cover
Contact Name
Frinawaty Lestarina Barus
Contact Email
frinabarus@ymail.com
Phone
+6281376362755
Journal Mail Official
basastra@gmail.com
Editorial Address
Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23015926     EISSN : 2579793X     DOI : https://doi.org/10.24114/bss.v9i2
Core Subject : Education,
Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT EDITORIAL TEAM VISITORS STATISTICS REVIEWER PUBLICATION ETIC JOURNAL HISTORY AUTHOR GUIDELINES Home > About the Journal > Editorial Policies Editorial Policies Focus and Scope Section Policies Open Access Policy ETIKA PUBLIKASI Focus and Scope Jurnal Basastra adalah jurnal yang bergerak dibidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Unversitas Negeri Medan. Jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 1 (2025): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA" : 8 Documents clear
BATIK: BAHAN AJAR DIGITAL BIPA BERMUATAN BUDAYA PEKALONGAN UNTUK PEMELAJAR BIPA 1 Diah Puspitaningrum; Prameswari, Tri Hana; Hana, Antika Bela Laelatun
BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 14 No. 1 (2025): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran BIPA bagi mahasiswa asing digunakan sebagai bekal awal pengetahuan bahasa dan budaya Indonesia dalam upaya membantu adaptasi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan bahan ajar digital yang memuat budaya lokal Pekalongan bagi mahasiswa BIPA 1. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan metodologi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Pengembangan BATIK (Bahan Ajar BIPA Terpadu Bahasa Indonesia) dikembangkan menggunakan situs Google dengan memuat sepuluh materi sesuai dengan kompetensi yang dikuasai BIPA 1. Budaya lokal Pekalongan meliputi penggunaan nama orang dan daerah, penggunaan sapaan khas dan sistem kekerabatan, memberikan informasi budaya Pekalongan, tempat wisata dengan pengetahuan sosial budaya, tradisi khas dan etika santun. Bahan ajar digital dikembangkan dengan mendeskripsikan materi berdasarkan empat keterampilan berbahasa. Soal dan latihan dikembangkan dengan aplikasi digital yang dapat langsung mencatat jawaban dan memberikan nilai.
ANALISIS TOKOK NOVEL SALAH ASUHAN KARYA ABDOEL MOEIS PERSPKETIF ALIRAN FILSAFAT EKSISTENSIALISME Trisnawati; Syihabuddin; Nina; Stella Talitha; Muhammad Bujaya; Arianto; Rika Kustina; Barkatun Nisa Alfia
BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 14 No. 1 (2025): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tokoh dalam novel salah asuhan karya Abdoel Moeis. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah analisis isi dan analisis data pada tokoh Hanafi dalam novel salah asuhan. Data penelitian dikaji berdasarkan filsafat eksistensialisme yaitu dilihat dari segi aspek tokoh dari berbagai ahli filsafat yaitu (1) Krisis identitas dan kebebasan memilih, (2) Konflik batin dan keterasingan (alienasi) , (3) Pertanggungjawaban atas keputusan, (4) Makna hidup dan absurditas. Hasil analisis yaitu memberikan gambaran kepada pembaca untuk menerima absurditas kehidupan sambil tetap menjalani hidup dengan kesadaran penuh. Individu diharapkan memahami bahwa kebebasan selalu disertai dengan tanggung jawab atas setiap keputusan yang diambil. Selain itu, penting untuk menjaga keseimbangan identitas budaya dengan tetap menghormati serta mempertahankan nilai-nilai tradisional. Dengan demikian, seseorang dapat mempertahankan identitasnya tanpa merasa terasing, serta menghindari sikap yang menganggap suatu budaya lebih unggul atau lebih rendah dari yang lain. Eksistensialisme menekankan bahwa makna hidup harus ditemukan dari dalam diri sendiri, bukan hanya berdasarkan standar atau nilai eksternal. Oleh karena itu, pembaca dianjurkan untuk tetap bersikap kritis terhadap perubahan budaya, agar tidak kehilangan jati diri dalam menghadapi dunia yang terus berkembang. Kata Kunci: Analisis Tokoh, Novel, Filsafat Eksistensialisme
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ASPEK KETERAMPILAN MENYIMAK BERBANTUAN POWTOON Febriana, Ika; Siregar, Mustika Wati; Rosmaini
BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 14 No. 1 (2025): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan utama penelitian ini ialah mengembangkan perangkat bahan ajar bagi mata kuliah Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan menyimak yang inovatif dan interaktif dengan memanfaatkan aplikasi Powtoon. Penelitian ini dilandasi oleh minimnya ketersediaan bahan ajar yang relevan dan adaptif terhadap kebutuhan mahasiswa dalam memahami konsep penilaian menyimak. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tujuh tahapan, meliputi analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba produk, dan penyempurnaan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan sangat baik berdasarkan validasi ahli materi, bahasa, dan media, serta respons positif dari mahasiswa. Rata-rata tingkat kelayakan produk mencapai 87,43%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bahan ajar berbantuan Powtoon layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pemahaman mahasiswa terhadap penilaian keterampilan menyimak. Kata kunci: bahan ajar, penilaian, menyimak, pengembangan, Powtoon.
Toponimi Wilayah di Kecamatan Lau Kabupaten Maros (Kajian Antropolinguistik) Khaerun Nisa; Fitrawahyudi; Aryanti; Kasmawati
BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 14 No. 1 (2025): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Toponymy serves as a bridge to explore and rediscover knowledge related to past history. This is because the exploration of the naming of a place cannot be separated from the historical background, events, stories, myths, culture, and figures that shaped the place, which can provide valuable lessons for the community. This study aims to examine the cultural meaning of regional naming in Lau sub-district, Maros Regency, using a qualitative descriptive approach. Data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. Meanwhile, data analysis used the Miles and Huberman model of qualitative data analysis techniques, which included interview transcriptions, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the cultural meaning of regional naming in Lau sub-district is very diverse, including names formed from historical events and honoring important figures such as Lemo-lemo, Bonto Kadatto, Tamala'lang, Baru-Baru, Soreang, Marana, and Bonto Rea. Names derived from geographical references and natural characteristics, such asKa'ne-Ka'ne, Kalumpang, Bonto Manai, Balange, Bonto Maero, Bonto Cabu, Bonto Kadatto and so on, as well as names rooted in local culture and traditions, such as Macoa, Garonggong, Pemelakkang Jenne, Bonto Te'ne, Sampobia, and so on.
ANALISIS STRUKTUR FISIK DAN BATIN PADA PUISI “MANGROVE YANG TERSISA” KARYA YULISMAR Alma Aqilah Ramadhani; Annisa Aprilia Haque; Nayla Oktavia; Dian Hartati
BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 14 No. 1 (2025): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi keprihatinan terhadap kondisi penurunan ekosistem mangrove, khususnya di wilayah Batam yang tercermin dalam karya sastra puisi“Mangrove Yang Tersisa” karya Yulismar. Tujuan penelitian untuk menganalisis unsur fisik dan batin puisi tersebut guna memahami makna dan perasaan yang terkandung didalamnya. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan struktural. Data dikumpulkan melalui membaca dan mencatat bagian teks sesuai dengan penelitian, kemudian dianalisis menggunakan reduksi data. Hasil penelitian puisi “Mangrove Yang Tersisa” karya Yulismar menunjukkan struktur fisik berupa (1) Diksi menggambarkan tentang lingkungan/keberadaan mangrove, (2) Pengimajian berupa auditif, visual, dan taktil, (3) Kata konkret menggambarkan suasana alami ekosistem mangrove, seperti suasana pesisir dan kondisi ekosistem mangrove, (4) Majas berupa personifikasi, metafora, hingga repetisi, (5) Versifikasi dengan rima bebas dan ritme bervariasi, (6) Tata wajah dengan tipografi rata tengah dan enjambemen yang memperkuat gambaran emosional terkait lingkungan mangrove. Struktur batin puisi menunjukkan (1) Tema tentang kondisi ekosistem mangrove yang hilang, (2) Perasaan sedih, prihatin, dan harapan, (3) Nada puisi berubah dari lembut, cemas, dan keprihatinan bercampur harapan kuat, (4) Amanat tentang pentingnya menjaga dan melestarikan hutan mangrove. Kata kunci: Puisi, struktur fisik dan batin, ekosistem mangrove
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KONTEN DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAHASA PRODUKTIF MAHASISWA Siregar, Mustika Wati; Tri Indah Prasasti
BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 14 No. 1 (2025): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Transformasi teknologi digital menghasilkan implikasi penting dalam pendidikan, terutama pada pembelajaran keterampilan bahasa produktif yang mengharuskan mahasiswa mampu berkomunikasi secara lancar, kreatif, dan akurat. Namun, proses pembelajaran masih dominan menggunakan metode ceramah dan belum mengoptimalkan pemanfaatan media digital. Penelitian ini dirancang untuk menguji peran konten digital terhadap peningkatan keterampilan berbahasa produktif mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan melalui penggunaan konten digital, sedangkan kelompok kontrol belajar dengan metode ceramah. Data diperoleh dari hasil tes keterampilan bahasa produktif mahasiswa dan diolah melalui analisis statistik untuk melihat variasi capaian kedua kelompok. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kelompok eksperimen memperoleh peningkatan dalam hal kefasihan, kreativitas, dan akurasi berbahasa dibandingkan kelompok kontrol. Data penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan konten digital dapat dijadikan strategi efektif yang sesuai dengan profil generasi digital sekaligus memperkuat implementasi Outcome-Based Education. Integrasi media digital dalam pengajaran keterampilan bahasa produktif berperan penting tidak hanya dalam memperkuat kompetensi mahasiswa, tetapi juga dalam membina mahasiswa serta menjawab tuntutan komunikasi akademik dan profesional di era global. Kata kunci: Efektivitas; Konten Digital; Bahasa Produktif
AMBIGUITAS LEKSIKAL PADA UNDANG-UNDANG RI NOMOR 11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA Utami, Nur Hadinda; Gustianingsih; Bangun, Pribadi
BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 14 No. 1 (2025): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan artikel “Ambiguitas Leksikal pada Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja” ini dilatarbelakangi ditemukan ambiguitas dalam undang-undang yang dapat menyebabkan ketidakpastian dan kebingungan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dan membuat sulit pengadilan untuk memutuskan perkara. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan ambiguitas leksikal pada UU Cipta Kerja dalam upaya memberikan kontribusi pada pengembangan hukum, terutama terkait dengan pemahaman tentang makna dan interpretasi UU Cipta Kerja. Data dalam penelitian ini berupa kata dan frasa yang mengandung ambiguitas leksikal. Data kemungkinan dianalisis menggunakan metode agih dengan teknik analisis teknik ganti. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 16 data yang mengandung ambiguitas leksikal dalam UU Cipta Kerja. Namun yang dibahas dalam penelitian ini adalah delapan data. Empat data merupakan ambiguitas lokal dan empat data lainnya merupakan ambiguitas referensi. Kata Kunci : Semantik, Ambiguitas Leksikal, UU Cipta Kerja
PENGEMBANGAN MODUL AJAR INOVATIF BERBASIS ETNOBUDAYA BATAK TOBA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA Purba, Nancy Angelia; Eva Pratiwi Pane; Jennifer Demi Arta Simamora
BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 14 No. 1 (2025): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study was motivated by the low level of cultural literacy among PGSD UHKBPNP students concerning Batak Toba culture, due to the lack of teaching materials integrating local values. The objective of this research is to develop an innovative teaching module based on Batak Toba ethnoculture to enhance students’ cultural literacy. The research employed a development method using the Nieveen, McKenney, and Van den Akker model, which consists of three stages: preliminary, development, and evaluation. The research instruments included expert validation sheets and cultural literacy tests (pretest–posttest) administered to 45 PGSD students enrolled in the Advanced Indonesian Language Learning course. Validation results by experts indicated that the module achieved an average score of 88.5%, categorized as very good. Effectiveness testing using n-gain analysis showed a significant improvement in students’ cultural literacy, with average pretest and posttest scores of 56.2 and 82.4, respectively, and an n-gain value of 0.59 (medium–high category). These findings demonstrate that the innovative Batak Toba ethnocultural-based teaching module is valid, practical, and effective in improving students’ cultural literacy. The development of this module contributes to strengthening students’ cultural identity and supports the preservation of local culture in the globalization era. Keywords: Teaching module, Batak Toba ethnoculture, Cultural literacy

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 14 No. 1 (2025): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 13 No. 3 (2024): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 13, No 2 (2024): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 13 No. 2 (2024): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 13, No 1 (2024): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 3 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 2 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 1 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 3 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 3 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 3 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra More Issue