cover
Contact Name
Restu A Suryaman
Contact Email
jurnalscpbk@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalscpbk@gmail.com
Editorial Address
Editorial Office: STIE Bina Karya Jl. Diponegoro No.5, 20631 Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kota tebing tinggi,
Sumatera utara
INDONESIA
Community Service Progress
ISSN : -     EISSN : 29620422     DOI : https://doi.org/10.70021/csp
Community Service Progress adalah media publikasi artikel ilmiah yang di review dengan baik oleh reviewer yang berpengalaman dan menerbitkan artikel dengan jurnal yang asli dan telah diseleksi dari berbagai disiplin ilmu yaitu Teknik, Hukum, Ekonomi dan Pertanian yang terfokus pada Pengabdian Masyarakat yang diharapkan menjadi solusi dari tantangan yang ada di masyarakat serta sebagai implementasi keilmuan bertujuan untuk mempublikasikan penelitian dan inovasi yang berkualitas tinggi dan sangat terapan yang berpotensi untuk disebarluaskan dengan mempertimbangkan isu Nasional dan Internasional yang dianggap penting dan darurat.
Articles 37 Documents
Pemanfaatan Teknologi Untuk Mempertahankan Penjualan Pada UMKM Selama Pandemi Covid-19 Sinaga, Eka; Fitrianingsih, Fitrianingsih; Arseto, Dedy Dwi
Community Service Progress Vol. 1 No. 1 (2022): Community Service Progress Edisi Juni 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/csp.v1i1.7

Abstract

Sebagaimana dengan wilayah lain yang mengalami dampak dari pandemic Covid 19, masyarakat yang berada di kelurahan Pelita juga turut merasakan terjadinya penurunan pendapatan dari kegiatan usaha yang mereka lakukan. Terutama bagi masyarakat yang memiliki usaha mikro, banyak dari mereka yang turut merasakan bahwa selama tahub 2022 pendapatan yang mereka peroleh tidak sebesar dari pendapatan yang mereka pernah raih ditahun-tahun sebelumnya. Hal ini dapat terjadi mengingat selama pandemi banyak masyarakat yang mengurangi konsumsi atas barang dan jasa akibat permasalahan peraturan pembatasan aktivitas dan maupun akibat penurunan daya beli. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan kepada para pelaku UMKM terutama dalam hal penerapan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi pandemic Covid. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian yang digunakan adalah dengan memberikan penyuluhan kepada para pelaku UMKM agar dapat meningkatkan keahlian dalam memasarkan hasil usaha/produksi pada masa pandemi Covid. Kegiatan enyuluhan bertujuan agar para pelaku UMKM dapat mengetahui mengenai strategi pemasaran untuk UMKM melalui Platform digital dan cara menerapkannya.
Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini Pada Pelajar di SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai Siregar, Aisyah; Mahwiharja, Rusmewahni; Nursaimmatussadiya, Nursaimmatussadiya
Community Service Progress Vol. 1 No. 1 (2022): Community Service Progress Edisi Juni 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/csp.v1i1.8

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh para dosen STIE Bina Karya Tebing Tinggi bertujuan untuk menumbuhkan semangat menjadi wirausaha sejak dini khususnya bagi pelajar di SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai. Kreativitas sangatlah diperlukan di era modern ini dimana berbagai bidang usaha berlomba-lomba untuk meraih keunggulan bersaing. Adanyakreativitas dapat menciptakan inovasiyang terkini yang sesuai dengan perkembangan zaman. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untukmemberikan pemahaman mengenai kreativitas dalam berwirausaha, melatih kreativitas siswa dalam berwirausaha, serta memberikan saran-saran yang bergunabagi kesuksesan dalam berwirausaha.Kegiatan Pengabdian kepada masyrakat ini dilaksanakan dengan memberikan materi ceramah serta pelatihan singkat untuk membuat suatu prakarya yang dapat memiliki nilai ekonomis sehingga dapat dijual. Tindak lanjut dari kegiatan ini berupa pendampingan kepada siswa agar membantu mereka memulai kegiatan usaha
Strategi Pemasaran Pada Usaha Pengrajin Batik Di Kelurahan Damar Sari Sianipar, Christin; Sinurat, Yenni; Zalukhu, Rika
Community Service Progress Vol. 1 No. 1 (2022): Community Service Progress Edisi Juni 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/csp.v1i1.9

Abstract

Batik merupakan salah satu kesenian khas dari Indonesia yang telah ada sejak berabad-abad tahun yang lalu. Setiap motif pada batik memiliki filosofi tersendiri sehingga dapat dikatakan batik merupakan warisan budaya leluhur yang perlu dilestarikan serta merupakan bukti peninggalan sejarah budaya bangsa Indonesia.Penggunaan batik bagi masyarakat Indonesia merupakan cerminan jati diri masyarakat. Setiap motif batik berbeda-beda ditiap daerah dan biasanya mencerminkan budaya ataupun ciri khas daerah asalnya. Pengrajin batik di kelurahan Damar Sari kota Tebing tinggi bernaung dalam satu wadah yang Bernama Tebing batik Collection. Sama seperti daerah lain di Indonesia Tebing Batik Collection juga memiliki motif tersendiri sesuai ciri khas daerahnya namun saat ini belum ditetapkan motif mana yang utama yang menjadi ciri khas. Selain itu upaya promosi yang dilakukan masih dirasa kurang maksimal terutama dalam hal display produk di social media. Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk dapat memberikan sosialisasimengenai strategipemasaran dalamberwirausaha khusunya bagi para pengrajin Batik di kelurahan Damar Sari kota Tebing Tinggi. Metode pelaksanaan dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan kepada para pengrajin batik yang bernaung padaTebing Batik Collection.
SOSIALISASI INVESTASI KEUANGAN DI PASAR MODAL PADA MASYARAKAT DESA DOLOK MANAMPANG KABUPATEN SERDANG BEDAGAI Cahyadi, Willy; Suwadi, Suwadi
Community Service Progress Vol. 1 No. 1 (2022): Community Service Progress Edisi Juni 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/csp.v1i1.10

Abstract

Pasar modal menawarkan banyak pilihan investasi alternatif. Sayangnya, masyarakat umum masih asing dengan pilihan investasi ini. Pasar modal jarang dipertimbangkan oleh investor tradisional karena dianggap rumit dan sulit dipahami. Oleh karena itu, Financial Services Otoritas (OJK) bersama Bursa Efek Indonesia (BEI) dan pelaku pasar modal akan menyelenggarakan kegiatan edukasi dan inklusi keuangan di sektor pasar modal dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal. Kegiatan pengabdian masyarakat Desa Dolok Manampang Kabupaten Serdang Bedagai ini bertujuan untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya pengabdian kepada masyarakat, menjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara lingkungan akademik dengan masyarakat, mengembangkan potensi masyarakat Desa Dolok Manampang,Kabupatenserdang bedagai, dengan meningkatkan investasi keuangan, dan meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui program internet dan aplikasi untuk pengembangan usaha. Pelatihan diberikan melalui metode ceramah, khususnya melalui strategi presentasi, dilanjutkan dengan latihan dan sesi tanya jawab sebagai kegiatan workshop. Untuk masing-masing tahapan kegiatan, data dari setiap tahapan dikumpulkan dan dianalisis untuk tujuan evaluasi. Dedikasi ini untuk mengedukasi warga Desa Dolok Manampang Kabupaten Serdang Bedagai tentang investasi pasar modal yang dapat menyebabkan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap investasi keuangan, khususnya pasar modal, serta mendorong masyarakat untuk mulai berinvestasi di pasar modal.
STRATEGI PEMASARAN UMKM GULA MERAH SEBAGAI WUJUD EKONOMI KREATIF DESA PAYA LOMBANG KABUPATEN SERDANG BEDAGAI Purba, Rakhmawati; Haratika, Haya
Community Service Progress Vol. 1 No. 1 (2022): Community Service Progress Edisi Juni 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/csp.v1i1.12

Abstract

Pemasarannya merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam dunia bisnis, tanpa adanya pemasaran yang baik maka sebaik apapun produk yang kita hasilnya tidak akan terserap oleh pasar secara maksimal. Tujuan dari Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini sendiri adalah untuk mengembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) serta industri kreatif pada masayarakat Desa Paya Lombang Kabupaten Serdang Bedagai. Khususnya pada produk unggulan desa yaitu produk gula merah melalui pelatihan online marketing. Metode yang dilakukan dengan cara melalukan mengamatan, observasi serta wawancara kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Desa Paya Lombang, Kabupaten Serdang Bedagai. Bahan baku utama pembuatan gula merah di Desa Paya Lombang, Dusun VII, diambil dari pohon aren melalui penyadapan. Air nira harus disaring sebelum dimasak, dan ditambahkan gula putih selama proses pemasakan. Berikutnya gula merah akan mengalami pemekatan/getah yang hampir menghasilkan gula selanjutnya akan dilakukan proses pencetakan, selesai dicetak maka gula merah dibiarkan untuk beberapa waktu sebagai prosespendinginan, setelah proses telah dilakukan makagula merahsiap untuk didistribusikan.Gula merah hemdaknya diberikemasan yang higienis dan lebih menarik dari produk lain serta dengan kualitas dan produk yang lebih baik kualitas. Selanjutnya untuk memaksimalakan hasil penjualan diperlukan media internet agar produk dapat dikenal luas oleh banyak orang dan dapat bersaing serta memiliki pangsa pasar yang meluas.
SOSIALISASI LEGALITAS DAN MANAJEMEN USAHA BAGI PELAKU USAHA UMKM DI KECAMATAN BAJENIS KOTA TEBING TINGGI Sarwoto, Sarwoto; Etri, Suci; Khairunnizar, M. Alang
Community Service Progress Vol. 1 No. 2 (2022): Community Service Progress Edisi Desember 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/csp.v1i2.40

Abstract

Kegiatan PKM dilaksanakan di Kecamatan BajenisKota Tebing Tinggi dengan maksud menyasar perwakilan tujuhlingkungan dikecamatan bajenisdari sektor usaha UMKM. Adapun jenis usaha yang diperjualbelikan berupa souvenir,snack, catering, fashion jasa bengkel, dan jajanan tradisional. Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengedukasi pelaku usaha tentang legalitas dan aspek pengelolaan kegiatan usaha yang mendukung kegiatan usahayang dijalankan.Strategi pelaksanaan kegiatan terdapat tiga tahapan yaitu Prasurvei, pembentukan tim, penyusunan proposal dan penyerahan, koordinasi tim dan mitra, dan persiapan alat dan materi pelatihan adalah bagian dari persiapan tahap pertama. Sedangkan bagian sosialisasi dari tahap kedua programini disebut tahap pelaksanaan yakni penyuluhan (dengan penjelasan) dan diskusi adalah dua metode sosialisasiyang akan dilakukan. Tahap evaluasi dan pelaporan merupakan tahap ketiga.Dari hasil kegiatan setelah proses sosialisasi ini diketahu bahwa para wirausaha telah memahami mengenaimaksud dan tujuan darilegalitas merek. Para pelaku bisnis memahami mekanisme strategi pemasaran dengan lebih baik, dan mereka menggunakan media elektronik untuk mempromosikan produk dan layanan mereka untuk meningkatkan penjualan. Target yang dicapai dalam kegiatan ini adalahdi bidang ekonomi dan hukum
PENGUATAN MANAJEMEN USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN UMKM DI DESA SEI SUKA DERAS KECAMATAN SEI SUKA KABUPATEN BATU BARA Syafrizal, Rodi; Nainggolan, Benhard
Community Service Progress Vol. 1 No. 2 (2022): Community Service Progress Edisi Desember 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/csp.v1i2.41

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah di desa Sei Suka Deras memiliki banyak potensi untuk memperoleh tingkat keuntungan yang cukup tinggi. Namun, disayangkan kebanyakan masyarakat di sana masih belum mengetahui potensi akan desa tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk  menggali potensi –potensi usaha yang ada. Terlebih, saat ini perkembangan teknologi yang semakin pesat dimana akan semakin mempermudah menjalankan suatu usaha. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini adalah dengan cara Pengamatan, observasi serta wawancara kepada para pelaku UMKM. Hasilnya para pelaku bisnis memahami mekanisme strategi pemasaran dengan lebih baik, dan mereka menggunakan media elektronik untuk mempromosikan produk dan layanan mereka untuk meningkatkan penjualan.
SOSIALISASI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN BAGI UMKM MELALUI STRATEGI BRANDING PADA PELAKU UMKM DI KECAMATAN PADANG HILIR Sinaga, Eka; Fitrianingsih, Fitrianingsih; Ketaren, Abednego
Community Service Progress Vol. 1 No. 2 (2022): Community Service Progress Edisi Desember 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/csp.v1i2.42

Abstract

Tujuan pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk membantu mensosialisasikan mengenai strategi branding sebagai salah satu upaya meningkatkan penjualan bagi UMKM. Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada kantor kelurahan yang berada di kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi. Adapun metode pelaksanaan dalam kegiatan ini adalah dengan memberikan materi yang berkaitan dengan strategi branding melalui pemanfaatan teknologi digital. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil kegiatan PKM ini bahwa kegiatan pendampingan kepada para pelaku usaha mengenai brand identity telah terlaksana dengan baik. Kegiatan pendampingan dilakukan dengan cara melakukan pengenalan, penguatan serta upaya peningkatan pemahaman para peserta PKM melalui strategi branding dengan menggunakan brand identity.
PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN BAGI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN WIRAUSAHA KELURAHAN BANDARSONO KOTA TEBING TINGGI Siahaan, Rumiris; Rusmewahni, Rusmewahni; Silitonga, Dwi Handayani
Community Service Progress Vol. 1 No. 2 (2022): Community Service Progress Edisi Desember 2022
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/csp.v1i2.43

Abstract

Selain koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan salah satu penggerak perekonomian di Indonesia yang patut diperhitungkan keberadaannya. Salah satu hal yang paling penting dan mendasar dalam kesuksesan Usaha adalah pengelolaan manajemen keuangan yang baik, tanpa pengelolaan manajemen keuangan yang baik usaha tidak akan dapat memperoleh benefit yang maksimal. Pendanaan modal kerja, pengalokasian dana merupakan hal yang terpenting dalam sebuah usaha tanpa adanya hal tersebut maka sebuah usaha tidak akan dapat mencapai tujuan utamanya. Sayangnya di Indonesia sendiri masih sedikit sekali pelaku usaha yang sadar akan pentingnya manajemen keuangan dalam usaha mereka. Hal tersebut terjadi karena mereka masih menganggap manajemen keuangan adalah hal yang sulit dilakukan dah belum terlalu dibutuhkan bagi usaha mereka. Alasan yang mereka kemukakan adalah karena kurangnya pengetahuan mengenai manajemen keuangan. Selama ini tidak ada orang atau lembaga yang secara khusus dapat membimbing dan mengarahkan mereka.
Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 4 di SDN 10 Suka Maju dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Silitonga, Dwi Handayani; Butar-butar, Diana
Community Service Progress Vol. 2 No. 1 (2023): Community Service Progress Edisi Juni 2023
Publisher : STIE Bina Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70021/csp.v2i1.57

Abstract

Kegiatan Kampus Mengajar merupakan kegiatan membantu Bapak/Ibu guru dalam mengajar peserta didik tingkat sekolah dasar untuk mendapatkan kesempatan belajar optimal. Selain itu, melalui program ini mahasiswa diharapkan dapat mengupayakan pemerataan pendidikan di Indonesia, mengembangkan kemampuan mengajar serta mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus. Salah satu sekolah yang menjadi sekolah sasaran Program Kampus Mengajar angkatan 4 tahun 2022 adalah SD Negeri 10 Suka Maju. Peran dan keikutsertaan program Kampus Mengajar dibutuhkan sebagai pendamping peserta didik atau rekan para guru dalam mengatasi situasi kurang efektifnya kegiatan belajar terhadap dampak masa pandemic Covid-19. Tujuan dari program ini adalah untuk peningkatan literasi dan numerasi; adaptasi teknologi; dan membantu administrasi sekolah. Beberapa metode tahapan dalam pelaksanaan program Kampus Mengajar ini yaitu melalui tahap persiapan program, tahap pelaksanaan, dan analisis hasil dalam bentuk laporan. Pelaksanaan program kampus mengajar angkatan 4 di SD Negeri 10 Suka Maju secara keseluruhan berlangsung dengan lancar sehingga diharapkan program ini dapat terus berkelanjutan agar dapat membantu meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia baik terhadap mahasiswa maupun peserta didik di tingkat Pendidikan dasar.

Page 1 of 4 | Total Record : 37