cover
Contact Name
Nurul Zahriani Jf
Contact Email
abdicendekiazia@gmail.com
Phone
+6282363776686
Journal Mail Official
abdicendekiazia@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pendidikan Pasar XII Gang Sayang, Dusun II, Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara 20371
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Published by Yayasan Zia Salsabila
ISSN : 29638968     EISSN : 29627923     DOI : -
Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat is a regular scientific journal published by by the Zia Salsabila Foundation, Education and Research Sector since 2022. Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, published four times a year in March, July, and November. Use Mendeley as a citation manager and use Plagiarism Checker & Turnitin as a filter for plagiarism. The focus and scope of Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat are on various problems in the field of education and Islamic studies, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers in various scientific fields (multidisciplinary) to publish the results of their service written in the format of their research (according to the template) in our journal, which focuses on articles including: 1. Real Job Lecture 2. Community Service 3. Practice Field Experience
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2025): Juni" : 6 Documents clear
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-Nilai Hadis Tarbawi dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Moh Restu Hoeruman; Nyimas Yunierti Prihatin; Muhammad Shaleh Assingkily
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Juni
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61253/abdicendekia.v4i2.345

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) memegang peran strategis dalam membentuk karakter dan spiritualitas peserta didik di tengah tantangan era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Namun, implementasi pembelajaran PAI masih menghadapi kendala metodologis, terutama dominasi pendekatan normatif dan kognitif yang belum sepenuhnya adaptif terhadap keterampilan abad ke-21. Artikel ini menawarkan pendekatan alternatif melalui integrasi nilai-nilai hadis tarbawi yaitu hadis-hadis yang mengandung prinsip pendidikan dan pembentukan karakter ke dalam strategi pembelajaran PAI yang kontekstual dan transformatif. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif analitis terhadap literatur klasik dan kontemporer mengenai PAI, hadis tarbawi, serta kompetensi abad ke-21. Hasil kajian menunjukkan bahwa nilai-nilai dalam hadis tarbawi, seperti kejujuran, tanggung jawab, kolaborasi, dan berpikir kritis, sangat relevan dengan keterampilan 4C (Critical thinking, Communication, Collaboration, Creativity). Nilai-nilai tersebut dapat diimplementasikan melalui berbagai strategi pembelajaran inovatif, seperti project-based learning, pembelajaran kolaboratif, reflektif, dan berbasis media digital interaktif. Dengan demikian, integrasi hadis tarbawi dalam pembelajaran PAI mampu membentuk peserta didik yang religius, adaptif, dan kompeten dalam menghadapi tantangan global tanpa kehilangan identitas keislamannya.
Pelayanan Peningkatan Kemampuan Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence (AI) pada Guru Pendidikan Agama Hindu di Kota Mataram Asnawa Dikta, Putu Gede; Rasmini, Ni Wayan; Eka Puja Dyatmika, Gede; Sudarsini, Ni Nengah; Ria Lestari, Ni Wayan; Sofiana Amni, Sri; Wiwik Anggarini, Ni Putu
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Juni
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61253/abdicendekia.v4i2.349

Abstract

Penggunaan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam dunia pendidikan semakin berkembang, termasuk dalam pengajaran Pendidikan Agama Hindu di Kota Mataram. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan AI sebagai media pembelajaran inovatif. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Learning System (PALS) dan Project-Based Learning yang dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu pembelajaran langsung, praktik pembuatan media, pendampingan, dan forum diskusi tindak lanjut. Evaluasi dilakukan secara deskriptif melalui observasi, tes uraian, dan penilaian produk media pembelajaran menggunakan skala empat kategori. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada penguasaan konsep AI dan literasi digital (92,6%), hasil produk media pembelajaran inovatif dengan skor rata-rata baik hingga sangat baik (100% tuntas), serta keberhasilan pendampingan hingga 80,2% capaian target. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan infrastruktur dan literasi digital awal yang rendah, pelatihan ini terbukti efektif meningkatkan kompetensi guru dalam merancang media pembelajaran berbasis AI. Diperlukan pelatihan lanjutan dan dukungan kelembagaan agar transformasi pembelajaran berbasis teknologi dapat berkelanjutan serta relevan dengan nilai-nilai pendidikan agama Hindu.
Aktualisasi Core Values ASN Ber-AKHLAK Terhadap Infografis Edukasi Fisika Berbasis Canva dan Anyflip Sebagai Media Promosi pada Program Studi Tadris Fisika Herti Vioni
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Juni
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61253/abdicendekia.v4i2.350

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh homebase penulis yaitu Program Studi Tadris Fisika yang berada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan memiliki jumlah mahasiswa yang sangat sedikit yaitu tidak pernah lebih dari 10 orang per angkatannya. Hal ini tentu menjadi perhatian khusus bagi penulis, para mahasiswa yang telah bergabung, termasuk para pejabat dan dosen Prodi Tadris Fisika. Kasus ini tentu banyak penyebabnya (Berdasarkan pengamatan saya dan kuesioner yang telah saya sebar ke mahasiswa), diantaranya adalah orang yang menganggap fisika adalah pelajaran yang sulit, bahan ajar fisika yang sulit dipahami siswa karena banyak rumus dan bacaan yang tidak menarik, UIN selama ini identik dengan prodi yang ilmu-ilmu agama sehingga khalayak ramai belum mengetahui adanya prodi tadris fisika, kurang optimalnya promosi serta sosialisasi prodi tadris fisika termasuk prospek lulusan kerjanya, akreditasi baik (dengan sertifikat akreditasi yang berlaku 30 Mei 2023 sampai 30 Mei 2028), serta prodi ini merupakan prodi yang baru berdiri di tahun 2020 (baru berdiri 4 tahun). Membuat bahan ajar fisika yang menarik merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan Tadris Fisika ke khalayak ramai. Diperlukan optimalisasi bahan ajar fisika untuk siswa SMA/MA yang kekinian berbasis canva dan anyflip yang diletakkan di website Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan sebagai salah satu media untuk mempromosikan Prodi Tadris Fisika agar calon mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan lewat Website dan diharapkan mereka bisa tertarik bergabung pada Prodi Tadris Fisika. Metode pada pengabdian ini menggunakan Analisa tapisan USG (Urgency, seriousness, growth), fishbone diagram, serta sosialisasi kepada 16 orang mahasiswa program studi Tadris Fisika UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil evaluasi lewat data yang direkam di google form. Sebelum sosialisasi dilaksanakan ternyata 87.5% mahasiswa belum mengenal aplikasi anyflip. Setelah sosialisasi 81.3% mereka merasa bahwa materi yang tersedia di anyflip menarik, 75% menyatakan pembelajaran fisika menggunakan anyflip efektif. Kemudian juga, 100% mahasiswa menyatakan bahan ajar berbasis canva dan anyflip cocok sebagai salah satu media promosi.
Peningkatan Kesadaran Kebersihan Masjid Melalui Program Pengabdian Masyarakat di Masjid Al Hidayah Marchamah Erifa Desimawati Pramudya; Adella Puspa Vika Avita; Saputro, Satrio Lintang
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Juni
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61253/abdicendekia.v4i2.352

Abstract

Masjid menjadi pusat kegiatan ibadah dan sosial umat Islam yang memerlukan pengelolaan kebersihan yang optimal untuk menjadikan lingkungan yang nyaman dan sehat bagi jamaah. Kagiatan pengabdian masyarakat berupa pembersihan masjid merupakan upaya strategi dalam peningkatan kesadaran akan kebersihan terhadap tempat ibadah. Pengelolaan pembersihan masjid merupakan salah satu aspek yang penting dalam menciptakan lingkungan ibadah yang nyaman dan bersih bagi umat Islam. Masjid yang bersih tidak hanya mencerminkan kesucian, tetapi juga memberikan kenyamanan dalam beribadah. Kebersihan masjid tidak hanya berkaitan dengan aspek fisik, tetapi juga dengan spiritualitas jamaah yang beribadah di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi cara-cara pengelolaan pembersihan masjid yang efektif dan efisien, serta dampaknya terhadap kenyamanan dan kualitas ibadah jamaah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kebersihan dan kenyamanan masjid sebagai tempat ibadah bagi umat Muslim. Masjid yang memiliki sistem pengelolaan pembersihan yang baik menunjukkan tingkat kepuasan jamaah yang lebih tinggi dalam hal kenyamanan dan kebersihan. Oleh karena itu, penting bagi setiap masjid untuk memperhatikan dan juga menjaga pengelolaan pembersihan dengan serius sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas beribadah serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar masjid.
Menulis Sejarah Desa: Rekonstruksi Budaya Lokal dalam Perspektif Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Mochammad Nginwanun Likullil Mahamid; Akhmad Najibul Khairi Syaie; Imam Malik Riduan
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Juni
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61253/abdicendekia.v4i2.351

Abstract

Penulisan sejarah desa merupakan bentuk kontribusi nyata dalam pengabdian masyarakat sekaligus sarana edukatif dalam merekonstruksi budaya lokal. Artikel ini mengeksplorasi bagaimana praktik penulisan sejarah desa dapat berfungsi sebagai media pendidikan yang menanamkan nilai-nilai budaya, identitas kolektif, dan kesadaran historis dalam masyarakat, khususnya dalam konteks penguatan karakter dan nilai-nilai keislaman. Studi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan kombinasi studi dokumentasi, wawancara, dan observasi partisipatif. Lokasi penelitian berada di Desa Klagenserut, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Hasil kajian menunjukkan bahwa penulisan sejarah desa tidak hanya berdampak pada pelestarian pengetahuan lokal, tetapi juga berperan dalam membangun kesadaran warga terhadap akar budaya dan potensi pendidikan berbasis kearifan lokal. Proses ini sekaligus mendorong partisipasi aktif warga dalam perumusan narasi sejarah yang inklusif. Meski demikian, dinamika sosial seperti dominasi narasi oleh elite lokal dan resistensi dari kelompok tertentu menjadi tantangan yang perlu dikelola secara kritis. Dengan mengacu pada pendekatan historiografi kritis, artikel ini menegaskan bahwa penulisan sejarah desa merupakan tindakan reflektif yang bermakna secara kultural dan edukatif, serta relevan dalam konteks penguatan pendidikan dan pengabdian masyarakat.
Peningkatan Mutu Layanan Akademik Melalui Pengembangan Web Page Data Tenaga Pendidik di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa Mukhtarullah, Millatina
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Juni
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61253/abdicendekia.v4i2.355

Abstract

Aktualisasi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya mutu layanan akademik terkait data tenaga pendidik di Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Langsa, yang ditandai dengan kurangnya akurasi, transparansi, dan aksesibilitas informasi mengenai kualifikasi serta kompetensi dosen. Kondisi ini berdampak negatif terhadap pengalaman belajar mahasiswa dan menyulitkan institusi dalam melakukan evaluasi serta peningkatan mutu pendidikan. Aktualisasi ini dilakukan berdasarkan nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK. Yang dimulai dengan tahapan (1) identifikasi isu aktual menggunakan teknik tapisan isu AKPL (Aktual, Khalayak, Problematik, dan Layak), USG (Urgency, Seriousness, and Growth), dan fishbone diagram; (2) pengembangan webpage data tenaga pendidik. Hasil dari pengabdian ini berhasil meningkatkan mutu layanan akademik yang diidentifikasi melalui dua luaran utama yaitu: pertama, berupa terlaksananya kegiatan sosialisasi kepada tenaga pendidik tentang pengisian data diri, uodate publikasi di google scholar dan scopus, serta mengoptimalkan e-lerarning. Kedua, terciptanya webpage data tenaga pendidik yang lengkap dan akurat untuk meningkatkan mutu layanan akademik FUAD IAIN Langsa.

Page 1 of 1 | Total Record : 6