cover
Contact Name
Dwi Noviana Komsi
Contact Email
dwinovianakomsi@uin-al-azhaar.ac.id
Phone
+6285267921835
Journal Mail Official
muhafadzah@uin-al-azhaar.ac.id
Editorial Address
Jl. Pelita No. 364 RT. 07 Kel. Pelita Jaya Kec. Lubuklinggau Barat I Kota Lubuklinggau
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
ISSN : 28278011     EISSN : 27751112     DOI : https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v4i1
Core Subject : Education, Social,
Muhafadzah, merupakan Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam yang diterbitkan dua kali dalam tahun oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar Lubuklinggau . Jurnal ini fokus pada hasil penelitian dan artikel ilmiah yang terkait bidang bimbingan konseling, khususnya terkonsentrasi pada lembaga pendidikan Islam, namun tetap memberikan porsi terhadap isu-isu bimbingan konseling di masyarakat. Karya Ilmiah yang diterbitkan pada Jurnal Muhafadzah mencakup aspek bimbingan dan konseling yang didalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan, religius, agama dan sosial yang dapat memberikan pencerahan dan pembaharuan paradigma secara luas bagi masyarakat. Redaksi menerima karya ilmiah yang belum pernah di publikasikan di media cetak manapun baik secara online ataupun offline.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2024): Mei 2024, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam" : 6 Documents clear
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MA ULIN NUHA LUBUKLINGGAU Aini, Jannatun; Nurmal, Ifnaldi; Wahyudi, Edi
MUHAFADZAH: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam Vol 4 No 2 (2024): Mei 2024, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In undergoing the learning process students neet help and guidance of others. the teachers in all the teachings given effectively implied a form of guidance. in the process of education and teaching of students can not be separated from the problem, this can be anticipated through learning guedance and counseling in order to foster student achievement that receives low learning outcomes. student learning achievement must be improved in order to obtain maximum learning results. this lack of learning achievement is a problem that has plagued many students at school in general. The purpose of this study was to prove the presence or absence of the influence of tutoring and learning counseling on the learning achievement of eleven grade students of Lubuklinggau. in this case the hypothesis there is a significant influence of learning guidance and counseling on student learning achievement. so ho was refused and ha was accepted. then there is an influence between guidance and learning counseling on learning achievement of XI grade students MA Lubuklinggau is 0.013 < 0.05. at the error level of 5% Siswa memerlukan bantuan dan bimbingan orang lain selama proses pembelajaran. Secara efektif, guru menyiratkan bimbingan dalam proses pendidikan dan pengajaran siswa tidak lepas dari masalah. Hal ini dapat diantisipasi melalui bimbingan dan konseling untuk meningkatkan prestasi siswa dengan hasil belajar rendah. Untuk memaksimalkan hasil belajar, prestasi belajar siswa harus ditingkatkan. Banyak siswa di sekolah menghadapi masalah kurangnya prestasi belajar ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh bimbingan belajar dan konseling pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Lubuklinggau. dalam hal ini hipotesisnya terdapat pengaruh signifikan pembelajaran bimbingan dan konseling terhadap prestasi belajar siswa. jadi ho ditolak dan ha diterima. maka terdapat pengaruh antara bimbingan dan pembelajaran konseling terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MA Lubuklinggau adalah 0,013 < 0,05. pada tingkat kesalahan 5%
MENGATASI KESULITAN HIDUP DENGAN NILAI-NILAI SURAH AL-INSYIRAH: PERSPEKTIF BIMBINGAN KONSELING Wulandari, Tri; Saputra, Hasep; Harahap, Emmi Kholilah
MUHAFADZAH: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam Vol 4 No 2 (2024): Mei 2024, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study focuses on the application of the values of Surah Al-Insyirah in counseling guidance to help individuals overcome life's difficulties. Life's difficulties are an indispensable part of the human journey that requires mental, emotional, and spiritual resilience. In the modern context, the pressures of life are increasingly complex with challenges such as work, social relationships, health, and the economy. Effective counseling guidance can help overcome such difficulties, and approaches that incorporate spiritual values are often more effective in providing inner peace and long-term solutions. Surah Al-Insyirah, which was revealed to give encouragement and motivation to the Prophet Muhammad, contains important messages about optimism, firmness of faith, and trust in Allah SWT. This research uses descriptive method with library research approach, collecting and analyzing data from various relevant literature. The results showed that the values in Surah Al-Insyirah can be applied in counseling guidance through techniques such as relaxation, meditation, journaling, group guidance, and spiritual activities. This approach not only helps clients better deal with difficulties but also strengthens their mental and spiritual resilience. The integration of the values of Surah Al-Insyirah in counseling guidance provides a holistic dimension that enriches the counseling process and provides more in-depth support for the client. Penelitian ini berfokus pada penerapan nilai-nilai dari Surah Al-Insyirah dalam bimbingan konseling untuk membantu individu mengatasi kesulitan hidup. Kesulitan hidup adalah bagian tak terpisahkan dari perjalanan manusia yang memerlukan ketahanan mental, emosional, dan spiritual. Dalam konteks modern, tekanan hidup semakin kompleks dengan berbagai tantangan seperti pekerjaan, hubungan sosial, kesehatan, dan ekonomi. Bimbingan konseling efektif dapat membantu mengatasi kesulitan tersebut, dan pendekatan yang menggabungkan nilai-nilai spiritual seringkali lebih efektif dalam memberikan ketenangan batin dan solusi jangka panjang. Surah Al-Insyirah, yang diturunkan untuk memberikan semangat dan motivasi kepada Nabi Muhammad SAW, mengandung pesan-pesan penting tentang optimisme, keteguhan iman, dan tawakal kepada Allah SWT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan library research, mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai dalam Surah Al-Insyirah dapat diterapkan dalam bimbingan konseling melalui teknik-teknik seperti relaksasi, meditasi, journaling, bimbingan kelompok, dan aktivitas spiritual. Pendekatan ini tidak hanya membantu klien menghadapi kesulitan dengan lebih baik tetapi juga memperkuat ketahanan mental dan spiritual mereka. Integrasi nilai-nilai Surah Al-Insyirah dalam bimbingan konseling memberikan dimensi holistik yang memperkaya proses konseling dan memberikan dukungan yang lebih mendalam bagi klien.
PENGARUH FORUM GENERASI BERENCANA (GENRE) LUBUKLINGGAU DALAM PENCEGAHAN PERNIKAHAN DINI PADA PUSAT INFORMASI KONSELING REMAJA (PIK-R) SMK YADIKA LUBUKLINGGAU Rahmawati, Desti; Seplyana, Desy; Ikrom, Muhammad
MUHAFADZAH: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam Vol 4 No 2 (2024): Mei 2024, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengaruh Signifikan Forum Generasi Berencana dalam Pencegahan Pernikahan Dini Pada Anggota Pusat Informasmi Konseling Remaja di SMK Yadika Lubuklinggau. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi Forum GenRe dalam menyampaikan program Pendewasaan Pernikahan Dini pada PIK-R, bagaimana perilaku seks pada siswa/i anggota PIK-R, dan adakah pengaruh Forum GenRe terhadap Pencegahan Pernikahan Dini pada siswa/i anggota PIK-R di SMK Yadika. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis statistik dengan rumus product moment atau korelasi sederhana, populasi penelitian merupakan siswa anggota PIK-R SMK Yadika, sedangkan sampel penelitian diambil dari setengah jumlah populasi yaitu berjumlah 40 orang yang terdiri dari kelas X,XI,XII SMK Yadika Lubuklinggau. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik. Setelah diadakan analisis statistik menggunakan rumus product moment ternyata Pengaruh Forum GenRe dalam Pencegahan Pernikahan Dini Pada PIK-R SMK Yadika tidak bertanda negatif, artinya antara keduanya memiliki korelasi positif. Adapun hasil rxy sebesar 0,69. Setelah dikonsultasikan dengan r tabel ternyata 0,69 berada pada interval 0,61-0,80 artinya tingkat religiusitas memiliki pengaruh yang kuat atau tinggi terhadap sikap pencegahan pernikahan dini.
PROFIL KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA AKHIR PADA TINGKAT MAHASISWA Ervina, Dina; Nurhandayani, Nurhandayani
MUHAFADZAH: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam Vol 4 No 2 (2024): Mei 2024, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

A single paragraph of about 200 words maximum. For research articles, abstracts should give a pertinent overview of the work. We strongly encourage authors to use the following style of structured abstracts, but without headings: Background: Place the question addressed in a broad context and highlight the purpose of the study; Purpose of the study: Identify the purpose and objective of the study; Method: Describe briefly the main methods or theoretical framework applied; Result: Summarize the article's main findings; and Conclusions: Indicate the main conclusions or interpretations Perkembangan emosional ini telah berkembang sejak anak-anak. Kemampuan untuk bereaksi secara emosional sudah ada pada bayi, gejala pertama prilaku emosional ialah keterangsangan umum terhadap stimulus yang kuat. Namun, sering meningkatnya usia, maka reaksi emosional seseorang anak akan menjadi kurang menyebar. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengatur kehidupan dan memahami emosi atau emosi orang lain, motivasi dan kemampuan sosial-pribadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran profil kecerdasan emosional yang ada pada mahasiswa. Remaja akhir yang memiliki kemampuan emosi yang baik mampu merasakan, menerima, memahami dan membangun emosi dengan baik, serta dapat memotivasi diri sendiri dan orang lain Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaf. Hasilnya menunjukan bahwa rata-rata mahasiswa yang ada di prodi BKI IAI Al Azhaar berada pada kategori sedang yaitu dengan persentase 72%. Sedangkan yang berada pada kategori tinggi hanya sedikit dengan persentase 20% dan yang berada pada kategori rendah hanya 8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa remaja yang berada pada kategori tinggi, sedang, dan rendah harus dapat lebih mengembangkan dalam kecerdsaan emosional dalam kehidupan pribadi maupun dalam kehidupan sosial.
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSI ANAK SEKOLAH DASAR USIA 10 - 12 TAHUN Mabruria, Arni; Fikri, Abdullah
MUHAFADZAH: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam Vol 4 No 2 (2024): Mei 2024, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Parenting has an important role in improving children's emotional intelligence. For this reason, this study generally aims to measure how much influence parenting patterns have on children's emotional intelligence. The respondents of this study amounted to 126 people, namely the child's spouse and his mother, where the child under study was aged between 10-12 years. The sampling technique in this study used non-probability sampling techniques. This research instrument is a parenting scale from the Parental Authority Questionnaire (PAQ) and an emotional intelligence scale from the Emotional Intelligence Questionnaire Child Short Form (TEIQue-CSF). Pola asuh orang tua memiliki peran penting dalam meningkatkan kecerdasan emosi anak. Untuk itu, penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosi anak. Responden penelitian ini berjumlah 126 orang yakni pasangan anak dan ibunya, dimana anak yang diteliti tersebut berusia antara 10-12 tahun. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling. Instrumen penelitian ini ialah skala pola asuh dari Parental Authority Questionnaire (PAQ) dan skala kecerdasan emosi dari Emotional Intelligence Questionnaire Child Short Form (TEIQue-CSF).
IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA DI SMPIT AN-NIDA Seprianto, Seprianto; Fadila, Fadila; Ristianti, Dina Hajja; Azwar, Beni
MUHAFADZAH: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam Vol 4 No 2 (2024): Mei 2024, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v4i2.690

Abstract

Psychological well-being of adolescents is an important concern in the context of today's globalization, including in Indonesia, where social changes, technology, and complex life demands have the potential to affect their psychological well-being. This study aims to investigate the implementation of guidance and counseling services at SMPIT An-Nida' in Lubuklinggau City in achieving students' psychological well-being. This study uses a field research approach with a qualitative approach. Primary data were collected through observation, interviews, and documentation at SMPIT An-Nida'. Secondary data include information related to school policies and documentation of student activities. The profile of students' psychological well-being at SMPIT An-Nida' shows that the majority of students have high levels of joy and life satisfaction. However, some students face challenges related to academic and social stress. The implementation of guidance and counseling services is effective in improving psychological well-being, with a holistic approach that includes individual and group services and self-development strategies. Kesejahteraan psikologis remaja menjadi perhatian penting dalam konteks globalisasi saat ini, termasuk di Indonesia, di mana perubahan sosial, teknologi, dan tuntutan hidup kompleks berpotensi memengaruhi kesejahteraan psikologis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi layanan bimbingan konseling di SMPIT An-Nida' Kota Lubuklinggau dalam mencapai kesejahteraan psikologis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan field research dengan pendekatan kualitatif. Data primer dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di SMPIT An-Nida'. Data sekunder meliputi informasi terkait kebijakan sekolah dan dokumentasi aktivitas siswa. Profil kesejahteraan psikologis siswa di SMPIT An-Nida' menunjukkan mayoritas siswa memiliki keceriaan dan kepuasan hidup yang tinggi. Meskipun demikian, beberapa siswa menghadapi tantangan terkait stres akademik dan sosial. Implementasi layanan bimbingan konseling efektif dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis, dengan pendekatan holistik yang mencakup layanan individu dan kelompok serta strategi pengembangan diri.

Page 1 of 1 | Total Record : 6