cover
Contact Name
Dhanan
Contact Email
lppm.amni@gmail.com
Phone
+6289667747299
Journal Mail Official
admin@jurnal.unimar-amni.ac.id
Editorial Address
Jl. Sukarno Hatta No. 180 Semarang, 50199
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM
ISSN : 14126826     EISSN : 26232030     DOI : https://doi.org/10.33556/jstm
Jurnal Sains dan Teknologi MARITIM berisi tulisan ilmiah di bidang Kemaritiman, Kepelabuhanan, Ilmu kenautikaan, Teknik Mesin, permesinan kapal. Jurnal Sains dan Teknologi Maritim juga membahas mengenai bidang Transportasi baik itu transportasi darat, laut maupun udara yang kesemuanya merupakan hasil penelitian maupun kajian pustaka.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 23, No 2 (2023): Maret" : 9 Documents clear
IMPLEMENTASI MARINE POLLUTION (MARPOL) 73 / 78 ANNEX V PERATURAN TENTANG PENCEGAHAN POLUSI SAMPAH / LIMBAH YANG BERASAL DARI K.M ADHIGUNA TARAHAN Yulianto Yulianto; Ari Varanita Winarni
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 23, No 2 (2023): Maret
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v23i2.346

Abstract

Wilayah Indonesia yang sebagian besar terdiri dari 5,80 juta km2 luas lautan termasuk Zona Ekonomi Eksklusif dan berbanding dengan 2,01 juta km2 luas daratan, berdasarakan riset dari World Economic Forum bahwa wilayah laut Indonesia menempati peringakat ke 2 (dua) mengenai pencemaran yang diakibatkan oleh sampah yang berasal dari kapal-kapal yang beroperasi di Indonesia. Menurut laporan dari INSA bahwa kapal-kapal yang beroperasi di Indonesia mencapai kurang lebih 32.587 armada, jadi akan terus meningkat tiap tahunnya jumlah sampah yang akan mencemari laut di wilayah Indonesia seiring dengan jumlah kapal yang beroperasi, dengan adanya kenaikan jumlah sampah maka akan berdampak terhadap pencemaran air laut dan implementasi KM. Adhiguna Tarahan yntuk melaksanakan pencegahan polusi sampah berdasarkan Marine Pollution 73/73 Annex V. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi dampak dari pencemaran air laut yang berasal dari sampah kapal dengan menerapkan peraturan internasional (Marpol 73/78). Metode yang digunakan dalam penelitian dengan melakukan observasi, wawancara, kajian-kajian di lapangan, dan leterasi pustaka yang berasal dari berbagai sumber. Hasil dari penelitian ini dengan melaksanakan peraturan internasional mengenai pembuangan sampah maka wilayah perairan Indonesia menjadi bersih dan sehat sehingga hasil laut dapat dimanfaatkan sebagai pendapatan ekonomi nelayan maupun bangsa Indonesia.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DIKLAT KEPABEANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA PELATIHAN Vivid Dekanawati; Ningrum Astriawati; Yudhi Setiyantara; Joko Subekti; Arneta Fitri Kirana
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 23, No 2 (2023): Maret
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v23i2.344

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan melalui variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan taruna yang mengikuti Diklat Kepabeanan Tahun 2021. Penelitian ini dilakukan di Prodi D3 Manajemen Transportasi Laut dan Prodi S1 Transportasi, Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta. Subjek penelitian adalah taruna yang mengikuti Diklat Kepabeanan Tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal kuantitatif menggunakan teknik analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan data diuji serta dianalisis menggunakan path analisis (regresi berganda) dengan IBM SPSS Statistics versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan melalui variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy mampu menjelaskan  kepuasan taruna yang mengikuti Diklat Kepabeanan Tahun 2021 sebesar 64%, sementara untuk 36% kepuasan peserta pelatihan dipengaruhi  oleh  variabel  selain variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy
MEMBANGUN SUMBER DAYA MANUSIA DAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI DASAR KEJAYAAN MARITIM DI INDONESIA Mariana Kristiyanti; Kundori Kundori; Renny Hermawati
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 23, No 2 (2023): Maret
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v23i2.337

Abstract

Kejayaan maritim Indonesia membutuhkan Sumber Daya manusia (SDM) yang berkarakter sehingga mampu mengelola berbagai potensi sumber daya kelautan yang berlimpah demi kesejahteraan Bangsa. Fakta menunjukkan, bahwa SDM yang unggul dan kreatif menjadi aset dalam memajukan dunia maritim yang ada di Indonesia. Saat ini Teknologi informasi juga berperan sebagai pendukung SDM dalam melaksanakan transformasi sosial budaya di masyarakat maritim di wilayah pesisir. Adanya teknologi informasi komunikasi dapat membuka isolasi wilayah pesisir terhadap teknologi produksi maritim, sarana dan prasarana untuk meningkat kejayaan maritim. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pembangunan SDM khususnya SDM Maritim beserta Teknologi pendukungnya untuk membangun kejayaan maritim yang ada di Indonesia. Metode penulisan yang digunakan adalah studi literatur dengan hasil kajian bahwa  Indonesia mampu menjadi Negara yang “berjaya” di bidang maritim. Berbagai perubahan dapat terlewati mulai dari lingkungan persaingan yang diakibatkan oleh perubahan ekonomi dunia, globalisasi pasar, evolusi teknologi dan tren perusahaan global untuk integrasi horizontal dan vertical. Perubahan tersebut juga telah mempengaruhi transportasi laut dan khususnya pelabuhan sebagai penghubung yang menghubungkan transportasi darat dan laut.
OPTIMALISASI USAHA PELAYANAN JASA PERBAIKAN DAN PERAWATAN KAPAL SEBAGAI BENTUK PEMENUHAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM UPAYA MENAIKKAN INCOME DI PT. MITRA PERSADA SEJATI (MPS SERVICE) Ali Khamdilah; Sulida Erliyana
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 23, No 2 (2023): Maret
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v23i2.345

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengembangan yang dilakukan oleh PT.Mitra persada Sejati (MPS Service)yaitu dengan dibukanya  cabang baru yang  berkontribusi pada kepuasan pelanggan untuk menaikan  income yang peroleh. Dengan latar belakang memaksimalkan pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa. Pokok masalah Pembukaan cabang dalam melayani pekerjaan perawatan dan perbaikan pada satu perusahaan pelayaran yang memiliki armada  kapal yang besar terhadap income penyedia pelayanan jasa. Metode pada penelitian ini menggunakan sistem Survey dan observasi lapangan serta wawancara sebagai bagian untuk mengetahui keadaan secara langsung terhadap pembukaan cabang. Untuk menguatkan dari observasi yang dilakukan diperlukan studi kelayakan serta Penggunakan media SWOT Analysis. Kesimpulan yang didapat yaitu Pendirian cabang baru yang berorientasi awal hanya digunakan untuk melayani satu perusahaan yang memiliki jumlah armada kapal yang cukup banyak dengan asumsi awal akan mendatangkan income yang baik bagi perusahan pelayanan jasa ternyata tidak bisa menjamin income yang sesuai dengan alasan bahwa tidak semua kapal tersebut beroperasi permanen ataupun masuk ke daerah pada cabang tersebut  yang berpengaruh  pada kevakuman pekerjaan . perlunya diperhitungkan lokasi atau daerah yang akan digunakan untuk pendirian cabang baru termasuk konsep yang bisa mengakses ke daerah lain dengan jarak tempuh tidak terlalu lama dan terutama daerah tersebut digunakan untuk akses kapal dari perusahaaan pelayaran tersebut. Ketidak seimbangan akan selalu terjadi antara pelayanan tehadap kepuasan pelanggan dengan keuntungan yang didapatkan dari perusahaan penyedia jasa,jika hal tersebut hanya diperuntukan untuk melayani satu pengguna jasa meskipun pengguna jasa tersebut mempunyai prospek kedepan yang cukup baik serta perlu adanya penyesuaian kinerja terhadap pembukaan cabang baru tersebut, dengan tujuan agar pelayanan jasa juga bisa dilakukan seperti melayani perusahaan lain dengan tetap berintegrasi terhadap permintaan dari kantor pusat.
ANALISA IMPLEMENTASI KESELAMATAN OLEH CREW KAPAL CONTAINER PADA PT. TEMAS SHIPPING JAKARTA BERDASARKAN KPI (KEY PERFORMANCE INDICATOR) Andri Setyadi; Dedeng Wahyu Edi; Edhie Budi Setiawan
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 23, No 2 (2023): Maret
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v23i2.341

Abstract

Kinerja operasional crew kapal saat melakukan pelayaran dapat disebabkan karena adanya sikap, penerapan ISM Code serta kompetensi kerja yang dimiliki oleh crew tersebut dalam setiap melakukan pekerjanya sehingga berjalan dengan efektif dan efisien. Penelitian ini dilakukan di PT Temas Shipping Jakarta sebagai salah satu perusahaan pelayaran yang memiliki banyak crew kapal yang sedang berlayar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian yang diambil sebanyak 88 sampel (Anak Buah Kapal) berdasarkan perhitungan rumus slovin demi mengurangi bias dalam penelitian. Data dihimpun melalui instrument dalam bentuk lembar pernyataan dengan model skala likert yang telah diuji coba menggunakan aplikasi statistic SPSS Versi 25. Penelitian menggunakan teknis analisis regresi linear, korelasi sederhana, parsial maupun simultan dan analisis jalur. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis sikap crew, penerapan manajemen keselamatan kapal (ISM Code) terhadap kompetensi kerja , kinerja operasional crew kapal di perusahaan. Dan hasil penelitian mendapatkan bahwa peningkatan kinerja operasional crew kapal dalam melakukan pelayaran dapat dipengaruhi oleh sikap crew secara tidak langsung melalui kompetensi kerja yang dimilikinya sebesar 0,462. Selain itu dalam meningkatkan kinerja operasional dapat dipengaruhi oleh penerapan manajemen keselamatan kapal secara tidak langsung melalui kompetensi kerja sebesar 0,687. Hal tersebut mengindikasikan perlu adanya peningkatan akan sikap kerja yang dimiliki oleh para crew kapal dalam setiap melakukan pekerjaanya dalam pelayaran serta peningkatan pemahaman dan implementasi dari ISM Code sebagai peraturan keselamatan kapal saat melakukan pelayaran agar pelayaran yang dilakukan dapat berjalan denga efektif dan efisien
PENGARUH PELATIHAN CBA TERHADAP HASIL UKP TARUNA ANGKATAN 54 PROGRAM STUDI NAUTIKA POLITEKNIK BUMI AKPELNI Eni Tri Wahyuni; Aan Rubiyanto
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 23, No 2 (2023): Maret
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v23i2.326

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi  masih rendahnya kelulusan pada beberapa kompetensi terbukti dari rata-rata hasil ujian kompetensi pelaut pada salahsatu kompetensi yaitu 60. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa pelatihan CBA (Computer Base Assasement ) dapat meningkatkan hasil ujian keterampilan pelaut Taruna jurusan Nautika. Jumlah sampel adalah taruna jurusan nautika angkatan 54 Politeknik Bumi Akpelni yang di ambil secara randon sampling sejumlah 60 taruna.teknik yang digunakan untuk menggumpulkan data menggunakan kuisioner dan data hasil ujian kompetensi pelaut serta di analisis menggunakan spss versi 21. Dari data hasil ujian kompetensi pelaut di dapatkan data untuk kompetensi Plan and conduct a passage and determine Posisi masih kurang berpengaruh dan untuk kompetensi yang lai berpengaruh terhadap hasil ujian kompetensi pelaut. sebanyak 56,66 % tidak lulus, dan  43,33% lulus , kompetensi maintain a safe navigational watch sebanyak 65 % lulus dan 35 % tidak luluskompetensi Contribute to the safety of personnel and ship sebanyak 96,67% lulus dan 3,33% tidak lulus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan CBA kurang berpengaruh terhadap hasil ujian kompetensi Plan and conduct a passage and determine Posisi,  dan berpengaruh terhadap hasil ujian kompetensi yang lainnya. 
ANALISIS PENGARUH PENGAWASAN, TANGGUNG JAWAB KSOP, KELAIKLAUTAN KAPAL DAN KENAVIGASIAN TERHADAP KESELAMATAN PELAYARAN DI PELABUHAN TANJUNG INTAN CILACAP Gembong Satria Negara; Iwan Weda
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 23, No 2 (2023): Maret
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v23i2.342

Abstract

Keselamatan adalah suatu keadaan aman, secara fisik, spiritual, finansial, emosional, pekerjaan, psikologis, ataupun pendidikan dan terhindar dari ancaman terhadap  faktor-faktor tersebut.  Dalam suatu kegiatan pelayaran keselamatan adalah faktor yang sangat penting agar terciptanya keselamatan alur pelayaran. Penelitian ini  untuk mengetahui   pengaruh   pengawasan, tanggung jawab KSOP, kelaiklautan kapal dan kenavigasian secara parsial dan simultan terhadap keselamatan pelayaran pada Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap. Populasi penelitian ini adalah crew kapal dengan sampel penelitian sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling berjenis  sensus/sampling total. Metode analisisnya   adalah  analisis   kuanitatif deskriptif, yang dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda pada  Softwar Statistic Package For Social Science (SPSS). Hasil uji hipotesis adalah bahwa variabel Pengawasan, Tanggung Jawab KSOP, Kelaiklautan Kapal dan Kenavigasian berpengaruh secara parsial terhadap Keselamatan Pelayaran pada Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh Y = -2,260 + 0,279X1 + 0,356X2 + 0,208X3 + 0,332X4 + µ. Y adalah Keselamatan pelayaran, X1 adalah pengawasan, X2 adalah Tanggung Jawab KSOP, X3 adalah kelaikan kapal, X4 adalah kenavigasian dan µ  adalah faktor lain di luar regresi.  Dari persamaan tersebut diketahui yang paling dominan berpengaruh terhadap Keselamatan Pelayaran adalah variabel Tanggung Jawab KSOP dengan koefisien regresi 0,356.
KERUSAKAN CONVEYOR PADA KEGIATAN TRANSHIPMENT BATUBARA DI PT. INDO TAMBANGRAYA MEGAH Awel Suryadi; Bayu Dwi Setyawan
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 23, No 2 (2023): Maret
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v23i2.336

Abstract

ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui dampak yang terjadi terhadap kerusakan conveyor pada kegiatan transhipment batubara dan mengetahui upaya apa yang dilakukan serta untuk mengatasi dampak kerusakan di PT. Indo Tambangraya Megah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dampak yang terjadi pada kerusakan conveyor pada kegiatan transhipment batubara di PT. Indo Tambangraya Megah yaitu kegiatan loading di jetty semua berhenti, kemudian terhambatnya pada proses kegiatan transhipment di Muara Berau anchorage, dan demurrage yang di berikan pihak buyer ke pada PT. Indo Tambangraya Megah. Upaya agar dampak kerusakan conveyor di jetty TCM terhadap kegiatan transhipment batubara di Muara Berau anchorage pada PT. Indo Tambangraya Megah yaitu dengan mempercepat perbaikan conveyor di jetty TCM, mengalihkan beberapa tongkang yang sudah tiba di area jetty TCM ke area jetty yang lain, merubah jadwal vessel agar tidak terjadi penumpukan vessel di Muara Berau anchorage serta mempercepat pemuatan batubara ke vessel dengan tujuan untuk tidak memperpanjang demurrage yang diberikanKata kunci :  Conveyor, Transhipment, Batubara.
PENGGUNAAN BRIDGE SIMULATOR DAN KOMUNIKASI UNTUK KESELAMATAN PELAYARAN DI ERA NEW NORMAL Kuncowati Kuncowati; Nyoman Ardiana Listriyawati; Elva Febriana; Alzhar Maulino
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 23, No 2 (2023): Maret
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v23i2.343

Abstract

Pandemi COVID-19 berdampak pada semua bidang, termasuk di bidang pendidikan. Hal ini juga dialami oleh taruna pelayaran di Fakultas Vokasi Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya terkhusus bagi taruna prodi Teknologi Rekayasa Operasi Kapal. Para taruna yang sebelum pandemi dapat melakukan praktek pada ruang bridge simulator dimana mereka dapat berpraktik untuk prosedur menjalankan kapal dan melakukan komunikasi yang efisien ketika berlayar mengalami keterbatasan karena pada saat pandemi adanya larangan untuk berkumpul demi alasan kesehatan. Dari fenomena ini yang menjadi dasar untuk melalukan penelitian terkait kebutuhan menggunakan bridge simulator untuk menyiapkan taruna yang memiliki kompetensi untuk menjamin keselamatan pelayaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisa yang menggambarkan hubungan antara variabel dalam penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan bridge simulator dan komunikasi terhadap keselamatan pelayaran pada era new normal.

Page 1 of 1 | Total Record : 9