cover
Contact Name
M. Rizky Mahaputra
Contact Email
dinasti.info@gmail.com
Phone
+628117404455
Journal Mail Official
dinasti.info@gmail.com
Editorial Address
Casa Amira Prive Jl. H. Risin No. 64D Pondok Jagung Timur, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Indonesia
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara
Published by Dinasti Research
ISSN : 29630738     EISSN : 29630746     DOI : https://doi.org/10.38035/jpkn
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara (JPKN) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Dinasti Research di bawah naungan Yayasan Dharma Indonesia Tercinta (DINASTI), terbit empat kali setahun yaitu Janauri, April, Juli dan Oktober. Jurnal ini menerbitkan penelitian dan kajian di bidang pendidikan dan kebudayaan, seperti manajemen pendidikan, praktik terbaik pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, bahasa, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan pendidikan, pengelolaan pendidikan, analisis kepemimpinan dan penelitian-penelitian lainnya di bidang praktis pendidikan.
Articles 55 Documents
Determinasi Kebiasaan Belajar, Motivasi dan Tingkat Kecerdasan terhadap Prestasi Belajar Matematika Hermawan, Eric
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara (Januari-Maret 2023)
Publisher : Dinasti Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpkn.v1i1.109

Abstract

Abstract: Determination of Study Habits, Motivation and Intelligence Level on Mathematics Learning Achievement is a scientific article of literature study within the scope of Education Management science. This article aims to build a hypothesis of the influence between variables that it will use in further research. In addition to seeing the background influence of an outstanding student in mathematics. Research objects in online libraries, Google Scholar, Mendeley and other academic online media. Sourced from previous research that is relevant to this research. A descriptive qualitative method, library research, from e-books and open access e-journals. The results of this article are: 1) Study Habits are related to Mathematics Learning Achievement; 2) Motivation relates to Mathematics Learning Achievement; 3) Intelligence level relates to Mathematics Learning Achievement. Abstrak: Determinasi Kebiasan Belajar, Motivasi dan Tingkat Kecerdasan terhadap Prestasi Belajar Matematika adalah artikel ilmiah studi pustaka dalam ruang lingkup ilmu Manajemen Pendidikan. Tujuan artikel ini membangun hipotesis pengaruh antar variabel yang akan digunakan pada riset selanjutnya. Selain itu untuk melihat pengaruh yang melatarbelakangi seorang siswa berprestasi di bidang pelajaran matematika. Objek riset pada pustaka online, Google Scholar, Mendeley dan media online akademik lainnya. Bersumber dari penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Metode kualitatif deskriptif, library research, dari e-book dan open access e-journal. Hasil artikel ini yaitu: 1) Kebiasaan Belajar berhubungan terhadap Prestasi Belajar Matematika; 2) Motivasi berhubungan terhadap Prestasi Belajar Matematika; dan 3) Tingkat Kecerdasan berhubungan terhadap Prestasi Belajar Matematika.
Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Daun Kelapa di Paud Al-Hidayah Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung Bimas Saputra, Ebit; Gusnimar, Gusnimar
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara (Januari-Maret 2023)
Publisher : Dinasti Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpkn.v1i1.110

Abstract

Abstract: The background of this research is the low fine motor skills of children in PAUD Al-Hidayah, Tanjung Gadang District, Sijunjung Regency. This study aims to describe the improvement of children's fine motor skills in terms of the flexibility of the fingers, the speed of the fingers and the coordination between the eyes and the hands through the folding of coconut leaves. This type of research is classroom action research with 10 students as subjects in PAUD Al-Hidayah in the 2013/2014 academic year. The findings of the study were: there was an increase in children's fine motor skills by folding coconut leaves which included an increase in aspects of the flexibility of the fingers, the speed of the fingers and the coordination between the eyes and the hands. Based on the research findings, it can be suggested to teachers, parents and further researchers to use coconut leaf folding activities to stimulate children's fine motor skills. Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan motorik halus anak di PAUD Al-Hidayah Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan kemampuan motorik halus anak dalam aspek kelenturan jari-jemari tangan, kecepatan jari-jemari tangan dan koordinasi antara mata dengan tangan melalui kegiatan melipat daun kelapa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian murid yang ada di PAUD Al-Hidayah yang berjumlah 10 orang pada tahun ajaran 2013/2014. Temuan penelitian adalah : terdapat penigkatan motorik halus anak dengan kegiatan melipat daun kelapa yang meliputi peningkatan dalam aspek kelenturan jari-jemari tangan, kecepatan jari-jemari tangan dan koordinasi antara mata dengan tangan. Berdasarkan temuan penelitian dapat disarankan kepada guru, orang tua dan peneliti selanjutnya menggunakan kegiatan melipat daun kelapa dalam menstimulasi peningkatan motorik halus anak.
Implementasi Kurikulum Merdeka: Kecerdasan Emosional, Konsep Diri dan Pola Belajar Saputra, Farhan
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara (Januari-Maret 2023)
Publisher : Dinasti Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpkn.v1i1.111

Abstract

Abstract: Implementation of the Independent Curriculum: Emotional Intelligence, Self-Concept and Learning Patterns is a scientific article of literature study within the scope of Education Management science. This article aims to build a hypothesis of the influence between variables that it will use in further research. In addition to seeing the effect of having an independent curriculum on emotional intelligence, self-concept and learning patterns. Research objects in online libraries, Google Scholar, Mendeley and other academic online media. Sourced from previous research that is relevant to this research. A descriptive qualitative method, library research, from e-books and open access e-journals. The results of this article are 1) Emotional Intelligence is related to the Implementation of the Independent Curriculum; 2) Self-Concept relates to the Implementation of the Independent Curriculum; 3) Learning Patterns are related to the Implementation of the Independent Curriculum. Abstrak: Implementasi Kurikulum Merdeka: Kecerdasan Emosional, Konsep Diri dan Pola Belajar adalah artikel ilmiah studi pustaka dalam ruang lingkup ilmu Manajemen Pendidikan. Tujuan artikel ini membangun hipotesis pengaruh antar variabel yang akan digunakan pada riset selanjutnya. Selain itu untuk melihat pengaruh dari adanya kurikulum merdeka terhadap kecerdasan emosional, konsep diri dan pola belajar. Objek riset pada pustaka online, Google Scholar, Mendeley dan media online akademik lainnya. Bersumber dari penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Metode kualitatif deskriptif, library research, dari e-book dan open access e-journal. Hasil artikel ini yaitu: 1) Kecerdasaran Emosional berhubungan terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka; 2) Konsep Diri berhubungan terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka; 3) Pola Belajar berhubungan terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka.
Analisis Kelelahan Emosi dan Jiwa terhadap Berperilaku dan Bersikap di Masyarakat Saputra, Raihan
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara (Januari-Maret 2023)
Publisher : Dinasti Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpkn.v1i1.112

Abstract

Abstract: The article Analysis of Emotional and Mental Fatigue on Behavior and Behavior in Society is a scientific article in the literature within the scope of psychology. This article aims to create a research hypothesis about the relationship between variables to be used in further research. Research objects in online libraries, Google Scholar, Mendeley, and other academic online media. Sourced from previous research that is relevant to this research. Writing this literature review article is a library search method from online media such as Google Scholar, Mendeley, and other online academic press. This literature review article results are 1) Emotional exhaustion influences behavior in society; 2) Emotional exhaustion affects behavior in society; 3) Mental fatigue affects behavior in society; 4) Mental Fatigue affects Behavior in Society. In addition to the two exogenous variables that affect the endogenous variables of behavior and attitude, there are other factors, namely family, mental state, and environmental conditions. Abstrak: Artikel Analisis Kelelahan Emosi dan Jiwa terhadap Berperilaku dan Bersikap di Masyarakat adalah artikel ilmiah studi pustaka dalam ruang lingkup ilmu psikologi. Tujuan artikrl ini yaitu membuat hipotesis penelitian tentang hubungan antar variabel yang akan digunakan dalam penelitian selanjutnya. Objek riset pada pustaka online, Google Scholar, Mendeley dan media online akademik lainnya. Bersumber dari penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Metode penulisan artikel literature review ini adalah metode pencarian pustaka dari media online seperti Google Scholar, Mendeley dan media akademik online lainnya. Hasil artikel literature review ini adalah: 1) Kelelahan Emosi berpengaruh terhadap Berperilaku dan Bersikap di Masyarakat; dan 2) Kelelahan Jiwa berpengaruh terhadap Berperilaku dan Bersikap di Masyarakat. Selain kedua variabel exogen yang mempengaruhi variabel endogen berperilaku dan bersikap, terdapat faktor lain yaitu keluarga, beban pikiran, kondisi mental, dan kondisi lingkungan.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditori, Visual, dan Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar Kelas X TKJ di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang Satriawan, Nofri; Yunerni, Tri
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara (Januari-Maret 2023)
Publisher : Dinasti Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpkn.v1i1.113

Abstract

Abstract: The problem in this research is the fact was found at SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang, there are many students of X TKJ class who obtain the value of learning outcomes under the standard minimum completeness criteria on subjects Melakukan instalasi sistem operasi dasar was set 75 that is spanned by 0-100. This study aimed to saw a difference between SAVI learning model with direct instructional model. This research is a quasi-experimental , and the population is all students of X TKJ at SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Academic Year 2013/2014 . The technique was done by random sampling . The data collected from the test results in the form of learning objective questions about as many as 25 points. Data were analyzed using Microsoft Excel to test homogeneity, normality, and hypothesis test. From the test results of the study obtained an average value of students who use the SAVI learning model is 82.25 while the control group of students who use direct instructional model lower at 76.81 . The results of the hypothesis by using Microsoft Excel was found that tcount ? ttable 2,011 ? 2.34, so the alternative hypothesis ( Ha ) is accepted or rejected the null hypothesis ( H0 ). This means that the average significant learning outcomes experimental class greater than average control classroom learning outcomes. Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah fakta yang ditemukan di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang masih banyak siswa kelas X TKJ yang memperoleh nilai hasil belajar di bawah KKM pada mata pelajaran Instalasi Sistem Operasi Dasar ditetapkan 75 yaitu dibentangkan oleh 0-100. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan antara model pembelajaran SAVI dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dan populasinya adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Tahun Pelajaran 2013/2014. Tekniknya dilakukan dengan random sampling. Data yang dikumpulkan dari hasil tes berupa soal-soal tujuan pembelajaran sebanyak 25 butir. Data dianalisis menggunakan Microsoft Excel untuk uji homogenitas, normalitas, dan uji hipotesis. Dari hasil tes belajar, nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran SAVI adalah 82,25, sedangkan kelompok kontrol siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung lebih rendah yaitu 76,81. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Microsoft Excel didapatkan bahwa thitung ? ttabel 2,011 ? 2,34, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima atau ditolak hipotesis nol (H0). Artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang signifikan lebih besar dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol.
Pengaruh Kepemimpinan, Pendidikan, Mutasi Terhadap Pengembangan Karir Guru Diprata, Aprizal Wahyudi; Awal, Robiul; Syukri, Ahmad; Anwar Us, Kasful
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara (April-Juni 2023)
Publisher : Dinasti Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpkn.v1i2.226

Abstract

Artikel ini membahas dan menganalisis pengaruh pendidikan, pelatihan dan mutasi terhadap pengembangan karir guru, sebagai tambahan wawasan bagi guru dan calon guru agar dapat memahami hal-hal yang mempengaruhi pengembangan karir. Metode penulisan artikel Kajian Pustaka ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yang bersumber dari media online seperti Google Scholar, Mendeley dan/atau media online akademik lainnya. Hasil dari artikel ini adalah: 1) Kepemimpinan berpengaruh terhadap pengembangan karir guru; 2) Pendidikan berpengaruh terhadap pengembangan karir guru; dan 3) Mutasi berpengaruh terhadap pengembangan karir guru. Selain 3 variabel eksogen tersebut yang mempengaruhi variabel endogen dalam penempatan bawahan, masih banyak faktor lain diantaranya pelatihan, promosi, kompetensi dan lingkungan kerja
Urgensi Gaya Kepemimpinan Dalam Mengelola Institusi Pendidikan Tinggi Susanto, Primadi Candra; Ni Nyoman Sawitri; Hapzi Ali; Zahara Tussoleha Rony
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara (April-Juni 2023)
Publisher : Dinasti Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpkn.v1i2.294

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah melihat apakah ada pengaruh antara Kepemimpinan Melayani dengan Pengelolaan Institusi Pendidikan Tinggi, pengaruh antara Kepemimpinan Situasional dengan Pengelolaan Institusi Pendidikan Tinggi, dan pengaruh antara Kepemimpinan Transformasi dengan Pengelolaan Institusi Pendidikan Tinggi. Makalah ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan responden dari objek beberapa kampus yang ada di Jakarta dengan jumlah populasi 48 responden mahasiswa aktif. Analisis data dalam mencari pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen dengan menggunakan bantuan software analisis data SPSS dengan hasil intepretasi sesuai dari hasil olahan data kuisioner.
Mengukur konsep keterlibatan karyawan: Implementasi Utrecht Work Engagement Scale (UWES) 9S Wahdiniawati, Siti Annisa; Naik Henokh Parmenas; Nuraeni; Suryo Sulistyo
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara (April-Juni 2023)
Publisher : Dinasti Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpkn.v1i2.297

Abstract

Dalam makalah ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan memberikan suatu pencarian terhadap implementasi berkaitan dengan variabel yang ada dalam makalah ini berasal dari makalah-makalah yang berasal dari jurnal reputasi. Makalah ini juga dalam hasil nanti memberikan suatu perspektif dari temuan makalah yang berasal dari literatur sebagai bentuk kontribusi dalam penelitian. Implementasi UWES 9 S telah ada dan dilaksanakan, juga dikaitkan dengan keterlibatan karyawan yang ada dalam organisasi dengan mengukur menggunakan dimensi-dimensi yang ada dalam UWES 9S secara spesifik. Secara langsung dalam makalah ini perspektif yang mungkin bisa menambahkan sebagai bagian kontribusi hasil bahwa tidak ada ruginya menerapkan UWES 9S yang ada tetapi semua kembali lagi disesuaikan dengan kemampuan organisasi, budaya organisasi, kemampuan dan kompetensi yang dimiliki dalam bidang sumber daya manusia dengan penggunaan teknologi, juga keterlibatan karyawan bisa menjadikan organisasi tumbuh dan berkembang apabila dikelola dengan maksimal.
Mengevaluasi Peran Pendidikan Tinggi dalam Meningkatkan Daya Saing Lulusan dan Prestise Institusi: Wawasan dari Teori Identitas Institusional dan Profesional yang Dinamis Indriati, Petiana; Djaddang, Syahril
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara (Juli-September 2024)
Publisher : Dinasti Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpkn.v2i3.640

Abstract

Penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara reputasi universitas dan employability lulusan, di mana kualitas dan jenis pendidikan yang diberikan oleh universitas sangat berpengaruh terhadap kesuksesan lulusan di pasar kerja. Hal ini menggarisbawahi pentingnya universitas untuk tidak hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga pada pengembangan kompetensi yang relevan yang diperlukan di pasar kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh keterpilihkerjaan terhadap reputasi perguruan tinggi dalam konteks ilmu ekonomi human capital. Studi ini menyelidiki bagaimana universitas dapat meningkatkan keterpilihkerjaan melalui kolaborasi dengan industri, transisi karir, pembelajaran di tempat kerja, adaptasi kurikulum, dan inovasi intrapreneurial untuk memperkuat reputasi mereka. Melalui analisis literatur yang komprehensif, penelitian ini menyoroti bagaimana inisiatif-inisiatif ini tidak hanya meningkatkan kompetensi lulusan tetapi juga mempromosikan citra perguruan tinggi sebagai lembaga yang responsif dan inovatif.
Makna Semiotika Lingga Yoni pada Candi Sukuh Daito, Apollo
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara (Juli-September 2024)
Publisher : Dinasti Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpkn.v2i3.693

Abstract

Penelitian ini adalah interprestasi pada makna Lingga Yoni  dengan pendekatan Semiotika Candi Sukuh Jawa Tengah. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode Nalanda, interprestasi makna kontemplatif meditatif untuk menghasilkan makna baru sebagau Buku teks Sukuh kemudian ditafisr ulang secara hermenutika dan semiotika memperoleh makna apa yang disabdakan pada Candi Sukuh tersebut. Hasil penelitian pada Candi Sukuh ditranformasikan menjadi teks Buku atau Kitab Sukuh, selanjutnya adalah (1) Interprestasi makna Semotika Lingga Yoni. Lingga Yoni sebagai Genealogi pada alat reproduksi manusia pada “Kitab Teks Sukuh” paling dekat dengan teori feminisme yang melihat relasi-relasi antar manusia. Dalam hal relasi antara laki-laki dan perempuan, laki-laki mengobyekkan perempuan dan membuatnya sebagai “yang lain” (Other). Jadi laki-laki adalah subyek dan perempuan adalah obyek. Laki-laki dinamai sang Diri (Lingga), sedangkan “perempuan” sang Liyan (Yoni). Jika Liyan adalah ancaman bagi Diri, maka perempuan adalah ancaman bagi laki-laki. Karena itu, jika laki-laki ingin tetap bebas, ia harus mensubordinasi perempuan terhadap dirinya. (2) Tragedi pada Candi Sukuh pada makna metafora alat reproduksi Yoni milik Bathari Durga adalah representasi terhadap buruknya kondisi perempuan di refleksikan sesuai fakta yang ada dalam tradisi masyarakat. Maka makna Lingga Yoni pada Candi Sukuh menggambarkan fenomena kekuasaan adalah satu dimensi dari relasi. (3) Teks Sukuh sebagai “Buana Tresa Asih” atau teks welas asih pada Buana (bhuvana= dunia) dengan segala isinya memiliki logika, hukum, dan siklus yang memiliki hasil (cokro manggilingan). Buana atau jagat Gumulung Jagat Gumelar saling berhubungan bersifat dialektis selalu berputar sebagai siklis bersifat ada dan menjadi. Tresna Buana Asih adalah nama lain semacam “Amor Fati” adalah sikap mental tidak berusaha menghapus apa pun dari masa lalu mereka, melainkan menerima apa yang telah terjadi, yang baik dan yang buruk, yang salah dan bijak, dengan kekuatan dan rasa terima kasih yang mencakup semua hal dengan sikap antusiasme kasih sayang. “Buana Tresa Asih (“Amor Fati”) adalah sikap mencintai takdir tanpa mau mengubahnya tetapi, tetap mencintai dan menerimanya secara utuh. Implikasi Buana Tresa Asih” adalah terjadinya Aliensi. Alienasi adalah penyerahan diri kepada “the other” atau pemotongan hastrat, hak kepada yang lain atau kemampuan menyerahkan hak pada “the other”.