cover
Contact Name
Aditya Rakhmawan
Contact Email
nser.jurnal@trunojoyo.ac.id
Phone
+6285794970555
Journal Mail Official
fatim@trunojoyo.ac.id
Editorial Address
RKB D Lantai 2 Ruang 216 Universitas Trunojoyo Madura Jl Raya Telang PO BOX 2 Kamal Bangkalan
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
Natural Science Education Research (NSER)
ISSN : -     EISSN : 26544210     DOI : https://doi.org/10.21107/nser
Core Subject : Science, Education,
Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada bulan Maret dan Juli dan 2) Conference Series terbit bulan November. Fokus NSER adalah publikasi penelitian pendidikan dalam bidang IPA baik dalam bentuk penelitian kualitatif, kuantitatif, pengembangan, R and D, atau mixed methods. Cakupan NSER adalah penelitian pendidikan dalam bidang IPA yang meliputi: 1) penerapan model, metode, strategi dan teknik; 2) Media pembelajaran IPA; 3) Evaluasi dan penilaian; 4) Pembelajaran IPA terpadu; 5) Etnosains; 6) Teori Belajar dan Pembelajaran; 7) Kurikulum IPA; 8) Miskonsepsi dalam IPA dan berbagai bentuk penelitian pendidikan di bidang IPA.
Articles 54 Documents
Search results for , issue "Science Education National Conference 2022" : 54 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL LEARNING START WITH A QUESTION PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DI KELAS IVB SD Rohmarni Br Siboro; Dewi Anzelina; Dyan Wulan Sari HS; Patri Janson Silaban
Natural Science Education Research Science Education National Conference 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nser.v0i0.17869

Abstract

Subjek dalam penelitian ini adalah 23 siswa kelas IVB dan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Learning Start With A Question. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada subtema Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia dengan menggunakan model Learning Start With A Question di SD Negeri 060938. Hasil penelitian ini dapat dilihat melalui peningkatan persentase hasil belajar siswa setiap siklusnya. Pada pre-test, 3 siswa (13%) tuntas dan 20 siswa (87%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 52,08. Pada post test siklus I, 10 orang (43%) menyelesaikan post test dan 13 orang (57%) tidak menyelesaikan tes dengan skor rata-rata 69. Selanjutnya karena hasil yang diperoleh belum mencapai indikator keberhasilan, siklus II dilakukan. Pada siklus II, 21 siswa (91%) tuntas dan 2 siswa tidak tuntas (9%) dengan skor rata-rata 83. Hasil observasi aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh skor 68 dengan kriteria Baik dan pada siklus II observasi guru meningkat menjadi 81 dengan kriteria sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh nilai 71 dengan kriteria baik dan pada siklus II observasi guru meningkat menjadi 86 dengan kriteria baik.
PENGARUH PARENTAL ATTACHMENT DAN SELF CONTROL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP Afiyatur Rohmah; Melati Nadhillah Putri
Natural Science Education Research Science Education National Conference 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nser.v0i0.17817

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh parental attachment dan self control terhadap hasil belajar IPA. Penelitian dilakukan di salah satu SMP Negeri dengan sampel sebanyak 20 orang. Metode penelitian yang dilakukan yaitu analisis regeresi berganda. Data hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh antara parental attachment dan self control terhadap hasil belajar IPA yaitu sebesar 38,2% dilihat dari nilai R square (0,382) sedangkan selebihnya yaitu sebesar 61,8% pengaruh hasil belajar IPA dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.
ANALISIS POTENSI BENCANA KEKERINGAN DAN UPAYA MITIGASINYA DI DESA KAMPEK, BANGKALAN Abd Wahid S; Maylinda Hasanah; Maulidetul Hasanah; Zakiyatul Af’idah Ihsan; Ika Sriwahyuni; Yenny Arifah Maulidatin Nisa’; Aditya Rakhmawan
Natural Science Education Research Science Education National Conference 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nser.v0i0.17846

Abstract

Mitigasi merupakan segala upaya untuk mengurangi resiko bencana yang terjadi. Kegiatan mitigasi bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai mitigasi bencana alam yang ada di Desa Kampek Kecamatan Burneh - Bangkalan. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 2 orang diambil dengan teknik simpel random sampel. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara dengan metode wawancara dan observasi. Hasil wawancara yang dilakukan menyatakan bahwa Desa Kampek tidak mengalami kekeringan yang parah saat musim kemarau karena warganya secara bergilir mengambil air yang ada pada sumber, sehingga resiko kekeringan yang ada di Desa Kampek dapat diminimalisir. Ketika musim kemarau berkepanjangan Desa Kampek mengalami kekeringan, tetapi mereka memiliki sumber air cadangan yang dapat digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari. Dari hasil wawancara yang telah di lakukan di Desa Kampek dapat dikatakan bahwa warga Desa Kampek telah mempersiapkan diri dari bencana alam kekeringan yang akan terjadi selama musim kemarau.
ANALISIS MODUL PRAKTIKUM STRUKTUR HEWAN BERBASIS HYBRID LEARNING Meti Maspupah; Nurul Hidayah
Natural Science Education Research Science Education National Conference 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nser.v0i0.17806

Abstract

Pembelajaran dengan praktikum dapat membantu proses memahami pembelajaran secara nyata. Modul penuntun praktikum yang digunakan sebagai penunjang selama proses pembelajaran menjadi landasan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Adapun kondisi yang membatasi adanya kegiatan praktikum selama pandemi menjadikan modul penuntun praktikum perlu mengalami modifikasi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis respon mahasiswa terhadap modul penuntun praktikum berbasis hybrid learning pada mata kuliah struktur hewan. Instrumen yang digunakan dalam mengukur respon mahasiswa dengan angket mengenai modul yang telah dimodifikasi. Hasil menunjukkan bahwa aspek lampiran link youtube di modul mengenai teknik pembedahan dapat memberikan pengenalan dan pemahaman dalam praktikum mandiri serta mendapat respon sebesar 47.1% setuju. Adanya komponen tambahan seperti media virtual lab di modul dengan respon sebesar 52.9% menyatakan setuju dapat membantu proses pemahaman materi. Berdasarkan responsi mahasiswa pada mata kuliah struktur hewan didapatkan bahwa penggunaan modul penuntun praktikum berbasis hybrid learning dapat membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa.
PENGARUH PENERAPAN BAHAN AJAR MATERI GAYA DAN GERAK BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK TUNARUNGU Maghfira Febriana; Irma Dwi Tantri
Natural Science Education Research Science Education National Conference 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nser.v0i0.17831

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep peserta didik tunarungu dari penerapan bahan ajar materi Gaya dan Gerak berbasis literasi sains. Bahan ajar berupa handout yang memuat aspek literasi sains meliputi sains sebagai batang tubuh pengetahuan, penyelidikan, cara berpikir, dan interaksi sains dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat. Peserta didik diberikan pretest sebelum pembelajaran. Bahan ajar berbasis literasi sains digunakan untuk pembelajaran materi Gaya dan Gerak bagi peserta didik tunarungu. Pada akhir pembelajaran dilakukan postest pemahaman konsep peserta didik. Analisis data pretest dan protest menggunakan perhitungan nilai effect size. Hasil didapatkan nilai effect size 1.54, termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan interpretasi nilai tersebut disimpulkan bahwa penerapan bahan ajar materi Gaya dan Gerak berbasis literasi sains dapat meningkatkan pemahaman konsep pada peserta didik tunarungu.
KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DIGITAL GURU Marelita Devisa; Matin Matin; Maduki Ahmad
Natural Science Education Research Science Education National Conference 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nser.v0i0.17874

Abstract

Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah merupakan program yang dilakukan sekolah dalam  panduan untuk membimbing guru memahami tentang literasi digital berdasarkan pertimbangan pemahaman pembelajaran disekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan dampak dari kepemimpinan pembelajaran  kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi literasi digital guru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Proses analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan pembelajaran dalam literasi digital guru telah terpenuhi dengan baik tetapi dalam pelaksanaanya belum berjalan dengan baik terbukti masih kurang kualitas guru dalam menerapkan pemahaman literasi digital terutama terlihat  terhadap  dalam kebutuhan siswa. Rekomendasi peneliti ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam literasi digital yang didukung oleh sarana prasarana sekolah sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang menarik bagi siswa. Implikasi dari kepemimpinan pembelajararan dapat dilihat dari Inspirasi, motivasi, semangat. Sebagai sumber belajar dan panutan guru dalam peningkatan kompetensi literasi digital guru.
PENGARUH VARIASI WARNA BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP Dini Fatrisia Hasniati; Sobirin Sobirin; Ummi Kulsum Kurniawati; Ana Yuniasti Retno Wulandari
Natural Science Education Research Science Education National Conference 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nser.v0i0.17822

Abstract

Kegiatan belajar mengajar berbantuan mind mapping serta warna penting sebagai daya tarik peserta didik untuk mengatasi permasalahan pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi warna berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada materi klasifikas imahluk hidup. Sampel ini diambil sebanyak 19 peserta didik dalam satu kelas. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design. Instrument penelitian ini yaitu tes hasil belajar materi klasifikasi mahluk hidup terdiri dari pretest dan posttest. Teknik pengumpulna data yang dilakukan yakni dengan uji tes dan studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan uji t berpasangan. Analisis data dalam penelitian ini yaitu nilai sig. (2- tailed) dari uji t berpasangan didapat sebesar 0,00 lebih kecil dibandingkan dengan taraf signifikansi berdasarkan yang ditetapkan yakni 0,05. Hal ini, H0 ditolak dan menunjukan bahwa adanya pengaruh sebelum dan sesudah dilakukan penerapan media pembelajaran mind mapping dengan variasi warna.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIIRY DI KELAS V SD Irfan Sinaga; Dewi Anzelina; Asnita Hasibuan; Patri Janson Silaban
Natural Science Education Research Science Education National Conference 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nser.v0i0.17866

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada tema Benda-benda di sekitar kita di kelas V SD 038097 Lae Pangaroan tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah  siswa kelas V SDN 038097 Lae Pangaroan yang berjumlah 22 siswa. Dengan menerapkan Model pembelajaran inkuiri pada tema Benda-benda di sekitar kita sub tema zat tunggal dan campuran di kelas V, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar individu , klasikal, dan nilai rata-rata siswa yaitu; pada pretes siswa secara individual yaitu 4 orang yang tuntas, secara klasikal yaitu 18,18% dengan nilai rata-rata 10.5. Pada siklus I secara individual yaitu 9 orang yang tutas, secara klasikal 40% yang tuntas dengan rata-rata 61,03%. Pada siklus II secara individual yaitu 20 orang yang tuntas, secara klasikal 90,90% dengan rata-rata 83,86. Pelaksanaan pembelajaran dengan Penerapan Model pembelajaran inkuiri pada Benda-benda di sekitar kita sub tema zat tunggal dan campuran di kelas V SD Negeri 038097 Lae Pangaroan Tahun Pembelajaran 2021/2022 dikategorikan sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 66% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. Pelaksanaan pembelajaran dengan Menerapan Model pembelajaran inkuiir pada Tema Benda-benda di sekitar kita sub tema zat tunggal dan campuran di kelas V SD Negeri 038097 Lae Pangaroan Tahun Pembelajaran 2021/2022 dikategorikan sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil aktivitas observasi siswa pada siklus I sebesar 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Maka dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Benda-benda di sekitar kita tahun pembelajaran 2021/2022.
ARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMP KELAS VIII PADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA Annisa Setiawan; Nur Qomaria; Mochammad Ahied; Irsad Rosidi; Maria Chandra Sutarja
Natural Science Education Research Science Education National Conference 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nser.v0i0.17812

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil keterampilan argumentasi ilmiah siswa pada konsep materi sistem peredaran darah manusia di SMP Negeri 4 Pamekasan. Desain penelitian ini adalah mix methods dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-A sejumlah 20 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat keterampilan argumentasi pada konsep materi sistem peredaran darah manusia SMP Negeri 4 Pamekasan 58,56% pada kategori tingkat sedang. (2) Pola argumentasi pada konsep materi sistem peredaran darah manusia di SMP Negeri 4 Pamekasan terdiri atas pola klaim, bukti/ data, pembenaran, dan argumentasi ilmiah dengan hasil skor rata-rata setiap pola klaim 81,75%, bukti 47,5%, pembenaran 48,5%, dan argumentasi ilmiah 56,5%.
KAJIAN MENGENAI SIKAP DAN PENGALAMAN MASYARAKAT DESA PESISIR JUNGANYAR DALAM MENGHADAPI BENCANA GELOMBANG PASANG (BANJIR ROB) Ainunnuril Amelia; Dina Nabila; Endah Nuryanti; Fatiratur Rahmah; Khoiriyatun Nisa’; Novasya Ayu Wulansuci
Natural Science Education Research Science Education National Conference 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nser.v0i0.17842

Abstract

Mitigasi bencana alam adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait mitigasi bencana alam gelombang pasang (banjir rob) di Desa Junganyar. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling kepada Kepala Desa Junganyar, masyarakat setempat (nelayan), dan BPBD Kabupaten Bangkalan. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dengan metode penelitian berupa wawancara dan observasi wilayah pesisir desa Junganyar. Hasil penelitian ditemukan ketidaksesuaian informasi antara masyarakat (nelayan) Kepala Desa, dan BPBD Kabupaten Bangkalan. Menurut masyarakat (nelayan) dan Kepala Desa Junganyar, bencana gelombang pasang tersebut sering terjadi dan ilmu nelayan tidak cukup untuk memprediksi kapan datangnya bencana tersebut.