cover
Contact Name
M.A. HANNY FERRY FERNANDA
Contact Email
apt.fernanda@unesa.ac.id
Phone
+6285733115522
Journal Mail Official
s1pendidikantatarias@unesa.ac.id
Editorial Address
Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya | Gedung A1, Jl. Ketintang, UNESA, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60231 Telp : (031) 8280009 | Fax : (031) 8280796 | Contact : 085733115522
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Tata Rias
ISSN : -     EISSN : 3063718X     DOI : https://doi.org/10.26740/jtr
Jurnal Tata Rias publishes high-quality research and scholarly articles focused on cosmetology education. It covers curriculum development, teaching methodologies, professional training, trends, innovations, educational technology, and practical applications in cosmetology. Managed by the S-1 Pendidikan Tata Rias program of the Faculty of Engineering at Universitas Negeri Surabaya (UNESA), the journal is published three times a year in April, August, and December. It employs a rigorous double-blind peer-review process and adheres to an open access policy, ensuring global accessibility of its content.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 3 (2023): Berikut publikasi nomer 3 tahun 2023" : 20 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA CAPAIAN PEMBELAJARAN PEWARNAAN RAMBUT SINGLE APLIKASI DI SMKN 8 SURABAYA Yolpremzcky, Steffi Olga Desiree; maspiyah, Maspiyah; Wilujeng, Biyan Yesi; Dwiyanti, Sri
Jurnal Tata Rias Vol. 12 No. 3 (2023): Berikut publikasi nomer 3 tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Rias

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jtr.v12n3.55027

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL RIAS WAJAH FILM PADA DI SMKN 1 BUDURAN Putri, Katharina Tassya Ariratna; Pritasari, Octaverina Kecvara; wijaya, Nieke andina; lutfiati, Dewi
Jurnal Tata Rias Vol. 12 No. 3 (2023): Berikut publikasi nomer 3 tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Rias

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jtr.v12n3.55028

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan media, dan respon siswa terhadapmedia video tutorial tata rias film. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yangberfokus pada pemberian gambaran secara mendetail tentang fenomena yang diteliti. Penelitian ini menggunakanmodel Research and Development (R&D) pengembangan empat dimensi (4D). Metode pengumpulan datadengan menyebarkan angket kepada 7 validator media.Hasil penelitian menunjukkan tahapan yang dilaksanakanpada model pengembangan empat dimensi yaitu: pendefinisian (Define) dengan cara observasi dan wawancara,menyusun perangkat pembelajaran, menyiapkan instrumen penelitian yang sudah divalidasi, perancangan(Design) dengan cara merancang storyboard media video tutorial, pengembangan (Develop) dengan cara materidimodifikasi untuk membuatnya lebih efektif, penyebaran (Disseminate) dilakukan dengan membagikan videotutorial kepada siswa dengan Google Drive. Berdasarkan hasil kelayakan kualitas media dinyatakan sangat layakuntuk media pembelajaran video tutorial rias wajah film, skor rata-rata adalah 4,86 serta bisa diaplikasikan padaproses pembelajaran. Hasil respon media pembelajaran video tutorial rias wajah film yang dilakukan siswa, ratarata skor adalah 4,59 sehingga termasuk dalam kategori sangat layak serta bisa diaplikasikan untuk prosespembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan media video tutorial rias wajah film sebagai mediapembelajaran untuk mengetahui respon siswa dan meningkatkan inovasi pembelajaran siswa kelas XI HD MUASMKN 1 Buduran dinyatakan sangat layak.Kata Kunci: rias wajah film, video tutorial, media pembelajaran
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA KOMPETENSI PENATAAN SANGGUL TRADISIONAL UKEL TEKUK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 JOMBANG Yustia, Desya Mellini; maspiyah, Maspiyah; Megasari, Dindy Sinta; Wilujeng, Biyan Yesi
Jurnal Tata Rias Vol. 12 No. 3 (2023): Berikut publikasi nomer 3 tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Rias

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jtr.v12n3.55769

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran discovery learning,peningkatan hasil belajar siswa, dan tanggapan siswa terhadap proses implementasi model pembelajarandiscovery learning pada kompetensi penataan sanggul ukel tekuk di SMK Negeri 2 Jombang. Subyek padapenelitian ini yaitu siswa kelas XI Kecantikan Rambut yang berlokasi di SMK Negeri 2 Jombang dengan total 30siswa. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian pre eksperimental dengan menggunakan One Group Pretestand Posttest Design. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi untuk mengetahui keterlaksanaansintaks pembelajaran, pretest dan posttest untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif dan psikomotor, sertaangket untuk mengetahui tanggapan siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan keterlaksaan sintaks implementasimodel pembelajaran discovery learning didapatkan rata-rata 3,85 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswadilakukan uji paired t-test dalam ranah kognitif dan psikomotorik. Setelah uji paired t-test dilaksanakan terdapatpeningkatan hasil belajar yang signifikan dalam ranah kognitif dan psikomotor dengan hasil taraf signifikan P:0,00 < 0,05 yang artinya terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment.Tanggapan siswa mendapatkan persentase sebesar 88,6% dengan kriteria sangat baik.Kata kunci: discovery learning, sanggul ukel tekuk, hasil belajar
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PERAWATAN BODY SPA SECARA MANUAL PADA HASIL BELAJAR SISWA SMKN 1 SOOKO MOJOKERTO Muliana, Amma; Megasari, Dindy Sinta; Lutfiati, Dewi; Kusstianti, Nia
Jurnal Tata Rias Vol. 12 No. 3 (2023): Berikut publikasi nomer 3 tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Rias

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jtr.v12n3.55775

Abstract

Model problem based learning merupakan model pembelajaran yang dipusatkan pada siswa melaluipemberian masalah dari dunia nyata yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah padamateri perawatan Body SPA secara manual. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahuiketerlaksanaan sintaks (2) hasil belajar siswa secara kognitif dan psikomotorik (3) respon siswa terhadapproses pembelajaran elemen dasar konsep SPA menggunakan model problem-based learning. Jenispenelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain penelitian one shot case study. Subyekpenelitian adalah siswa Tata Kecantikan Kulit dan Rambut kelas X SMKN 1 Sooko Mojokerto yangberjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan angket. Teknik analisadata menggunakan perhitungan persentase dan uji-t satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)keterlaksanaan sintaks PBL pada aspek kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan akhir terlaksanadengan kriteria sangat baik dengan rata-rata kecapaian 93,4% (2) ketuntasan hasil belajar siswa melaluipost-test pada ranah kognitif secara keseluruhan mencapai 87% dengan kategori sangat baik. SedangkanKetuntasan hasil belajar siswa melalui lembar kinerja keterampilan pada ranah psikomotorik secarakeseluruhan mencapai 100% dengan kategori sangat baik. (3) respon siswa terhadap pembelajaranmenggunakan model problem-based learning memperoleh rata-rata secara keseluruhan sebesar 81,2%dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajarmenunjukkan rata-rata hasil akhir yang tuntas setelah mendapat perlakuan dengan memberikan modelproblem-based learning pada elemen dasar konsep SPA di SMKN 1 Sooko Mojokerto.Kata Kunci: problem-based learning, hasil belajar, body SPA
FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM MEMILlH JASA RIAS PENGANTIN DI KABUPATEN KARO Singarimbun, Kirey Permata Crysti Br; Pritasari, Octaverina Kecvara; Megasari, Dindy Sinta; Lutfiati, Dewi
Jurnal Tata Rias Vol. 12 No. 3 (2023): Berikut publikasi nomer 3 tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Rias

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jtr.v12n3.55778

Abstract

Jasa rias pengantin di Kabupaten Karo memiliki ciri khas dan kelebihan yang berbeda sehingga konsumenmemilih jasa rias pengantin yang sesuai dengan preferensinya. Faktor yang mempengaruhi minat bagi seorangkonsumen yaitu faktor budaya, faktor pribadi, faktor psikologis dan juga faktor sosial. Hal tersebut merupakanproses awal menegnai rangsangan atau stimulus dari jasa atau produk yang dilihatnya sehingga tertarik untukmembeli produk atau jasa yang di tawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor budaya,faktor pribadi, faktor psikologi dan faktor sosial yang mempengaruhi minat konsumen dalam memilih jasa riaspengantin di Kabupaten Karo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif.Instrument penelitian berupa kuisioner yang disebarkan melalui google form yang ditunjukkan kepada 40responden. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif presentase. Berdasarkan hasil pengolahan datadapat disimpulkan bahwa faktor budaya berpengaruh terhadap minat konsumen dalam memilih jasa riaspengantin dengan jawaban sangat setuju sebesar 87,5% pada sub variabel sub budaya. Faktor pribadi denganjawaban setuju sebesar 67,5% pada sub variabel gaya hidup. Faktor psikologis mempengaruhi minat konsumenterhadap jasa rias pengantin dengan jawaban sangat setuju sebesar 67,5% pada sub variabel integritas, danfaktor sosial berpengaruh terhadap minat konsumen dengan jawaban sangat setuju dan setuju sebesar 72,5%pada sub variabel pengaruh lingkungan. Dilihat dari hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa semua faktortersebut mempengaruhi minat konsumen dalam memilih jasa rias pengantin di kabupaten karo.Kata Kunci: Faktor, Jasa Rias, Karo, Minat, Pengantin
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FACIAL FOAM BERLABEL FOR MEN UNTUK KONSUMEN PRIA YUSNI, ALIFIA SHAFIRA; Maspiyah, Maspiyah; Kusstianti, Nia; Wilujeng, Biyan Yesi
Jurnal Tata Rias Vol. 12 No. 3 (2023): Berikut publikasi nomer 3 tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Rias

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jtr.v12n3.55952

Abstract

Tujuan studi berikut yakni guna memberi bukti empiris, pemahaman, serta pengetahuan yangberkaitan pada pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian facial foam berlabel for menuntuk konsumen pria di SMA Negeri Senduro. Studi berikut memakai penelitian kuantitatif. Sumberdata utama ialah data primer memakai instrument penelitian dan skala pengukuran melalui metodemenyebarkan kuesioner online memakai google form. Populasi studi berikut berjumlah 315 orangdengan memakai metode simple random sampling sehingga didapatkan sample 30 orang siswa dandiperoleh 30 hasil responden yang memenuhi minimun jumlah responden. Penelitian dilaksanakanmenggunakan metode survey pada SMA Negeri Senduro serta dianalisis menggunakan uji statistikanalisis regresi sederhana. Temuan penelitian menjelaskan bahwasanya ada pengaruh signifikan kualitasproduk terhadap keputusan pembelian facial foam berlabel for men.Kata Kunci : Kualitas Produk, Facial Foam,
PERWUJUDAN TATA RIAS TARI THENGUL DI KABUPATEN BOJONEGORO Choirunnisa, Arina; Faidah, mutimmatul; maspiyah, maspiyah; Megasari, Dindy Sinta
Jurnal Tata Rias Vol. 12 No. 3 (2023): Berikut publikasi nomer 3 tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Rias

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jtr.v12n3.56020

Abstract

ANALISIS HASIL RIAS WAJAH PENGANTIN MENGGUNAKAN MIXING FOUNDATION MAHASISWAPRODI S1 PENDIDIKAN TATA RIAS 2020 Dewi, Lutfiah Kumala; Lutfiati, Dewi; maspiyah, Maspiyah; Usodoningtyas, Sri
Jurnal Tata Rias Vol. 12 No. 3 (2023): Berikut publikasi nomer 3 tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Rias

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jtr.v12n3.56301

Abstract

Seiring berjalannya waktu terjadi perkembangan pada dunia kecantikan sehingga tercipta inovasi dan menjadikantrend make up tertentu. Salah satu trend make up yang sedang berkembang adalah penggunaanmixing foundation.Tujuan penelitian ini yaitu bagaimana hasil analisis tata rias wajah menggunakan teknik mixing foundationmeliputi kehalusan riasan, kerataan riasan dan ketahanan riasan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatandeskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling didapatkan 54mahasiswi menggunakan teknik mixing foundation.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metodeobservasi. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif rata-rata. Hasil analisis tata rias wajah pada kulitnormal, kering, berminyak dan kombinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik mixing foundationdapat digunakan pada semua jenis kulit, penggunaan mixing foundation terbaik adalah pada jenis kulit denganhasil kehalusan 3.5 kategori sangat baik, kerataan riasan 3.3 kategori baik, dan ketahanan 3.4 kategori baik.Penelitian menyatakan mixing foundation dengan rata-rata terendah aspek kehalusan riasan terdapat pada kulitkombinasi yaitu 3.17 kategori baik. Aspek kerataan riasan dengan rata-rata terendah didapatkan pada kulit keringyaitu 3.05 kategori baik. Aspek ketahanan hasilriasan dengan rata-rata terendah didapatkan pada kulit berminyakyaitu 2.99 kategori baik.Kata Kunci: Mixing Foundation, Jenis Kulit, Kehalusan riasan, Kerataan riasan, Ketahanan riasan
TATA UPACARA PERKAWINAN SUKU KAMORO DI DISTRIK WANIA KAB. MIMIKA Sagala, Bernadeth Maudy Marcella br.; Usodoningtyas, Sri; Faidah, mutimmatul; Puspitorini, Arita
Jurnal Tata Rias Vol. 12 No. 3 (2023): Berikut publikasi nomer 3 tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Rias

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jtr.v12n3.56305

Abstract

Papua memiliki beberapa suku di dalamnya, salah satunya ialah suku Kamoro. Suku Kamoro memilikitradisi tersendiri dalam melaksanakan upacara perkawinannya. Upacara ini wajib dilaksanakan oleh setiapmasyarakat Suku Kamoro. Setelah sah melaksanakan perkawinan secara agama maupun Negara, upacaratersebut dianggap sebagai salah satu bentuk kedekatan pada Yang Maha Kuasa. Tujuan penelitian ini ialahuntuk mendeskripsikan tahap pelaksanaan upacara perkawinan Suku Kamoro. Jenis penelitian ini adalahkualitatif. Keabsahan data dilakukan dengan triagulasi yaitu cross check hasil wawancara, observasi dandokumentasi dengan informan tetuah adat suku Kamoro, masyarakat asli suku Kamoro, pendeta dan periassetempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pernikahan Suku Kamoro terdiri atas 4 tahap yakni tahappacaran, tahap peminangan, tahap pelaksanaan perkawinan, dan tahap sesudah perkawinan.Kata Kunci: Papua, Suku Kamoro, Tata Upacara Perkawinan Suku Kamoro.
PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENATAAN SANGGUL TRADISIONAL JAWA DI SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO Diningrum, Siti Erlinda; lutfiati, Dewi; wijaya, Nieke andina; windayani, novia restu
Jurnal Tata Rias Vol. 12 No. 3 (2023): Berikut publikasi nomer 3 tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Rias

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jtr.v12n3.56307

Abstract

Penataan sanggul tradisional Jawa tepatnya sanggul ukel tekuk memperoleh hasil belajar yang kurang dariKKM sehingga diterapkan model problem based learning pada kegiatan pembelajaran. Penelitian inibertujuan untuk : 1) mengkaji keterlaksanaan sintaks problem based learning, 2) hasil belajar, 3)keaktifan, 4) respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan pre experimental design dengan onegroup pretest posttest design. Teknik sampling yang digunakan yakni nonprobability sampling denganmenggunakan sampling jenuh. Instrumen penelitian meliputi : 1) lembar observasi untuk keterlaksanaansintaks problem based learning dan keaktifan peserta didik, 2) soal tes berupa pilihan ganda, 3) angketrespon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) keterlaksanaan sintaks problem basedlearning memperoleh rata-rata 3,90 yang dikategorikan sangat baik, 2) hasil belajar pengetahuanmemperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05 dan nilai t hitung (18.795) > t tabel (2.042) maka dapatdikatakan adanya perbedaan sebelum dan sesudah penerapan problem based learning sehingga terjadipeningkatan rata-rata hasil belajar dari 59 menjadi 84 yang dikategorikan sangat baik. Hasil belajarketerampilan kelompok 1 sampai 8 melebihi 3,25 dengan kategori baik sekali, sedangkan kelompok 9 dan10 melebihi 2,50 mendapat kategori baik, 3) keaktifan peserta didik memperoleh persentase keseluruhansebesar 87% dengan kategori sangat baik, 4) respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 90%yang dikategorikan sangat baik. Simpulan dari penelitian ini yakni penerapan problem based learningpada penataan sanggul tradisional Jawa berlangsung dengan baik sehingga meningkatkan hasil belajar,keaktifan, serta respon peserta didik dalam belajar.Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Penataan Sanggul Tradisional Jawa

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025): Jurnal Tata Rias Volume 14 Nomer 2 Tahun 2025 Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Tata Rias Volume 14 Nomer 1 Tahun 2025 Vol. 13 No. 3 (2024): Jurnal Tata Rias Volume 13 Nomer 3 Tahun 2024 Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Tata Rias Volume 13 Nomer 2 Tahun 2024 Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Tata Rias Volume 13 Nomer 1 Tahun 2024 Vol. 12 No. 3 (2023): Berikut publikasi nomer 3 tahun 2023 Vol. 12 No. 2 (2023): Berikut publikasi nomer 2 tahun 2023 Vol. 12 No. 1 (2023): Berikut publikasi nomer 1 tahun 2023 Vol. 12 No. 4 (2023): Jurnal Tata Rias Edisi Khusus Tahun 2023 Vol. 11 No. 2 (2022): Jurnal Tata Rias Vol. 11 No. 1 (2022): jurnal tata rias Vol. 10 No. 3 (2021): Vol. 10 No. 3 (2021) Vol. 10 No. 1 (2021): Vol. 10 No. 1 (2021) Vol. 10 No. 2 (2021): jurnal tata rias Vol. 9 No. 4 (2020): Vol. 9 No. 4 (2020) Vol. 9 No. 3 (2020) Vol. 9 No. 2 (2020) Vol. 9 No. 1 (2020) Vol. 8 No. 3 (2019) Vol. 8 No. 2 (2019) Vol. 8 No. 1 (2019) Vol. 7 No. 01 (2018): Vol.07 N0.1 Edisi Yudisium Februari 2018 Vol. 7 No. 2 (2018): Vol.07 No.2 Edisi Yudisium Juni 2018 Vol. 7 No. 3 (2018) Vol. 7 No. 2 (2018) Vol. 6 No. 01 (2017): Vol.06 No.1 Edisi Yudisium Februari 2017 Vol. 6 No. 3 (2017): Vol. 6 No.3 Edisi Yudisium Oktober 2017 Vol. 6 No. 2 (2017): Vol.6 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2017 Vol. 5 No. 03 (2016): Vol.05 N0.03Edisi Yudisium Oktober 2016 Vol. 5 No. 02 (2016): Vol.05 No.02 Edisi Yudisium Juli 2016 Vol. 5 No. 01 (2016): Vol.05 No.1 Edisi Yudisium Februari 2016 Vol. 4 No. 03 (2015): Vol.04 No.03 Edisi Yudisium Oktober 2015 Vol. 4 No. 02 (2015): Vol.04 No.02 Edisi Yudisium Juni 2015 Vol. 4 No. 01 (2015): Vol.04 No. 01 Edisi Yudisium Februari 2015 Vol. 3 No. 03 (2014): Vol.03 No.03 Edisi Yudisium Oktober 2014 Vol. 3 No. 02 (2014): Vol. 03 No. 02 Edisi Yudisium Juni 2014 Vol. 3 No. 01 (2014): Vol. 03 no. 01, Edisi Yudisium Februari, tahun 2014 Vol. 2 No. 02 (2013): Vol. 02 No. 02, edisi Yudisium periode Mei 2013 Vol. 2 No. 3 (2013): e-journal vol.2 No. 03, Edisi Yudisium Oktober 2013 Vol. 2 No. 1 (2013): volume 2, nomor 1, tahun 2013 More Issue