kesimpulan bahwa kenaikan nilai CBR Konvensional diikuti oleh kenaikan nilai CBR Lapangan atau semakin besar nilai CBR Konvensional maka semakin besar pula nilai CBR Lapangan, dan dilihat dari nilai regresinya (r =0.9218) memiliki hubungan langsung positif baik.
IDENTIFIKASI RISIKO KECELAKAAN MENGGUNAKAN METODE HIRADC PADA AKTIVITAS PENGOLAHAN PT. SULENCO WIBAWA PERKASA, DESA PENIRAMAN, KABUPATEN MEMPAWAH, KALIMANTAN BARAT Much. Luthfi Abdulhadi; Budhi Purwoko; Yoga Herlambang
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i3.55946

Abstract

Dalam setiap kegiatan suatu perusahaan pertambangan harus memperhatikan unsur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Dengan adanya jaminan Keselamatan dan Kesehatan Kerja kinerja karyawan akan dapat ditingkatkan. Terdapat kondisi tidak aman dan tindakan kerja tidak aman dalam pelaksanaan kegiatan pengolahan di PT. Sulenco Wibawa Perkasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode HIRADC (Hazard Identification Risk Assessment and Determining Control). Penelitian dimulai dengan melakukan identifikasi potensi bahaya pada aktivitas alat di crushing plant, langkah selanjutnya yaitu mengklasifikan hasil data yang didapat ke dalam tabel penilaian risiko berdasarkan dua komponen utama yaitu kemungkinan (likelihood), dan tingkat keparahan dampak (consequence), dari tabel tersebut dapat diketahui potensi bahaya yang termasuk dalam kategori risiko low, medium, high, dan very high. Langkah terakhir ialah merekomendasi pengendalian risiko sehingga kecelakaan bisa diminimalisir. Hasil penelitian yaitu berbentuk tabel yang telah diidentifikasi dan dinilai memaparkan bahwa pada aktivitas alat tahapan pengolahan terdapat 10 potensi bahaya dan 40 risiko. Rekomendasi upaya pengendalian risiko demi meminimalisir kecelakaan yang terjadi bisa dilakukan dengan cara eliminasi, administratif, dan alat pelindung diri (APD).Kata kunci: Bahaya, HIRADC, K3, Pengendalian Risiko 
IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK HYPERMART CITIMALL KETAPANG DAN PASAR TRADISIONAL DESA PAYA KUMANG Bayu Pratama Satyanegara; Firsta Rekayasa Hernovianty; Anthy Septianti
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i3.57704

Abstract

Kemunculan pasar modern tentunya akan menarik para konsumen dari pasar tradisional. Dengan kemunculan Hypermart Citimall Ketapang akan menyebabkan para konsumen beralih dari pasar tradisional ke Hypermart Citimall Ketapang, kondisi ini disebabkan karena.pasar.tradisional.tidak.mampu.bersaing.dengan.pasar.modern baik itu pada aspek jenis barang yang dijual, harga, kualitas, fasilitas, pelayanan dan lokasi. Akibatnya banyak masyarakat yang beralih.untuk.berbelanja.di.pasar.modern.karena.dianggap lebih baik dibandingkan dengan pasar tradisional. Jika hal tersebut tidak diatasi maka pedagang pasar tradisional akan mengalami penurunan pendapatan yang disebabkan karena berkurangnya pembeli, hal tersebut bukan tidak mungkin bahwa pedagang pasar tradisional akan kehilangan mata pencahariannya. Penelitian.ini.bertujuan.untuk.mengidentifikasi.karakteristik Hypermart Citimall Ketapang dan Pasar Tradisional Desa Paya Kumang. Penelitian.ini.menggunakan.pendekatan kuantitatif.dengan.teknik.analisis.skoring yang memiliki asumsi unggul (skor 1) dan tidak unggul (skor 0) penilaian tersebut melihat 6 aspek yaitu: jenis barang yang dijual, harga, kualitas, fasilitas, pelayanan dan lokasi. Dari hasil analisis terlihat bahwa pasar modern unggul dengan jumlah skor 4 dengan variabel yang unggul yaitu; jenis barang yang dijual, kualitas, fasilitas dan pelayanan. Sedangkan variabel yang mendapatkan skor seri yaitu variabel lokasi. Pasar tradisional hanya mendapatkan skor 1 yaitu pada variabel harga.Kata.kunci: karakteristik, pasar.modern, pasar.tradisional
Pengembangan Pelabuhan Perintis Menggunakan Analisa SWOT - Nasaluddin; Jasisca Meirany; Arfena Deah Lestari
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i3.57014

Abstract

Produktivitas di Pelabuhan Perintis Sintete masih sangat rendah, salah satunya masih lamanya kegiatan dan bongkar muat barang di Pelabuhan yang tidak didukung oleh fasilitas bongkar muat. Tujuan akhir penelitian untuk mendapatkan strategi pengembangan Pelabuhan Perintis Sintete dengan menganalisis kekuatan (strenghts), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (threats). Penelitian dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung ke lapangan, wawancara serta kuesioner. Untuk merumuskan strategi pengembangan pelabuhan menggunakan analisa matrik SWOT, matrik Internal Factors Analysis Summary dan matrik Eksternal Factors Analysis Summary. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan berdasarkan hasil perhitungan matrik SWOT berupa strategi SO (Strenghts-Opportunity) berada pada kuadran I, yaitu dengan melakukan pembangunan fasilitas dermaga, gudang, lapangan penumpukan, terminal penumpang dan lapangan parkir angkutan barang maupun penumpang, serta menjalin hubungan kerjasama dengan pemerintahan dalam meningkatkan alokasi anggaran dana untuk pengembangan dan menjaga jaringan antar pengguna jasa angkutan barang maupun penumpang disuatu wilayah yang terisolir. Kata Kunci : Analisa SWOT, Pelabuhan Sintete, Pengembangan Pelabuhan
TINJAUAN DAYA DUKUNG PELAT BETON BERSIRIP DI ATAS PASIR DENGAN VARIASI KEMIRINGAN SIRIP YANG DIPERKAKU BERDASARKAN UJI PEMBEBANAN Aprha Syenna; Muhammad Yusuf; Vivi Bachtiar
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i3.57244

Abstract

ABSTRAK Infrastruktur sebagai dasar dan fondasi dari segala bidang pembangunan menjadi penting bagi Kota Pontianak yang kini terus berkembang. Maka dalam hal ini, dibutuhkan kualitas dan kuantitas jalan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga aktifitas pada perekonomian aksesibilitas dan perpindahan barang serta jasa dapat berjalan dengan optimal. Pembangunan jalan di Kota Pontianak sudah banyak dilakukan dengan penggunaan konstruksi jalan beton. Hal ini dikarenakan konstruksi tersebut mendukung struktur tanah yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bentuk pelat yang memiliki nilai penurunan terendah terhadap beban pada pelat beton di atas pasir dengan variasi kemiringan sirip yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan dengan pengujian secara eksperimental dan dilakukan dengan metode uji pembebanan langsung (loading test).  Pada penelitian tersebut diteliti daya dukung pelat beton bersirip di atas pasir yang memiliki kemiringan berbeda, yaitu 0°, 10°, 20°, 30° dan 40°. Setelah itu hubungkan ke dalam grafik untuk melihat terjadinya penurunan terhadap pembebanan dan lihat mana yang memiliki trend kurva penurunan yang terkecil. Dari pengujian pembebanan didapat hasil sampel yang memiliki penurunan yang paling kecil dengan beban yang relatif sama yaitu sampel dengan kemiringan 30° dan beban sebesar 5,80 kN dan mengalami deformasi sebesar 1,16 mm.Kata kunci : Kemiringan sirip, Pasir, Pelat beton bersirip, Uji pembebananABSTRACT Infrastructure as the base and the foundation of every constructional aspects is important for a constantly developing city like Pontianak. Therefore, numbers of quality road accesses are needed to fulfill their people’s needs. The main reason is to maintain optimal level of economical accessibilities, distribution of goods and services. Many of road constructions in Pontianak were done by using concrete. The reason was, this kind of construction are suitable with the low soil structure. The aim of this study was to find the appropriate plate which has the lowest rate of degradation against the pressure of the concrete plate on sands with various fin slant. This study was an experimental study and conducted using Loading Test method. The purpose of the study was to find the carrying capacity of finned concrete slab on sands with various skewnesses which were 00, 100, 200, 300, and 400. After gaining the required data, it was converted into a graph to determine any degradation and which has the lowest rate of degradation curve. Based on the loading test, the writer acquired sample with the lowest rate of degradation with relatively similar pressure with the skewness rate of 300 with the pressure of 5,80 kN and having deformation of 1,16 mm.Key Words: Fin slope, Sand, Finned concrete slab, Test loading
Analisis Kerusakan Perkerasan Dengan Metode Surface Distress Index (SDI) Dan Perencanaan Perbaikan Jalan (Studi Kasus: Ruas Jalan Sidas - Simpang Tiga) Wiro Wiro; Komala Erwan; Siti Nurlaily Kadarini
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i3.58697

Abstract

 ABSTRACTOne of the provincial roads in West Kalimantan is the Sidas – Simpang Tiga Road in Landak Regency. Some of these road segments experienced moderate to light damage, this road damage caused several consequences including road damage causing loss of comfort for road users, road damage always triggers accidents, road damage is very disturbing to road users such as passenger buses, trucks transporting agricultural products and plantations and other road users who cross this road. The purpose of this study was to determine the level of road damage that occurred. The method used in this study is the Surface Distress Index (SDI) method. From the results of the study, it was found that a total of 27 road segments were collected with data with a total area of 11820.00 m2, crack damage was 15.56%, pothole damage was 1.57% and wheel rut damage was 0.47%. The results of the analysis stated that the level of damage that was classified as lightly damaged occurred in segments 3, 4, 7, 8, 10, 15, 17, 19 and 24. Severely damaged conditions occurred in segment 21 and other segments were in moderate condition.Keywords: Road Damage, Surface Distress Index (SDI). 
PENGARUH TINDAKAN KOREKSI RISIKO MANAJEMEN MATERIAL KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG Indah Pertiwi Putri; riyanny Pratiwi; muhammad indrayadi
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i3.58174

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan risiko yang memiliki dampak dominan pada kinerja biaya proyek dan mendapatkan tingkat pengaruh tindakan koreksi yang diberikan pada risiko tersebut dengan menggunakan metode deskriptif analitis. Data primer berupa hasil kuesioner yang diisi berdasarkan skala likelihood. Penelitian ini melibatkan 8 responden yang berpengalaman di bidang konstruksi khususnya manajemen material. Hasil analisis menunjukkan tidak ada risiko manajemen material pada pembangunan gedung Puskesmas Alianyang Kota Pontianak termasuk dalam kategori High Risk sedangkan untuk kategori Medium Risk berjumlah 6 variabel risiko. Terdapat 3 risiko dominan dengan nilai Risk Index tertinggi ialah risiko “ketidaksesuaian antara volume pekerjaan pada kontrak dengan kondisi lapangan” dengan nilai sebesar 0,682, “terlambatnya pembayaran oleh kontraktor ke supplier material” dengan nilai sebesar 0,676 dan “kurangnya perencanaan material alternatif” dengan nilai sebesar 0,650.Kata Kunci : Manajemen Material, Konstruksi Gedung, Tindakan Koreksi Risiko
EVALUASI KAPASITAS TAMPUNG PARIT ENTODAN DESA SUNGAI RINGIN KECAMATAN SEKADAU HILIR KABUPATEN SEKADAU Selvinawati Selvinawati; Kartini Kartini; Umar Umar
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i3.58012

Abstract

Banjir merupakan permasalahan yang sering terjadi di Indonesia, termasuk di provinsi Kalimantan barat, kecamatan sekadau hilir kabupaten sekadau. Salah satu Daerah yang sering terjadi banjir berada di kawasan Parit Entodan. Pada musim hujan mengingat hampir semua kota mengalami bencana banjir. Peristiwa ini hampir terjadi setiap tahun, namun permasalahan ini belum dapat terselesaikan, bahkan cenderung meningkat. Mengevaluasi kemampuan kapasitas debit saluran terhadap debit rencana. Pengolahan data yang sudah dikumpulkan akan dilakukan dengan pemograman HEC-RAS. Dengan elevasi eksisting saluran rata-rata 1,89 m hingga 2,13 m disepanjang saluran Parit Entodan. Pada saat kondisi tanpa hujan, yaitu dengan elevasi muka air tertinggi  2,05 m dan elevasi muka air terendah 1,61 m saluran aman. Pada kondisi hujan periode ulang dan terjadi pasang yaitu pada periode ulang 2 tahun dengan banjir tertinggi 2,80 m. Pada periode ulang 5 tahun dengan banjir tertinggi 2,89 m dan pada periode ulang 10 tahun dengan banjir tertinggi 2,94 m disepanjang saluran Parit Entodan, saluran tidak aman. Setelah di rencanakan Normalisasi, periode ulang 2 tahun banjir tertinggi  1,75 m, periode ulang 5 tahun banjir tertinggi  1,87 m, periode ulang 10 tahun banjir tertinggi  1,93 m, saluran menjadi aman.Kata Kunci : Banjir, Evaluasi kapasitas tampung, Hec-Ras.

Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 3 (2025): JeLAST Edisi Agustus 2025 Vol 12, No 2 (2025): JeLAST Edisi Juni 2025 Vol 12, No 1 (2025): JeLAST Edisi Februari 2025 Vol 11, No 4 (2024): JeLAST Edisi Desember 2024 Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024 Vol 11, No 2 (2024): JeLAST Edisi Juni 2024 Vol 11, No 1 (2024): JeLAST Edisi Februari 2024 Vol 10, No 4 (2023): JeLAST Edisi Desember 2023 Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023 Vol 10, No 2 (2023): JeLAST Edisi Juni 2023 Vol 10, No 1 (2023): JeLAST Edisi Februari 2023 Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022 Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022 Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022 Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022 Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021 Vol 8, No 2 (2021): JeLAST Juni 2021 Vol 8, No 1 (2021): JeLast Edisi Februari 2021 Vol 7, No 3 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2020 Vol 7, No 2 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2020 Vol 7, No 1 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2020 Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019 Vol 6, No 2 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2019 Vol 6, No 1 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2019 Vol 5, No 3 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2018 Vol 5, No 2 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2018 Vol 5, No 1 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2018 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2017 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2017 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2017 Vol 3, No 3 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2016 Vol 2, No 2 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2016 Vol 1, No 1 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI FEBRUARI 2016 Vol 2, No 2 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI JUNI 2015 Vol 3 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI DESEMBER 2015 Vol 1, No 1 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN Vol 3, No 2 (2014): VOL 3 NO 2 DESEMBER 2014 Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Edisi Februari 2014 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil UNTAN Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Untan Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Untan More Issue