cover
Contact Name
R. Ahmad Zaky El Islami
Contact Email
zakyislami@untirta.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jskkm.gmpi@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Citra Gading Blok C5 No.14 RT 05/05 Kel. Cilaku, Kec. Curug, Kota Serang, Provinsi Banten, Indonesia, Post Code 42121
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Studi Kasus Kegiatan Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 30248620     DOI : 10.53889/jskkm.v2i2.441
Core Subject : Social,
Jurnal Studi Kasus Kegiatan Masyarakat publishes case study articles on community activities in both villages and cities, both economically productive and economically unproductive communities. Jurnal Studi Kasus Kegiatan Masyarakat is published byGemilang Maju Publikasi Ilmiah (GMPI). Jurnal Studi Kasus Kegiatan Masyarakat has been a member of Crossref since 2023 with the prefix 10.53889. So that all articles published by Jurnal Studi Kasus Kegiatan Masyarakat will have a DOI number starting Vol.1, No.1, August 2023. Jurnal Studi Kasus Kegiatan Masyarakat menggunakan software "Turnitin" uses "Turnitin" software to check plagiarism for every article published.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2025)" : 2 Documents clear
Pelatihan Batik Lukis Berbasis Kearifan Lokal sebagai Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Stabilitas Emosi Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Studi Kasus di Salah Satu SD Negeri di Indramayu, Indonesia Rahmawati, Rahmawati; Candrasari, MC Wara; Fitri, Ayu Ning Cahya; Maulina, Fitria Esa; Nurhadi, Khannisa Siti
Jurnal Studi Kasus Kegiatan Masyarakat Vol 3, No 2 (2025)
Publisher : Gemilang Maju Publikasi Ilmiah (GMPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53889/jskkm.v3i2.711

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan batik lukis berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kepercayaan diri dan stabilitas emosi siswa sekolah dasar. Kegiatan dilaksanakan di sakah satu SDN di Bantarwaru, Indonesia pada kelas 6. Kepercayaan diri dan stabilitas emosi merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia sekolah dasar. Kurangnya stimulasi kreatif dan aktivitas seni yang berbasis budaya lokal dapat berdampak pada rendahnya rasa percaya diri dan ketidakstabilan emosi siswa. Metode yang digunakan studi kasusĀ denganĀ menerapkanĀ pelatihan teori dan praktik batik lukis, diikuti dengan sesi refleksi untuk mengevaluasi dampak kegiatan terhadap siswa. Hasil pelaksanaan kegiatan dapat membantu siswa lebih berani mengekspresikan diri, merasa bangga terhadap karya yang dihasilkan, serta lebih mampu mengelola emosi mereka. Pelatihan keterampilan batik lukis berbasis kearifan lokal dapat menjadi salah satu solusi edukatif yang efektif dalam mendukung perkembangan psikososial anak sejak dini.
Studi Kasus Intrinsic Cognitive Load Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Penyelesaian Tugas Akhir Berupa Pengembangan Media Pembelajaran Digital Survani, Rifki; Fitriana, Desi Eka Nur; Ratnasari, Dwi
Jurnal Studi Kasus Kegiatan Masyarakat Vol 3, No 2 (2025)
Publisher : Gemilang Maju Publikasi Ilmiah (GMPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53889/jskkm.v3i2.744

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat intrinsic cognitive load (ICL) mahasiswa calon guru biologi dalam penyelesaian tugas akhir berupa pengembangan media pembelajaran digital serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi ICL tersebut. Penelitian menggunakan studi kasus. Subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru biologi yang sedang menyusun skripsi berbasis pengembangan media. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata ICL mahasiswa berada pada kategori sedang (M = 2,93; SD = 0,42). Faktor utama yang memengaruhi ICL meliputi kompleksitas materi metodologi penelitian, keterampilan teknis penggunaan perangkat lunak pengembangan media, serta integrasi teori pembelajaran dengan aspek teknis desain media. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi dosen pembimbing untuk memberikan scaffolding, pelatihan teknis, serta panduan terstruktur guna menekan beban kognitif berlebih pada mahasiswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 2