cover
Contact Name
Flesia Welly Ferianti
Contact Email
flesiawellyferianti@gmail.com
Phone
+6282251430097
Journal Mail Official
jurnalalkhawarizmi2@gmail.com
Editorial Address
STKIP Melawi JL. RSUD KM4 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat
Location
Kab. melawi,
Kalimantan barat
INDONESIA
Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : 27762270     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication include the topic abaut Mathematics education
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2025): VOL 5 NO 2" : 11 Documents clear
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI HIMPUNAN Sarah, Siti; Manurung, Sri Lestari; Lubis, Nazwah Indri Agista; Munthe, Tiolina Maria
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2025): VOL 5 NO 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v5i2.3533

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar siswa kelas VIII dalam memahami materi kumpulan. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan instrumen berupa tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VIII, dengan tiga siswa dipilih sebagai sampel berdasarkan tingkat kemampuan mereka. Salam penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi empat dari enam indikator berpikir aljabar, seperti generalisasi, abstraksi, berpikir dinamis, dan pemodelan. Sementara itu, siswa dengan kemampuan sedang hanya mencapai dua indikator, yaitu pemodelan dan berpikir dinamis. Siswa dengan kemampuan rendah hanya memenuhi satu indikator, yaitu generalisasi, dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal dengan benar. Kesimpulannya, pemahaman konsep perkumpulan sangat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa. Untuk meningkatkan pemahaman siswa, diperlukan strategi pembelajaran yang lebih inovatif, seperti memanfaatkan visualisasi dan solusi pemecahan masalah. Kata Kunci: berpikir aljabar, himpunan, kemampuan siswa, pembelajaran matematika. Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar siswa kelas VIII dalam memahami materi himpunan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan instrumen berupa tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VIII, dengan tiga siswa dipilih sebagai sampel berdasarkan tingkat kemampuannya. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi empat dari enam indikator berpikir aljabar, seperti generalisasi, abstraksi, berpikir dinamis, dan pemodelan. Sementara itu, siswa dengan kemampuan sedang hanya mencapai dua indikator, yaitu pemodelan dan berpikir dinamis. Siswa dengan kemampuan rendah hanya memenuhi satu indikator, yaitu generalisasi, dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah dengan benar. Simpulannya, pemahaman konsep himpunan sangat memengaruhi kemampuan berpikir aljabar siswa. Untuk meningkatkan pemahaman siswa, diperlukan strategi pembelajaran yang lebih inovatif, seperti memanfaatkan pendekatan visualisasi dan pemecahan masalah. Kata kunci: berpikir aljabar, himpunan, kemampuan siswa, pembelajaran matematika.
KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA KARTU SOAL sari, sita oktavia; rahayuningsih, suesthi; anjariyah, deka
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2025): VOL 5 NO 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v5i2.2561

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning (PBL) berbantu media kartu soal untuk mendukung kemampuan literasi matematika siswa dilihat dari aktivitas guru, aktivitas siswa, dan kemampuan literasi matematika siswa. Populasi dari penelitian ini siswa kelas VIII MTs. Miftahul Ulum Gondang. Penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling yakni kelas VIII-A yang terdiri dari 24 siswa. Penelitian yang digunakan menggunakan kuantitatif deskriptif dengan desain one shoot case study. Kriteria keberhasilan yang digunakan adalah pembelajaran dikatakan efektif jika ketiga aspek tersebut terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mendapatkan presentase 94% sehingga termasuk dalam kategori sangat baik aktivitas siswa mendapatkan presentase 83% sehingga termasuk dalam kategori baik dan hasil tes kemampuan literasi matematika diketahui bahwa siswa memperoleh kriteria kemampuan literasi matematika baik sebanyak 21 siswa, adapun presentase secara klasikal yakni 87%. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Media, Kartu Soal, Literasi Matematika   Abstract : This study aims to determine the effectiveness of the problem based learning (PBL) model assisted by question card media to support students' mathematical literacy skills from teacher activities, student activities, and students' mathematical literacy skills. The population of this study is grade VIII students of MTs. Miftahul Ulum Gondang. This study uses Simple Random Sampling, namely class VIII-A consisting of 24 students. The research used used descriptive quantitative with a design one shoot case study. The success criterion used is that learning is said to be effective if these three aspects are met. The results of the study showed that teacher activities received a percentage of 94% so that they were included in the very good category, student activities received a percentage of 83% so that they were included in the good category and the results of the mathematical literacy ability test were known that students obtained the criteria for good mathematical literacy skills as many as 21 students The classical percentage is 87%. Keywords: Problem Based Learning (PBL), Media, Question Cards, Mathematical Literacy
Kajian Literatur : Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar Damayanti Silalahi, Ndor; Marbun, Marthin; Lestari Manurung, Sri; Adillah Zendrato, Mikhah; Rizki, Putri
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2025): VOL 5 NO 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v5i2.3663

Abstract

Abstract: This study aims to analyze students' mathematical reasoning ability in the Algebraic Structure course through a literature review. The method used is library research with a descriptive qualitative approach. Data were obtained from relevant research journals and analyzed using the content analysis method. The results of the study indicate that at the Analyze stage, most students are able to identify the information that is known and asked in the problem. However, at the Generalize stage, students with high ability can develop problem-solving strategies well, while students with medium and low abilities still have difficulty in connecting concepts and developing solution strategies. At the Zhyntesize stage, many students experience obstacles in connecting mathematical concepts systematically, especially students with low abilities who have difficulty applying relationships between theorems. At the Justify stage, students with high ability are able to draw conclusions well, while students with medium and low abilities still often make mistakes in compiling evidence and drawing conclusions. Overall, although students have a good initial understanding, they still face challenges in deductive thinking, compiling evidence, and checking the validity of an argument. Therefore, improvements in learning methods are needed to strengthen students' understanding of concepts and mathematical reasoning abilities.Keywords: mathematical reasoning, algebraic structure, literature review, ability analysis, mathematics learning.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis mahasiswa pada mata kuliah Struktur Aljabar melalui kajian literatur. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari jurnal penelitian yang relevan dan dianalisis menggunakan metode analisis isi. Hasil kajian menunjukkan bahwa pada tahap Analyze, sebagian besar mahasiswa mampu mengidentifikasi informasi yang diketahui dan yang ditanyakan dalam soal. Namun, pada tahap Generalize, mahasiswa dengan kemampuan tinggi dapat menyusun strategi pemecahan masalah dengan baik, sementara mahasiswa dengan kemampuan sedang dan rendah masih mengalami kesulitan dalam menghubungkan konsep serta menyusun strategi penyelesaian. Pada tahap Zhyntesize, banyak mahasiswa mengalami kendala dalam menghubungkan konsep-konsep matematika secara sistematis, terutama mahasiswa dengan kemampuan rendah yang kesulitan menerapkan hubungan antar teorema. Pada tahap Justify, mahasiswa dengan kemampuan tinggi mampu menarik kesimpulan dengan baik, sedangkan mahasiswa dengan kemampuan sedang dan rendah masih sering mengalami kesalahan dalam menyusun bukti dan mengambil kesimpulan. Secara keseluruhan, meskipun mahasiswa memiliki pemahaman awal yang baik, mereka masih menghadapi tantangan dalam berpikir deduktif, menyusun bukti, serta memeriksa kesahihan suatu argumen. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan dalam metode pembelajaran untuk memperkuat pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematis mahasiswa. Kata kunci: penalaran matematis, struktur aljabar, kajian literatur, analisis kemampuan, pembelajaran matematika
KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS KESIAPAN BELAJAR Fitriyah, Nur Ana; Rahayuningsih, Suesthi; Feriyanto, Feriyanto
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2025): VOL 5 NO 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v5i2.2557

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran berdiferensiasi berbasis kesiapan belajar untuk mendukung kemampuan penalaran matematis siswa SMP, mendeskripsikan aktivitas siswa saat penerapan model pembelajaran berdiferensiasi berbasis kesiapan belajar untuk mendukung kemampuan penalaran matematis siswa SMP, dan mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa SMP setelah menerapkan model pembelajaran berdiferensiasi berbasis kesiapan belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain One Shot Case Study. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh sebagai berikut: Aktivitas guru menggunakan model pembelajaran berdiferensiasi berbasis kesiapan belajar memperoleh presentase 89,3% pada kategori sangat baik. Aktivitas siswa saat pembelajaran menggunakan model pembelajaran berdiferensiasi berbasis kesiapan belajar pada materi statistika penyajian data memperoleh rata – rata presentase 76,8% pada kategori baik. Hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa dari 26 siswa apabila dihitung secara klasikal memperoleh presentase sebesar 73,1% dalam kategori minimal tinggi.Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Kesiapan Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis Siswa.                                            This research aims to describe the teacher’s activities in applying the differentiated learning model based on students readiness to support the mathematical reasoning skill SMP student, describe student activities in applying the differentiated learning model based on students readiness to support the mathematical reasoning skill SMP student, and describe the mathematical reasoning skill SMP student after applying the differentiated learning model based on students readiness. This research used a quantitative descriptive research method with the One Shot Case Study design. Based on the result of data analysis, the following results were obtained: The teacher’s activities during differentiated learning model based on students readiness were get score 89,3% in very good category. Student activities during the differentiated learning model based on students readiness were get an average score 76,8% in good category. The mathematical reasoning skill of 26 students obtained a percentage of 73,1% in minimum high category.Keywords: Differentiated Learning, Students Readiness, Mathematical Reasoning Skill Student.
ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS KELAS 4 SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR tahriza, fitra nabila; Muna, Fauzul; Lulu Widiyant, Alfiana; Farokhah, Innalatul; Berliana Fitri, Navandra
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2025): VOL 5 NO 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v5i2.2366

Abstract

Low mathematics scores are related to students' reasoning abilities. The reasoning process is very important to train in students to train their thinking development abilities, especially in solving problems. This research aims to analyze mathematical reasoning abilities in terms of thinking abilities in grade 4 elementary school students. The research subjects were 4th grade students at SD N 3 Kandangmas, Kudus, totaling 4 students with the highest scores in each indicator of mathematical reasoning using a purposive sampling technique. The instruments used in this research were an interview sheet and essay questions consisting of 4 questions with flat shapes and indicators. The research results show that students' mathematical reasoning abilities in solving mathematical reasoning-based problems at school are quite sufficient. Of the 4 indicators, 2 indicators can be fulfilled correctly and well, 1 indicator has not been fulfilled properly, and 1 indicator has not been fulfilled. 
ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATERI FIELD PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR Waruwu, Fertianus; Aulia Saputra, Yoga; Lestari Manurung, Sri; Ayu Lestari, Julisa; Saron Silaban, Gebriel
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2025): VOL 5 NO 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v5i2.3662

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan dalam menyelesaikan soal materi field pada mata kuliah Struktur Aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek sepuluh mahasiswa yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari tes berbentuk empat soal yang dikerjakan dalam waktu 30 menit serta wawancara yang dilakukan setelah pengerjaan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa melakukan berbagai jenis kesalahan, antara lain kesalahan konsep, kesalahan prosedur, dan kesalahan perhitungan. Kesalahan konsep menjadi jenis kesalahan yang paling dominan ditemukan. Faktor-faktor penyebab kesalahan meliputi kurangnya pemahaman terhadap definisi dan sifat-sifat field, serta kesulitan dalam mengaitkan konsep abstrak dengan penyelesaian soal. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi dosen dalam merancang pembelajaran yang lebih efektif, terutama dalam penyampaian materi abstrak seperti field.Kata Kunci: Kesalahan Mahasiswa, Field, Struktur Aljabar.   Abstract : This study aims to describe the types of errors made by students of the Mathematics Education Study Program at Universitas Negeri Medan in solving problems related to field material in the Abstract Algebra course. The research employs a qualitative descriptive approach, involving ten purposively selected students as subjects. Data were collected through a written test consisting of four questions completed within 30 minutes, followed by interviews. The results reveal various types of errors, including conceptual errors, procedural errors, and computational errors. Conceptual errors were found to be the most dominant. The underlying factors contributing to these errors include a lack of understanding of the definitions and properties of fields, as well as difficulties in connecting abstract concepts to problem-solving. These findings are expected to provide valuable insights for lecturers in designing more effective instruction, particularly in teaching abstract topics such as fields.Keywords: Student Errors, Field, Abstract Algebra.
Analisis kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa Kelas V Ditinjau dari Gender Manggala, Satria Adhi
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2025): VOL 5 NO 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v5i2.2390

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi sudut di kelas V SD 1 Prambatan Lor. Sampel penelitian ini berdasarkan gender yakni perempuan dan laki-laki. Subjek Penelitian ini terdiri dari 2 laki-laki dan 2 perempuan. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara, tes berupa soal essay yang terdiri dari 4 butir soal. Pada soal terdapat indikator dalam kemampuan pemecahan masalah matematis yakni memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memerika kembali. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif, dimana sampel yang digunakan dalam penelitian ini dijelaskan secara rinci kegiatan yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil dari penelitian ini adalah subjek 1 (laki-laki) jawaban lengkap, subjek 2 (laki-laki) jawaban kurang lengkap, subjek 3 (perempuan) jawaban lengkap, dan subjek 4 (perempuan) jawaban kurang lengkap.
LITERASI NUMERASI DALAM PERSPEKTIF AL-KHWARIZMI: INTEGRASI ILMU MATEMATIKA DAN NILAI-NILAI ISLAM Sabrina, Ainah; Alwizar, Alwizar; E. Hulawa, Djeprin
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2025): VOL 5 NO 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v5i2.3862

Abstract

This article aims to examine numeracy literacy from the perspective of Al-Khwarizmi's thoughts and how the integration between mathematics and Islamic values can be built in the context of contemporary education. This study uses a library research method by reviewing various scientific literature, both in the form of books and journals that are relevant in the last four years. The results of the study show that Al-Khwarizmi's thoughts not only provide a strong foundation for the development of modern mathematics, but also contain Islamic spiritual and ethical values that are relevant in the formation of value-based numeracy literacy. The integration between mathematical logic and Islamic principles can be an alternative holistic educational approach, especially in developing the character and critical thinking skills of students in a balanced manner.
TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BARISAN GEOMETRI TAK HINGGA Aulia Saputra, Yoga; Ningsih Sagala, Prihatin; Ayu Lestari, Julisa; Rania Andini, Cut; Saron Silaban, Gebriel; Marbun, Marthin
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2025): VOL 5 NO 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v5i2.3661

Abstract

 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat motivasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan model discovery learning pada materi barisan geometri tak hingga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan survei sebagai teknik pengumpulan data. Responden penelitian ini terdiri dari 35 siswa kelas 10 di salah satu sekolah menengah atas. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disusun untuk mengukur variabel motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran dengan model discovery learning tidak berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan motivasi mereka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan untuk pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif dan kreatif di masa mendatang, serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi matematika. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Discovery Learning, Barisan Geometri tak hingga, Pembelajaran.   Abstract : This study aims to analyze the level of learning motivation of students taught using the discovery learning model on the material of infinite geometric sequences. The research method used is a quantitative method with a survey as a data collection technique. The respondents of this study consisted of 35 10th grade students in a high school. Data were collected through a questionnaire designed to measure the variables of student learning motivation. The results of the study indicate that the level of student learning motivation in learning with the discovery learning model does not contribute significantly to increasing their motivation. This study is expected to provide insight for the development of more effective and creative teaching methods in the future, as well as improve students' understanding of mathematics material. Keywords: Learning Motivation, Discovery Learning, Infinite Geometric Sequences, Learning.
PEMANFAATAN WEB WORDWALL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I UPT SDI TEKO NO.100 KEPULAUAN SELAYAR Andini, Wahyu; Khaltsum, Ummu; Andhira, Desy Ayu
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2025): VOL 5 NO 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v5i2.3385

Abstract

Jurnal ini membahas penerapan pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media Web Wordwall di UPT SDI Teko No. 100 Kepulauan Selayar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan hasil belajar kemampuan membaca siswa pada materi suku kata di kelas I UPT SDI Teko No. 100 Kepulauan Selayar melalui penggunaan media Web Wordwall. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan instrumen berupa lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Data diperoleh melalui observasi di kelas, wawancara dengan guru, serta umpan balik dari siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap kemampuan membaca materi suku kata setelah menggunakan media Web Wordwall. Pada siklus I, persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 40%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Secara keseluruhan, penerapan media Web Wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi suku kata di kelas I UPT SDI Teko No. 100 Kepulauan Selayar. 

Page 1 of 2 | Total Record : 11