cover
Contact Name
Muhammad Bagas F
Contact Email
research.yana@gmail.com
Phone
+6282161984112
Journal Mail Official
research.yana@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sisingamangaraja Nomor 171, Pematangsiantar, Provinsi Sumatera Utara, 20552
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Algebra
ISSN : 2807663X     EISSN : 2807629X     DOI : https://doi.org/10.58432/algebra.v3i1
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 4 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS" : 10 Documents clear
MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH SWASTA YASPI LABUHAN DELI Dewi, Erikha; Syukri, Makmur; Usiono
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 4 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v2i4.575

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui manajemen kesiswaan dalam pengembangan potensi peserta didik di MAS Yaspi Labuhan Deli. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen kesiswaan dalam pengembangan potensi peserta didik di MAS Yaspi Labuhan Deli. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan demikian, hasil penelitian nanti berisi kutipan data untuk member gambaran penyajian laporan. Data yang diperoleh ini berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipilih ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang ditemukan bahwa (1) manajemen kesiswaan dalam pengembangan potensi peserta didik di MAS Yaspi Labuhan Deli dimulai dengan kegiatan ekstrakurikuler dapat mengembangkan potensi peserta didik serta memberikan manfaat yang besar dalam mengembangkan kemampuan bekerja sama dengan orang lain. Selanjutnya pembinaan ekstrakurikuler didukung oleh Pembina yang ahli dibidangnya sehingga potensi yang dimiliki peserta didik dapat tersalurkan dengan baik. Selanjutnya pelaksanaan ekstrakurikuler dilaksanakan pada sore hari selesai jam pembelajaran. Kegiatan terakhir ebaluasi yang dilaksanakan untuk mengetahui terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler. (2) Faktor pendukung kegiatan tersebut ialah sarana dan prasarana, tersedianya dana, dukungan dari pihak madrasah, antusias Pembina dan peserta didik dalam mengembangkan potensinya. Faktor penghambat dalam kegiatan ialah terbatasnya waktu dan semangat dari peserta didik untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Kata Kunci : Manajemen Kesiswaan, Potensi, Peserta didik   ABSTRACT This study aims to (1) Know student management in developing the potential of students at MAS Yaspi Labuhan Deli. (2) Knowing the supporting and inhibiting factors of student management in developing the potential of students at MAS Yaspi Labuhan Deli. The type of research used is qualitative research with a descriptive approach. Thus, the results of the research later contain data excerpts to give an overview of the presentation of the report. The data obtained comes from observation, interviews and documentation. The selected data analysis technique is data reduction, data presentation and drawing conclusions. Based on the data analysis it was found that (1) student management in developing the potential of students at MAS Yaspi Labuhan Deli begins with extracurricular activities that can develop the potential of students and provide great benefits in developing the ability to work together with others. Furthermore, extracurricular coaching is supported by coaches who are experts in their fields so that the potential of students can be channeled properly. Furthermore, extracurricular activities are carried out in the afternoon after learning hours. The last evaluation activity carried out to determine the implementation of extracurricular activities. (2) The supporting factors for these activities are facilities and infrastructure, availability of funds, support from the madrasah, the enthusiasm of coaches and students in developing their potential. The inhibiting factor in the activity is the limited time and enthusiasm of students to take part in extracurricular activities Keywords: Student Management, Potential, Learners
PERSEPSI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UIN SUMUT TERHADAP KONTEN SKINCARE REVIEW DI AKUN TIKTOK Liani, Firda Mei; Azhar, Anang Anas; Rozi, Fakhrul
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 4 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v2i4.654

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mahasiswa mempersepsikan isi konten review yang disampaikan oleh akun Tiktok @drrichardlee, kemudian penelitian ini ingin mengetahui pengaruh dan kandungan skincare terhadap persepsi mahasiswa khususnya komunikasi di Universitas Islam Negeri, Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Responden yang digunakan adalah 95 sampel dari seluruh mahasiswa ilmu komunikasi. Data menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data adalah analisis tabel tunggal. Hasil dari penelitian ini adalah isi review content pada persepsi siswa mempunyai pengaruh atau pengaruh terhadap persepsi, melalui poin-poin pertanyaan yang meliputi baik isi konten skincare review yang disampaikan, maupun poin pertanyaan meliputi persepsi mahasiswa tentang ilmu komunikasi dengan koefisien korelasi yang diperoleh dari data yang terkumpul adalah 0,825 dengan signifikansi 0,00, karena signifikansi < 0,05, dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh antara isi review skincare pada akun @drrichardle Tiktok terhadap persepsi mahasiswa ilmu komunikasi FIS UIN Sumatera Utara dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh antara isi review skincare pada akun @drrichardle Tiktok terhadap persepsi mahasiswa ilmu komunikasi FIS UIN Sumatera Utara dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh antara isi review skincare pada akun @drrichardle Tiktok terhadap persepsi mahasiswa ilmu komunikasi FIS UIN Sumatera Utara. Kata Kunci : Persepsi; Perawatan Kulit; Konten Ulasan; Tiktok.   ABSTRACT This study aims to find out how students perceive the content of the review content submitted by the Tiktok account @drichardlee, then this study wants to find out the effect and content of skincare on student perceptions, especially communication at the State Islamic University, North Sumatra. This study uses a quantitative descriptive research method. The respondents used were 95 samples from all communication science students. Data using a questionnaire and literature study. The data analysis technique is a single table analysis. The results of this study are that the contents of the review content on student perceptions have an influence or influence on perception, through question points covering both the contents of the skincare review content delivered, as well as question points covering student perceptions about communication science with the correlation coefficient obtained from the data collected. collected is 0.825 with a significance of 0.00, because the significance is <0.05, it can be stated that H0 is rejected and Ha is accepted. This means that there is an influence between the contents of the skincare review on the @drichardle Tiktok account on the perceptions of students of FIS communication science at UIN North Sumatra, it can be stated that H0 is rejected and Ha is accepted. This means that there is an influence between the contents of the skincare review on the @drichardle Tiktok account on the perceptions of students of FIS communication science at UIN North Sumatra, it can be stated that H0 is rejected and Ha is accepted. This means that there is an influence between the contents of the skincare review on the @drichardle Tiktok account on the perceptions of Communication Studies students at FIS UIN North Sumatra. Keywords: Perception; Skin care; Review Content; tiktok
PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KOMUNIKASI SISWA SMK PAB 2 Deviana, Sri
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 4 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v2i4.655

Abstract

ABSTRAK Seiring banyaknya penggunaan gadget terkhusus smartphone, peneliti tertarik untuk meneliti penggunaan dan dampak yang ditimbulkan akibat memakai gadget terhadap komunikasi interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Gadget Terhadap Komunikasi Siswa SMK PAB 2 Helvetia. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dan populasi yang digunakan adalah siswa SMK PAB 2 Helvetia kelas XII jurusan akuntansi, jurusan administrasi perkantoran/OTKP, dan jurusan rekayasa perangkat lunak. Metode simple random sampling digunakan untuk menentukan sampel sebanyak 60 siswa/i dari 150 populasi. Hasil penelitian ini diperoleh fhitung senilai 2,862. Sementara ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan n = 60, maka diperoleh ttabel senilai 2,001. Variabel gadget memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,096 > 0,05 yang berarti tidak signifikan. Hasil uji t diperoleh dengan nilai 1.692 < 2,001, maka Ha ditolak dan Ho diterima. Dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara gadget terhadap komunikasi siswa di SMK PAB 2 Helvetia. Berdasarkan penggunaan, dengan menggunakan teori uses and gratification penggunaan gadget dinyatakan cukup baik. Sedangkan dampaknya terhadap komunikasi interpersonal siswa, masih kurangnya memperhatikan komunikasi secara langsung dan menimbulkan rasa empati yang kurang. Kata Kunci : Dampak, Penggunaan Gadget, Komunikasi Interpersonal   ABSTRACT Along with the increasing use of gadgets, especially smartphones, researchers are interested in examining the use and impact of using gadgets on interpersonal communication. This study aims to determine the use of gadgets on student communication at SMK PAB 2 Helvetia. The research method used is quantitative method. The sampling technique and population used were students of SMK PAB 2 Helvetia class XII majoring in accounting, majoring in office administration/OTKP, and majoring in software engineering. Simple random sampling method was used to determine a sample of 60 students from 150 populations. The results of this study obtained fcount of 2.862. While ttable at a significance level of 5% with n = 60, then obtained ttable worth 2.001. The gadget variable has a significance level of 0.096 > 0.05 which means it is not significant. The results of the t-test were obtained with a value of 1.692 <2.001, then Ha was rejected and Ho was accepted. It can be concluded that there is no significant influence between gadgets on student communication at SMK PAB 2 Helvetia. Based on usage, using the uses and gratification theory, the use of gadgets is stated to be quite good. While the impact on students' interpersonal communication, there is still a lack of attention to direct communication and causes a lack of empathy. Keywords: Impact, Use of Gadgets, Interpersonal Communication
EFEK PERMAINAN GAME ONLINE MOBILE LEGEND TERHADAP MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI Anggraini, Sari; Sikumbang, Ahmad Thamrin; Harahap, Suheri
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 4 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v2i4.656

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana Efek Permainan Game Online Mobile Legend Terhadap Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara dengan teknik analisis kualitatif metode deskriptif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini Menunjukkan Game Online Mobile legend telah memberikan banyak efek kepada penggunanya yaitu efek positif dan efek negatif berdasarkan informasi yang didapatkan peneliti, efek yang diterima sesuai dengan penggunaan yang dilakukan oleh penggunanya sesuai dengan teori use and effect, diantaranya dapat meningkatkan kemampuan bahasa asing karena didalam game online mobile legend banyak istilah asing yang digunakan, lalu meningkatkan semangat belajar karena mobile legend dapat menghilangkan stres dan memberikan kesenangan karena kemenangan yang didapat saat bermain, berikutnya mobile legend dapat meningkatkan kemampuan komunikasi antar personal karena game ini berbasis kelompok dan bisa bermain dengan siapa saja, lalu mendapatkan hiburan karena rasa puas akan kemenangan dalam bermain membuat pemain mobile legend terhibur , sedangkan efek negatifnya antara lain  sering mengabaikan keadaan sekitar karena game mobile legend yang tidak bisa di pause saat bermain dan memerlukan fokus penggunanya, lalu boros waktu dan uang karena saat bermain diperlukan waktu yang lama serta memerlukan kuota atau fitur-fitur top up dalam mobile legend ini, dan mengalami gangguan tidur karena pemian yang sering berain pada malam hari agar menghindari gangguan. Kata Kunci : Game Online,  Mobile Legend, Mahasiswa.   ABSTRACT This research examines how the Effects of Mobile Legend Online Game Game on Students of the Communication Studies Study Program, Faculty of Social Sciences, UIN North Sumatra. This research was conducted at the Faculty of Social Sciences UIN North Sumatra with qualitative analysis techniques descriptive method with observation, interviews and documentation. The results of this study indicate that the Mobile Legend Online Game has had many effects on its users, namely positive effects and negative effects based on the information obtained by researchers, the effects received are in accordance with the use carried out by users in accordance with the use and effect theory, including being able to improve foreign language skills because in the online game mobile legend many foreign terms are used, then increase enthusiasm for learning because mobile legend can relieve stress and provide pleasure because of the wins you get while playing, next mobile legend can improve interpersonal communication skills because this game is group-based and can be played with anyone of course, then getting entertainment because the feeling of satisfaction with victory in playing keeps the mobile legend players entertained, while the negative effects include often ignoring the surrounding conditions because the mobile legend game cannot be paused while playing and requires n focus on the users, then waste of time and money because when playing it takes a long time and requires quota or top up features in this mobile legend, and experience sleep disturbances because players often play at night to avoid distractions. Keywords: Online Games, Mobile Legend, Students.
STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PEMERINTAH TINGGI KOTA TEBING TERHADAP ALOKASI BANTUAN SOSIAL KEPADA MASYARAKAT Damanik, Melani; Sumanti, Sholihah Titin; Abidin, Syahrul
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 4 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v2i4.657

Abstract

ABSTRAK Mengingat komunikasi berperan dalam menjembatani informasi terkait bansos yang akan disalurkan pemerintah kepada masyarakat melalui berbagai media. Manusia tidak lepas dari bantuan orang lain. Membuat pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menyeleksi siapa yang berhak menerima bantuan sosial yang disalurkan dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah. Dinas Sosial memiliki beberapa jenis bantuan sosial yaitu (PKH), (BPNT), (BDT), yang merupakan Program Bantuan dari Kementerian Sosial Pusat. Dan ada program bantuan dari Dinas Sosial Tebing Tinggi yaitu (PBP), (BBM) Bantuan Penyuluhan. Bantuan disalurkan sesuai dengan besarnya (APBN/APBN). Peneliti mengambil peneliti kualitatif, dapat disimpulkan bahwa fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana humas pemerintah dalam membentuk strategi komunikasi dalam mengalokasikan bansos kepada masyarakat Kota Tebing Tinggi. Apa dampak Humas pemerintah terhadap masyarakat dalam mengkomunikasikan alokasi bansos di Kota Tebing Tinggi. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Bakti Sosial, Pendampingan Sosial, Humas   ABSTRACT Given that communication plays a role in bridging information related to social assistance which the government will distribute to the public through various media. Humans can not be separated from the help of others. Making the government make various efforts to select who is entitled to receive social assistance that is channeled from the Central Government to the Regional Government. The Social Service has several types of social assistance, namely (PKH), (BPNT), (BDT), which are the Assistance Programs from the Central Ministry of Social Affairs. And there is an assistance program from the Tebing Tinggi Social Service, namely (PBP), (BBM) Extension Assistance. Assistance is distributed according to the amount (APBN/APBN). Researchers take qualitative researchers, it can be concluded that the focus of the problem in this study is how the government's public relations form a communication strategy in allocating social assistance to the people of Tebing Tinggi City. What is the impact of the government's public relations on the community in communicating the allocation of social assistance in Tebing Tinggi City. Keywords: Social Service Communication Strategy, Social Assistance, Public Relations
KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA BAGI ANAK PECANDU GAME FREE FIRE DI SDN 056018 BATANG SERANGAN Idris, Taufik; Rasyid, Abdul; Jamil, Khoirul
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 4 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v2i4.663

Abstract

ABSTRAK Komunikasi interpersonal merupakan sebuah proses penyampaian informasi baik antara seseorang dengan orang lain atau seseorang dengan kelompok kecil yang tentu saja mempengaruhi terjadinya komunikasi yang dilakukan. Hal ini dapat menjadi dasar dari penelitian ini dan dapat didefinisikan bahwa pemikiran ini tentang poin untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi yang dilakukan antara orang tua dengan anak yang ketergantungan bermain game online. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu mengumpulkan informasi secara spesifik dan menganalisis semua data dari berbagai sumber dalam menyusun untuk menyediakan informasi yang muncul dan memberikan realitas terkait dengan bagaimana proses komunikasi interpersonal antara orang tua pada anak yang bergantung pada game online FreeFire di SDN 056018 Batang Serangan Langkat. Dengan menggunakan teknik analisis data berupa triangulasi metode yang dimana digunakan untuk menggali kebenaran infomasi dengan berbagai sumber data dengan cara yang berbeda seperti dokumen, hasil observasi maupun hasil wawancara. Maka didapatkan hasil bahwa proses komunikasi interpersonal yang digunakan dapat berupa proses komunikasi dua arah dimana pada saat proses tersebut para orang tua memberikan pesan, informasi atau memberikan wejangan guna mendidik anak, sehingga sang anak yang merupakan komunikan dapat menerima pesan maupun informasi dengan baik dan dapat memberikan feedback. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal; Orang tua; Anak; Game Online.   ABSTRACT Interpersonal communication is a process of delivering information either between a person and another person or someone with a small group which of course affects the occurrence of communication. This can be the basis of this research and it can be defined that this thinking is about the point to find out how the communication process is carried out between parents and children who are addicted to playing online games. The method used is descriptive qualitative method, which collects information specifically and analyzes all data from various sources in compiling to provide information that appears and provides reality related to how the interpersonal communication process between parents and children who depend on FreeFire online games at SDN 056018 Rare Attack Rod. By using data analysis techniques in the form of triangulation methods which are used to explore the truth of information with various data sources in different ways such as documents, observations and interviews. Then it was found that the interpersonal communication process used could be a two-way communication process where at the time of the process the parents gave messages, information or gave advice to educate children, so that the child who is the communicant can receive messages and information properly and can provide feedback.                                                 Keywords: Interpersonal Communication; Parent; Child; Online game
PEMANFAATAN MEDIA E-LEARNING SEBAGAI WUJUD DARI MODERNISASI DALAM PENDIDIKAN Heldriyana, Risda; Firman; Ahmad, Riska
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 4 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v2i4.664

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memaparkan kajian tentang pemanfaatan media e-learning sebagai salah satu bentuk dari modernisasi dalam bidang pendidikan. modernisasi merupakan sesuatu yang alamiah terjadi dalam peradaban manusia dimana hal ini terjadi dikarenakan kehidupan manusia yang terus bergerak maju, modernisasi membawa banyak perubahan dalam kehidupan manusia salah satunya adalah mudahnya mencari informasi dan hal ini ditandai dengan perkembangan yang begitu pesat pada bidang teknologi informasi, dunia pendidikan tentunya tidak dapat lepas dari modernisasi ini, perkembangan teknologi informasi juga mempermudah dunia pendidikan, yaitu dengan memanfaatkan media e-learning sebagai salah satu media dalam menjalankan proses belajar mengajar. E-learning merupakan proses pembelajaran yang berbasis elektronik, media yang digunakan adalah jaringan komputer, perkembangan jaringan komputer dapat dikembangkan dengan berbasis web, dan kemudian dikembangkan ke jaringan komputer yang semakin luas yaitu internet, hal ini menunjukan sistem e-learning berbasis web dapat menjadi lebih interaktif, informasi yang didapat akan lebih cepat dan nyata, Pemanfaatan e-learning sebagai salah satu media dalam pembelajaran tentunya sangat mempermudah dalam proses belajar mengajar, namun terdapat pula dampak-dampak negatif dari penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran. Kata kunci: E-learning; Modernisasi; Pendidikan Absctrak This article aims to describe a study on the use of e-learning media as a form of modernization in the field of education. modernization is something that naturally occurs in human civilization where this happens because human life continues to move forward, modernization brings many changes in human life, one of which is the ease of finding information and this is marked by rapid developments in the field of information technology, the world of education. Of course, it cannot be separated from this modernization, the development of information technology also facilitates the world of education, namely by utilizing e-learning media as one of the media in carrying out the teaching and learning process. e-learning is an electronic-based learning process, the media used is a computer network, the development of computer networks can be developed on a web-based basis, and then developed into an increasingly wider computer network, namely the internet, this shows that web-based e-learning systems can become more sophisticated. interactive, the information obtained will be faster and more real, the use of e-learning as a medium in learning is certainly very easy in the teaching and learning process, but there are also negative impacts from the use of e-learning as a e-learning medium. Keywords: e-learning, modernization, education
PENERIMAAN DIRI REMAJA BROKEN HOME MELALUI PENDEKATAN KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY: PENERIMAAN DIRI REMAJA BROKEN HOME MELALUI PENDEKATAN KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY mustika, humaira; Netrawati; Karneli, Yeni
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 4 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v2i4.666

Abstract

ABSTRAK Artikel ini bertujuan untuk memaparkan kajian tentang penerimaan diri remaja melalui pendekatan konseling kelompok yaitu dengan mengunakan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT). Bimbingan dan konseling memiliki beberapa layanan dalam membantu siswa mengentaskan masalah pada Remaja Broken Home salah satu layanan yang digunakan guru BK adalah layanan konseling kelompok dalam pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) yang bertujuan untuk membantu penerimaan diri remaja broken home.Berdasarkan penelitian literature studi pustaka mengenai Rational Emotive Behaviour Therapy dalam Membantu Penerimaan Diri Remaja Broken Home Melalui Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : Hasil dari proses Penelitian literature studi pustaka dengan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy dalam Meningkatkan Penerimaan Diri Remaja Broken Home Melalui Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy mampu mengatasi penerimaan diri negatif yang diakibatkan oleh keluarganya yang mengalami broken home sehingga membuat pola pikir konseli irrasional menjadi pola pikir yang logis dan rasional sehingga konseli dapat lebih tenang dalam menjalani dan menerima kondisi keluarganya yang sekarang. Kata Kunci : Penerimaan Diri Remaja Broken Home, Pendekatan Konseling Kelompok (REBT)   ABSTRACT This article aims to describe the study of adolescent self-acceptance through a group counseling approach using the Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) approach. Guidance and counseling has several services in helping students overcome problems in Broken Home Teens. One of the services used by BK teachers is group counseling services in the Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) approach which aims to help self-acceptance of broken home teenagers. Based on literature research, literature studies Regarding Rational Emotive Behavior Therapy in Helping Self-Acceptance of Broken Home Adolescents Through the Rational Emotive Behavior Therapy Approach that has been carried out, it can be concluded that: The results of the literature research process using the Rational Emotive Behavior Therapy approach in Improving Self-Acceptance of Broken Home Teens Through the Rational Emotive Approach Behavior Therapy is able to overcome the negative self-acceptance caused by his family experiencing a broken home so as to make the counselee's irrational mindset into a logical and rational mindset so that the counselee can be more calm. g in living and accepting the current condition of his family. Keywords: Broken Home Adolescent Self-Acceptance, Group Counseling Approach (REBT)
HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM (TARBIYAH, TA’LIM DAN TA’DIB) Wati, Mila; Fazira, Era; Fachruf, Abdul
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 4 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v2i4.721

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui tarbiyah, ta’lim dan ta’dib. Berbeda konsep dan ide menunjukkan bahwa isu-isu dalam pendidikan Islam adalah tak ada habisnya. Perkembangan peradaban manusia dan temuan baru di bidang ini akan mempengaruhi arah, orientasi, bentuk dan system dari pendidikan Islam. Hal ini membawa para pendidik untuk melihat secara mendalam konsep pendidikan yang telah aplikatif dan dapat diandalkan untuk beberapa waktu. Penggunaan istilah ‘tarbiah, meskipun sudah meluas digunakan, tampaknya menjadi masalah kontroversial. Beberapa Islam kontemporer para pendidik cenderung menggunakan istilah ta’dib daripada tarbiyah. Di dalamnya struktur konseptual ta’dib telah mencakup unsur-unsur ilmu pengetahuan (‘Ilm), pengajaran (ta’lim) dan pendidikan yang baik (tarbiyah). Oleh karena itu, ta'dib adalah istilah yang paling tepat dan tepat untuk menunjukkan pendidikan Islam Kata kunci: Pendidikan Islam, tarbiyah, ta’lim, ta’dib. ABSTRACT The purpose of this paper is to know tarbiyah, ta'lim and ta'dib. Different concepts and ideas show that the issues in Islamic education are endless. The development of human civilization and new findings in this field will influence the direction, orientation, form and system of Islamic education. This brings educators to take an in-depth look at educational concepts that have been applicable and reliable for some time. The use of the term 'tarbiah, although it is widely used, seems to be a controversial issue. Some contemporary Islamic educators tend to use the term ta'dib rather than tarbiyah. In it the conceptual structure of ta'dib includes elements of science ('Ilm), teaching (ta'lim) and good education (tarbiyah). Therefore, ta'dib is the most appropriate and appropriate term to denote Islamic education Keywords: Islamic education, tarbiyah, ta'lim, ta'dib.
EFEKTIVITAS LAYANAN ORIENTASI SECARA DARING DAN LURING TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA DI MAN KISARAN Prayoga, Jimmy; Mahidin; Siregar, Alfin
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 4 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v2i4.722

Abstract

ABSTRAK Penyesuaian diri adalah kemampuan individu untuk menyikapi dan mengatasi hal-hal baru yang membangun hubungan yang baik dan serasi antara individu dengan lingkungan disekitarnya. Pelaksanaan layanan orientasi secara daring tetap dilaksanakan oleh guru BK melalui aplikasi konseling walaupun terdapat beberapa kendala yang harus dialami oleh guru BK dan siswa itu sendiri. penyesuaian diri layanan orientasi secara luring dan daring itu dilaksanakan secara berbeda, terdapat beberapa kendala saat melaksanakan layanan orientasi pada masa pandemi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namum guru BK tetap memberikan layanan BK karena kodrat guru BK adalah mengentaskan permasalahan siswa, baik dalam belajar, pengenalan lingkungan, penyesuaian diri siswa terhadap teman dan lingkungan sekitar, dan lain sebagainya. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Kisaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitiannya adalah 120 siswa dan sampelnya adalah 89 siswa. metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. F Change < 0,05 (0,000 < 0,05). Ho pada penelitian ini ditolak dan Ha diterima. Artinya layanan orientasi secara luring dan daring efektif terhadap penyesuaian diri siswa di MAN Kisaran. Dan dari hasil pengujian hipotesis tersebut dapat dikatakan bahwa data tersebut berkolerasi sedang. Kata Kunci : Layanan Orientasi; Luring; Daring; Penyesuaian Diri; ABSTRACT Self-adjustment is the individual's ability to respond to and overcome new things that build a good and harmonious relationship between the individual and the surrounding environment. The implementation of online orientation services is still carried out by BK teachers through counseling applications, although there are several obstacles that must be experienced by BK teachers and students themselves. the adjustment of offline and online orientation services was carried out differently, there were several obstacles when carrying out orientation services during the pandemic as described previously. However, BK teachers continue to provide BK services because the nature of BK teachers is to alleviate student problems, both in learning, introduction to the environment, adjustment of students to friends and the surrounding environment, and so on. This research was conducted at MAN Kisaran. This research uses correlational quantitative method. The research population is 120 students and the sample is 89 students. Data collection methods used are questionnaires or questionnaires, observation and documentation. Data analysis techniques used are normality test, homogeneity test, linearity test and hypothesis testing. Based on the results of hypothesis testing, the value of sig. F Change < 0.05 (0.000 < 0.05). Ho in this study is rejected and Ha is accepted. This means that offline and online orientation services are effective for students' adjustment at MAN Kisaran. And from the results of testing the hypothesis, it can be said that the data is moderately correlated. Keywords: Orientation Service; Offline; Online; Adjustment;

Page 1 of 1 | Total Record : 10