cover
Contact Name
Muhammad Syahrir
Contact Email
syahrir_gassa@yahoo.com
Phone
+6282252143772
Journal Mail Official
lppm@unm.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Gedung Menara Phinisi Lt 10 UNM
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 97862374     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Seluruh artikel dalam Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian tahun 2019 bukan merupakan opini dan pemikiran dari editor
Articles 13 Documents
Search results for , issue "SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 10" : 13 Documents clear
PKM Peningkatan Kemampuan Computational Thinking Siswa Mts Al-Wasilah Lemo Kabupaten Polewali Mandar Nurul Mukhlisa Abdal; Nuridayanti Nuridayanti; Fathahillah Fathahillah; Iwan Suhardi; Johar Amir
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 10
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. PKM ini tentang PKM Peningkatan Kemampuan Computational Thinking Siswa yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mitra tentang pengetahuan Computational Thinking. Permasalahan dihadapi mitra adalah sebagai berikut (1) Siswa Sekolah Dasar di lingkup Yayasan Pendidikan Al Wasilah Kabupaten Polewali Mandar belum menguasai Kemampuan Computational Thinking ditandai dengan belum adanya siswa yang berhasil memenuhi nilai ketuntasan, yaitu 50; (2) siswa dan guru di Kabupaten Polewali Mandar belum mengenal kegiatan Bebras Challenge yang merupakan kompetisi nasional Computational Thinking, (3) siswa dan guru di lingkup Yayasan Pendidikan Al-Wasilah belum secara aktif menggalakkan pemanfaatan internet sebagai sarana pembelajaran khususnya pengembangan kemampuan Computational Thinking. Solusi yang ditawarakan pemberian materi tentang peningkatan kemampuan Computational Thinking. Pemateri tentu bukan hanya sekedar memberikan materi sesuai dengan permasalahan di sekolah mitra, tetapi juga memotivasi para guru untuk memanfatkan penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar. Tahap pelaksanaan terdiri atas dua tahap. Tahap pertama, yaitu pengenalan mengenai Tantangan Bebras. Sesi pelatihan yang menitik beratkan pada pengenalan soal-soal Tantangan Bebras dan Computational Thinking. Kedua, sesi pelatihan yang menitik beratkan pada pemberian motivasi untuk mengembangkan media pembelajaran yang berbasis teknologi. Metode pelatihan adalah metode ceramah, tanya jawab, dan metode latihan/praktek. Hasil pelaksanaan pengabdian menunjukkan bahwa siswa tertarik mempelajari materi Computational Thinking yang tidak membutuhkan siswa menghapal rumus. Kata kunci: Computational thinking, berpikir komputasi, menyelesaikan masalah
PKM Penerapan Sistem Informasi Arsip Surat LP2M UNM Suhartono Suhartono; Mustari S. Lamada; Bakhrani A. Rauf; Abd. Akbar Sutiawan; Zainuddin Zainuddin
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 10
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Permasalahan yang dihadapi mitra pada penerapan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah komunitas peternak ayam hias (mitra) tidak memiliki: 1) Pengetahuan dalam mengembangkan sistem informasi manajemen persuratan, 2) Pengetahuan dalam menggunakan aplikasi sistem informasi manajemen persuratan  yang telah dikembangkan, 3) Pengetahuan dalam memelihara aplikasi sistem informasi manajemen arsip persuratan.Metode yang digunakan dalam penerapan PKM ini yaitu dengan melakukan observasi, kemudian melakukan pengembangan dan memberikan pelatihan penerapan sistem informasi manajemen arsip persuratan. Selain itu, Memberikan pengarahan secara umum tentang bagaimana pemeliharaan sistem informasi manajemen arsip persuratan. Metode yang digunakan adalah: demonstrasi, tanya jawab, dan diskusi.Luaran yang dihasilkan dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah mitra mampu memanajemen arsip surat, dapat menggunakan aplikasi sistem informasi manajemen persuratan  yang telah dikembangkan dan memiliki pengetahuan dalam memelihara aplikasi sistem informasi manajemen arsip persuratan. Selain itu luaran tambahan berupa Video kegiatan, Media Online, Laporan Akhir, serta Prosiding dalam Seminar Nasional. Kata Kunci: Sistem Informasi, Arsip, Persuratan
PKM PEMBUATAN ROTI BARE DENGAN BERBAGAI SAOS Nahriana Nahriana; Ratnawati Ratnawati; Tuti Supatminingsih
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 10
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Abstrak. Program Kemitraan Masyarakt (PKM) ini adalah KPRI UNM. Masalahnya adalah: (1) Mitra belum mengetahui kriteria memilih  bahan yang  digunakan dalam pembuatan aneka produk  roti bare, (2) Mitra belum mengetahui proses pembuatan roti bare, (3) Mitra belum mengetahui cara membuat berbagai macam saos, (4) Mitra ingin meningkatkan kesukaan masyarakat dan panelis terhadap roti bare dan berbagai macam saos. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) Meningkatkan pengetahuan/keterampilan mitra bagaimana cara kriteria memilih  bahan yang  digunakan dalam pembuatan aneka produk  roti bare, (2) Meningkatkan pengetahuan/keterampilan mitra bagaimana proses pembuatan roti bare,(3) Meningkatkan pengetahuan/keterampilan mitra bagaimana cara membuat berbagai macam saos,(4) Meningkatkan kesukaan masyarakat dan panelis terhadap roti bare dan berbagai macam saos.Kata kunci: roti bare, aneka saos, pkm
Program Kosabangsa pada Masyarakat Kelompok Tani Sagu di Distrik Masni, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat Darma Darma; Reniana Reniana; Risma Situngkir; Asmi Citra M.; Nasrum Masri; Amran Laga; Abdul Azis
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 10
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Program kosabangsa ini bermitra dengan masyarakat kelompok tani sagu yang berlokasi di Distrik Masni Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.  Permasalahan yang dihadapi mitra adalah: (1) kapasitas produksi rendah baik kuantitas maupun kualitas, (2) produk hanya berupa pati basah, (3) pengelolaan usaha masih dilakukan secara kekeluargaan dan (4) pemasaran masih terbatas pada distrik setempat.  Program yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan mitra tersebut yaitu (1) peningkatan kapasitas produksi, (2) diversifikasi produk, (3) peningkatan pengetahuan tentang manajemen usaha dan (4) perluasan promosi pasar.  Metode yang digunakan adalah introduksi mesin-mesin pengolahan sagu dan dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan pengoperasian mesin tersebut, pelatihan manajemen usaha dan pelatihan pengemasan produk.  Hasil yang dicapai dari program ini adalah: (1) mitra memiliki aset baru berupa satu paket mesin pengolahan sagu yang terdiri dari mesin parut sagu, mesin ekstraksi pati sagu, mesin penggiling pati sagu, alat pengering bertenaga surya serta perangkat pendukung yaitu bangunan tempat pengolahan, pompa air dan bak pengendapan pati, (2) mitra beralih dari metode pengolahan sagu secara tradisional ke pengolahan mekanis, (3) produk mitra tidak hanya pati basah tapi juga pati kering dan (4) terjadi peningkatan produksi pati basah dari 318 kg/bulan menjadi 954 kg. Kata kunci: distrik masni, ekstraksi pati sagu, mesin pengolahan sagu, parut sagu
PKM Pemanfaatan Sampah Plastik untuk Pengembangan Karakter Building bagi Anak Usia Dini Sulistiawaty Sulistiawaty; Vistarani Arini Tiwow; Usman Usman; Nurul Muthmainnah Herman; Syamsul Wahid
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 10
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penggunaan kembali dari sampah plastik bekas pakai sebaiknya mulai ditanamkan sejak usia dini agar kelak terbentuk karakter individu yang baik di masyarakat. Membangun karakter mandiri, bertanggung jawab dan disiplin merupakan ciri-ciri dari pengembangan karakter building yang baik untuk anak usia dini. Upaya membangun karakter building yang baik untuk anak usia dini ditujukan kepada peserta didik di TK Almira Kota Makassar selaku mitra dari pengabdian ini. Dimana tujuan dari pengabdian ini mensosialisasikan ke peserta didik untuk membiasakan menggunakan kembali sampah plastik dan mensosialisasikan membuang sampah pada tempatnya atau menggunakan kembali sampah pelastik sehingga dapat membentuk karakter building yang baik bagi generasi penerus bangsa. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi dan tanya jawab dengan peserta didik. Hasil yang dicapai adalah mitra memiliki pengetahuan tambahan mengenai penggunaan kembali sampah plastik dengan cara berkreasi sehingga lebih bernilai ekonomis, mitra juga makin meningkat kesadarannya akan pentingnya membiasakan membuang sampah pada tempatnya atau digunakan kembali agar lingkungan bisa lebih bersih. Kata kunci: penggunaan kembali sampah, karakter building, usia dini
PKM Studi Penerapan Konstruksi Teknologi Panel Surya dan Instalasi Listrik ATS pada Kelompok Tani di Kabupaten Bone Alimuddin Sa'ban Miru; Aminuddin Bakry; Muh. Iswal Burhan
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 10
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berlokasi di Dusun Lona Desa Toro Kecamatan  Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan yang dihuni oleh Kepala Keluarga 813 KK. Sebanyak 684 KK (84,1%) adalah petani. Sebanyak 47 KK (7,1%) buruh bangunan, 45 KK (5,5%) petani rumput laut, 21 KK (2,6%) pegawai negeri dan swasta,  16 KK (1,9%) pedagang, (Desa Toro, Survei Bulan September 2021). Permasalahan Mitra adalah: (1) mitra tidak memiliki pengetahuan tentang konstruksi teknologi panel surya dan pemasangan  instalasi listrik sistem automatic transfer switch (ATS), (2) mitra tidak mengenal alat dan bahan yang digunakan untuk membuat konstruksi teknologi panel surya dan pemasangan  instalasi listrik sistem automatic transfer switch, dan  (3) mitra tidak terampil merakit konstruksi teknologi panel surya dan pemasangan  instalasi listrik sistem automatic transfer switch (ATS). Solusi permasalahan adalah: (1) memberikan penyuluhan  kepada mitra tentang pengetahuan konstruksi teknologi panel surya dan pemasangan  instalasi listrik sistem automatic transfer switch (ATS), (2) memberikan penyuluhan  kepada mitra tentang pengenalan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat konstruksi teknologi panel surya dan pemasangan  instalasi listrik sistem automatic transfer switch (ATS), dan  (3) memberikan  pelatihan kepada mitra. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab ,dan demosntrasi tentang keterampilan merakit konstruksi teknologi panel surya dan pemasangan  instalasi listrik sistem automatic transfer switch. Adapun hasil kegiatan adalah (1) mitra  memiliki pengetahuan tentang  teknologi konstruksi teknologi panel surya dan pemasangan  instalasi listrik sistem automatic transfer switch, (2) mitra memiliki pengetahuan tentang cara merakit konstruksi teknologi panel surya dan pemasangan  instalasi listrik sistem automatic transfer switch, dan (3) mitra terampil merakit konstruksi teknologi panel surya dan pemasangan  instalasi listrik sistem automatic transfer switch.  Kata kunci:  Pengetahuan, Keterampilan, Teknologi Konstruksi Teknologi Panel Surya, Instalasi Listrik Sistem Automatic Transfer Switch (ATS)
Penerapan Penelitian Tindakan Kelas dalam Mengelaborasi Aktivitas Belajar Siswa di SMK Riana T. Mangesa; Abd. Muis Mappalotteng; Kholik Prasojo; Elfira Makmur; Yunus Tjandi
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 10
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan menggunakan pembelajaran aktif. Pada Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan di SMKN 1 Takalar, salah satu hasil identifikasi masalah adalah rendahnya aktivitas belajar siswa. Hal ini tentu akan berpengaruh pada hasil belajar siswa, Solusi yang ditawarkan adalah melakukan Penelitian Tindakan Kelas, dengan tujuan untuk mengelaborasi aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMKN 1 Takalar. Sasaran eksternal adalah meningkatkan kualitas pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah: ceramah, diskusi, tanya jawab, dengan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan tentang mengidentifikasi masalah siswa di kelas (2) mitra memiliki keterampilan untuk menulis proposal dengan tepat, (3) mitra memiliki kemampuan merefleksikan permasalahan dan solusinya untuk sebuah merumuskan Tindakan. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Aktivitas, SMK
PKM Pemanfaatan Layanan Form Builder dalam Proses Pembelajaran E-Learning di SMP Kemala Bhayangkari Makassar Reski Praja Putra; Indrayani Indrayani; Amiruddin Hambali; Andi Sukainah; Ninik Rahayu Ashadi
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 10
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Pandemik Covid-19 menyebabkan banyak perubahan dalam segi kehidupan, salah satunya di sistem Pendidikan. Selama Pandemik Covid-19, proses pembelajaran baik di tingkat Perguruan Tinggi, Sekolah Menengah Umum (SMU) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Dasar (SD) diwajibkan melakukan sistem pembelajaran secara daring atau online. Salah satu sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran online adalah SMP Kemala Bhayangkari. Namun, sistem pembelajaran online yang dilakukan belum optimal, Sumber Daya Manusia (SDM) atau guru juga belum keseluruhan yang memahami aplikasi sistem pembelajaran online, serta belum ada suatu sistem pembelajaran online yang seragam untuk keseluruhan di sekolah tersebut. Oleh karena itu, kerjasama ini dilakukan dengan mitra untuk mengoptimalkan sistem pembelajaran online di SMP Kemala Bhayangkari dengan melaksanakan pelatihan melalui pemanfaatan layanan aplikasi Google. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan para peserta atau guru di SMK Kemala Bhayangkari mampu mengoptimalkan pemahaman dan pengaplikasian beberapa fitur tambahan pada layanan Google Form dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Pemahaman peserta terhadap materi pelatihan berada pada kategori baik (42.8%) bahkan sangat baik (28.6%) dengan materi pelatihan pemanfaatan Form Builder mencapai yang tertinggi, yaitu 85.7%.  Kata kunci: Pandemik Covid-19, Sistem Pembelajaran Online, Aplikasi Google, SMP Kemala Bhayangkari
PKM Pemberian Edukasi Siswa Mengenai Program Studi Pendidikan IPS pada SMA Citra Mulia Makassar Syarifah Balkis; Ibrahim Ibrahim; Muhammad Zulfadli; Feri Padli; Rusdi Rusdi
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 10
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Ilmu Pengetahuan Sosial IPS adalah bidang studi yang mempelajari, menelaah, dan menganalisa gejala dan masyarakat masalah sosial di masyarakat di tinjau dari berbagai aspek kehidupan secara terpadu. Ilmu sosial dipelajari dan dikembangkan pada tingkat perguruan tinggi. IPS diajarkan pada tingkat rendah sampai tingkat persekolahan SD-SMA. tujuan pendidikan IPS di sekolah diantaranya adalah membekali anak didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupannya kelak di masyarakat, membekali anak didik dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, dan menyusun alternatif pemecahan sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat, membekali anak didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan berbagai bidang keilmuan serta bidang keahlian, membekali anak didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif, membekali anak didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembangan kehidupan, masyarakat ilmu pengetahuan dan teknologi. Memahami pentingnya ilmu pendidikan sosial, maka diharapkan dapat menumbuhkan minat para siswa-siswi terhadap ilmu-ilmu sosial dalam menghdapi tantangan kedepannya. Oleh karena itu, program studi ilmu pendidikan sosial memberikan peluang yang seluas-luasnya kepada para siswa-siswi sekolah menengah atas untuk dapat bergabung pada Program studi Ilmu Pendidikan Sosial dengan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) serta seleksi lokal perguruan tinggi pada Universitas Negeri Makassar.
PKM DESAIN PEMBELAJARAN INTEGRASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS OUTDOOR PADA SISWA SMS NEGERI 10 KOTA MAKASSAR Imam Suyitno; Andi Kasmawati; Bakhtiar Bakhtiar
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 10
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak.Hasil observasi yang dilakukan terhadap siswa yang mengikuti kegiatan PKM desain pembelajaran integrasi pendidikan kewirausahaan Berbasis outdoor pada siswa SMA Negeri 10 Makassar menunjukkan bahwa siswa memiliki potensi, namun belum mampu mengembangkan potensi kecerdasan ganda yang di miliki. Sehingga banyak siswa yang tidak sadar bahwa mereka memiliki potensi yang lebih pada diri mereka.Atas dasar pertimbangan tersebut, maka kami merencanakan untuk melakukan kegiatan motivasi berbasis pendidikan karakter pada siswa SMA/Sederajat di Kota Makassar.Kegiatan pelatihan ini bersifat kegiatan pendahuluan. Artinya peserta lebih dahulu diberikan pemahaman materi terus dilanjutkan dengan pengembangan potensi diri dengan cara yang mudah.Setelah kegiatan ini berakhir diperoleh hasil berupa 96 orang siswa SMA Negeri 10 Makassar mengikuti pelaksanaan kegiatan PKM ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatan kecerdasan ganda (Multple Question Development) berbasis pendidikan karakter yang dimiliki oleh siswa.                Dengan demikian, diharapkan kepada pihak Sekolah, siswa dan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan untuk tingkat SMA sederajat untuk lebih memperhatikan dan mengembangkan potensi kecerdasan ganda yang dimiliki oleh siswa agar nantinya mampu menghasilkan luaran dari satuan pendidikan tingkat SMA/Sederajat yang memiliki daya saing yang tinggi di era globalisasi ini, apa lagi untuk mempersiapkan generasi emas 2045. Kata kunci: Desain, Pembelajaran, Integrasi, Kewirausahaan. 

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 1 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 11 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 10 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 9 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 8 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 7 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 6 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 1 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 12 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 11 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 10 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 9 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 8 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 7 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 6 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 1 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 11 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 10 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 9 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 8 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 7 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 6 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 1 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 12 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 11 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 10 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 9 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 8 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 7 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 6 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 1 Vol 2019, No 11: PROSIDING 11 Vol 2019, No 10: PROSIDING 10 Vol 2019, No 9: PROSIDING 9 PROSIDING EDISI 10: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 9: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 8: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 7: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 6: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 5: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 4: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 3: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 2: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 1: SEMNAS 2020 Vol 2019, No 3 (2019): PROSIDING 3 Vol 2019, No 12 : PROSIDING 12 Vol 2019, No 8: PROSIDING 8 Vol 2019, No 7: PROSIDING 7 Vol 2019, No 6: PROSIDING 6 Vol 2019, No 5: PROSIDING 5 Vol 2019, No 4: PROSIDNG 4 Vol 2019, No 2: Prosiding 2 Vol 2019, No 1: Prosiding 1 Vol 2018, No 9: POSIDING 9 Vol 2018, No 8: PROSIDING 8 Vol 2018, No 4: Prosiding 4 Vol 2018, No 2: Prosiding 2 Vol 2018, No 7: PROSIDING 7 Vol 2018, No 6: PROSIDING 6 Vol 2018, No 5: Prosiding 5 Vol 2018, No 3: Prosiding 3 Vol 2018, No 1: Prosiding 1 More Issue