cover
Contact Name
Ahmad Ulil Albab Al Umar
Contact Email
ahmadulil.asfebi@gmail.com
Phone
+6282211345348
Journal Mail Official
journalekoma@gmail.com
Editorial Address
Slendro rt 02/01,gesi,sragen
Location
Kab. sragen,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi
Published by CV ULIL ALBAB CORP
ISSN : -     EISSN : 28285298     DOI : 10.56799
Core Subject : Economy, Social,
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV ULIL ALBAB CORP. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian literatur dari bidang ekonomi, manajemen, akuntansi baik dari perspektif konvensional dan/atau Islam namun juga tidak terbatas pada bidang ilmu-ilmu sosial. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi terbit setahun 6 kali tiap tahun. Jurnal ini merupakan wadah bagi para akademisi, praktisi, mahasiswa, maupun lapisan masyarakat lain untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pemikirannya. Jurnal ini menerima artikel dengan seleksi secara ketat dan berkomitmen menjaga kualitas artikel.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1: November 2025" : 7 Documents clear
Brand Image Dan Digital Marketing: Kunci Minat Beli Thriftshop Lewat Kepercayaan Konsumen Purnomo, Nanto; Lutfianwari, Faris Zuhroh
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 5 No. 1: November 2025
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/ekoma.v5i1.10760

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana brand image dan digital marketing memengaruhi minat beli konsumen pada bisnis thriftshop, dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi. Fokus studi ini diarahkan pada Kepointhrift, salah satu pelaku bisnis thrifting yang aktif melalui fitur Shopee Live dan cukup dikenal di kalangan konsumen Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif melalui metode survei, dengan penyebaran kuesioner kepada responden yang dianalisis menggunakan teknik Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui aplikasi SmartPLS. Sampel dalam penelitian ini diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Hasil temuan menunjukkan bahwa baik brand image maupun digital marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Selain itu, kepercayaan konsumen terbukti secara signifikan memediasi hubungan antara kedua variabel tersebut terhadap keputusan pembelian. Hal ini menandakan bahwa penguatan citra merek dan penerapan strategi digital yang tepat, jika diiringi dengan peningkatan kepercayaan konsumen, dapat mendorong intensi pembelian secara lebih efektif. Secara praktis, temuan ini menyarankan agar pelaku usaha thriftshop daring, terutama di platform Shopee Live yang berfokus pada pengelolaan citra merek yang kuat, strategi digital yang optimal, dan pembangunan kepercayaan pelanggan untuk meningkatkan konversi pembelian.
Pengaruh Promosi Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Brio Di Kecamatan Telagasari Karawang Octavia, Pamela; Isyanto, Puji; Darojatul Romli, Asep
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 5 No. 1: November 2025
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/ekoma.v5i1.10840

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, harga, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian mobil Honda Brio di Kecamatan Telagasari, Karawang. Metode kuantitatif yang digunakan adalah purposive sampling dengan 100 responden. Data dikumpulkan melalui Google Form dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup memiliki pengaruh parsial yang signifikan, sedangkan promosi dan harga tidak. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa gaya hidup merupakan faktor dominan yang memengaruhi keputusan pembelian Honda Brio di wilayah tersebut.
Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik, Kompensasi, Dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai PNS UPTD Puskesmas 1 Negara Ni Kadek Erika Wiyanjani; I Gusti Agung Sasih Gayatri; Komang Sudarsana
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 5 No. 1: November 2025
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/ekoma.v5i1.11038

Abstract

Puskesmas berfungsi sebagai ujung tombak dan kontak pertama bagi masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan. Mengingat peran vital ini, kepuasan kerja pegawai di puskesmas harus menjadi fokus utama bagi pihak manajemen. Studi ini dimaksudkan untuk mengkaji dampak dari lingkungan kerja fisik, kompensasi, dan beban kerja terhadap kepuasan kerja pegawai PNS UPTD Puskesmas 1 Negara. Populasi penelitian ini adalah seluruh 48 pegawai PNS UPTD Puskesmas 1 Negara, dengan sampel berjumlah 33 orang. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji kelayakan data, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji F, dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  lingkungan kerja fisik, kompensasi, dan beban kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan.
Pengaruh Penerimaan Opini Audit Going Concern, Profitabilitas Dan Risiko Keuangan Terhadap Return Saham Hadistya, Istifar Dilla; Fitriana, Nur; Sari, Dian Puji Puspita
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 5 No. 1: November 2025
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/ekoma.v5i1.11148

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerimaan opini audit going concern (GCO), profitabilitas dan risiko keuangan terhadap return saham pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2021 – 2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Analisis data menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan return saham sebagai variabel dependen dan tiga variabel independen penerimaan opini audit going concern (GCO), profitabilitas dan risiko keuangan. Sampel penelitian sebanyak 41 perusahaan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel penerimaan opini audit going concern (GCO) berpengaruh signifikan terhadap return saham. Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap return saham. Risiko keuangan berpengaruh signifikan terhadap return saham.
Efektivitas Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Di Polindo Internasional Surabaya Nanda Andreeansyah; Nur Farida; Priyo Utomo
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 5 No. 1: November 2025
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/ekoma.v5i1.11477

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media sosial sebagai media promosi di Polindo Internasional Surabaya. Latar belakang penelitian didasari oleh perubahan trend promosi dari manual ke digital. Namun, data lima tahun terakhir menunjukkan penurunan jumlah pendaftar baru, sehingga efektivitas strategi ini perlu dianalisis, yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah peserta baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial di Polindo Internasional Surabaya telah cukup efektif dalam aspek ketepatan sasaran, kemudahan akses informasi, dan efisiensi anggaran. Meskipun interaksi audiens meningkat, tujuan utama yaitu peningkatan jumlah peserta baru belum tercapai secara optimal. Faktor penghambat meliputi kurangnya konsistensi unggahan, strategi konten yang kurang variatif, keterbatasan sumber daya manusia dan fasilitas pendukung, serta isu internal yang memengaruhi citra lembaga.
Influence Strategi Marketing Online Dan Offline Terhadap Peningkatan Omset Toko Mitra Jaya Di Kota Surabaya Anniyah, Betha Choirul; Utomo, Priyo Utomo
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 5 No. 1: November 2025
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/ekoma.v5i1.11481

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor krusial yang dapat meningkatkan omzet penjualan online dan offline di Toko Mitra Jaya. Hasil penelitian, berdasarkan data yang diperoleh berupa fakta dan data dianalisis menggunakan metodologi pengumpulan data meliputi teknik observasi, wawancara, dan pembuatan dokumentasi. Faktor-faktor pemasaran online dilakukan dengan mengoptimalkan situs web, menggunakan media sosial, dan memposisikan produk. Hal ini menciptakan citra yang menarik dan membantu toko menemukan keunggulan yang dapat dimanfaatkan baik melalui inovasi produk, layanan, maupun strategi promosi yang lebih efektif. Dari sisi offline, hal ini dilakukan dengan memberikan layanan yang baik, suasana yang nyaman, dan pengalaman berbelanja yang memuaskan bagi pelanggan sehingga toko dapat menciptakan loyalitas pelanggan.
Layanan Dompet Digital dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif: Dimoderasi oleh Mental Akuntansi Rumtutuly, Hansen Hein; Leasa, Simon Hendrik; Azda, Nur
EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 5 No. 1: November 2025
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/ekoma.v5i1.11719

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang membuat mahasiswa semakin mudah untuk melakukan transaksi, tapi juga mendorong peningkatan consumptive behavior karena promo dan kemudahan akses. Mahasiswa rentan terhadap consumptive behavior disebabkan oleh mudahnya akses transaksi digital, promosi dan promo yang ditawarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis pengaruh E-Wallet dan financial literacy terhadap consumptive behavior mahasiswa dengan mental accounting sebagai variabel moderasi. Adapun metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner pada mahasiswa pengguna E-Wallet, dan analisis data dilakukan dengan PLS-SEM. Hasil dari penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa E-Wallet memiliki pengaruh positif signifikan terhadap consumptive behavior, sementara financial literacy memberikan pengaruh negatif signifikan. Sedangkan mental accounting ternyata mampu memperkuat pengaruh E-Wallet terhadap consumptive behavior dan memperlemah pengaruh financial literacy. Hasil penelitian ini mempertegas akan perlunya faktor psikologis untuk dapat memahami consumptive behavior mahasiswa pada era yang serba digital.

Page 1 of 1 | Total Record : 7