cover
Contact Name
Dhedhy Yuliawan
Contact Email
admin@nusantarasporta.com
Phone
+6281215351155
Journal Mail Official
admin@nusantarasporta.com
Editorial Address
Jl. Kh Ah,ad Dahlan Gg V/27, Kelurahan Mojoroto, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur 64112, Kediri, Jawa Timur 64112
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Nusantara Sporta: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Published by CV. Nusantara Sporta
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan merupakan jurnal artikel ilmiah nasional yang diperuntukkan bagi masyarakat umum dalam bidang ilmu olahraga, pendidikan olahraga, dan kesehatan. Inovasi, kreativitas, dan kebaruan dari gagasan para akademisi dan peneliti di Indonesia dapat difasilitasi dalam jurnal publikasi ilmiah ini. NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV. Nusantara Sporta yang bergerak dalam bidang Edukasi Olahraga, Industri Olahraga, Olahraga Digital dan Kesehatan. Frekuensi penerbitan jurnal ini adalah setiap 3 bulan sekali sehingga dalam satu tahun NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan menyediakan publikasi pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Hasil penelitian dan kajian analisis kritis dalam bidang Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Olahraga, Pengembangan Olahraga, Wisata Olahraga, Olahraga Tradisional, dan Kesehatan menjadi ruang lingkup jurnal
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 02 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan" : 15 Documents clear
Peningkatan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Gerak Lokomotor Melalui Permainan Bintang beralih Di Sekolah Dasar Negeri Wonojoyo 2 Suryani, Dwi Maulita Yuli; Puspodari; Ismayawati, Diyah
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 02 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P148-157

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa mengalami peningkatan signifikan setelah penerapan permainan Bintang beralih . Pada Pra-Tindakan, hanya 50% siswa yang memiliki minat belajar tinggi dalam pembelajaran gerak lokomotor. Setelah Siklus 1, angka ini meningkat menjadi 65%, dan pada Siklus 2, minat belajar siswa mencapai 80%. Selain itu, hasil tes keterampilan menunjukkan peningkatan rata-rata skor dari 65 (Pra-Tindakan) menjadi 75 (Siklus 1) dan meningkat lagi menjadi 85 (Siklus 2). Hasil observasi dan wawancara juga menunjukkan bahwa siswa lebih aktif, antusias, dan menikmati pembelajaran dibandingkan dengan metode konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa permainan Bintang beralih efektif dalam meningkatkan minat belajar dan keterampilan gerak lokomotor siswa. Oleh karena itu, disarankan agar metode ini diimplementasikan secara lebih luas dalam pembelajaran PJOK, khususnya dalam materi gerak lokomotor, untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan, interaktif, dan efektif bagi siswa sekolah dasar.
Penggunaan Media Bola Modifikasi Untuk Meningkatkan Teknik Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Wonojoyo 2 Sulthon, Mochamad; Puspodari; Kurnia, Anggi
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 02 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P192-201

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan teknik passing bawah bola voli pada siswa Sekolah Dasar Negeri Wonojoyo 2 melalui penggunaan media bola modifikasi. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya keterampilan passing bawah siswa akibat ketakutan terhadap bola standar yang terlalu keras serta kurangnya penguasaan teknik dasar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Wonojoyo 2. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes keterampilan passing bawah, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama, terjadi peningkatan keterampilan passing bawah, namun masih ditemukan beberapa kesalahan dalam posisi tubuh dan ketepatan passing. Pada siklus kedua, setelah dilakukan penyempurnaan metode pembelajaran dengan latihan berulang menggunakan bola modifikasi serta pemberian umpan balik langsung dari guru, terjadi peningkatan yang lebih signifikan. Siswa menjadi lebih percaya diri, passing lebih akurat, dan koordinasi gerakan lebih baik.
Survei Keterampilan Dasar Bermain Sepakbola Siswa SSB Airlangga Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur Tahun 2024 Putra, Boby Mandala; Yuliawan, Dhedhy; Bekti, Ruruh Andayani
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 02 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P168-180

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis keterampilan dasar sepak bola siswa SSB Airlangga Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Tahun 2024, meliputi passing-stopping, dribbling, heading, dan shooting. Permasalahan utama adalah rendahnya penguasaan teknik dasar yang menghambat performa siswa dalam permainan kompetitif. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan metode survei tes dan pengukuran. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa usia 12-14 tahun yang dipilih menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian mencakup tes keterampilan dasar dengan validitas dan reliabilitas terstandarisasi. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas siswa berada pada kategori "Cukup," dengan persentase 40% pada passing-stopping, 50% pada dribbling, 50% pada heading, dan 45% pada shooting. Variasi signifikan pada heading dan shooting menunjukkan perlunya pendekatan latihan yang lebih fokus. Evaluasi berbasis sport science belum diterapkan secara optimal, sehingga program latihan kurang efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa. Kesimpulannya, keterampilan dasar siswa berada pada kategori cukup, dengan kebutuhan peningkatan kualitas pelatihan yang lebih terstruktur. Penelitian selanjutnya disarankan mengeksplorasi metode latihan inovatif dan evaluasi berbasis teknologi untuk mendukung peningkatan keterampilan dasar sepak bola.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Chest pass Melalui Metode Bermain Pada Permainan 3x3 Bolabasket Kelas X P7 Sma Negeri 1 Pare Florensa, Yohana Cindi; Yuliawan, Dhedhy; Rahmawati, Rina Dwi
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 02 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P129-137

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar Chest pass Siswa Kelas X P7 SMA Negeri 1 Pare melalui metode bermaindapat meningkatkan keterampilan Chest pass pada permainan  3X3 bolabasket. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Banyaknya sampel pada penelitian ini 34 siswa. Instrumen yang digunakan berupa observasi dan teknik tes. Metode analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada komponen pengetahuan secara keseluruhanpada persentase siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 82%, Pada siklus II, terjadi peningkatan persentase peserta didik yang berhasil mencapai ketuntasan sebanyak 91%. Hasil belajar siswa pada komponen keterampilan pada siklus I, secara keseluruhan persentase peserta didik yang tuntas sebanyak 59%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan persentase peserta didik yang tuntas sebanyak 82%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan motode bermain dalam pembelajaran memberikan dampak dalam peningkatan hasil belajar Chest pass pada pembelajaran bolabasket.
Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Melalui Aktivitas Sirkuit Training Dalam Pembelajaran PJOK Pada Siswa Kelas V Prayoga, Dwi Fany; Kholis, Moh. Nur; Ahmad Zakiyyunnuhaa Fishilia
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 02 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P138-147

Abstract

Penelitian ini berlatarbelakang observasi di UPT SDN Pojok 2 Kediri, yang menunjukkan keterampilan gerak lokomotor siswa kelas V belum optimal akibat kurangnya aktivitas modifikasi pembelajaran yang menyebabkan kurangnya sikap dalam ayunan tangan saat berlari, koordinasi kaki saat melompat, dan sikap tubuh yang kurang tepat, diperparah oleh keterbatasan sarana prasarana. Untuk mengatasi hal ini, peneliti mengusulkan inovasi pembelajaran sederhana melalui aktivitas circuit training. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan meningkatkan keterampilan gerak lokomotor siswa melalui kombinasi gerakan berlari, meloncat, dan melompat dalam lintasan yang dimodifikasi. Metode deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data numerik hasil tes. Siklus PTK mengikuti model Arikunto, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dari tes awal hingga siklus II. Siswa dengan skor tinggi meningkat dari 40% menjadi 85%, sementara siswa dengan skor rendah menurun dari 10% menjadi 0%. Peningkatan ini membuktikan efektivitas modifikasi circuit training dalam meningkatkan keterampilan gerak lokomotor siswa, memberikan stimulasi yang tepat, memotivasi siswa, dan relevan bagi perkembangan keterampilan gerak lokomotor siswa. Dengan demikian, penelitian ini diakhiri pada siklus II karena tujuan peningkatan keterampilan gerak dasar lokomotor telah tercapai dengan baik
Perbandingan Pelatihan Senam Yoga Terhadap Indeks Massa Tubuh pada Wanita yang Memiliki Karakteristik Overweight dan Obesitas Nanda Sonia Rahma; Awang Firmansyah; Noortje Anita Kumaat; Fatkur Rohman Kafrawi
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 02 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P114-128

Abstract

Senam yoga dapat menjaga IMT berada dalam batas normal. Namun demikian, sejak beberapa dekade terakhir, jumlah masyarakat di Indonesia yang mengalami kelebihan berat badan telah meningkat pada semua kelompok umur menurut data dari Survei Riset Kesehatan Dasar. Menurut Dinas Kesehatan Kota Mojokerto pada tahun 2022, jumlah keseluruhan yang diperiksa terkait kategori overweight yaitu 650 jiwa. Dengan banyaknya jumlah orang dewasa di Mojokerto yang mengalami overweight akan menjadi suatu masalah yang signifikan baik dari segi kesehatan maupun fisiologisnya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pengaruh pelatihan senam yoga terhadap IMT antara wanita bertubuh overweight dan obesitas di Rafania Fit Club. Penelitian ini mengadopsi jenis pre-experimental menggunakan desain One Group Pre-test-Post-test. Penelitian ini berlokasi di Rafania Fit Club, Jl. Prajurit Kulon, Kecamatan Parjurit Kulon, Kota Mojokerto. Subjek penelitian ini adalah 20 wanita dewasa usia 25-35 tahun yang bermassa tubuh overweight dan obesitas dengan rata-rata tinggi badan 1.57 m, berat badan  80.41, dan IMT 32.44. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test, treatment, dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas Shapiro-Wilk, dan uji hipotesis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat penurunan IMT antara sebelum dan sesudah dilakukan senam yoga
Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Media Quizizz Kelas IV SDN Jagalan 1 Kota Kediri Danu, Andika Danu Pranowo; Irwan Setiawan; Andri Prasetyo Sagitarius
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 02 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P105-113

Abstract

Kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SDN Jagalan 1 Kota Kediri menjadi tantangan utama, terutama karena metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan media Quizizz sebagai alat pembelajaran interaktif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar, lembar observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang signifikan setelah penggunaan Quizizz. Sebelum intervensi, hanya 15,38% siswa yang memiliki motivasi sangat tinggi, namun setelah penerapan Quizizz, angka ini meningkat menjadi 38,46%. Sementara itu, jumlah siswa dengan motivasi rendah mengalami penurunan dari 19,23% menjadi 3,85%. Selain itu, terjadi peningkatan partisipasi siswa dalam diskusi serta ketepatan waktu dalam menyelesaikan soal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Quizizz sebagai media pembelajaran berbasis digital berkontribusi positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Integrasi teknologi dalam pembelajaran PJOK dapat menjadi solusi inovatif untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan efektif
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pelajaran PJOK melalui Media Pembelajaran Komik Aditya Sukma Ramadhan, Aditya; Kholis, Moh. Nur; Zakiyyunnuhaa Fishilia, Ahmad
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 02 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P181-191

Abstract

Studi ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) melalui pendekatan siklus. Studi ini memiliki tujuan dalam mengetahui penerapan media pembelajaran komik untuk menambah motivasi belajar siswa pada Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Tahapan studi ini menggunakan 2 siklus, dari kedua siklustersebut terdiri dari tahapan, perencanaan, pelaksanaan, pegamatan, dan refleksi. Untuk siklus 1, rata-rata motivasi belajar siswa yaitu 48,33%. Kemudian pada siklus 2 mengalami kenaikan secara signifikan menjadi 70%. Peningkatan sebesar 21,67% menandakan perubahan yang bermanfaat dalam antusiasme dan keterlibatan siswa dalam belajar. Temuan studi ini menunjukkan bahwa menggunakan media pembelajaran komik pada siklus 2 secara efektif meningkatkan minat dan motivasi siswa. Ini dapat diartikan bahwasannya dengan penerapan kegiatan pembelajaran yang menggunakan media komik telah memeberikan dampak positif. Respon positif yang diberikan siswa membuktikan bahwa dengan penambahan unsur dalam pembelajaran yang menarik, dapat menciptakan lingkungan pembelajaran menjadi lebih interaktif dan positif.
Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lari Jarak Pendek Melalui Modifikasi Media Pembelajaran Siswa Kelas 3 SDN Jagalan 1 Kota Kediri Yuwono, Diki Candra; Setiawan, Irwan; Sagitarius, Andri Prasetyo
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 02 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P158-167

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari jarak pendek melalui penggunaan media pembelajaran yang dimodifikasi pada siswa kelas III SDN Jagalan 1 Kota Kediri. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya pemahaman dan keterampilan siswa karena kurangnya variasi media belajar yang menarik. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Jagalan 1. Data dikumpulkan melalui observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang dimodifikasi, seperti alat bantu visual dan permainan interaktif, dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan gerak siswa. Pada siklus I terjadi peningkatan, namun belum mencapai target. Setelah perbaikan di siklus II, sebagian besar siswa berhasil mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan minimal. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dimodifikasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari jarak pendek. Guru PJOK disarankan untuk menggunakan pendekatan pembelajaran yang inovatif guna meningkatkan kemampuan siswa
Survei Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Antares Fitness & Aerobic Surabaya Brighaza Gayoeh Arsyanadi; Catur Supriyanto; Himawan Wismanadi; Soni Sulistyarto
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 02 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P233-247

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen pusat kebugaran Antares Fitness & Aerobic Surabaya terhadap kualitas pelayanan yang diterimanya melalui 5 faktor yaitu tangibles, responsiveness, assurance, empathy, reliability. Deskriptif kuantitatif serta dengan metode survei dan kuesioner. Populasi penelitian 20 responden dengan teknik purposive sampling. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan mendapatkan hasil dari 30 pertanyaan dapat dikatakan valid apabila nilai korelasi ≥ r tabel 0,3598 atau probabilitas output SPSS ≤ 0,05. Uji reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh hasil koefisien reliabilitas antara 0,00 – 0,200. Analisis deskriptif diuraikan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil perhitungan data penelitian secara keseluruhan tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan yaitu sebanyak 6 orang (30%) masuk dalam kategori kepuasan Sangat Tinggi, sebanyak 2 orang (10%) kategori kepuasan Tinggi, 1 orang (5%), dan 11 orang (55%) kategori kepuasan Sangat Rendah. Kesimpulan tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan Antares Fitness & Aerobic Surabaya dalam kategori kepuasan Sangat Rendah dengan presentase sebesar 55% yaitu 11 orang

Page 1 of 2 | Total Record : 15