cover
Contact Name
Katon Abdul Fatah
Contact Email
admin@jurnalistiqomah.org
Phone
+628975841020
Journal Mail Official
katon@jurnalistiqomah.org
Editorial Address
Desa, Metuk No.008 RT.002 RW. 001, Kec, Mojosongo Kab, Boyolali, 57322
Location
Kab. boyolali,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA)
ISSN : 30264383     EISSN : 30264375     DOI : https://doi.org/10.62017/jimea.v1i1
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA) Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah manajemen ekonomi dan akuntansi yang bersifat peer-review dan terbuka. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Fokus dan ruang lingkupnya meliputi: manajemen, akuntansi, sumber daya manusia, keuangan, pemasaran, dan operasional serta ekonomi dan bisnis, Kewirausahaan dan Bisnis. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA) menerima makalah dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
Articles 226 Documents
ANALISIS DAMPAK TEORI KEYNES DALAM MENGATASI KRISIS EKONOMI MELALUI KEBIJAKAN FISKAL Nur Indah Melani Aruan; Irma Hutagalung; Bonaraja Purba
Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA) Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Publikasi Inspirasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62017/jimea.v1i1.78

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak teori Keynes dalam mengatasi krisis ekonomi melalui kebijakan fiskal, yang dimana ini sangat relevan dan menarik. Teori Keynes, yang dikembangkan oleh ekonom John Maynard Keynes, menekankan pentingnya peran pemerintah dalam mengatasi krisis ekonomi. Dalam teori Keynesian, ketika terjadi krisis ekonomi, seperti resesi atau depresi, pasar tidak mampu pulih sendiri karena kurangnya permintaan agregat. Keynes berpendapat bahwa pemerintah harus mengambil langkah-langkah ekspansif untuk merangsang pertumbuhan ekonomi. Salah satu instrumen kebijakan fiskal yang dapat digunakan adalah peningkatan belanja publik. Dengan meningkatkan pengeluaran pemerintah untuk proyek infrastruktur, pendidikan, atau kesehatan, pemerintah dapat menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan permintaan agregat. Hal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengurangi tingkat pengangguran. Selain itu, pemotongan pajak juga merupakan kebijakan fiskal yang dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan ekonomi. Dengan mengurangi beban pajak bagi individu dan perusahaan, pemerintah dapat mendorong konsumsi dan investasi yang lebih tinggi. Hal ini akan meningkatkan permintaan agregat dan menggerakkan roda perekonomian.
LITERATURE REVIEW BENTUK-BENTUK KONFLIK DALAM ORGANISASI Sarah Sania Al Quds; Syaiful Arif; Ahmad Hafi Iroqi; Mu’alimin
Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA) Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Publikasi Inspirasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62017/jimea.v1i1.81

Abstract

Konflik merupakan suatu keadaan di mana terdapat dua atau lebih pihak yang memiliki perbedaan pendapat, tujuan, atau kepentingan. Konflik dapat terjadi dalam berbagai konteks, termasuk dalam organisasi. Organisasi terdiri dari berbagai macam komponen yang berbeda dan saling memiliki ketergantungan dalam proses kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Perbedaan yang terdapat dalam organisasi seringkali menyebabkan terjadinya ketidakcocokan yang akhirnya menimbulkan konflik. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengindentifikasi terkait apa saja bentuk-bentuk konflik dalam organisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi literatur (literature riview) yakni kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelola bahan penelitian.  Hasil penelitian menunjukkan Konflik dapat terjadi dalam berbagai konteks, termasuk dalam organisasi. Dalam organisasi, ada beberapa bentuk konflik yang dapat terjadi yaitu: antara individu, kelompok, atau antar bagian dalam organisasi. Dampak suatu konflik dalam organisasi pendidikan dapat berupa positif dan negatif. Pengelolaan konflik yang secara sistematis dapat berdampak positif bagi organisasi. Jika konflik dikelola dengan cara diabaikan, maka konflik akan merusak dan mengganggu organisasi.
Pengaruh Faktor Produksi Terhadap Nilai Output AgroindustriMakanan Di Kabupaten Banyuwangi Rizal Perlambang CNAWP
Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA) Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Publikasi Inspirasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62017/jimea.v1i1.83

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi nilai output industri makanan di Kabupaten Banyuwangi. Kabupaten Banyuwangi merupakan daerah yang kaya akan potensi agroindustri pangan, dengan produk-produk seperti pisang, kerupuk ikan, Bagiak, dan produk serupa yang memiliki daya tarik bagi konsumen baik dari Kabupaten Banyuwangi maupun kabupaten sekitarnya. Namun, persaingan di industri makanan sangat ketat, dari setiap bisnis harus berupaya meningkatkan efisiensinya untuk tetap bersaing. Penelitian ini menggunakan data berdasarkan time series dan berfokus pada variabel independen seperti modal, tenaga kerja, pengeluaran bahan baku, pengeluaran mesin dan peralatan, serta variabel dummy yang mewakili faktor-faktor non-ekonomi. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier log berganda dengan pendekatan kuadrat terkecil (OLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal, tenaga kerja, dan pengeluaran bahan baku memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai output industri makanan di Kabupaten Banyuwangi. Namun, pengeluaran mesin dan peralatan serta variabel dummy tidak mempengaruhi secara signifikan. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa sekitar 97.68% variasi nilai output industri makanan dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen dalam model. Pengujian asumsi klasik tidak mengindikasikan adanya autokorelasi, heteroskedastisitas, atau multikolinieritas dalam hasil estimasi, sehingga hasil penelitian dianggap valid. Hasil ini memiliki implikasi penting bagi pelaku industri makanan di Kabupaten Banyuwangi, yang dapat menggunakan temuan ini untuk meningkatkan efisiensi produksi dan meningkatkan nilai output mereka
Systematic Literature Review: Kebijakan Digital Marketing dalam Meningkatkan Brand Awareness Ghieska Maharani; Gitanissya Azzahra
Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA) Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Publikasi Inspirasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62017/jimea.v1i1.84

Abstract

Penelitian ini mengadopsi pendekatan kajian literatur untuk memberikan gambaran mendalam tentang kebijakan digital marketing dan dampaknya terhadap brand awareness. Dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk jurnal-jurnal terkemuka melalui software Publish or Perish dengan metode diagram PRISMA, kami mengidentifikasi 48 artikel terkait tema Digital Marketing dan Brand Awareness dari tahun 2010 hingga 2022. Meskipun memberikan wawasan yang berharga, penelitian ini memiliki keterbatasan, seperti fokus pada periode tertentu dan kemungkinan adanya publikasi-publikasi terkini yang belum tercakup. Kesimpulan menyatakan bahwa kompleksitas tantangan dan peluang dalam praktik pemasaran digital memerlukan pemahaman mendalam dan pendekatan inovatif. Meskipun data mungkin tidak melibatkan seluruh literatur yang tersedia, penelitian ini tetap menjadi dasar untuk pemahaman lebih lanjut dan pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif di era digital yang terus berkembang.
Analisis Bibliometrik : Brand Management dan Customer Loyalty (2010 – 2022) Gitanissya Azzahra; Ghieska Maharani
Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA) Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Publikasi Inspirasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62017/jimea.v1i1.85

Abstract

Penelitian ini menyajikan analisis bibliometrik dan jaringan terkait "Customer Loyalty" dan "Brand Management" dalam literatur akademis dari tahun 2010 hingga 2023. Melalui penggunaan VOS Viewer, kami mengidentifikasi kluster utama seperti manajemen merek, citra merek, dan kepuasan pelanggan. Hasil Overlay Visualization menyoroti pertumbuhan signifikan penelitian loyalitas pelanggan dari tahun ke tahun, sementara Density Visualization mengungkap dominasi penelitian tentang kepuasan pelanggan. Analisis ini memberikan wawasan mendalam tentang tren penelitian, menyoroti kebutuhan akan eksplorasi lebih lanjut pada aspek-aspek seperti membangun loyalitas pelanggan dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Kesimpulan menekankan pentingnya topik ini, memberikan saran bagi peneliti berikutnya untuk mendalami aspek-aspek spesifik yang belum banyak diteliti. Keterbatasan penelitian ini termasuk pemilihan sumber data dan metode analisis yang dapat diperbaiki pada penelitian mendatang. Dengan demikian, penelitian ini membuka jalan untuk pemahaman yang lebih holistik tentang keterkaitan antara loyalitas pelanggan dan manajemen merek, sambil memberikan kontribusi pada literatur pemasaran.
Perancangan Strategi Usaha dan Penerapan Etika Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan di Bakso Mas Bro Palembang Muhammad Distian Andi Hermawan; Debi Septiani; Ermalia; Septyana; Musdalipah; Regina Pramita
Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA) Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Publikasi Inspirasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62017/jimea.v1i1.87

Abstract

The purpose of this study is to see how the business process is carried out and how the development of the business is carried out and how the process of applying ethics in doing business. The research method carried out in this study is using a descriptive qualitative approach where descriptive qualitative research is only looking at and describing the results of case studies in the field, the case study used in this study is Mas Bro Palembang meatballs. The results of this study show that the business run by Mr. Dirman as the owner of the Bakso Mas Bro Palembang MSME, that he has applied ethics in doing business and has also adjusted to circumstances and conditions such as consumer and customer demand and also the Pak Dirman meatball business has applied ethics in doing business and also has a strategy in selling.
PENGARUH ANGKATAN KERJA DAN PENGANGGURAN PADA SEKTOR KEMISKINAN DI LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI SUMATERA UTARA PERIOE 2001-2020 Monalisa Lumbantobing; Joko Suhariantor
Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA) Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Publikasi Inspirasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62017/jimea.v1i1.91

Abstract

Peningkatan laju pertumbuhan ekonomi sangat diharapkan oleh setiap negara. Meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi di suatu negara dari tahun ke tahun biasanyaakan menjadi ukuran keberhasilan perekonomian negara tersebut. Peningkatan pertumbuhan peningkatan ekonomi diharapkan dapat mengatasi ukuran suatu negara untuk dapat mengatasi permasalahan tentang kemiskinan, penanggulan pengangguran, dan ketimpangan pada Angkatan kerja dilapangan. Sumber data pada penelitian ini adalah data sekunder, yang diperoleh BPS Provinsi Sumatera Utara dari tahun 2001-2020. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan model regresi linier berganda yang berfungsi untuk mengetahui pengaruh faktor variabel pertubuhan ekonomi dan pengangguran yang berpengaruh terhadap kemiskinan pada tahun 2001-2020 di provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan observasi data yang dilakukan dan simulasi terhadap hasil regresi Berganda.
KEBIJAKAN EKONOMI POLITIK DALAM MENGHADAPI PERLAMBATAN EKONOMI GLOBAL PADA MASA COVID 19 Irma Hutagalung; Desry Situngkir; Bonaraja Purba
Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA) Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Publikasi Inspirasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62017/jimea.v1i1.92

Abstract

Kebijakan ekonomi politik global (EPG), adalah disiplin akademik dalam ilmu politik yang mempelajari ekonomi dan hubungan internasional. Setiap negara memiliki tugas untuk menciptakan kesejahteraan bagi rakyatnya. Salah satu syarat yang dapat memenuhinya adalah melalui pertumbuhan ekonomi. Wajar pertumbuhan ekonomi menjadi penentu tingkat kesejahteraan, keamanan serta kemajuan sebuah negara. Semakin tinggi tingkat pertumbuhan, semakin tinggi tingkat stabilitas politik, ekonomi dan keamanan. Pertumbuhan ekonomi dengan demikian bersifat global. Terlebih lagi perkembangan teknologi membuat dunia semakin kecil dan tanpa batas. Sebut saja ketika dunia percaya dengan sistem merkentilisme.Tujuan konomi politik meningkatakn kesejehteraan pendapatan pertumbuhan ekonomi yang dihadapkan dalam sistem ekonomi dunia.
STRATEGI PEMASARAN MELALUI PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PT GARUDA INDONESIA (PERSERO) TBK Miftahul Ilmi; Chudry Ariq Zulkarnain
Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA) Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Publikasi Inspirasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62017/jimea.v1i1.93

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat Strategi Pemasaran Melalui Promosi, Harga Dan Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada PT Garuda Indonesia. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yakni penelitian kualitatif. Dalam lingkungan industri penerbangan yang sangat kompetitif, PT Garuda Indonesia memiliki tantangan besar untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan menjadi kunci untuk mempertahankan pangsa pasar dan keberlanjutan bisnis. Pandemi COVID-19 dan persaingan yang semakin ketat menuntut Garuda Indonesia untuk mengadaptasi strategi pemasaran, terutama dalam hal promosi penetapan harga dan juga kualitas Layanan.
Hexa Helix Framework on the Dynamics of the Indonesian Halal Fashion Industry Yeni Windriasih; Wily Mohammad; Besar Agung Martono
Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA) Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Publikasi Inspirasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62017/jimea.v1i1.96

Abstract

This qualitative research delves into Indonesia's Halal Fashion industry, employing a descriptive approach and relying on extensive secondary data collected from diverse sources such as scientific articles, publications, reports, and industry papers. Utilizing the Hexa Helix Stakeholder Concept as a guiding framework, the study aims to unravel the industry's nature, challenges, and potential while analyzing the roles and interactions of stakeholders—government institutions, affected communities, NGOs, businesses, mass media, and universities. Employing thematic and content analysis, the research seeks to unearth recurring patterns and stakeholder dynamics, offering insights into the complexities of the Halal Fashion landscape in Indonesia. Ultimately, this study advocates for collaborative stakeholder efforts, emphasizing the interdependence among these sectors for the industry's growth, ethical practices, and innovation within Indonesia's evolving market setting. The study's findings underscore the importance of addressing multifaceted challenges both externally and internally through collective stakeholder efforts among government, industry, academia, civil society, media, and culture, essential in navigating the industry towards sustained growth and viability.

Page 1 of 23 | Total Record : 226